Sebanyak 184 item atau buku ditemukan

INOVASI PRODUK (Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Koordinasi Lintas Fungsi)

Orientasi Pelanggan dan Orientasi Pesaing serta Koordinasi Lintas Fungsi menjadi masalah penting dalam ber-Inovasi Produk di pasar batik Trusmi Cirebon, sepinya pengunjung pasar batik Trusmi di sebabkan karena kurangnya berinovasi dalam memproduksi batiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh orientasi pelanggan dan orientasi pesaing serta koordinasi lintas fungsi terhadap inovasi produk para pengrajin batik yang sekaligus sebagai pedagang di pasar batik Trusmi yang sampai saat ini masih sepi pengunjung dan pembeli. Metode penelitian yang di terapkan menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS. Populasi yang di teliti adalah pedagang yang ada di pasar batik Trusmi dengan menggunakan sensus. Adapun alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan wawancara langsung. Hasil penelitian menunjukkan orientasi pelanggan dan orientasi pesaing serta koordinasi lintas fungsi berpengaruh positif signifikan terhadap inovasi produk.

... Integrasi Lintas Fungsi Perusahaan Terhadap Kesuksesan Produk Baru”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol 4, No 1. Im, Subin dan John P. Workman Jr. (2004), “Market Orientation, Creativity, and New Product Performance in HighTechnology ...

Sukses Bisnis: Panduan Praktis dengan BMC dan SWOT

Buku ini mengangkat peran vital Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai pilar utama dalam perekonomian suatu negara. Meskipun menjadi tulang punggung ekonomi, UMKM seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan yang menghambat kemampuannya untuk tumbuh dan mandiri. Dalam konteks ini, buku ini menjadi panduan eksplorasi dan analisis mendalam terhadap UMKM Binaan. Buku ini memanfaatkan pendekatan Business Model Canvas untuk mengeksplorasi secara komprehensif model bisnis UMKM Binaan. Pembaca akan diajak untuk memahami struktur bisnis mereka, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta merinci peluang dan ancaman yang dihadapi. Tak hanya itu, buku ini juga mengintegrasikan analisis SWOT sebagai alat strategis, memberikan wawasan mendalam tentang posisi UMKM Binaan dalam pasar yang kompetitif. Melalui buku ini, penulis bertujuan untuk memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman terhadap permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Binaan. Dengan membahas secara sistematis menggunakan Business Model Canvas dan strategi SWOT, buku ini tidak hanya sekadar analisis, tetapi juga penyediaan solusi konkret. Rekomendasi strategis yang ditawarkan diharapkan dapat menjadi panduan bagi UMKM Binaan untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka, menciptakan keberlanjutan, dan mengatasi hambatan yang mungkin muncul di masa depan.

Buku ini mengangkat peran vital Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai pilar utama dalam perekonomian suatu negara.

Koperasi Syariah : Panduan dalam Tata Kelola Koperasi Syariah yang Ungul

Judul : Koperasi Syariah : Panduan dalam Tata Kelola Koperasi Syariah yang Ungul Penulis : Wahyu Hidayat,SE.I,ME.Sy Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 101Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-472-7 SINOPSIS Koperasi Syariah merupakan sebuah bentuk badan usaha yang didirikan untuk memberikan layanan bagi anggotanya baik dalam bentuk Simpanan maupun Pembiayaan sesuai prinsip syariah. Didalam pengoperasionalannya diperlukan panduan yang tepat. Buku ini terdiri dari Sembilan BAB dimana setiap babnya memiliki pembahasan khusus yang saling memiliki hubungan erat didalam mewujudkan koperasi syariah yang unggul. Koperasi syariah yang unggul disini digambarkan bukan hanya memiliki kinerja usaha yang baik dengan predikat sehat, namun juga dengan tata Kelola yang baik sesuai dengan prinsip GCG. Secara umum buku ini membahas tentang ruang linkup perkoperasian dan koperasi syariah pada khususnya, proses pendirian koperasi syariah, produk funding dan financing koperasi syariah. Selain itu buku ini juga memberikan bekalan bagi masyarkat yang ingin mendirikan maupun mengoperasionalkan koperasi syariah dengan menghadirkan pembahasan tentang bentuk pendayagunaan /pemberdayaan dana Maal pada Koperasi Syariah, penentuan target pasar dan konsep pembinaan anggota koperasi syariah, strategi memasarkan produknya, cara mengelola koperasi secara baik sesuai konsep GCG dan self assasment sebagai bentuk mitigasi resiko. Diharapkan setelah membaca buku ini, para pembaca mampu mengoperasionalkan koperasi syariah dengan baik, aman secara syar’I, aman secara regulasi dan aman secara NKRI, serta menghadirkan kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

