Sebanyak 3608 item atau buku ditemukan

Pembelajaran Kooperatif dan Menumbuhkan Nurani dalam Bekerja

Seri Pendidikan Karakter

Buku digital ini berjudul "Pembelajaran Kooperatif dan Menumbuhkan Nurani dalam Bekerja", merupakan buku yang berisi tentang "Pendidikan Karakter" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan pendidikan yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga buku digital yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran serta panduan bagi siapapun juga.

Seorang spesialis pendidikan anak usia dini Ann Halpern mengajar sebuah kelas gabungan, kelas satu dan dua, di Central School, Itacha, New York. Dia suka mengajar unit-unit tematik yang memakan waktu sampai beberapa minggu dan memadukan ...

Pembelajaran Tematik

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang melibatkan beberapa pelajaran (bahkan lintas rumpun mata pelajaran) yang diikat dalam tema-tema tertentu. Pembelajaran ini melibatkan beberapa kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator dari suatu mata pelajaran, atau bahkan beberapa mata pelajaran. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menekankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya. Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini TK/RA & anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Trianto.

Model Pembelajaran Tari Anak Usia Dini

Perkembangan anak adalah menggambarkan pertumbuhan dan perkembangan yang dicapai anak pada rentang usia tertentu. Perkembangan anak yang dicapai merupakan integrasi aspek pemahaman nilai-nilai agama dan moral, fisik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional. Berkaitan dengan pertumbuhan anak dengan memantau kondisi kesehatan dan gizi yang mengacu pada panduan kartu menuju sehat dan deteksi dini tumbuh kembang anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak berbeda satu sama yang lain yang dipengaruhi baik faktor internal maupun faktor eksternal.

Cerdas Ganda Anak Usia Dini Melalui Nyanyian. Semarang: Unnes Press. Al Bagdadi, Abdurahman.1991. Seni Dalam Pandangan Islam. Jakarta : Gema Insani. Aprilia. 2010. ‚Implementasi Pendekatan Tematik dalam Pengajaran Menggambar Pada Anak ...

Buku Ajar Teori Belajar dalam Pembelajaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Sebagai bagian dari upaya mensukseskan pembelajaran dalam kelas, maka dibutuhkan sebuah pemahaman tentang dasar dan teori pembelajaran, khususnya bagi pelaksanaan pembe- lajaran pada anak usia dini. Selain memiliki kekhasan tersendiri, pembelajaran pada anak usia dini harus dipahami sebagai bentuk pembelajaran yang mampu memberikan pemahaman yang kongkrit sebagai upaya pengalaman belajar peserta didik secara alami. Buku yang ada di hadapan pembaca ini, merupakan buku ajar yang penulis susun dalam rangka memberikan bekal pemahaman dasar kepada para pendidik dan para calon pendidik (mahasiswa) yang menggeluti pembelajaran anak usia dini.

Implementasi konsep pembelajaran Kilpatrick proyek total pada pendidikan anak usia dini yaitu pendidikan berdasarkan tematik artinya system belajarnya didasarkan pada suatu tema, tetapi dari satu tema itu dapat menggali berbagai ...

PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Buku Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah untuk membantu para mahasiswa dalam memahami apa saja yang harus dipedomani dalam pelaksanaan pembelajaran matematika untuk anak usia dini. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan mereka pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahan wawasan mengenai bab-bab yang dipelajari tersebut. Kami sadar bahwa penulisan buku ini bukan merupakan buah hasil kerja keras kami sendiri. Ada banyak pihak yang sudah berjasa dalam membantu kami di dalam menyelesaikan buku ini, seperti pengambilan data, pemilihan materi, soal, dan lain-lain. Maka dari itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan wawasan dan bimbingan kepada kami sebelum maupun ketika menulis buku ini.

Integrasi kurikulum misal menggunakan projek tematik yang menggabungkan matematika, sains, membaca dan menulis. anak, Peran guru dalam pembelajaran konstruktivisme adalah bukan memberikan jawaban akhir atas pertanyaan melainkan ...

Surat Kabar Guru Belajar 033

Pembelajaran Kontekstual bagi Anak Usia Dini

Terbit setiap satu bulan sekali, surat kabar ini menampilkan praktik baik pembelajaran dan pendidikan untuk menularkan kegemaran belajar pada komunitas guru. Topik yang dibahas dalam edisi kali ini adalah Pembelajaran Kontekstual Bagi Anak Usia Dini. Topik ini mencakup praktik pembelajaran kontekstual bagi murid pendidikan anak usia dini pada 6 aspek perkembangan murid yaitu nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional dan seni.

Pembelajaran Kontekstual bagi Anak Usia Dini Guru, Cerita Guru Belajar ... Kegiatan menabung sampah saya integrasikan dengan pembelajaran yang menyangkut pembelajaran tematik memuat mata pelajaran Bahasa Indonesia, SBdP, IPA, PPKn, IPS, ...

