Sebanyak 21407 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN PESERTA DIDIK

Manajemen peserta didik pada lembaga pendidikan sangat penting karena yang menjadi input, proses, dan output pendidikan adalah peserta didik. Manajemen peserta didik yang bermutu berkontribusi pada adanya output pendidikan yang bermutu. Oleh karena itu, diperlukan optimalisasi manajemen peserta didik baik di sekolah atau madrasah agar mendukung pencapaian tujuan pendidikan, baik tujuan kurikuler mata pelajaran, tujuan institusional lembaga atau satuan pendidikan, dan tujuan pendidikan nasional.

Manajemen peserta didik pada lembaga pendidikan sangat penting karena yang menjadi input, proses, dan output pendidikan adalah peserta didik. Manajemen peserta didik yang bermutu berkontribusi pada adanya output pendidikan yang bermutu.

Administrasi, Manajemen, Dan Kepemimpinan Pendidikan

Teori Dan Praktik

Buku ini berisikan teori administrasi, manajemen, dan kepemimpinan yang bersifat umum sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang ingin menambah wawasannya di ketiga bidang tersebut. Selanjutnya, administrasi, manajemen, dan kepemimpinan diterapkan ke bidang pendidikan menjadi administrasi, manajemen, dan kepemimpinan pendidikan sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang bergerak dan peduli dengan pendidikan. Buku ini diawali dengan sekolah sebagai sistem sosial terbuka sehingga penyelesaian permasalahan sekolah tidak tambal sulam, tetapi menyeluruh, mendalam, dan terpadu dengan unsur rasional dan natural sehingga tujuan administrasi sekolah yang Biaya hemat (efisien), Mutu hebat (efektif), Waktu tepat (efektif dan efisien) atau disingkat menjadi BMW dapat dicapai. Dengan memandang sekolah sebagai sistem sosial terbuka dapat disusun sistematika buku ini berdasarkan input, proses, dan output. Buku ini juga membahas filsafat Administrasi Pendidikan (AP) yang meliputi ontologi, aksiologi, dan epistemologi AP.

Selanjutnya, administrasi, manajemen, dan kepemimpinan diterapkan ke bidang pendidikan menjadi administrasi, manajemen, dan kepemimpinan pendidikan sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang bergerak dan peduli dengan pendidikan.

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SOLUSI WUJUDKAN SEKOLAH YANG OTONOM DAN MANDIRI

buku yang berjudul Manajemen Berbasis Sekolah sebagai Karakteristik Sekolah Mandiri dapat terbit. Sekolah yang mandiri dan otonom hanya dapat tercipta jika pengelolaan, tanggung jawab dan wewenangnya diatur oleh pihak sekolah masing-masing. Hanya saja faktanya yang terjadi hari ini adalah sistem pendidikan kita masih menganut sistem pendidikan yang birokratik dan sentralistik. Sehingga inilah yang dianggap sebagai batu sandungan dalam peningkatan kualitas mutu pendidikan di tanah air. Mengapa ihwal tersebut bisa terjadi? Buku ini mengulas banyak terkait apa dan bagaimana itu manajemen berbasis sekolah. Pada prakata ini, penulis tentu tidak lupa mengucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi mulai dari penyusunan buku ini hingga dapat terbit. Penulis menyadari, buku ini masih banyak kekurangan baik dalam cara penyusunan kata-kata maupun uraian kalimat dalam penuturan berbahasa. Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk perbaikan buku ini guna mencapai kesempurnaan sehingga dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun pihak lain. Untuk itu semua penulis menyampaikan rasa terima kasih.

Pernyataan staf administrasi akademik bersedia melaksanakan SKS d).Kemampuan staf administrasi akademik dalam menggunakan komputer 5. Kesiapan Sumber Daya Manusia a). ... Guru bimbingan dan konseling (BK) 6. Ketersediaan Fasilitas a).

