Sebanyak 21 item atau buku ditemukan

Implementasi Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Produktif

Buku pedoman ini terdiri dari lima bab baik teori maupun petunjuk penugasan. Berikut isi buku pedoman ini: 1) Hakikat Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Produktif, 2) Hakikat Kompetensi Berbicara, 3) Petunjuk Implementasi Kompetensi Berbicara, 4) Hakikat Kompetensi Menulis, dan 5) Petunjuk Implementasi Kompetensi Menulis. Buku pedoman ini juga disertai contoh karya yang memudahkan pembaca khususnya para mahasiswa agar dapat menghasilkan karya sebagaimana luaran dari perkuliahan pada matakuliah Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia

Berikut isi buku pedoman ini: 1) Hakikat Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Produktif, 2) Hakikat Kompetensi Berbicara, 3) Petunjuk Implementasi Kompetensi Berbicara, 4) Hakikat Kompetensi Menulis, dan 5) Petunjuk Implementasi ...

Kajian Permasalahan Pembelajaran Matematika

Pandemi Covid-19 berdampak di semua bidang, termasuk pendidikan. Aktivitas pembelajaran di sekolah yang tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya, kendala pembelajaran jarak jauh, keterbatasan sarana dan prasaran penunjang, merupakan sebagian kecil dari permasalahan yang muncul akibat kejadian tersebut. Terlebih dalam pembelajaran matematika, adanya pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian siswa di sekolah. Hal inilah yang mendasari penerbitan buku ini. Melalui tulisan di buku ini, diharapkan bisa memberikan gambaran tentang kajian berbagai permasalahan dalam pembelajaran matematika di era pandemi Covid-19 dan solusi-solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

pembelajaran yang dirancang guru juga mengalami perubahan, kondisi yang terjadi interaksi antara guru dan siswa pada saat ... Sumber Daya Manusia yang berinovasi dari berbagai solusi dari permasalahan yang dihadapi, upaya belajar dan ...

Pembelajaran Blended Learning Model Case Based Learning pada Implementasi Kurikulum Merdeka

Fenomena teknologi yang digunakan dalam proses saat ini mencapai akselerasi yang luar biasa. Teknologi dalam pembelajaran yang dipelajari beberapa tahun yang lalu mulai tergantikan dengan teknologi yang baru termasuk berbagai cara pembelajaran secara konvensional sudah mulai ditinggalkan. Bentuk pengembangan teknologi informasi di era digital dalam dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran adalah menggunakan model blended learning. Blended learning dapat menjadi salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran yang inovatif tersebut. Blended learning merupakan suatu model pembelajaran dengan menggabungkan model pembelajaran secara tatap muka di kelas sekaligus pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi khususnya pembelajaran secara online. Model cased based learning ini cocok digunakan pada pembelajaan berbasis blended learning di kurikulum merdeka. Pembahasan buku ini dibagi dalam empat bab: Bab 1 Model Cased based Learning Bab 2 Blended Learning Bab 3 Kurikulum Merdeka Bab 4 Model case based learning pada pembelajaran blended learning

Fenomena teknologi yang digunakan dalam proses saat ini mencapai akselerasi yang luar biasa.

TEORI DAN APLIKASI PEMBELAJARAN TERPADU

Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu peserta didik akan memeroleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi peserta didik. Bermakna di sini memberikan arti bahwa pada pembelajaran terpadu, peserta didik akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang menghubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang memperhatikan dan menyesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik (Developmentally Appropriate Practical). Pendekatan yang berangkat dari teori pembelajaran yang menolak drill-system sebagai dasar pembentukan pengetahuan dan struktur intelektual anak. Pembelajaran terpadu menjadi roh pelaksanaan kurikulum 2013 yang dikembangkan saat ini dalam Pembelalajaran Tematik Terpadu, khususnya di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrazah Ibtidaiyah (MI). Buku ini disusun untuk membantu praktisi pendidikan, khususnya guru dan calon guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik.Untuk itu selain menyajikan teori, buku ini juga disertai dengan contoh aplikasinya

Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran.

PEMBELAJARAN SAINS DI ERA AKSELERASI DIGITAL

Buku ini merupakan kumpulan pengalaman penulis selama mengajar di massa pandemic covid-19 dan kumpulan pengalaman-pengalaman selama menjadi pembelajar. Buku ini menyajikan: (1) informasi terkait penerapan pembelajaran dalam jaringan di berbagai perguran tinggi, kendala-kendala yang dihadapi, juga alternatif solusinya. Tidak semua perguruan tinggi tentunya memiliki fasilitas e-learning berbasis Learning Management System (LMS) dan memiliki jaringan yang bagus untuk melaksanakan pembelajaran daring. (2) Assesment Berpikir Tingkat Tinggi secara daring juga dideskripsikan, (3) Keterkaitan dengan karakter dan humanisme dalam pendidikan dan pembelajaran juga dideskripsikan yang merupakan unsur penting dalam pendidikan

Buku ini merupakan kumpulan pengalaman penulis selama mengajar di massa pandemic covid-19 dan kumpulan pengalaman-pengalaman selama menjadi pembelajar.

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Tahukah Kamu? Tingkat penyerapan dalam belajar 20% dari yang kita baca, 30% dari yang kita dengar, 40% dari yang kita lihat, 50% dari yang kita katakan, 60% dari yang kita kerjakan, 90% dari yang kita lihat, kita dengar, kita katakan dan sekaligus kita kerjakan Ungkapan Seorang Filosopher, Khong Fu Tse “Yang saya dengar, maka saya lupa, yang saya lihat, maka saya ingat, yang saya lakukan, maka saya mengerti/memahami” Dalam Creating The Future, tujuan terpenting pendidikan adalah “belajar bagaimana belajar” (Luis Alberto Machado, Ph.D). Problematika pembelajaran pada umumnya bersifat komplek, sedangkan kompleksitas belajar dan pembelajaran itu dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor, diantaranya: pengaruh budaya , pengaruh sejarah, hambatan praktis, karakteristik guru sebagai pembelajar, karakteristik siswa, dan proses belajar. Secara umum, buku Problematika Pembelajaran di SD ini diterbitkan dengan membahas pengaruh budaya, pengaruh sejarah, dan hambatan praktis dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.

