Dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan dibutuhkan manajemen mutu pendidikan. Manajemen mutu adalah suatu sistem untuk membantu satuan pendidikan. Manajemen mutu merupakan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan semua aktivitas kerja yang harus diselesaikan untuk mempertahankan mutu yang diinginkan. Dengan demikan, lembaga-lembaga pendidikan perlu mengembangkan sistem-sistem mutunya agar dapat membuktikan kepada publik bahwa mereka dapat memberikan layanan yang bermutu baik terkait dimensi layanan produk dan terutama terkait dimensi layanan jasanya. Pembahasan dalam buku ini adalah: Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Mutu Pendidikan Bab 2 Hakikat Mutu Pendidikan Bab 3 Sejarah dan Tokoh Pemikir Mutu Bab 4 Penerapan Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Bab 5 Penjaminan Mutu Internal Bab 6 Penjaminan Mutu Ektsternal Bab 7 Strategi Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Buku ini menyajikan pembahasan seputar manajemen mutu pendidikan. Adapun hal yang penulis bahas meliputi konsep dasar manajemen mutu pendidikan, hakikat mutu pendidikan, sejarah dan tokoh pemikir mutu, manajemen mutu pendidikan, penjaminan mutu internal, penjaminan mutu eksternal, akreditasi untuk penjaminan mutu eksternal, dan strategi pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan.
Dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan dibutuhkan manajemen mutu pendidikan. Manajemen mutu adalah suatu sistem untuk membantu satuan pendidikan.
Mutu dalam percakapan sehari-hari sebagian besar dipahami sebagai sesuatu yang absolut. Dalam definisi yang absolut, sesuatu yang bermutu merupakan bagian dari standar yang sangat tinggi yang tidak dapat diungguli. Produk-produk yang bermutu adalah sesuatu yang dibuat dengan sempurna dan dengan biaya yang mahal. Produk-produk tersebut dapat dinilai serta membuat puas dan bangga para pemiliknya. Mutu dalam pandangan ini digunakan untuk menyampaikan keunggulan status dan posisi, dan kepemilikan terhadap barang yang memiliki “mutu”, akan membuat pemiliknya berbeda dari orang lain yang tidak mampu memilikinya. Mutu dalam pengertian yang demikian, lebih tepat disebut dengan “high quality” atau “top quality” yang bermakna mutu tinggi. Mutu atau kualitas menjadi isu penting dalam pengelolaan organisasi, perusahaan, ataupun institusi pendidikan. Karena mutu atau kualitas merupakan tujuan dari setiap proses manajemen, maka Manajemen Mutu Terpadu (MMT) menjadi penting untuk diimplementasikan di setiap organisasi, perusahaan, maupun institusi pendidikan. Pembahasan dalam buku ini disajikan dalam 13 Bab yaitu : Bab 1 Konsep Dan Pengertian Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan (MMT) Bab 2 Filosofi Mutu Bab 3 Memahami Pelanggan Dan Kepuasannya Bab 4 Perkembangan Mutu Bab 5 Pemikir Mutu: Juran, Deming, Crosby, Ishikawa Dan Feigenbaun Bab 6 Jaminan Mutu (Quality Assurance) Bab 7 Gugus Kendali Mutu Bab 8 Mutu Pendidikan: Mutu Jasa Pelayanan Bab 9 Manajemen Mutu Pendidikan (Indikator) Bab 10 Manajemen Mutu Berbasis Sekolah Bab 11 Peningkatan Mutu Akademik Bab 12 Kepemimpinan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Bab 13 Benchmarking Mutu Pendidikan
Karena mutu atau kualitas merupakan tujuan dari setiap proses manajemen, maka Manajemen Mutu Terpadu (MMT) menjadi penting untuk diimplementasikan di setiap organisasi, perusahaan, maupun institusi pendidikan.
