Buku ini menggambarkan integrasi keilmuan yang terlaksana di Perguruan Tinggi. Integrasi keilmuan ini tercermin dalam komponen perangkat pembelajaran yang penting dalam proses perkuliahan yaitu kurikulum dan RPS. Proses pembelajaran berbasis harmonisasi ilmu terdapat beberapa model yang dilakukan oleh dosen-dosen pengampu mata kuliah. Beberapa model tersebut dipaparkan secara jelas disertai contoh. Harapannya, buku ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca sehingga dapat menerapkan integrasi keilmuan dalam proses pembelajaran. Pemesanan Buku Tercetak: 0858-7606-7240 (WhatsApp)
Belajar merupakan usaha seseorang untuk membangun pengetahuan dalam dirinya. Dalam proses belajar terjadi perubahan atau peningkatan dari segi kemampuan, pengetahuan dan keterampilan siswa baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotor. Pendidikan harus diupayakan dengan sebaik-baiknya di semua jenjang termasuk pada jenjang Sekolah Dasar. Guru sebagai pendidik dan pengajar harus mengetahui dan memahami hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melakukan proses pembelajaran yang efektif bagi siswa. Pada usia Sekolah Dasar, siswa masih berpikir secara konkrit, artinya belum dapat berpikir secara abstrak. Oleh karena itu, guru harus pandaipandai menyajikan materi sesuai dengan karakteristik dan tugas perkembangan siswa Sekolah Dasar. Hal ini menjadi tugas guru untuk merencanakan pembelajaran yang efektif bagi siswa Sekolah Dasar termasuk dalam pembelajaran IPA.
2010. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara. Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini ...