Sebanyak 27 item atau buku ditemukan

BAHAN AJAR Musik Nusantara II (Gamelan Degung)

Puji hanyalah milik Alloh SWT., syukur senantiasa penulis sampaikan kehadirat-Nya karena atas segala kodrat dan irodat serta hidayah dan inayah-Nya buku ”Buku Bahan Ajar Mandiri: Musik Nusantara II (Gamelan Degung)” ini akhirnya dapat selesai. Buku ini merupakan sebagian dari pengembangan dan implementasi buku ”Degung Kawih Wanda Anyar: Alternatif Model dan Materi Pembelajaran Seni Tradisional Sunda” yang penulis terbitkan sebelumnya. Bahan ajar ini memuat materi-materi pokok mata kuliah Musik Nusantara II atau Mata Kuliah Gamelan Degung yang meliputi dua genre musik ensambel gamelan degung yaitu Degung Klasik dan Degung Kawih Wanda Anyar. Pemisahan keduanya tidak dimaksudkan sebagai pendikotomian musik degung karena sebenarnya masih dalam satu kesatuan perkembangan seni degung sejak awal kelahirannya. Pemisahan ini hanyalah untuk memudahkan pemahaman mengenai kedua genre tersebut dengan berbagai asesorisnya. Harapan yang diusung melalui bahan ajar mandiri ini adalah guna memudahkan para mahasiswa memahami dasar-dasar ensambel gamelan degung serta dapat mempraktikan dan menganalisa sendiri pola-pola tabuhan baik degung klasik maupun wanda anyar. Kompetensi tersebut dimungkinkan memudahkan mahasiswa mempelajari ensambel gamelan degung dalam konteks yang lebih kompleks pada perkuliahan. Kritik dan saran sangat diharapkan demi perbaikan-perbaikan isi buku ini, serta dengan segala kerendahan hati ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terbitnya buku ini, yang tidak bisa dirinci di sini.

Puji hanyalah milik Alloh SWT., syukur senantiasa penulis sampaikan kehadirat-Nya karena atas segala kodrat dan irodat serta hidayah dan inayah-Nya buku ”Buku Bahan Ajar Mandiri: Musik Nusantara II (Gamelan Degung)” ini akhirnya dapat ...

Multimedia Pembelajaran yang Inovatif

Prinsip Dasar dan Model Pengembangan

Produk Multimedia pembelajaran merupakan bagian dari industri kreatif karena pengembangannya patutlah memperhatikan unsur-unsur kreatif, inovatif, dan efektif. Memperhatikan substansi konten tersebut, diperlukan upaya intensif dalam mempelajarinya. Buku ini ditulis untuk dapat memberikan pemahaman bagi pemula dalam memahami prinsip-prinsip dasar dan pengembangan multimedia pembelajaran.

Produk Multimedia pembelajaran merupakan bagian dari industri kreatif karena pengembangannya patutlah memperhatikan unsur-unsur kreatif, inovatif, dan efektif.

Dasar-Dasar Manajemen (Konsep dan Teori)

Buku ini berjudul Dasar-Dasar Manajemen (Konsep dan Teori) menyajikan pengetahuan mengenai konsep dan teori tentang manajemen secara lengkap, dan disajikan dalam lima belas bab. Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Buku ini merupakan ide dari para penulis yang dituangkan dalam bentuk book chapter. Karya ini masih memiliki banyak kekurangan baik dari isi materi maupun teknik penyusunannya. Dengan segala kerendahan hati, kami mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

Aliran Manajemen Modern Masa manajemen modern berkembang melalui dua jalur yang berbeda. ... Pendekatan sistem anggota manajer bagaimana cara memandang organisasi sebagai suatu keseluruhan dan sebagai bagian 27 EVOLUASI TEORI MANAJEMEN.

Buku Siswa Geografi SMA/MA Kelas 10

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan dalam rangka Implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Penerbit Grasindo. Buku ini merupakan Òdokumen hidupÓ yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

SD Kenteng, Banyuurip, Purworejo, Tengah 2. SLTPN 1 Purworejo, Jawa Tengah 3. SMAN 1 Purworejo, Jawa Tengah 4. S1 Pendidikan GeografiIKIP Negeri Yogyakarta D Riwayat Pekerjaan/Profesi 1. Guru SMPN 1 Purwodadi (1998 s.d. 2003) igita ...

