Sebanyak 41 item atau buku ditemukan

ETIKA BISNIS DALAM ISLAM (TEORI DAN APLIKASI)

Allah swt menjelaskan bahwa Rasulullah memiliki akhlak yang mulia, وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ / “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (QS. 68: 4). Berikutnya Allah swt berfirman: “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (QS. 33: 21). Kedua aayat tersebut menjelaskan bahwa, Rasulullah saw memiliki akhlak yang agung dan ummat manusia agar meraih kesuksesan dalam hidupnya, termasuk dalam kegiatan bisnis mereka, hendaknya mengikuti atau beruswah dan berqudwah kepadanya dan juga kepada para Nabi lainnya. Hal ini sejalan dengan firman Allah: “Sungguh, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang yang mempunyai akal. (Al-Qur'an) itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan (sebagai) petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. 12: 111). Dengan demikian bagi para pelaku bisnis, disamping harus memiliki bakat, minat, menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan, serta belajar dari pengalaman atau kasus-kasus yang terjadi dalam berbisnis, tidak kalah pentingnya adalah mengimplemantasikan dan mengintegrasikan etika/akhlak islami yang bersumber dari al-Quran, hadits dan pandangan para ahli dalam bisnis agar bisnis mereka berhasil, sukses, dan berkelanjutan.

Kapitalisme merupakan sistem ekonomi politik yang cenderung ke arah pengumpulan kekayaan secara individu tanpa gangguan kerajaan/ otoritas tertentu. Dalam hal ini, pemilik modal bisa menguasai pasar serta menentukan harga dalam rangka ...

Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan

Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 adalah fenomena yang merespons kebutuhan revolusi industri dengan penyesuaian kurikulum baru sesuai situasi saat ini. Kurikulum tersebut mampu membuka jendela dunia melalui genggaman, contohnya dengan memanfaatkan internet of things (IOT). Di sisi lain pengajar juga memperoleh lebih banyak referensi dan metode pengajaran.

2.4 Tuntutan Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Guru Kompetensi guru profesional telah diatur dan dirumuskan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 Tahun 2007 tentang Standar Pendidik dan Kependidikan bahwa kompetensi ...

Riset Aksi untuk Perbaikan Tata Kelola dan Nilai Tambah Hutan dan Lingkungan

Riset konvensional sering tidak membawa perubahan nyata di rtingkat tapak maupun kebijakan. Keadaan ini membawa pesimisme apakah riset bisa mengubah keadaan. Pesimisme berpotensi mengurangi dana riset yang tersedia, terutama bagi donor dan pemerintah yang menginginkan perubahan cepat dan terukur. Riset aksi adalah jawabannya. Skema riset aksi memastikan outcome riset terpantau pada saat riset dilakukan. Riset aksi memastikan transformasi sosial, ekonomi, dan politik. Riset aksi menjadikan mitra masyarakat lokal, petani, industri dan dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, serta pemerintah sebagai peneliti dengan melakukan aksi interaktif untuk membawa perubahan. Riset aksi sejalan dengan teori perubahan yang disusun dalam riset. Buku ini menyajikan makna riset aksi, teori perubahan, revolusi mental dalam riset, serta ragam contoh riset aksi dalam bidang kehutanan, industri, dan lingkungan.

Pemasaran lahan dilakukan melalui informasi dari mulut-ke-mulut, mengutus tim pemasaran ke daerah yang punya pembeli potensial dan melalui jaringan perantara/makelar tanah. Lahan yang diperjual belikan didukung dokumen pendukung ...

Ekonomi Kreatif : Sharia Marketing Practices With SOAR & QSPM Approach

Ekonomi kreatif indonesia strategi daya saing umkm industri kreatif menuju go global: sebuah risemodel pentahelix Kolaborasi antara para akademis,pelaku bisnis, komunitas, pemerintah dan Pendampingan menjadi dasar untuk pengembangan ekonomi kreatif agar berjalan selaras dan saling tumpang-tindih. Bentuk kolaborasi disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan, prosedur dan realitas politik yang ada. Kolaborasi dapat meralisasikan pergerakan ekonomi kreatif ke arah sasaran yang dituju secara lingkup nasional. Buku berbasis penelitian ini dapat menjadi referensi dan dapat menjadi tambahan pengetahuan tentang konsep ekonomi kreatif dan juga pendukung untuk buku teks dan buku ajar serta penelitian mahasiswa ataupun praktisi yang berhubungan dengan ekonomi kreatif

Ekonomi kreatif indonesia strategi daya saing umkm industri kreatif menuju go global: sebuah risemodel pentahelix Kolaborasi antara para akademis,pelaku bisnis, komunitas, pemerintah dan Pendampingan menjadi dasar untuk pengembangan ekonomi ...

86 Doa Dari Al Quran 2

Kumpulan 86 ayat-ayat suci Al Quran dari QS. Al Hijr sampai QS. Asy Syu'ara, yang mengandung doa, cara berdoa, dan kisah para Nabi saat berdoa.

Kumpulan 86 ayat-ayat suci Al Quran dari QS. Al Hijr sampai QS. Asy Syu'ara, yang mengandung doa, cara berdoa, dan kisah para Nabi saat berdoa.

