Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

Kurikulum Mata Pelajaran Sejarah di Thailand dan Indonesia Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)

Buku ini adalah hasil tesis berjudul Studi Perbandingan Kurikulum Sejarah Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas Antara Thailand dan Indonesia.

Buku ini adalah hasil tesis berjudul Studi Perbandingan Kurikulum Sejarah Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas Antara Thailand dan Indonesia.

Satu Anak Satu Kurikulum

Judul : Satu Anak Satu Kurikulum Penulis : Rohmani, SPd., MA. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 216 Halaman No ISBN : 978-623-497-141-5 Sinopsi Buku Dunia pendidikan dewasa ini tereduksi menjadi dunia sekolah, sistemnya menjadi system persekolahan. Itu pun menjadi kegiatan belajar di kelas. Tetapi, Pendidikan formal di sekolah telah mendominasi klaim Pendidikan dan kesuksesan hidup murid. Pendidkan yang masih memandang kelas sebagai kumpulan murid-murid. Interaksi antara guru dengan sekumpulan murid-murid di kelas. Padahal setiap murid adalah berbeda, unik dan special. Bahkan Murid selalu berbeda dari waktu ke waktu. “Guru tidak pernah menemui kelasnya dua kali, karena pasti Guru yang berbeda dan murid yang lain” Satu Anak Satu Kurikulum. Menelusuri filsafat pendidikan yang menjadi pangkal ontologinya. Membedah dan menawarkan tata kelola dan kurikulumnya. Desentralisai parsial dan otonomi satuan Pendidikan dalam pengembangan kurikulum. Guru yang akan menjadi eksekutor kurikulum. Kritik yang tajam paradigmatik, provokatif, tetap subtantif disertai tawaran yang solutif.

Judul : Satu Anak Satu Kurikulum Penulis : Rohmani, SPd.

Perpaduan Pembelajaran Blended Learning Secara Daring dan Tatap Muka pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2022

Buku ini ditulis dari pengalaman melaksanakan pembelajaran pada saat pandemi. Pada saat pandemi guru dan siswa dilarang bertemu di sekolah karena dikhawatirkan menjadi tempat penularan penyakit. Untuk mengatasinya menggunakan blended learning. Perkembangan teknologi (TIK) membuat marak pembelajaran jarak jauh atau daring. Maka marak dan bekerja keras pegiat pembelajaran mempelajari TIK agar dapat digunakan untuk pembelajaran. Setelah pandemi berakhir pegiat pembelajaran merasa bahwa blending learning masih dapat dijalankan. Blended learning membuat pembelajaran lebih beraneka ragam dan pelaksanaanya dapat dibantu oleh siapa saja, dengan siapa saja, belajarnya kapan saja dan tempatnya di mana saja.

Buku ini ditulis dari pengalaman melaksanakan pembelajaran pada saat pandemi.

Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Merdeka Belajar secara umum memiliki makna merdeka pengembangan potensi anak sebagai pemenuhan hak anak sebagai manusia. Dalam buku ini juga menggambarkan makna belajar oleh tokoh pendidikan dan kurikulum merdeka. Merdeka belajar berbasis Al Qur’an memiliki kekhasan. Menurut Al Qur’an merdeka belajar adalah sebuah upaya mengembangkan potensi anak yang diberikan oleh Allah sesuai dengan aturan Allah dan Rasul. Sebagai bentuk pemenuhan hak anak yang telah ditetapkan oleh Allah. Hak anak dalam Al Qur’an adalah hamba di bawah hak sang Pencipta. Kurikulum merdeka berbasis Al Qur’an sebagai rancangan pembelajaran secara utuh yang dibangun untuk memerdekakan pengembangan potensi anak yang telah diatur oleh Allah dan Rasul.

Merdeka Belajar secara umum memiliki makna merdeka pengembangan potensi anak sebagai pemenuhan hak anak sebagai manusia.

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...

Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar)

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik. Dengan kata lain, program ini dapat menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di satu sisi dan mutu manusia Indonesia secara luas di sisi yang lain. Dengan buku ini menjadi jalan dalam memahami dan menerapkan cara pandang pendidikan melalui kebijakan “merdeka belajar” yang telah dicanangkan, agar pendidikan di Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dalam buku ini terdiri dari 13 Bab, yang terdiri dari, Kurikulum Merdeka Belajar, Program Semester, Program Tahunan, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar, Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran, dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar.

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik.