Panduan Pembuatan Paving Eksperimen

Dilengkapi Artikel Publikasi Paving

Ide dasar penyusunan buku Panduan Pembuatan Paving Eksperimen (dilengkapi Artikel Publikasi Paving) adalah bagaimana membuat pembaca dapat mengetahui, membuat paving secara teknik sederhana dan bisa dilakukan secara mandiri. Buku ini juga dibuat sebagai salah satu output Hibah Penelitian RistekDikti Tahun Anggaran ke II/2018 Skim Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT) Universitas Narotama yang membahas tentang pembuatan Paving. Pada tahun ke I/2017 telah terbit buku Panduan Pembuatan Paving. Buku ini adalah bagian pengembangan edisi cetak Buku Panduan Pembuatan Paving. Referensi buku Panduan Pembuatan Paving Eksperimen (Dilengkapi Artikel Publikasi Paving) diambil dari berbagai sumber diantaranya hasil penelitian, buku, bimbingan skripsi, artikel publikasi dan sumber online lainnya.

Ide dasar penyusunan buku Panduan Pembuatan Paving Eksperimen (dilengkapi Artikel Publikasi Paving) adalah bagaimana membuat pembaca dapat mengetahui, membuat paving secara teknik sederhana dan bisa dilakukan secara mandiri.

PANDUAN PENYUSUNAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH (RPJMD)

Naskah buku ini telah dikaji secara mendalam, walaupun tidak lepas dari kekurangan. Kedepan, perlu adanya Pedoman Penyusunan RPJMD dan perencanaan yang setara yang mendalam, sehingga akan lebih mudah dalam menyusun RPJMD dan perencanaan instansi-instansi pada Pemeintah Daerah.

A. Kinerja Keuangan Tahun 2015-2019 Kinerja keuangan adalah penentuan efektifitas operasional suatu organisasi dan karyawan secara periodik berdasarkan ...

Pembelajaran Daring Yang Efektif: Prinsip Dasar, Pengembangan, Desain, Dan Asesmen

Bicara tentang keefektifan sebuah pembelajaran daring, secara umum terdapat dua hal penting yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu eksistensi pembelajar/peserta didik dan hasil capaian belajar yang diinginkan. Yang pertama, berhubungan dengan ketersediaan portal pengguna (pembelajar/peserta didik, pengajar/instruktur, Fakultas/Lembaga/Institusi) yang mencakup deliveri Kurikulum via Learning Management Systems (LMS), layanan konsultasi, pendaftaran, Help Desk, ujian; server yang aman; sistem informasi pengguna; perpustakaan dijital; repositori obyek-obyek belajar; dan proses asesmen kualitas/mutu. Yang kedua, berhubungan dengan pedagogi dan konten/materi belajar yang meliputi tim pengembang pembelajaran, desainer pembelajaran, ahli/teknisi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan multimedia, dan petugas penanganan Hak Cipta. Untuk itu, sejauh mana tingkat keefektifan sebuah pembelajaran daring dapat tercapai, tentunya tergantung pada seberapa jauh kita dapat memahami, mendukung dan berkomitmen dalam memenuhi kriteria, tahapan dan proses yang dipersyaratkan, dalam rangka memenuhi gol dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, sebagaimana yang dijabarkan atau dideskripsikan dalam buku ini.

Bicara tentang keefektifan sebuah pembelajaran daring, secara umum terdapat dua hal penting yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu eksistensi pembelajar/peserta didik dan hasil capaian belajar yang diinginkan.

DEGUNG KAWIH WANDA ANYAR

Alternatif Model dan Materi Pembelajaran Seni Tradisional Sunda

Buku ini merupakan pengembangan dari penelitian penulis dengan judul ”PENERAPAN MODEL Pembelajaran Gamelan Degung dengan Menggunakan Sistem TABUHAN Jatuhan DENGAN Teknik Dicaruk: Penelitian Quasi Eksperimen Proses Belajar Mengajar Gamelan Degung di SLTP Negeri 26 Bandung”. Hasil penelitian ini kemudian disempurnakan melalui penerapan langsung di SMP Negeri 2 Sukaraja serta SMK Bina Bangsa Kab. Tasikmalaya dalam kurun waktu tahun 2006 sampai 2017. Oleh sebab itu, proses penyusunan buku ini telah melewati beberapa implementasi kurikulum yaitu: kurikulum 94, kurikulum berbasis kompetensi (KBK), kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), dan terakhir Kurikulum 2013, sehingga materi dalam buku ini diharapkan bersifat fleksibel dan relevan dengan situasi serta kondisi kekinian dengan beberapa penyesuaian tentunya. Buku ini tidak dianjurkan dipergunakan langsung oleh siswa, melainkan diperuntukan bagi guru-guru baik SD, SLTP, SLTA, maupun mahasiswa terutama mahasiswa PGSD dan Pendidikan Seni. Bagi guru-guru dapat dijadikan salah satu rujukan model pembelajaran seni sekaligus sumber materi pelajaran dan pengembangan model. Sedangkan bagi mahasiswa selain bisa dijadikan sebagai referensi, juga dapat dipergunakan sebagai bahan kajian dalam rangka pengembangan model pembelajaran lainnya. Buku memuat konsep-konsep realitas dan harapan dalam pembelajaran seni, model-model pembelajaran seni secara umum dan mengerucut pada penggunaan salah satu model pembelajaran seni degung, serta implementasi model pembelajarannya dengan kajian analisis beberapa karya seni genre seni degung kawih wanda anyar. Contoh-contoh partitur disajikan dalam dua bentuk notasi yaitu notasi da-mi-na dan notasi balok musik Barat untuk membantu pembaca yang kurang memahami penulisan musik tradisi Sunda atau sebaliknya. Meskipun demikian, tidak dimaksudkan sebagai penyamaan antara dua budaya musik karena memang secara bunyi tidak sama antara keduanya. Tetapi, diharapkan dapat menjadi jembatan dalam mengasosiasikan bunyi nada agar lebih mudah dipahami. Harapan yang diusung melalui buku ini adalah para guru dapat kembali mengaktualisasikan kembali seni tradisional Sunda yang memang saat ini terasa mulai pudar eksistensinya di masyarakat. Hal ini seiring dengan salah satu fungsi pendidikan seni yang mengemban misi sebagai pengembang dan pelestari seni tradisi budaya Sunda. Kritik dan saran sangat diharapkan demi perbaikan-perbaikan isi buku ini, serta dengan segala kerendahan hati ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terbitnya buku ini, yang tidak bisa dirinci di sini.