Buku ini terdiri dari beberapa bahasan yang cukup lengkap, mulai dari bahasan tentang konsep dasar dan ruang lingkup Total Quality Management (TQM), manajemen penjaminan mutu, manajemen partisipatory dan team building, hingga bahasan Sertifikasi ISO 9000. Dengan bahasan yang lengkap tersebut, kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu rujukan dan referensi bagi pihak-pihak yang memerlukannya. Buku ini membahas: Bab 1 Konsep Dasar Dan Ruang Lingkup TQM Bab 2 Manajemen Penjaminan Mutu Produk Bab 3 Manajemen Partisipatory Dan Team Building Bab 4 Manajemen Sdm Dalam TQM Bab 5 Perencanaan Strategis Total Quality Management Bab 6 Implementasi TQM Dalam Bisnis Bab 7 Peranan Dan Kebijakan Manajemen Dalam TQM Bab 8 Peran Etika Bisnis Dalam TQM Bab 9 Peran Budaya Organisasi Dalam TQM Bab 10 Konsep Just In Time (Jit) Dan Kaizen Costing Bab 11 Customer Focus Dalam Total Quality Management Bab 12 Peluang Dan Hambatan Dalam Total Quality Management Bab 13 Sertifikasi ISO 9000
Buku ini terdiri dari beberapa bahasan yang cukup lengkap, mulai dari bahasan tentang konsep dasar dan ruang lingkup Total Quality Management (TQM), manajemen penjaminan mutu, manajemen partisipatory dan team building, hingga bahasan ...
Buku ini membahas profesi keguruan secara lengkap, mulai dari konsep profesi keguruan, latar belakang pendidikan guru, kebijakan terkait, peran, kompetensi, supervisi, hingga permasalahan yang dihadapi profesi ini. Bab 1 Konsep Profesi Keguruan Bab 2 Latar Belakang Pendidikan Guru di Indonesia Bab 3 Kebijakan Guru di Indonesia Bab 4 Berbagai Peran Guru di Sekolah Bab 5 Guru Profesional sebagai Komunikator dan Fasilitator Bab 6 Guru Sebagai Konselor Bab 7 Kompetensi Pedagogi Guru Bab 8 Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru Bab 9 Supervisi Pendidikan Bab 10 Permasalahan yang Dihadapi Guru
Di masyarakat ada semacam pendapat bahwa guru-guru zaman dulu lebih kompeten atau lebih baik dibandingkan guru-guru zaman sekarang. Artinya guru-guru produk lembaga pendidikan guru zaman dulu dinilai lebih unggul dibandingkan guru-guru ...
Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 adalah fenomena yang merespons kebutuhan revolusi industri dengan penyesuaian kurikulum baru sesuai situasi saat ini. Kurikulum tersebut mampu membuka jendela dunia melalui genggaman, contohnya dengan memanfaatkan internet of things (IOT). Di sisi lain pengajar juga memperoleh lebih banyak referensi dan metode pengajaran.
2.4 Tuntutan Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Guru Kompetensi guru profesional telah diatur dan dirumuskan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 Tahun 2007 tentang Standar Pendidik dan Kependidikan bahwa kompetensi ...
Buku Pengantar Pemasaran agribisnis yang ini berfungsi sebagai referensi dan bahan pengajaran di bangku kuliah. Dengan menggali dan menambah referensi lain yang ada, diharapkan buku ini akan banyak memberikan manfaat dan berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Buku ini membahas tentang : Bab 1 Sejarah Perkembangan Pertanian Bab 2 Karakteristik Komoditas Pertanian Bab 3 Definisi dan Konsep Agribisnis Bab 4 Ruang Lingkup Pemasaran Bab 5 Lembaga dan Saluran Pemasaran Agribisnis Bab 6 Konsep Pasar dan Pembentukan Harga Bab 7 Analisis Pasar Melalui Model Perilaku Konsumen Bab 8 Struktur Pasar Produk Agribisnis Bab 9 Segmentasi Pasar Bab 10 Strategi Pemasaran Bab 11 Efisiensi Pemasaran Buku ini disusun secara sederhana, mudah dipahami dan dipahami berdasarkan kebutuhan dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi dan pembaca umum.
Konsep dan praktik Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi berkontribusi pada pemahaman keseluruhan tentang perilaku manusia dalam pengaturan organisasi. Secara historis, teori-teori ini pada satu atau lain titik waktu memengaruhi cara setiap orang dalam memahami atau menafsirkan perilaku yang berbeda, serta bagaimana organisasi menggunakan pengetahuan sehingga membantu mereka membangun efisiensi operasional yang lebih baik. Inti dari buku ini adalah untuk menerapkan rekayasa proses dan manajemen ilmiah dalam pengaturan organisasi industri.
Menghibur (to entertain), yaitu melalui komunikasi dapat menjadi alat untuk menghibur atau menyenangkan orang lain, ketika bersedih maupun memberi motivasi yang menghibur; Bentuk komunikasi yang terjadi dalam suatu organisasi ...