Judul : Koperasi Syariah : Panduan dalam Tata Kelola Koperasi Syariah yang Ungul Penulis : Wahyu Hidayat,SE.I,ME.Sy Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 101Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-472-7 SINOPSIS Koperasi Syariah merupakan ...

MANAJEMEN PEMASARAN PADA INDUSTRI 5.0

Manajemen pemasaran adalah disiplin yang penting dalam industri apapun, termasuk dalam konteks Industri 5.0. Industri 5.0 mengacu pada era di mana teknologi seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), otomatisasi, dan digitalisasi berperan besar dalam mengubah cara bisnis beroperasi. Dalam rangka memaksimalkan manfaat dari mempelajari manajemen pemasaran dalam Industri 5.0, penting untuk tetap diperbarui dengan perkembangan terbaru dalam teknologi dan tren pemasaran. Pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar pemasaran, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, akan menjadi aset berharga dalam lingkungan bisnis yang terus berubah ini.

Manajemen pemasaran adalah disiplin yang penting dalam industri apapun, termasuk dalam konteks Industri 5.0.

HUKUM KELUARGA

Manusia adalah makhluk dua dimensi, karena terdiri dari dua unsur utama yaitu jasad (fisik) dan roh (metafisik). Jasad atau jasmani adalah dimensi tubuh kasar manusia yang mengikuti siklus biologis makluk hidup, secara normal pertumbuhan embrio manusia diawali dari sel kelamin pria (spermatozoa) dan sel kelamin wanita (ovum), keduanya bertemu dan menjadi segumpal darah, kemudian menjadi segumpal daging, tulang yang dibungkus daging hingga sempurna bentuk, lahir, anak-anak, remaja, dewasa, tua dan akhirnya ia akan meninggal dunia (QS. Al-Mukminun; 12- 16). Siklus ini akan berjalan terus-menerus sehingga manusia akan selalu ada dari generasi ke generasi. Upaya yang dilakukan oleh manusia untuk menjaga keberlangsungannya adalah dengan menikah dan melakukan hubungan seksual antara laki-laki dan perempuan (Nurhadi, 2019).

... keluarga adalah Ketentuan secara menyeluruh yang mencakup hubungan hukum yang berkaitan dengan kekeluargaan sedaran dan kekeluargaan karena pernikahan.5 Dari beberapa definisi pakar di atas bisa kita simpulkan bahwa Hukum keluarga dalam ...

EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG

Judul : EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG Penulis : Alif Lukmanul Hakim, S.Fil., M.Phil Dr. Herman Sjahruddin, S.E., M.Si Didi Suhendi, S.E., M.M Dr. Teguh Setiawan Wibowo, MM., M.Si., M.Farm., Apt Dr. Ir. Tutang Muhtar K, ST., M. Si Dr. Ir. Uli Wildan Nuryanto, ST, MM, IPM Jushermi, SE., MSBA Dewita Suryati Ningsih,SE., MBA Rovanita Rama, SE., MH Kurniawaty Fitri, SE., MM Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 196 Halaman ISBN : 978-623-497-635-9 SINOPSIS Buku ini berjudul “EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG”. Buku ini disusun oleh beberapa penulis dari beberapa universitas di Indonesia. Buku ini penulis kontribusikan untuk bidang ekonomi di Indonesia khusunys bidang ekonomi kreatif. Buku ini terdiri dari sepuluh bab. Adapun pembahasan masing-masing bab dalam buku ini sebagai berikut : Bab 1 Konsep Ekonomi Kreatif Bab 2 Gelombang Peradaban Ekonomi Kreatif Bab 3 Konsep Kreativitas dan Inovasi Bab 4 Aktor Penggerak Ekonomi Kreatif Bab 5 Mengapa Ekonomi Kreatif? Bab 6 Modal Dasar dan Pilar Ekonomi Kreatif Bab 7 Subsektor Ekonomi Kreatif Bab 8 Sumber Daya Kreatif Bab 9 Industri Kreatif Bab 10 Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia . Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG, sehingga tidak hanya dipahami secara teori tapi dapat diimplementasikan dalam dunia usaha dengan baik.

