Sebanyak 393 item atau buku ditemukan

Tafsir Kewajiban Dakwah: Studi Komparatif Panggung Belakang Penafsiran Ibn Katsir dan M. Quraish Shihab

Buku ini adalah hasil gubahan penulis sendiri dari tesis penulis yang berhasil dipertahankan di hadapan dewan penguji di Program Pascasarjana Institut (Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an) PTIQ Jakarta dengan judul tesis asli “Kewajiban Dakwah dalam Al-Qur’an antara Fardu Ain dan Fardu Kifayah (Studi Komparatif atas Tafsîr Ibn Katsîr dan Tafsîr Al-Mishbâh)”.

Belum lagi pendidikan keseharian yang ditanamkan oleh ayah dan ibunya di rumah pendidikan keluarga yang tegas namun humanis diterima langsung oleh M. Quraish dari ayahnya Abdurrahman Shihab. Setiap maghrib semua putra-putrinya tanpa ...

Ekonomi Lingkungan

Buku ini terdiri dari enam bab yaitu pada bab pertama membahas mengenai limbah pelepah kelapa sawit yang dapat dimanfaatkan sebagai produk ekonomi yang bernilai jual tinggi. Limbah pelepah kelapa sawit merupakan limbah yang ramah lingkungan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai produk ekonomis seperti tirai, piring makan dan lain sebagainya. Produk-produk ini dapat menjadi kontribusi bagi petani kelapa sawit. Pada bab kedua membahas mengenai pemberdayaan masyawakat. Melalui pemberdayaan masyarakat dapat menciptaan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang (enabling). Melalui pemberdayaan masyarakat dapat memperkuat potensi sumberdaya alam dan membentengi masyarakat dari berbagai ketertindasan dalam aspek ekonomi. Bab ketiga membahas mengenai Usaha Kecil Menengah, dimana dengan adanya Usaha kecil menengah diharapkan dapat menjadi jembatan bagi masyarakat dalam mengurangi angka kemiskinan. Dengan UKM dapat membantu para pengusaha dalam meningkatkan kreatifitas dan inovasi mereka dalam dunia bisnis, dan dapat menciptakan kerja bagi orang lain dengan berswadaya. Bab ke empat mengenai akuntansi lingkungan. Memahami Akuntansi lingkungan akan memudahkan kita dalam mengambil kebijakan memasukan biaya lingkungan kedalam praktik akuntansi perusahaan atau lembaga pemerintah. Penggunaan konsep akuntansi lingkungan bagi perusahaan dapat mendorong kemampuan untuk meminimalisasi persoalan-persoalan lingkungan yang dihadapinya. Bab kelima membahas mengenai laporan keuangan UKM. Laporan keuangan UKM dibuat sebagai tolak ukur kesuksesan bisnis usaha kecil dan menengah (UKM), baik itu perusahaan dagang maupun perusahaan jasa, adalah kondisi finansialnya. Laporan keuangan ini berisikan laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal. Beberapa Jenis dan Contoh Laporan Keuangan Lainnya juga disajikan. Selain cara membuat laporan keuangan bagi UKM, didalam bab ini juga membahas mengenai SAK ETAP manfaat laporan keuangan UKM, fungsi dan sebagainya. Bab keenam membahas mengenai akuntansi social dan pendampingan pembuatan produk. Akuntansi sosial dikenal juga sebagai akuntansi sosial dan lingkungan, pelaporan sosial perusahaan, pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan, pelaporan non-keuangan, atau akuntansi keberlanjutan. Dalam bab ini membahas tujuan akuntansi social, Pelaporan, pengungkapan akuntansi social, Dampak dan Tinjauan Akuntansi Sosial, Peran Akuntansi Sosial, seta praktik pengungkapan sosial (Social Disclosure) di Indonesia. Selalin itu didalam bab ini juga membahas mengenai pendampingan pembuatan produk.

ANALISIS PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL PADA USAHA MIKRO DI JAKARTA TIMUR. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. F, K. Ge. (1967). ANALISA PENERAPAN STRATEGI PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN PADA ...

Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar (Sd)

Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan, Intelegensi dan Perkembangan Anak, Pendidikan Karakter, Belajar dan Pembelajaran, Kreativitas dalam Psikologi Pendidikan, Kepribadian Guru, Pengajaran terhadap Anak Sekolah Dasar, Pengembangan Ruang Kelas Berkarakter, Masalah dan Kesulitan dalam Belajar, Peran Motivasi dan Evaluasi Belajar , Perkembangan Kemandirian Belajar Anak Usia SD, Pengembangan Bakat dan Minat dan Bimbingan dan Konseling

nantinya akan lahir generasi bangsa yang tumbuh berkembang dengan karakter yang bernafas nili-nilai luhur bangsa serta agama. Oleh sebab itu, pendidikan karakter adalah pendidikan yang menekankan pada pembentukan nilai-nilai karakter ...

POTRET PENDIDIKAN DAN GURU DI MASA PANDEMI COVID-19

Stay at Home dan Learn at Home merupakan sesuatu yang harus dilakukan semua orang, sesuai anjuran pemerintah yang seharusnya dipatuhi sebagai warga negara baik untuk memutus rantai “virus-corona”. Pandemi Covid-19 yang datang dengan cepat dan tiba-tiba, menyebar ke-seluruh dunia membuat semua negara terkejut. Semua kegiatan tak dapat berlangsung dengan tatap muka secara nyata. Melainkan menggunakan beberapa teknologi dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran di masing-masing jenjang, seperti goegle classroom, zoom, webex dan lainnya. Sinyal dinyatakan Menteri Pendidikan Kebudayaan RI Nadiem Makarim; masa pandemi ini diharapkan bisa mereposisi kembali pegajaran agar kembali kepada jati diri bangsa, yaitu; mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan cara mendekatkan diri kepada kehidupan, dimana karakter dan spiritualitas menjadi kunci kesuksesan dalam setiap perubahan. Buku ini mengajarkan kepada pembaca untuk tidak mengeluh dengan adanya pandemi Covid-19 dan memberi pesan moral yang tersirat. Pendidikan sejatinya dimulai dari keluarga dan lingkungan sekitar. Mengingat pembentukan karakter manusia lebih dominan terletak pada orang tua (keluarga) dan lingkungan sekitar. Adapun Guru sebagai orangtua “kedua”. Selamat membaca!

Stay at Home dan Learn at Home merupakan sesuatu yang harus dilakukan semua orang, sesuai anjuran pemerintah yang seharusnya dipatuhi sebagai warga negara baik untuk memutus rantai “virus-corona”.

Dasar-Dasar Pendidikan

Penulisan buku Dasar-Dasar Pendidikan bertujuan untuk memperkaya referensi di bidang manajemen sistem pembelajaran. Di samping itu, buku ini juga dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan kemampuan mahasiswa calon pendidik, praktisi pendidikan, mulai dari pendidik, dosen, penilik, pengawas, penentu kebijakan serta siapa saja yang menaruh minat dalam bidang pendidikan untuk menambah wawasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran di dalam kelas. Buku Dasar-Dasar Pendidikan ini terdiri dari 11 bab yaitu: Bab 1 Landasan Pendidikan Bab 2 Asas Pendidikan Bab 3 Aliran Pendidikan Bab 4 Teori dan Pilar Pendidikan Bab 5 Lingkungan Pendidikan Bab 6 Konsep Dasar Pendidikan Karakter Bab 7 Strategi Pengembangan Ruang Kelas yang Berkarakter Bab 8 Pendidikan Seumur Hidup Bab 9 Konsep Inovasi Pendidikan Bab 10 Peran Tokoh-Tokoh Pendidikan Di Indonesia Bab 11 Permasalahan Pendidikan di Indonesia dan Solusinya

Karakter di sekolah juga dapat diintegrasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler, kokurikuler, dan intrakurikuler. Pada dasarnya, Penguatan Pendidikan Karakter melibatkan literasi (olah pikir), etika dan spriritual (olah hati), ...

Pendidikan Karakter

Buku Pendidikan Karakter ini ditulis untuk membantu mahasiswa, guru, dosen, ataupun praktisi pendidikan agar mendapat tambahan wawasan tentang berbagai hal yang terkait dengan pendidikan karakter, sehingga pendidikan karakter dapat dipahami urgensi dan implementasinya di sekolah maupun kampus secara baik dimana harapannya pendidikan karakter akan dapat berjalan secara efektif ke depan dan memberikan kontribusi yang berarti pada perbaikan karakter peserta didik kita di Indonesia. Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari sekelompok akademisi dan praktisi dari berbagai sudut kepakaran yang berbeda untuk menawarkan sudut pandang lain tentang penerapan pendidikan karakter yang efektif. Buku ini ditulis dalam 14 Bab, mencakup pada pendekatan teoritis dan praktis yang didasarkan pada kajian teori dan praktik pengalaman riil di lapangan.