Bimbingan Konseling : Edisi Ketujuh, (Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2011) Rochaety, Eti dkk. 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Sardjan Kadir dan Umar Ma'sum. 1982. Pendidikan di Negara Sedang ...

PEMBELAJARAN TERPADU

Pembelajaran terpadu menjadi roh pelaksanaan kurikulum 2013 yang dikembangkan saat ini dalam Pembelalajaran Tematik Terpadu, khususnya di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrazah Ibtidaiyah (MI). Buku ini disusun untuk membantu praktisi pendidikan, khususnya guru dan calon guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik.Untuk itu selain menyajikan teori, buku ini juga disertai dengan contoh aplikasinya

Pembelajaran terpadu menjadi roh pelaksanaan kurikulum 2013 yang dikembangkan saat ini dalam Pembelalajaran Tematik Terpadu, khususnya di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrazah Ibtidaiyah (MI).

PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SEKOLAH DASAR

Modul Pembelajaran Bahasa Jawa ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan tentang landasan, hakikat, dan penerapan pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah-sekolah kepada mahasiswa. Dengan pemahaman ketiga pokok tersebut diharapkan setiap mahasiswa sudah dapat menjadi pengajar bahasa Jawa yang baik untuk setiap jenjang pendidikan. Di samping itu, juga diharapkan akan menjadi pengembang dan pembina Bahasa Jawa, sehingga peningkatan penggunaan Bahasa Jawa akan senantiasa terjadi. Sejalan dengan kehendak dan perintah kehidupan global yang dituntun oleh prinsip-prinsip kalkulabilitas, efisiensiefektivitas, prediktabelitas, kontrol, dan rasionalitas, kemunculan pengajar Bahasa Jawa yang baik yang sekaligus sebagai pengembang dan pembina Bahasa Jawa yang sejati, maka akan menjadi andil yang sangat besar untuk menciptakan generasi Jawa yang akan datang, yang kurang lebih akan tergambar sebagai generasi yang cerdas dan juga santun, piawai dengan penuh tata krama, berpikiran kritis, dan berbudi luhur, atau cemerlang sekaligus beradab. Sungguh mulia bekerja menjadikan generasi bangsa seperti di atas. Semoga modul ini betul-betul menjadi secercah modal untuk mengembangkan inspirasi para calon guru sebagai proyeksi seperti yang telah digambarkan di atas. Akhirnya, ucapan terima kasih disampaikan atas kesediaan para pengguna buku ini, semoga dapat memetik manfaatnya sebanyak mungkin

Modul Pembelajaran Bahasa Jawa ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan tentang landasan, hakikat, dan penerapan pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah-sekolah kepada mahasiswa.

MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH MELALUI DIGITAL ARGUMENTATION (PBM-DA)

Buku ini merupakan jawaban terhadap derasnya teknologi di era Revolusi Industri 4.0 saat ini termasuk di bidang pendidikan. Perubahan tersebut menjadikan berubahnya cara berpikir, cara komunikasi serta cara bertindak yang akan berpengaruh pada struktur dan tatanan kehidupan. Pola argumentasi sebagai bentuk komunikasi selain disampaikan secara langsung dapat dilakukan secara tertulis dalam platform berbasis teknologi yang kemudian disebut Digital Argumentation (DA). DA sebagai respon komunikatif berbasis digital yang terutama dilakukan oleh mahasiswa untuk menyampaikan pendapat, diskusi, memberikan sanggahan dapat diukur dan dijadikan sebagai indikator kemampuan berpikir tingkat tingginya atau Higher order thingking skills (HOTs). Khusus untuk matematika dan sains (IPA) penggunaan DA diformulasikan dengan penerapan pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) yang memang sudah menjadi ciri khas dalam kegiatan pembelajarannya. Didukung penggunaan learning management system (LMS) untuk e-learning yang diterapkan, maka PMB-DA menjadi bagian penting yang diulas dan dibahas dalam buku ini.

Buku ini merupakan jawaban terhadap derasnya teknologi di era Revolusi Industri 4.0 saat ini termasuk di bidang pendidikan.

PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR

Sekolah sebagai pelaksana pendidikan, baik pengawas, ke[ala sekolah, dan guru, tenaga kependidikan non guru, maupun peserta didik sangat berkepentingan dan akan terkena imbasnya secara langsung dari setiap perubahan kurikulum. Disamping itu, orang tua, dan masyarakat pada umumnya, dunia usahadan dunia industri, serta para birokrat, baik dipusat maupun didaerah akan terkena dampak dari perubahan kurikulum tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang mendalam yang mendalam dari para pelaksana dan yang berkepentingan dengan implementasinya tidak terjadi kesalahpahaman, dan kesalahan dalam menafsirkan ide-ide baru yang dikembangkan. Pemahaman tersebut akan menjadi bekal para pelaksana dalam menyukseskan implementasi Kurikulum 2013 di lapangan, sehingga mencapai hasil yang optimal.

Sekolah sebagai pelaksana pendidikan, baik pengawas, ke[ala sekolah, dan guru, tenaga kependidikan non guru, maupun peserta didik sangat berkepentingan dan akan terkena imbasnya secara langsung dari setiap perubahan kurikulum.