Sebanyak 4412 item atau buku ditemukan

Manajemen Pengembangan Keprofesian Guru Berbasis Produk Karya Tulis Ilmiah

Profesi guru harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam UndangUndang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Hal ini dikarenakan guru merupakan tenaga profesional yang mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan sangat penting dalam mencapai visi pendidikan nasional. Terkait dengan amanat undang-undang tersebut guru yang profesional wajib melakukan kegiatan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan

A. Konsep Produk Riset Guru Kualitas Kinerja Guru dalam tugas penelitian dikutip dari Arif Rachman (1997) bahwa penelitian yang berkualitas memenuhi syarat dari beberapa aspek penelitian, yakni: Permasalahan dengan latar belakangnya, ...

Bahasa Indonesia Reseacrh Kaidah, Strategi, dan Teknik Menulis Karya Ilmiah

Penulis mengawali pembahasan dengan materi konsep dasar bahasa. Kita akan mengetahui secara komprehensif terkait hakikat bahasa, sejarah perkembangan bahasa, sejarah linguistik terapan, dan objek linguistik terapan. Sebagai kajian pelengkap, penulis menambahkan pembahasan tentang hubungan linguistik dengan pembelajaran. Sebagaimana kita ketahui, bahasa terdiri dari kumpulan kata yang masing-masing mempunyai makna. Kumpulan kata ini telah disusun secara alfabetis oleh ahli bahasa, kemudian dibukukan menjadi kamus beserta penjelasan artinya. Kamus ini pada akhirnya menjadi pegangan saat kita akan mengungkapkan gagasan dalam bentuk bahasa. Berhubungan dengan hal di atas, gagasan yang diungkapkan melalui bahasa harus disusun dengan aturan yang tepat. Kita harus memilih dan menyusun kata-kata sesuai dengan aturan bahasa. Seperangkat aturan bahasa inilah yang kemudian dikenal dengan tata bahasa. Dalam buku ini, kita akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kebahasaan, terutama penggunaan bahasa dalam penulisan karya tulis ilmiah. Melalui buku ini, pembaca diharapkan menjadi mahir dalam penulisan karya ilmiah, khususnya dalam menulis laporan tugas akhir akademik seperti skripsi, tesis, dan disertasi. Semoga buku ini menjadi inspirasi pembaca dalam meningkatkan produktivitasnya menulis karya tulis ilmiah.

Penulis mengawali pembahasan dengan materi konsep dasar bahasa.

Bahasa Indonesia Era Digital : Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi

Dewasa ini, bahasa Indonesia mulai memudar pesonanya di kalangan khalayak umum. Mereka lebih mencintai bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi, padahal mereka sendiri belum mahir berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini akan berdampak pada pudarnya nasionalisme bangsa Indonesia, dan hilangnya bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Seperti yang sudah diketahui, masyarakat Indonesia umumnya menguasai tiga bahasa di antaranya: bahasa ibu, bahasa Indonesia, dan bahasa asing. Buku ini berusaha untuk menyegarkan kembali para pembacanya dengan menyuguhkan sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, hingga pengaplikasian bahasa Indonesia. Penulis mengharapkan pembaca buku ini, dapat menemukan suatu pengetahuan dalam bahasa Indonesia. Seperti yang sudah diketahui, bahasa Indonesia merupakan wujud kebudayaan masyarakat Indonesia yang diwakili dengan bahasa. Adanya bahasa membuat masyarakat Indonesia memiliki identitas diri yang jelas dan diakui di dunia internasional. Selain itu, buku ini juga berusaha menginformasikan kepada pembacanya aturan dasar dalam bahasa Indonesia yang sering kali diabaikan oleh penggunanya. Aturan tersebut berkaitan dengan penggunaan tanda baca, penulisan huruf kapital, kata baku, dan lain sebagainya. Sebagai pengguna bahasa yang baik, tentu kita harus menaati aturan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar perlu diimplementasikan sejak dini, supaya pengguna bahasa terbiasa dengan aturan yang baik dan benar.