Judul : EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG Penulis : Alif Lukmanul Hakim, S.Fil., M.Phil Dr. Herman Sjahruddin, S.E., M.Si Didi Suhendi, S.E., M.M Dr. Teguh Setiawan Wibowo, MM., M.Si., M.Farm.

PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN

Apakah Anda pernah membayangkan bahwa kewirasuahaan dimulai sekitar 20.000 tahun yang lalu? Percaya atau tidak tetapi perdagangan pertama terjadi di Guinea pada 17.000 SM untuk menuka Obsidian dengan barang-barang yang dibutuhkan. Revolusi Pertanian: Sekitar satu milenium lalu, perdagangan dilakukan oleh pemburu dan pengumpul untuk memberikan keuntungan bagi suku mereka. Selain itu, selama Revolusi Pertanian, wirausaha mengambil perubahan besar pertama ketika orang-orang mulai bertani sekitar 12.000 tahun yang lalu dan mereka menghasilkan makanan lebih banyak daripada yang mereka butuhkan untuk menjual sisa makanan di pasar. Namun, ada beberapa bidang spesialisasi lain seperti memancing, memasak, pembuatan perkakas, pembuatan tempat tinggal dan pembuatan pakaian. Keahlian meningkat dengan kecepatan tinggi dan trik perdagangan menjadi lebih baik dan lebih baik

Apakah Anda pernah membayangkan bahwa kewirasuahaan dimulai sekitar 20.000 tahun yang lalu?

Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif

Buku ini dikemas dengan sederhana untuk membantu mahasiswa atau pemula agar dapat memahami tentang makna kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Di mana sekarang ini telah terjadi pergolakan perekonomian global ke arah industri kreatif. Di mana produk dari industri kreatif biasanya memiliki ciri atau khas yang khusus sulit untuk ditiru dan memiliki suatu keunikan sehingga produk ini dapat bertahan dalam situasi perekonomian yang sedang sulit dan sangat membantu tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara termasuk Indonesia. Serta memiliki dampak yang luas terhadap sektor lain sehingga dapat mengangkat citra Bangsa di mata dunia.

Buku ini dikemas dengan sederhana untuk membantu mahasiswa atau pemula agar dapat memahami tentang makna kewirausahaan dan ekonomi kreatif.

METODOLOGI PENELITIAN

Buku ini membahas tentang BAB I KONSEP DASAR PENELITIAN BAB 2 PERUMUSAN MASALAH PENELITIAN BAB 3 TINJAUAN PUSTAKA BAB 4 KERANGKA KONSEP, VARIABEL, HIPOTESIS DAN DEFINISI OPERASIONAL BAB 5 RANCANGAN ATAU DESAIN PENELITIAN BAB 6 POPULASI DAN SAMPEL BAB 7 PENGUMPULAN DATA BAB 8 PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA BAB 9 ETIKA PENELITIAN DAN PLAGIARISME BAB 10 LAPORAN PENELITIAN DAN PUBLIKASI

Scientific Research Methogologies and Techniques. Univ. Nova De Liboa, Portugal Lukman, ... Kekuatan 50 Institusi Ilmiah Indonesia: Profil Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus. ... Scientific Papers and Presentations (3rd Edition) ...

BUKU AJAR :

MATEMATIKA EKONOMI II

Buku ini terdiri dari 7 Bab yang di dalamnya disajikan materi Mate- matika Ekonomi II dengan ringkas disertai dengan berbagai rumus, tabel, dan grafik yang disusun secara sistematis agar memudahkan mahasiswa memahami materi secara efektif. Selain itu terdapat contoh soal dan pembahasan sehingga memudahkan mahasiswa memahami pengaplikasian materi Matematika Ekonomi II dalam berbagai macam soal.

Buku ini terdiri dari 7 Bab yang di dalamnya disajikan materi Mate- matika Ekonomi II dengan ringkas disertai dengan berbagai rumus, tabel, dan grafik yang disusun secara sistematis agar memudahkan mahasiswa memahami materi secara efektif.