Sebanyak 679 item atau buku ditemukan

RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN, PROFESIONALISME GURU, DAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA

Segala Puji dan Syukur kami panjatkan selalu kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat, Taufiq, dan Hidayah yang sudah diberikan sehingga kami bisa menyelesaikan buku panduan yang berjudul “Rancangan Penelitan Tindakan Kelas” dengan tepat waktu. Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah untuk membantu para guru sekolah dasar untuk mengembangkan kompetensi melalui PTK. Buku ini juga akan memberikan informasi mengenai konsep dasar, format penulisan PTK, dan laporannya. Kami sadar bahwa penulisan buku ini bukan merupakan buah hasil kerja keras kami sendiri. Ada banyak pihak yang sudah berjasa dalam membantu kami di dalam menyelesaikan buku ini. Maka dari itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan wawasan dan bimbingan kepada kami sebelum maupun ketika menulis buku panduan ini. Kami juga sadar bahwa buku yang kami buat masih belum bisa dikatakan sempurna. Maka dari itu, kami meminta dukungan dan masukan dari para pembaca, agar kedepannya kami bisa lebih baik lagi di dalam menulis sebuah buku.

Segala Puji dan Syukur kami panjatkan selalu kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat, Taufiq, dan Hidayah yang sudah diberikan sehingga kami bisa menyelesaikan buku panduan yang berjudul “Rancangan Penelitan Tindakan Kelas” dengan tepat ...

GURU SEBAGAI SEBUAH PROFESI (Cintai Profesinya, Senangi Pengalamannya, Nikmati Kebahagiaannya)

Tujuan buku ini adalah untuk mengetahui Guru Sebagai Suatu Profesi. Guru adalah pendidik profesional dengan utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi

Profesionalisasi pada dasarnya merupakan serangkaian proses pengembangan profesional (profesional development), baik dilakukan melalui pendidikan atau latihan “prajabatan” maupun latihan dalam jabatan (inservice training).

Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU

buku “Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU” dengan tujuan penyeragaman teknis penulisan. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mencapai efektivitas penyelenggaraan pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Lampiran 3: Contoh Form Berita Acara Pengesahan Proposal Lampiran 4: Contoh Form Berita Acara ______ Seminar Proposal Lampiran 5: Contoh Form Berita Acara. Bimbingan Skripsi. Lampiran 6: Contoh Format Halaman Sampul __ Lampiran 7: ...

Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Palangka Raya 2021

Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Palangka Raya (UPR) 2021 ini adalah revisi dari buku panduan penulisan skripsi yang pernah dimiliki sebelumnya. Panduan ini sangat penting sebagai pedoman bagi mahasiswa dan dosen dalam menyelesaikan tugas akhir sarjana strata satu (S1) FISIP UPR. Buku panduan ini juga merupakan acuan gaya selingkung yang konsisten bagi para mahasiswa, dosen pembimbing dan penguji serta pihak-pihak lain yang memerlukannya seperti pimpinan fakultas dan ketua jurusan/program studi di lingkungan FISIP UPR. Sebagaimana diketahui bahwa pada panduan penulisan skripsi sebelumnya ada beberapa hal yang perlu dilengkapi. Kekurangan itu diantaranya sebagai berikut: 1) tidak ada keseragaman panduan penulisan skripsi antar jurusan/prodi, maka dilakukan revisi yaitu: a) Penyeragaman syarat SKS 128 SKS; b) Penyeragaman syarat IPK minimal 2.00; c) Penyeragaman teknik penulisan dan format skripsi 6 bab. 2) sudah cukup lama (mayoritas diterbitkan antara tahun 2009- 2012), maka dilakukan revisi yaitu: a) Panduan Seminar proposal dan ujian skripsi Daring dan Luring; b) Mendorong penggunaan manajemen referensi (Mendeley, Zotero, Google References dll) c) Mendorong penelitian berbasis internet (Netnografi, studi literatur dll). 3) tidak ada batasan “fraud”, maka dilakukan revisi yaitu: Menerapkan uji plagiasi pada proposal dan skripsi batas kemiripan ≤ 30%. 4) kurang memaksimalkan inovasi dan kreativitas serta tidak memberikan ruang penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Maka dilakukan revisi yaitu: 1) Dosen pembimbing pendamping dimungkinkan dari Fakultas lain atau Perguruan Tinggi lain, bahkan praktisi berpengalaman > 10 tahun; 2) Memberikan ruang penguji eksternal atas usulan pembimbing.