Dewasa ini, bahasa Indonesia mulai memudar pesonanya di kalangan khalayak umum.

Reaksi Pasar Modal Setahun Setelah Pandemi Covid-19

Momentum bersejarah pasar modal Indonesia adalah adanya penggabungan antara Bursa Paralel Indonesia dengan Bursa Efek Surabaya pada tahun 1995. Hal ini ternyata berhasil menjadikan pasar modal Indonesia lebih aktif dalam menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Selanjutnya pada tahun 2007 diadakan persetujuan para pemegang saham kedua bursa, dimana Bursa Efek Surabaya digabungkan ke dalam Bursa Efek Jakarta yang kemudian menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI). Momentum penting ini berhasil diciptakan untuk meningkatkan peran pasar modal dalam perekonomian Indonesia. Sejak saat itu banyak inovasi yang dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia untuk memperoleh kepercayaan investor baik dari sisi regulasi maupun infrastruktur. Kondisi inilah yang diharapkan mampu memudahkan siapa pun untuk bisa mengikuti trading di Bursa Efek Indonesia. Aktivitas pasar modal yang berkembang pesat ini ternyata membawa perubahan besar terhadap kebutuhan informasi yang berkualitas. Hal ini dikarenakan informasi menjadi elemen dasar yang harus dimiliki oleh investor apabila ingin melakukan investasi di pasar modal. Keputusan rasional menjadi prioritas utama sehingga diperlukan informasi yang relevan untuk mengidentifikasikan kinerja perusahaan emiten. Jenis informasi ini sangat beragam misalnya kondisi makro ekonomi dan moneter, kondisi bisnis, atau informasi yang khusus perusahaan emiten seperti laporan keuangan. Reaksi Pasar Modal Setahun Setelah Pandemi Covid-19 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Terdapat tiga konsep dari definisi Reksa Dana yaitu, adanya dana dari masyarakat pemodal, dana tersebut diinvestasikan dalam portofolio efek, kemudian dana tersebut dikelola oleh manajer investasi. e. Investasi Syariah di Pasar Modal ...

Metode Penelitian Kuantitatif

Buku dengan judul Metode Penelitian Kuantitatif. Adapun tujuan dari penyusunan buku ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pegangan bagi mahasiswa terlepas apa pun jurusan yang ditempuh dan juga bagi para peneliti di lapangan. Metode Penelitian Kuantitatif ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Metode Penelitian Kuantitatif ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Komunikasi Islam

Dalam Al-Quran dan Hadis ditemukan cukup banyak istilah yang terkait dengan komunikasi. Di antara istilah tersebut ialah lafadz, qaul, kalarn, nuthq, naba, khabar, hiwar, jidal, bayan, tadzkir, tabsyir, indzar, tahridh, waadz, dakwah, taaruf, tawashi, tabligh, dan irsad. Prinsip yang penulis yakini adalah tidak ada kata yang betul-betul sama maknanya dalam Al-Quran, meskipun dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sama. Penulis juga meyakini bahwa semua kata memiliki rohnya masing-masing. Diversifikasi kata yang digunakan dalam Al-Quran untuk hal-hal yang terkait dengan komunikasi penulis yakini akan membentuk konfigurasi makna yang indah untuk tema besar Ilmu Komunikasi Islam. Buku ini mencoba menghimpun data-data tentang komunikasi dalam Al-Quran dan Hadis serta memformulasikannya dalam sebuah bangunan Ilmu Komunikasi Islam. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Diversifikasi kata yang digunakan dalam Al-Quran untuk hal-hal yang terkait dengan komunikasi penulis yakini akan membentuk konfigurasi makna yang indah untuk tema besar Ilmu Komunikasi Islam.