Manajemen Talenta ASN (Kementerian Hukum dan HAM)

PRAKATA Profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga saat ini masih sering dipertanyakan dan bahkan kerap diragukan. Masyarakat masih beranggapan bahwa ASN identik dengan sikap “suka-suka”, tidak kompeten, arogan, kurang melayani, dan sederet stigma negatif lainnya. Jika kita mencermati, sistem manajemen kinerja ASN yang diterapkan di beberapa instansi, ternyata juga masih belum maksimal. Alokasi anggaran untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di instansi pemerintahan, faktanya masih tergolong minimalis. Lantas, apa yang bisa kita lakukan bersama? Apakah ASN yang smart dan profesional hanya akan menjadi impian belaka? Tentu tidak! Karena perbaikan tidak harus selalu dimulai dari atas ke bawah, tidak pula harus menunggu sistem manajemen sumber daya ASN terbangun dengan baik. Perbaikan nyatanya dapat dimulai dari suatu langkah kecil yang dilakukan secara bersama-sama. Oleh insan progresif yang identik dengan idealisme dan energinya yang menggelora, ialah para ASN Muda. Tulisan dalam buku ini dapatlah dikatakan sebagai sebuah ikhtiar, untuk memenuhi panggilan perubahan. Meski, mungkin masih jauh dari kesempurnaan, buah pemikiran yang tertuang dalam untaian tulisan, diharapkan mampu menjadi kristal keabadian. Bukti bahwa ASN Muda memiliki kesamaan semangat untuk berjuang. Manajemen talenta terasa sangat pas untuk menjadi tema. Inovasi yang telah terwujud dalam suatu produk hukum ini, telah sering mewarnai ruang-ruang diskusi. Namun, tak lengkap rasanya jika belum diwujudkan dalam kajian aktivitas literasi. Tentu kami menyadari, bahwa karya ini masih perlu untuk dikiritisi. Dengan penuh kerendahan hati, kami sampaikan selamat menikmati. Salam Tim Kemenkumham Muda

Namun, tak lengkap rasanya jika belum diwujudkan dalam kajian aktivitas literasi. Tentu kami menyadari, bahwa karya ini masih perlu untuk dikiritisi. Dengan penuh kerendahan hati, kami sampaikan selamat menikmati. Salam Tim Kemenkumham Muda

Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Masa Depan

Buku ini membahas tentang pendidikan yang terjadi dalam keluarga (informal), dalam masyarakat (nonformal) dan di sekolah (formal) yang ketiganya diperlukan secara sinambung sebagai pusat pembudayaan. Selanjutnya dikemukakan perkembangan pendidikan di Indonesia, menuju Indonesia modern 2020-an, paradigma manajemen pendidikan, praksis pendidikan yang kreatif dan sebagai tambahan disertakan juga tulisan dalam koran dan makalah yang pernah dibuat.

... administrasi sumberdaya manusia yang pertama inpentarisasi ketenagaan itu penting, diidentifikasi keadaannya baik jenis, jumlah maupun kualitasnya. Jenis menyangkut guru dalam berbagai bidang studi, guru bimbingan dan konseling (BP) ...

BUKU AJAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, penulis menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab.

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran.

Teori Landasan Pendidikan Sekolah Dasar

Pendidikan dapat dipahami dari dua sudut pandang, yang pertama studi pendidikan dan yang kedua praktik pendidikan. Praktik pendidikan adalah kegiatan seseorang atau kelompok atau lembaga dalam membantu individu atau kelompok untuk mencapai tujuan pendidikan. Sedangkan studi pendidikan adalah kegiatan seseorang atau kelompok dalam rangka memahami pendidikan. Beberapa landasan pendidikan tersebut adalah landasan hukum. filosofis, sosiologis, kultural, dan psikologis yang sangat memegang peranan penting dalam menentukan tujuan pendidikan. Selanjutnya landasan ilmiah dan teknologi akan mendorong pendidikan untuk menjemput masa depan. Landasan spiritual keagamaan. Landasan ini merupakan landasan utama yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran bagi anak didik. Landasan spiritual keagamaan ini menyangkut dengan hakikat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Pendidikan dapat dipahami dari dua sudut pandang, yang pertama studi pendidikan dan yang kedua praktik pendidikan.

Pendidikan Dasar di Daerah Perbatasan

Potret dan Upaya Peningkatan Kualitasnya

Di berbagai berita, masih sering kita temui potret siswa-siswi sekolah yang harus berjalan beberapa kilometer, melewati jembatan berbahaya, atau perlu melepas baju untuk berjalan melewati sungai beraliran deras menuju ke sekolah. Semua ini menunjukkan bahwa akses terhadap pelayanan pendidikan dasar di Indonesia belum begitu merata. Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah studi yang dilakukan penulis terhadap pelayanan pendidikan dasar di perbatasan. Penulis melakukan observasi komprehensif terhadap pelayanan pendidikan di perbatasan, menganalisis daftar hambatan dan aspek pendukungnya, lalu merumuskan model inovatif dari pelayanan pendidikan yang seharusnya dijalankan semua elemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di perbatasan. Buku ini patut dipelajari siapa pun yang terpanggil untuk menaikkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya mereka yang concern pada diskursus pelayanan publik dan pendidikan. Buku ini diharapkan memberikan sumbangsih pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Bimbingan Konseling (BK) belum ada guru pendamping. ... penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa gejala penempatan guru mata pelajaran untuk mengajar sesuai dengan keahliannya belum memenuhi kriteria SPM pendidikan dasar. d.