Ketua Penguji mengisi form berita acara dan form nilai ujian yang sudah disiapkan tim akademik dari file yang sudah dikirim. n. Dosen pembimbing (panitera/sekretaris ujian) akan menghubungi mahasiswa peserta ujian untuk bergabung ...

Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran (Teori dan Panduan Praktis untuk Memfasilitasi Kemampuan 4C dan HOTS)

Penggunaan TIK terbukti dapat memberikan sejumlah kemudahan dan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran misalnya keterbatasan sarana dan prasarana dapat diatasi melalui penggunaan media TIK berupa laboratorium virtual. Namun, sejumlah permasalahan juga sering ditemui salah satunya yaitu sering terjadi miskonsepsi dan learning loss. Olehnya itu, perlu adanya Intergasi TIK yang efektif dalam pembelajaran. Integrasi tersebut dikenal sebagai Technology Pedagogy and Content Knowledge (TPACK). Integrasi diartikan bahwa TIK tidak hanya sebagai alat bantu tetapi lebih dari itu yaitu salah satunya TIK dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk mengembangkan kemampuan abad-21 peserta didik antara lain HOTS dan kemampuan 4C. Buku Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran (Teori dan Panduan Praktis) menyajikan teori dan panduan dalam mengembangkan dan menerapkan media pembelajaran berbasis TIK. Buku ini membahas tentang: Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran, Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK), Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM), media pembelajaran, model-model pembelajaran berbasis TIK, model-model pengembangan media pembelajaran berbasis TIK, bahan ajar non-cetak, Learning Manajement System (LMS), dan Blended Learning (BL) serta Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kemampuan Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication (4C) dalam Pembelajaran berbasis TIK. Buku ini menyajikan berbagai rujukan dari hasil-hasil penelitian yang dilakukan. Buku ini dapat dijadikan sebagai buku ajar bagi mahasiswa yang memprogram mata kuliah teknologi dan media pembelajaran. Buku ini menjabarkan secara dinamis dan integratif berbagai teori dan juga hasil-hasil penelitian mutakhir para pakar serta tentunya penelitian-penelitian penulis sendiri tentang pengembangan dan pemanfaatan media TIK dalam pembelajaran. Semoga buku ini dapat menambah wawasan pembaca tentang konsep dan ragam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, serta sebagai rujukan atau referensi umum dalam penulisan artikel dan karya tulis ilmiah bagi pendidik, maupun pelajar yang ingin mengembangkan dan memanfaatkan TIK yang relevan dalam mengatasi permasalahan pembelajaran.

Penggunaan TIK terbukti dapat memberikan sejumlah kemudahan dan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran misalnya keterbatasan sarana dan prasarana dapat diatasi melalui penggunaan media TIK berupa laboratorium ...

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS)

Seorang anak tidak langsung bisa bicara saat baru lahir. Tidak ada juga manusia yang langsung bisa mengendarai mobil tanpa terlebih dahulu belajar. Proses belajar membantu manusia menguasai pengetahuan dan keterampilan. Penguasaan pengetahuan dan keterampilan juga perlu dilakukan secara bertahap. Tahapan tersebut disesuaikan dengan tingkat Perkembangan peserta belajar. Oleh sebab itu mengetahui dengan baik karakteristik perkembangan peserta didik sangat penting. Pengetahuan tersebut dapat membantu para fasilitator proses belajar untuk merancang dan menerapkan cara-cara yang tepat untuk mendukung tercapainya keberhasilan hasil belajar yang maksimal. Buku ini ditulis melalui kolaborasi para pendidik di Indonesia dengan pendekatan teoritis dan praktis. Tujuannya untuk menyajikan inovasi dalam proses pendampingan belajar. Pembahasan dimulai dengan ulasan umum mengenai perkembangan peserta didik baik secara fisik, psikis, maupun sosial. Berdasarkan fondasi teori perkembangan peserta didik, pembahasan dilanjutkan dengan cara-cara mengembangkan pembelajaran untuk peserta didik anak, remaja, dan dewasa. Semua topik dan tulisan yang disatukan dalam buku ini menekankan pada pentingnya proses pembelajaran berkelanjutan dan sepanjang hayat. Pembahasan dalam buku ini juga menunjukkan pergeseran paradigma pendampingan pembelajaran yang progresif. Peserta belajar tidak lagi dijadikan sebagai objek. Peserta belajar dapat dilibatkan secara aktif untuk belajar dan mencari cara terbaik untuk belajar secara berkelanjutan sesuai dengan minat dan keterampilan yang dibutuhkannya. Inilah yang menjadi esensi dari proses belajar dan pendampingan belajar di masa-masa penuh tantangan.