Komunikasi Bisnis - Konsep dan Praktik

Buku ini merupakan satu di antara begitu banyak buku komunikasi bisnis yang memberikan penguatan pada keterampilan berkomunikasi bagi para mahasiswa dan calon komunikator bisnis, termasuk mereka yang sudah terlebih jauh menekuni dunia komunikasi bisnis secara praktis. Pada ruang lingkup yang lebih luas, penulis memberikan gambaran bagaimana secara konsep maupun praktik buku ini memudahkan komunikator menyampaikan pesan bisnisnya sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, pada proses penyusunannya, buku ini tak terlepas dari hasil pengalaman selama menjadi praktisi komunikator bisnis di beberapa perusahaan, demikian pula dengan referensi yang disusun secara sistematis dan logis.

Buku ini merupakan satu di antara begitu banyak buku komunikasi bisnis yang memberikan penguatan pada keterampilan berkomunikasi bagi para mahasiswa dan calon komunikator bisnis, termasuk mereka yang sudah terlebih jauh menekuni dunia ...

Komunikasi Massa

Komunikasi Massa bersifat terbuka artinya komunikasi massa itu ditunjukkan untuk semua orang dan tidak ditunjukkan sekelompok orang tertentu.Oleh karena itu komunikasi massa bersifat umum. Pesan komunikasi massa dapat berupa Fakta, Peristiwa, atau Opini. Kelebihan komunikasi massa dibandingkan dengan komunikasi lainnya, adalah jumlah sasaran khalayak atau komunikan yang dicapainya relative banyak dan tidak terbatas, bahkan lebih dari itu, komunikan yang banyak tersebut secara serempak pada waktu yang bersamaan memperoleh pesan yang sama.

Komunikasi Massa bersifat terbuka artinya komunikasi massa itu ditunjukkan untuk semua orang dan tidak ditunjukkan sekelompok orang tertentu.Oleh karena itu komunikasi massa bersifat umum.

Komunikasi Pemasaran

Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran

Pemasaran pada dasarnya adalah tentang komunikasi. Sejak produk dirancang dan dikemas, hingga penyebaran informasi produk kepada masyarakat luas, tidak terlepas dari komunikasi. Dari sekian banyak peranan komunikasi, menggeser “kebutuhan” menjadi “keinginan” adalah peran krusial komunikasi dalam pemasaran. Ketika muncul ide bisnis baru, timbul pertanyaan apakah produk yang hendak dipasarkan masih dibutuhkan masyarakat? Seandainya masyarakat tidak terlalu membutuhkan atau kurang membutuhkan, apakah lantas ide tersebut berhenti begitu saja? Jawabannya: Tidak selalu, sebab peluang pasar tidaklah selalu berhubungan dengan kebutuhan (need). Begawan pemasaran dunia, Philip Kotler, menyatakan dewasa ini orang mengonsumsi sesuatu bukan karena kebutuhan, melainkan karena imajinasi bahwa dirinya merasa membutuhkan. Lantas bagaimana menciptakan imajinasi “kebutuhan” tersebut? Salah satunya melalui terpaan informasi kepada masyarakat. Transformasi informasi dengan kecepatan dan kelipatan yang meningkat puluhan bahkan ratusan kali menyebabkan individu mengalami gegar informasi. Hingga akhirnya masyarakat tidak menyadari bahwa sikap, pikiran, selera, preferensi terhadap sesuatu telah dikendalikan, dan menciptakan pola konsumsi yang tidak lagi berdasarkan kebutuhan, melainkan berdasarkan keinginan (wants). Buku Komunikasi Pemasaran tidak hanya sekadar mengupas tuntas peranan krusial komunikasi pemasaran, juga menyajikan ide-ide kreatif komunikasi pemasaran. Karenanya buku ini penting bagi mahasiswa dan dosen program studi ilmu komunikasi, komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran, humas, jurnalistik, kajian media, m\anajemen pemasaran, manajemen komunikasi, maupun komunikasi dakwah; serta bagi para praktisi di bidang marketing, periklanan, dan usaha mikro. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku Komunikasi Pemasaran tidak hanya sekadar mengupas tuntas peranan krusial komunikasi pemasaran, juga menyajikan ide-ide kreatif komunikasi pemasaran.