80 Doa Dari Al Quran 3

80 prayers from Quran surah QS. Asy Syuara until QS. Saba'.

80 prayers from Quran surah QS. Asy Syuara until QS. Saba'.

Desain Pembelajaran Matematika Berbasis TIK: Konsep dan Penerapan

Pembelajaran matematika saat ini masih menjadi salah satu pembelajaran yang cukup sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Hal ini disebabkan karena guru masih mengajarkan peserta didik secara konvensional dan masih memperkenalkan konsep abstrak di awal proses pembelajaran. Kesulitan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika menyebabkan hasil belajar peserta didik juga menurun. Buku ini membahas: Bab 1 TIK dalam Pembelajaran Matematika Bab 2 Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK Bab 3 Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Bab 4 Model Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika Bab 5 LMS-Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Berbasis TIK Bab 6 Desain Bahan Ajar Matematika Berbasis TIK

Permendikbud 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan pula bahwa sebuah bagian integral dari perencanaan pembelajaran berupa silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), penyusunan pembelajaran, ...

Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif

Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction). Pembelajaran inovatif mendasarkan diri pada paradigma konstruktivistik. Pembelajaran inovatif biasanya berlandaskan paradigma konstruktivistik membantu siswa untuk menginternalisasi, membentuk kembali, atau mentransformasi informasi baru. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Di bidang pembelajaran terdapat sejumlah model, pada dasarnya dapat dikategorikan atas pendekatan pembelajaran dan beberapa di antaranya seperti yang dibahas pada buku ini: Bab 1 Pembelajaran Individual Dengan Modul Bab 2 Pembelajaran Teman Sejawat Bab 3 Pembelajaran Kooperatif Bab 4 Pembelajaran Secara Berpasangan Bab 5 Metode Brainstorming Bab 6 Pembelajaran Induktif Bab 7 Metode Permainan Bab 8 Metode Pembelajaran Menggunakan Media Kertas dan Pensil Bab 9 Metode Peta Pikiran Bab 10 Metode Penyelesaian Masalah Bab 11 Teknik Inovatif Dalam Pembelajaran Bab 12 Pembelajaran Menggunakan Metode Flipped Classroom Bab 13 Pembelajaran Model Blended Learning

Pembelajaran kooperatif dapat dimaknai sebagai suatu metode pembelajaran yang memberikan masukan kepada siswa untuk melakukan kerjasama dalam kegiatan pembelajaran, seperti diskusi dengan teman sebaya yang menyebabkan tidak terjadinya ...

PALESTINA : Komunikasi Kemerdekaan dan Tragedi Kemanusiaan

“Tragedi kemanusiaan terhadap Palestina yang dilakukan oleh Zionis Israel melanggar Hak Asasi Manusia dan Hukum Internasional dari berbagai segi. Baik hak untuk hidup, hak memiliki properti, hak keamanan, hak kesehatan, hak pendidikan maupun hak menjalankan agama. Dunia Internasional sudah saatnya melakukan komunikasi secara serius agar masyarakat Palestina mendapatkan kemerdekaan sejati.”

Oleh: Samsuriyanto Jauh sebelumnya, penghinaan Macron terhadap Islam dianggap kebebasan ekspresi dan bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM). Padahal ucapan Presiden Prancis itu bisa sebagai biang permusuhan dan menimbulkan kegaduhan dengan ...

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Dan Tesis

Penulisan karya ilmiah merupakan salah satu tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa Program Diploma Tiga (D3), Program Strata Satu (S1), dan Program Strata Dua (S2). Untuk menciptakan quality assurance terhadap karya ilmiah tersebut, buku ini memberikan gambaran mengenai penyusun naskah karya ilmiah sebagai pedoman dalam menyelesaikan (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) yang dapat dijadikan pedoman oleh mahasiswa ataupun dosen pembimbing Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) ini menjelaskan tentang hal-hal yang berhubungan dengan tata cara penulisan karya ilmiah baik berupa tugas akhir, skripsi ataupun tesis. Di dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) Mahasiswa ini, juga terdapat perihal berkenaan dengan jumlah pembimbing, jumlah penguji, serta persyaratan dan mekanisme proses pembimbingan. Diharapkan dengan adanya Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) ini akan memberikan dampak terhadap peningkatan mutu karya ilmiah baik yang ditulis oleh mahasiswa Diploma Tiga (D3), mahasiswa Strata Satu (S1) ataupun mahasiswa Strata Dua (S2) Semoga Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) Mahasiswa Program Diploma Tiga (D3) mahasiswa Strata Satu (S1) ataupun mahasiswa Strata Dua (S2) dapat berguna bagi mahasiswa ataupun dosen pembimbin. Akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan masukan untuk penyempurnaan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir dan Skripsi) Mahasiswa ini.

Untuk menciptakan quality assurance terhadap karya ilmiah tersebut, buku ini memberikan gambaran mengenai penyusun naskah karya ilmiah sebagai pedoman dalam menyelesaikan (Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis) yang dapat dijadikan pedoman oleh ...