Bangkit Dari Dasar Jurang Kehidupan

"Ujian bisa datang secara tiba-tiba. Perjalanan hidup ini tidak selamanya mulus, ujian yang datang silih berganti bisa membuat kita jatuh terpuruk. Buku ini berisi pengalaman saya saat mencapai prestasi yang dimimpikan setelah sepuluh tahun bekerja. Tiba-tiba saya mendapat ujian serangan epilepsi yang membuat saya terpuruk. Ditemani istri yang setia memotivasi, saya bisa bangkit kembali dan kini sebagai owner perusahaan konsultasi, pelatihan di bidang Neuro Linguistic Programming (NLP) dan Trainer NLP bersertifikasi internasional. Prestasi saya semasa SD biasa saja dan langganan nilai 5 untuk pelajaran matematika. Namun, saya memiliki keinginan, motivasi tinggi hingga bisa kuliah di Akademi Kimia Analisis, menjadi mahasiswa terbaik. Lalu diterima bekerja di salah satu perusahaan minuman ternama sebagai karyawan kontrak di posisi teknisi laboratorium. Prestasi selama bekerja bisa membuat posisi di perusahaan itu naik sedikit demi sedikit. Di usia belum genap 30 tahun, saya meraih impian sebagai manajer Quality Assurance (QA), manajer termuda di perusahaan tersebut. Saat merasakan kebahagian meraih impian dan merancang impian selanjutnya tiba-tiba mendapat ujian itu datang. Kondisi fisik yang semakin memburuk menyebabkan saya kehilangan motivasi. Pekerjaan kantor yang sebelumnya berjalan lancar kini mulai keteteran, saya sering tidak masuk kerja dan cuti sakit selama tiga bulan. Dengan sisa-sisa kekuatan mencari solusi untuk bangkit dari keterpurukan, mulai dari konsultasi ke dokter, pemberian obat secara rutin, konseling hingga mengikuti seminar motivasi, terapi motivasi mandiri sehingga bisa kembali membangkitkan kekuatan motivasi yang telah lama terkubur. Dari pengalaman menangani epilepsi dan mengikuti seminar internasional tentang pemberdayaan pikiran, kini saya menjadi instruktur terapis, trainer bersertifikasi internasional di bidang pemberdayaan pikiran bawah sadar, Neuro Linguistic Programming (NLP). Menjadi motivator yang memberikan motivasi, pelatihan dari satu tempat ke tempat lain."

Di bawah bendera HRNLP, saya telah menyelenggarakan terapi motivasi massal, bimbingan konseling, pelatihan sertifikasi international NLP, aplikasi NLP untuk pengajaran dan sertifikasi hipnoterapis. Alhamdulillah, belum genap setahun ...

Dasar-Dasar Manajamen Pendidikan

Manajemen Pendidikan merupakan suatu proses untuk mengatur berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti perpustakaan dan laboratorium untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang memiliki visi dan misi yang jelas akan menciptakan lulusan yang berkualitas. Hal inilah yang menjadi dasar pentingnya penerapan manajemen pendidikan. Lebih detail buku ini membahas tentang : Bab 1 Manajemen Pendidikan: Konsep dan Fungsi-Fungsi Manajemen Bab 2 Pendekatan dan Tantangan dalam Manajemen Pendidikan Bab 3 Pengawasan/Supervisi Dalam Lembaga Pendidikan Bab 4 Manajemen Berbasis Sekolah Bab 5 Manajemen Kurikulum Bab 6 Manajemen Peserta Didik Bab 7 Manajemen Sumber Daya Manusia Bab 8 Manajemen Sumber Daya (Biaya dan Sarana Prasarana) Bab 9 Sistem Informasi dalam Manajemen Pendidikan: Konsep dan Pelaksanaan dalam Lembaga Pendidikan

... guru BP yang memiliki keahlian dalam hal bimbingan konseling, pegawai tata usaha yang memiliki keterampilan dalam sistem manajemen informasi dan administrasi, perpustakaan membutuhkan pustakawan yang dapat mengelola perpustakaan ...