Aplikasi Kurikulum Merdeka: Fenomena Learning Loss Pada Pembelajaran Kimia

Pada buku ini terdapat sajian pembelajaran yang mampu mengatasi fenomena Learning Loss pada pembelajaran Kimia di saat pandemik Covid 19 yang melanda. Sudah pastinya buku ini sangat menarik, karena selain digambarkan bagaimana dampak learning loss juga ditampilkan kurikulum merdeka yang saat ini sedang digalakan oleh pemerintah. Dengan hadirnya buku ini membawa banyak kebermanfaatan dan memperkaya khasanah keilmuan pengetahuan Pendidikan Indonesia khususnya untuk para pendidik. selain itu buku ini juga menawarkan kajian ilmiah kurikulum Merdeka yang menjadi solusi dari dampak learning loss yang terjadi, sudah pastinya sangat dibutuhkan untuk menemukan beragam cara saat seorang pendidik menghadapi masalah yang sama.

Pada buku ini terdapat sajian pembelajaran yang mampu mengatasi fenomena Learning Loss pada pembelajaran Kimia di saat pandemik Covid 19 yang melanda.

Kumpulan Soal Ulangan Harian, UTS, UAS TEMATIK Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Buku Kumpulan Soal Ulangan Harian, UTS, dan UAS Tematik SD Kelas 6 Kurikulum Merdeka ini sebagai sarana untuk siswa/siswi dalam berlatih untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir, baik SD mau pun MI. Pada buku ini terdapat soal, kunci jawaban, dan disertai dengan pembahasan yang mudah untuk dimengerti oleh siswa/siswi SD/MI. Di dalam buku ini disajikan dengan struktur sebagai berikut: Ulangan Harian dengan soal, kunci jawaban, serta pembahasan per tema. Terdapat sembilan tema, dari semester ganjil dan genap yang disesuaikan dengan kurikulum pada saat ini, yaitu kurikulum Merdeka. Ujian Tengah Semester (UTS) dengan soal, kunci jawaban, serta pembahasan yang mudah dimengerti serta disesuaikan dengan kurikulum pada saat ini, yaitu kurikulum Merdeka. Ujian Akhir Semester (UAS) dengan soal, kunci jawaban, serta pembahasan yang mudah dimengerti serta disesuaikan dengan kurikulum pada saat ini, yaitu kurikulum Merdeka. Buku Kumpulan Soal Ulangan Harian, UTS, dan UAS Tematik SD Kelas 6 Kurikulum Merdeka ini juga dapat digunakan untuk guru sebagai media untuk mengasah dan menguji kesiapan siswa/siswi dalam menghadapi ujian akhir.

Buku Kumpulan Soal Ulangan Harian, UTS, dan UAS Tematik SD Kelas 6 Kurikulum Merdeka ini sebagai sarana untuk siswa/siswi dalam berlatih untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir, baik SD mau pun MI. Pada buku ini terdapat soal, kunci ...

Kumpulan Soal Ulangan Harian, UTS, UAS Ekonomi Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

Buku Kumpulan Soal Ulangan Harian, UTS, UAS Ekonomi Akuntansi Kelas X Kurikulum Merdeka ini sebagai sarana untuk siswa/siswi berlatih dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Akhir pada tingkat SMA. Dalam rangka menambah semangat belajar bagi siswa/siswi kelas X, buku ini menyajikan soal dengan kunci jawaban disertai dengan pembahasan yang mudah untuk dimengerti. Dalam buku ini disajikan dengan struktur sebagai berikut : - Ulangan Harian dengan gambaran soal, kunci jawaban, serta pembahasan per BAB. Terdapat IX BAB dari semester ganjil dan genap. Dengan harapan siswa/siswi dapat berlatih mengerjakan soal sesuai dengan kurikulum Merdeka. - Ujian Tengah Semester (UTS) dengan gambaran soal, kunci jawaban, serta pembahasan yang mudah dimengerti. Dengan harapan siswa/siswi dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi UTS sesuai kurikulum Merdeka. - Ujian Akhir Semester (UAS) dengan gambaran soal, kunci jawaban, serta pembahasan yang mudah dimengerti. Dengan harapan siswa/siswi dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi UAS sesuai kurikulum Merdeka. Buku Kumpulan Soal Ulangan Harian, UTS, UAS Ekonomi Akuntansi Kelas X Kurikulum Merdeka ini selain dapat digunakan siswa/siswi sebagai media berlatih, juga dapat digunakan guru sebagai media untuk menguji kesiapan siswa/siswi dalam menghadapi ujian.

Buku Kumpulan Soal Ulangan Harian, UTS, UAS Ekonomi Akuntansi Kelas X Kurikulum Merdeka ini sebagai sarana untuk siswa/siswi berlatih dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Akhir pada tingkat SMA.

Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bermuatan Kearifan Lokal Batik Madura

Buku Mengenai Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bermuatan Kearifan Lokal Batik Madura

Buku Mengenai Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bermuatan Kearifan Lokal Batik Madura