Sebagai orang terdekat mereka yakni keluarga harus membangun hubungan komunikasi antarpribadi yang baik, agar anak dapat terbuka diri. Apabila seorang anak dapat membuka dirinya dengan keluarga, baginya keluarga merupakan rujukan yang ...

Teori Organisasi dan Manajemen

Dalam organisasi seorang manajer perlu memahami ilmu manajemen untuk menggerakkan organisasi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Buku ini berisi tiga belas topik yang menarik untuk dibaca. Masing-masing topik sebagai berikut: Bab 1 Konsep Dasar Organisasi dan Manajemen Bab 2 Evolusi dan Perkembangan Teori Organisasi Bab 3 Asas-Asas dan Fungsi-Fungsi Organisasi Bab 4 Lingkungan Organsasi Bab 5 Manajer dalam manajemen Bab 6 Struktur Organisasi Bab 7 Perilaku Organisasi Bab 8 Budaya Organisasi Bab 9 Konflik dalam Organisasi Bab 10 Motivasi Bab 11 Kinerja Organisasi Bab 12 Peranan Komunikasi dalam Organisasi Bab 13 Peranan Teknologi Bagi Organisasi

Masing-masing topik sebagai berikut: Bab 1 Konsep Dasar Organisasi dan Manajemen Bab 2 Evolusi dan Perkembangan Teori Organisasi Bab 3 Asas-Asas dan Fungsi-Fungsi Organisasi Bab 4 Lingkungan Organsasi Bab 5 Manajer dalam manajemen Bab 6 ...

KAJIAN BAHASA AKUNTANSI: TEORI DAN METODE

Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kepada Alloh SWT Tuhan semesta alam pemberi nikmat dan berkah, atas terselesaikannya buku yang berjudul “Kajian Bahasa Akuntansi: Teori dan Metode”. Buku ini bertujuan memberikan referensi baru bagi peneliti akuntansi, mahasiswa S1, S2 dan S3 yang tertarik dalam kajian bahasa dalam akuntansi. Buku ini membahas tentang akuntansi sebagai bahasa dan bagaimana bahasa dapat memengaruhi pengambilan keputusan. Selain itu, buku ini membahas tentang tradisi komunikasi akuntansi, akuntansi naratif, semiotika akuntansi dan retorika akuntansi. Penulis berharap buku ini dapat menginspirasi pembaca untuk mencoba melakukan penelitian akuntansi dengan kajian bahasa yang masih sedikit dilakukan di Indonesia. Penulis menyadari bahwa karya sederhana ini masih jauh dari kesempurnaan. Penulis dengan terbuka menerima kritik dan masukan untuk perbaikan buku ini. Atas terselesaikannya buku ini, penulis sampaikan ucapan terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang (LP2M UM) yang telah memberikan pendanaan publikasi buku referensi ini. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada asisten peneliti yang telah banyak membantu atas terselesaikannya buku ini.

Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kepada Alloh SWT Tuhan semesta alam pemberi nikmat dan berkah, atas terselesaikannya buku yang berjudul “Kajian Bahasa Akuntansi: Teori dan Metode”.

Teori Dalam Keperawatan

Dalam keperawatan banyak teori-teori yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk menjalankan proses keperawatan. Teori keperawatan adalah suatu pandangan atau pedoman yang diterapkan dalam keperawatan baik untuk pendidikan dan prakteknya. Dalam keperawatan banyak teori-teori yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk menjalankan proses keperawatan. Buku ini sebagai referensi yang berisi dan menguraikan beberapa teori dalam keperawatan di antaranya dari Katharine Kolcaba, Nola J. Pender, Calista Roy, Dorothea E. Orem, Betty Neuman, Jean Watson, Imogene King, Anderson & McFarlane, Ramona T. Mercer, Madeleine Leininger, dan Teori Gail W. Stuart. Dari teori-teori keperawatan dalam buku ini dapat memberikan Literatur keperawatan memajukan pengetahuan keperawatan sebagai sarana untuk menyebarluaskan pengetahuan keperawatan.

Dalam keperawatan banyak teori-teori yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk menjalankan proses keperawatan. Teori keperawatan adalah suatu pandangan atau pedoman yang diterapkan dalam keperawatan baik untuk pendidikan dan prakteknya.