Buku ini sangat penting dipahami oleh para pemangku kebijakan mulai dari penyelenggara sampai pelaksana pendidikan. Buku Asas – Asas Pendidikan: Konsep dan Teori ini sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan karena dikaji secara mendalam dan lebih lengkap sehingga mampu memberikan pemahaman mengenai dasar pelaksanaan pendidikan. Buku ini disajikan dengan struktur yang dibangun atas dua belas pokok kajian bahasan, yang mencakup: Bab 1 Konsep Dasar Pendidikan Bab 2 Sejarah Perkembangan Pendidikan Bab 3 Filsafat dan Asas-Asas Pendidikan Bab 4 Prinsip dan Fungsi-Fungsi Pendidikan Bab 5 Sistem, Pendekatan, dan Tujuan Pendidikan Bab 6 Teori-Teori Kependidikan Bab 7 Desain dan Struktur Pendidikan Bab 8 Koordinasi dalam Pendidikan dan Tujuannya Bab 9 Lingkungan dan Budaya Organisasi dalam Pendidikan Bab 10 Konsep Manajemen dalam Pendidikan Bab 11 Model dan Pendekatan Evaluasi Kinerja dalam Pendidikan Bab 12 Sistem Pengendalian Mutu dalam Pendidikan
Komunikasi Komunikasi tidak dapat dipisahkan dari koordinasi, karena komunikasi, sejumlah unit dalam organisasi akan dapat dikoordinasikan berdasarkan rentang di mana sebagian besar ditentukan oleh adanya komunikasi.
Dalam organisasi seorang manajer perlu memahami ilmu manajemen untuk menggerakkan organisasi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Buku ini berisi tiga belas topik yang menarik untuk dibaca. Masing-masing topik sebagai berikut: Bab 1 Konsep Dasar Organisasi dan Manajemen Bab 2 Evolusi dan Perkembangan Teori Organisasi Bab 3 Asas-Asas dan Fungsi-Fungsi Organisasi Bab 4 Lingkungan Organsasi Bab 5 Manajer dalam manajemen Bab 6 Struktur Organisasi Bab 7 Perilaku Organisasi Bab 8 Budaya Organisasi Bab 9 Konflik dalam Organisasi Bab 10 Motivasi Bab 11 Kinerja Organisasi Bab 12 Peranan Komunikasi dalam Organisasi Bab 13 Peranan Teknologi Bagi Organisasi
Masing-masing topik sebagai berikut: Bab 1 Konsep Dasar Organisasi dan Manajemen Bab 2 Evolusi dan Perkembangan Teori Organisasi Bab 3 Asas-Asas dan Fungsi-Fungsi Organisasi Bab 4 Lingkungan Organsasi Bab 5 Manajer dalam manajemen Bab 6 ...
IoT memungkinkan perangkat fisik untuk terhubung ke internet dan saling berkomunikasi dengan perangkat digital lainnya. Dengan adanya IoT, kita dapat mengontrol dan memantau perangkat fisik dari jarak jauh, mengambil data dari perangkat fisik, dan bahkan memberikan instruksi kepada perangkat fisik melalui perangkat digital. Buku “Internet of Things (IoT): Teori dan Implementasi” akan membahas tentang : Bab 1 Pengantar Internet Of Things (IoT) Bab 2 Sejarah Internet Of Things (IoT) Bab 3 Konsep Dasar Internet Of Things (IoT) Bab 4 Arsitektur Internet Of Things Bab 5 Standarisasi Internet Of Things (IoT) Bab 6 Evolusi Internet Of Things Bab 7 IoT Hari Ini Bab 8 Aplikasi Internet Of Things (IoT) Bab 9 Perkembangan Internet Of Things (IoT) Bab 10 Masa Depan Internet Of Things (IoT) Bab 11 Penelitian Tentang Internet Of Things Bab 12 Privasi Dan Keamanan Internet Of Things (IoT) Bab 13 Implementasi Internet Of Things (IoT) Pada Kota Pintar Bab 14 Implementasi Internet Of Things (IoT) Pada Bidang Pendidikan Bab 15 Implementasi Internet Of Things (IoT) Pada Bidang Kesehatan Bab 16 Implementasi Internet Of Things (IoT) Pada Bidang Industri
Buku “Internet of Things (IoT): Teori dan Implementasi” akan membahas tentang : Bab 1 Pengantar Internet Of Things (IoT) Bab 2 Sejarah Internet Of Things (IoT) Bab 3 Konsep Dasar Internet Of Things (IoT) Bab 4 Arsitektur Internet Of ...