Buku Panduan Video Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak di Taman Kanak- Kanak

Metode pembelajaran terhadap anak usia dini sangat menentukan keberhasilan pendidikan untuk masa yang akan datang. Metode tersebut juga memerlukan penyesuaian- penyesuaian atau adaptasi terhadap perkembangan sosial yang dipengaruhi oleh perkembangan sain dan teknologi. Dengan semakin maraknya alat-alat digital yang ada di lingkungan anak-anak maka anak-anak sudah menjadi kelompok digital native ( orang yang dibesarkan dalam lingkungan yang sudah familiar dengan alat- alat digital). Untuk hal tersebut tentu perlu penyesuaian-penyesuaian di dalam metode pengajaran. Dengan memanfaatkan audio video di dalam metode pembelajaran, adalah salah satu upaya untuk menyesuaikan kebutuhan anak dan kebiasaan anak yang telah berada ada di dalam era digital yang sangat maju ini. Untuk memberikan arah bagaimana metode pembelajaran yang baik untuk anak tentu guru- guru PAUD juga harus memahami bagaimana cara metode pengajaran yang update sesuai dengan perkembangan anak di lingkungannya. Untuk itu buku panduan video berbasis model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak di Taman Kanak-kanak ini, perlu disosialisasikan dan dimanfaatkan oleh guru PAUD sebagai salah satu referensi dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk anak-anak PAUD saat ini. Saya berharap kiranya buku panduan ini dapat dimanfaatkan seefektif mungkin di dalam memajukan pendidikan kedepan. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi Drs. Melfi. M. Si NIP. 196605061986021005

Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3). Sapriani, R. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Melati ... Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI

Belajar merupakan usaha seseorang untuk membangun pengetahuan dalam dirinya. Dalam proses belajar terjadi perubahan atau peningkatan dari segi kemampuan, pengetahuan dan keterampilan siswa baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotor. Pendidikan harus diupayakan dengan sebaik-baiknya di semua jenjang termasuk pada jenjang Sekolah Dasar. Guru sebagai pendidik dan pengajar harus mengetahui dan memahami hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melakukan proses pembelajaran yang efektif bagi siswa. Pada usia Sekolah Dasar, siswa masih berpikir secara konkrit, artinya belum dapat berpikir secara abstrak. Oleh karena itu, guru harus pandaipandai menyajikan materi sesuai dengan karakteristik dan tugas perkembangan siswa Sekolah Dasar. Hal ini menjadi tugas guru untuk merencanakan pembelajaran yang efektif bagi siswa Sekolah Dasar termasuk dalam pembelajaran IPA.

2010. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara. Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini ...

Strategi Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences

Strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences merupakan suatu strategi pembelajaran yang didesain untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dengan memfasilitasi berkembangnya kecerdasan majemuk (multiple intelligences) peserta didik. Strategi pembelajaran ini diterapkan berdasarkan pada keberagaman kecerdasan individual peserta didik, selanjutnya dikembangkan untuk mencapai kompetensi pembelajaran secara optimal. Implementasi strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences pada dasarnya adalah untuk melatih peserta didik memahami konsep, fakta, prosedur, menjelaskan keterkaitannya dan mengaplikasikannya dengan memacu kecerdasan yang menonjol pada diri peserta didik seoptimal mungkin, dan berupaya mempertahankan kecerdasan lainnya sesuai dengan standar minimal mata pelajaran yang ditentukan oleh lembaga atau sekolah. Isi buku ini antara lain: (1) Latar belakang pentingnya penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences di SD/MI, (2) Perkembangan dan karakteristik peserta didik SD/MI, (3) Konsep multiple intelligences, (4) Multiple intelligences dalam pembelajaran, (5) Jenis-jenis kecerdasan dalam multiple intelligences, (6) Konsep multiple intelligences dalam Islam, (7) Strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences, (8) Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences, (9) Jenis-jenis strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences. Buku ini hadir sebagai referensi yang dapat digunakan dalam mengembangkan strategi dalam proses pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Buku ini dapat direkomendasikan sebagai referensi pada matakuliah strategi pembelajaran di Program Studi PGSD/PGMI. Buku ini sangat cocok untuk mahasiswa, guru, para akademisi, praktisi, dan pemerhati dunia pendidikan.

18 Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Kelas Awal SD/MI, (Jakarta: Kencana, 2013), hlm. 13. 19 Gaya belajar seseorang adalah cara yang paling mudah sebuah Pendahuluan |9.

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PPKn DI SD/MI TEORI DAN IMPLEMENTASINYA UNTUK MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA

Buku Model-Model Pembelajaran PPKn di SD/MI ini ditulis untuk mempertajam pengetahuan melalui teori-teori dalam mengajarkan PPKn kepada peserta didik di SD/MI serta mengimplementasikannya sehingga peserta didik tersebut menjadi pelajar yang Pancasilais. Kehadiran buku ini sangat berperan penting dalam menambah pengetahuan bagi mahasiswa, guru, maupun dosen khususnya di bidang Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)/Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan juga dapat dijadikan sebagai sumber referensi khususnya pada pembelajaran PPKn. Buku ini berisi tentang pengajaran dan pembelajaran, model pembelajaran berdasarkan teori, hakikat model pembelajaran PPKn, dan bineka model pembelajaran PPKn.

Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249 Muliawan, J. U. (2016).