Buku memuat konsep-konsep realitas dan harapan dalam pembelajaran seni, model-model pembelajaran seni secara umum dan mengerucut pada penggunaan salah satu model pembelajaran seni degung, serta implementasi model pembelajarannya dengan ...

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani 2017 Implementasi Model Pembelajaran Penjas dan Modifikasi Alat Belajar

Pemilihan tema seminar tersebut dilandasi oleh ketidak sesuaian pemilihan dan penggunaan model pembelajaran dengan ketersediaan sarana dan prasarana belajar. Sebab tidak bisa dipungkiri, sarana dan prasarana yang ada dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif seringkali kurang mendukung, khususnya alat-alat olahraga. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya pendanaan dari pihak sekolah, dan guru olahraga yang kesulitan mengembangkan alat pembelajaran olahraga. Melalui pengembangan alat olahraga maka peserta didik akan merasa tertarik terhadap proses belajar mengajar dengan berbagai macam alat pembelajaran yang telah dimodifikasi. Maka dari itu untuk memaksimalkan keterbatasan alat pembelajaran, perlu adanya peningkatan wawasan guru olahraga sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Harapannya proses pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan inovatif, tanpa harus memikirkan sarana dan prasarana yang kurang tersebut.

Pemilihan tema seminar tersebut dilandasi oleh ketidak sesuaian pemilihan dan penggunaan model pembelajaran dengan ketersediaan sarana dan prasarana belajar.

Memahami E-learning

Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan

Sebagaimana diketahui bersama, telah banyak bentuk pembelajaran E-learning di era sekarang ini yang secara langsung maupun tidak langsung sering kita jumpai. Bentuk-bentuk pembelajaran tersebut bisa berupa file atau dokumen, video di komputer, web, mobile phone, tab, iPhone, tayangan-tayangan pembelajaran di televisi, dan lain sebagainya yang berbasis elektronik. Semua bentuk media pembelajaran tersebut dimaksudkan guna menyampaikan informasi kepada pengguna, dengan strategi pembelajaran tertentu supaya dapat diperoleh capaian pembelajaran sebagaimana yang diinginkan. Terkait dengan hal itu, bisa jadi sebagian dari masyarakat pengguna yang telah menjumpai konten-konten pembelajaran tersebut, tanpa menyadari bahwa mereka telah melakukan pembelajaran melalui model pembelajaran yang ada di E-learning. Untuk itu, eksistensi buku ini bertujuan guna memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat umum, pemula di bidang Teknologi Informasi, dan Komunikasi (TIK), pemerhati atau calon pembaca yang ingin lebih jauh mengenal dan memahami pembelajaran berbasis elektronik tentang terapan TIK di bidang pendidikan atau yang lebih dikenal sebagai E-learning, baik yang berperan sebagai pemrogram aplikasi E-learning, pengembang multimedia pembelajaran, pendidik, siswa, dan lainnya. Materi yang disampaikan dalam buku ini meliputi E-learning, mulai dari pengertian, tipe, karakteristik, teknologi, fungsi, dan manfaat, serta multimedia interaktif dalam E-learning; E-learning yang efektif; platform E-learning; pembelajaran online dan blended learning; perkembangan E-learning; E-learning dalam sektor pendidikan dan korporasi; sampai dengan tentang pendidikan dan E-learning di era industri 4.0. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Terima kasih atas segala perhatiannya.

Untuk itu, eksistensi buku ini bertujuan guna memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat umum, pemula di bidang Teknologi Informasi, dan Komunikasi (TIK), pemerhati atau calon pembaca yang ingin lebih jauh mengenal dan memahami ...