Buku Pendidikan Karakter ini ditulis untuk membantu mahasiswa, guru, dosen, ataupun praktisi pendidikan agar mendapat tambahan wawasan tentang berbagai hal yang terkait dengan pendidikan karakter, sehingga pendidikan karakter dapat dipahami ...

Dasar-dasar Pendidikan Karakter

Sebagai tenaga pendidik seorang guru juga perlu memberikan contoh perilaku yang baik kepada peserta didik, karena perilaku guru merupakan teladan bagi anak didik. Dalam dunia pendidikan memang pendidikan karakter sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk membentuk pribadi yang baik, bijaksana, jujur, bertanggung jawab, dan bisa menghormati orang lain.

Sebagai tenaga pendidik seorang guru juga perlu memberikan contoh perilaku yang baik kepada peserta didik, karena perilaku guru merupakan teladan bagi anak didik.

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Qs. Luqman: 12 - 19

Buku dengan judul ”Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Perspektif QS. Luqman: 12 – 19” dilatarbelakangi oleh keadaan moral bangsa yang semakin mengalami kemerosotan dan semakin jauhnya umat meninggalkan Al-Qur’an yang menjadi pedoman bagi kehidupan manusia. Dalam rangka ikut memberikan sumbangsih terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara maka diperlukan adanya peran serta untuk ikut bersama–sama membenahi permasalahan yang dialami oleh bangsa ini. Pendidikan karakter merupakan upaya sadar dari semua pihak yang peduli terhadap kehidupan generasi bangsa untuk menanamkan karakter–karakter yang baik agar menjadi pribadi yang bukan hanya cerdas intelektualnya, akan tetapi cerdas emosional, cerdas spiritual dan cerdas sosialnya. Pendidikan karakter merupakan pendidikan value (pendidikan nilai-nilai) dalam diri seseorang. Tujuannya diimlpementasikannya pendidikan karakter adalah untuk melakukan pembenahan moral generasi bangsa. Buku ”Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Perspektif QS. Luqman: 12 – 19”, memberikan solusi tentang konsep Pendidikan karakter yang dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi sebuah pembiasaan bagi setiap orang. Allah Swt sebagai Dzat yang Maha Mengetahuai memberikan gambaran tentang upaya yang harus dilakukan oleh setiap manusia untuk mengaplikasikan isi kandungan Alqur’an seperti yang ditunjukkan oleh Luqman Al Hakim sesuai dengan QS. Luqman: 12-19 perspektfi Tafsir Al Misbah. Nilai Pendidikan Karakter dalam QS. Luqman: 12-19 di antaranya: Penanaman sikap syukur, penanaman ajaran tauhid, penanaman bakti kepada orang tua, penanaman pengawasan diri (muraqabatu allah), penanaman tentang kewajiban sholat, penanaman amar ma’ruf nahi mungkar, penanaman perilaku sabar, menjauhi perilaku sombong, dan mengajarkan kesederhanaan serta mengajarkan sopan santun.

Pendidikan karakter merupakan pendidikan value (pendidikan nilai-nilai) dalam diri seseorang. Tujuannya diimlpementasikannya pendidikan karakter adalah untuk melakukan pembenahan moral generasi bangsa.

Qualitative Research

An Introduction to Methods and Designs

The authors—noted scholars and researchers—provide an up-to-date guide to qualitative study design, data collection, analysis, and reporting. Step by step, the authors explain a range of methodologies and methods for conducting qualitative research focusing on how they are applied when conducting an actual study. The book includes methods of data collection, specific approaches to qualitative research, and current issues in the field. Specifically, chapters cover the methods, designs, and analyses related to the methodologies of history, case study, program evaluation, ethnography, autoethnography, narrative, life histories, emancipatory discourses, feminist perspectives, African American inquiry, indigenous studies, and practitioner qualitative research.

The book includes methods of data collection, specific approaches to qualitative research, and current issues in the field.