Sebanyak 878 item atau buku ditemukan

Menapaki Bumi

Berisi refleksi atas seluk beluk peradaban, dalam berbagai bentuk kreativitas. Segala bentuk ekspresi dituangkan sepenuh hati dengan satu tujuan, memupuk dan menularkan semangat peduli lingkungan. Tercetaknya antologi ini menjadi pemantik Greentastik untuk melakukan aksi lainnya. Talenta tidak menjadi batas. Tidak tersekatkan pula oleh ruang dan waktu. Semua orang dengan berbagai latar belakang bisa bergerak bersama untuk memberikan dampak baik bagi peradaban. Apa pun aksinya, sekalipun tampak sederhana pasti mengandung nilai positif.

Potreton peta digital itu diambil dari Satelit Copernicus milik Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN). Peta Kualitas Udara (Partikulat PM10) di Wilayah Barat Indonesia. Gambar kiri menunjukkan kondisi tanggal 28 Maret 2019, ...

Evaluasi pembelajaran SD : teori dan praktik

Buku Evaluasi Pembelajaran SD (Teori dan Praktik) ini dirancang untuk membantu guru dalam mengatasi permasalahan berkaitan dengan evaluasi/penilaian kurikulum 2013 khususnya di Sekolah Dasar. Agar para guru dan calon guru dapat lebih mendalami apa saja alat ukur dalam evaluasi pembelajaran serta bagaimana proses penilaian disusun untuk perbaikan dan pengembangan sistem pembelajaran. Sehingga hasil evaluasi ini dapat digunakan untuk mendesain program pembelajaran berikutnya. Buku ini mengemas beberapa contoh bentuk-bentuk penilaian, alat ukur penilaian, serta instrumen penilaian yang sesuai dengan standar penyusunan penilaian, tes dan non tes, dengan dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dipahami dan dipraktikkan oleh guru di Sekolah. Semoga dengan adanya buku ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca mengenai Evaluasi Pembelajaran SD ini, baik dari segi teori maupun praktiknya. Selamat Membaca!

Buku Evaluasi Pembelajaran SD (Teori dan Praktik) ini dirancang untuk membantu guru dalam mengatasi permasalahan berkaitan dengan evaluasi/penilaian kurikulum 2013 khususnya di Sekolah Dasar.

Evaluasi Pembelajaran Jilid I

Evaluasi pembelajaran adalah salah satu mata kuliah wajib yang mesti ditempuh oleh mahasiswa jurusan pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Hal ini menjadi penting karena salah satu tugas pokok seorang guru atau pendidik sesuai dengan UU. No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen adalah mengevaluasi, sehingga untuk menjadi guru yang profesional memerlukan kemampuan meng­evaluasi peserta didik. Buku evaluasi pembelajaran ini terdiri dari dua jilid yang membahas mengenai evaluasi pembelajaran. Buku ini diharapkan mampu membantu para pembaca dalam mempelajari buku evaluasi lebih mendalam.

Fungsi, yaitu untuk mengetahui angka atau nilai peserta didik setelah mengikuti program pembelajaran dalam satu catur ... mengikuti program pembelajaran dalam satu catur wulan, semester atau akhir tahun setiap mata pelajaran (PAI) pada ...

Evaluasi Pembelajaran

Perkembangan sistem pendidikan di Tanah Air menuntut penyesuaian dalam segala faktor yang memengaruhi pelaksanaan sistem pendidikan termaksud. Salah satu diantaranya yang langsung mendapat sorotan utama adalah evaluasi. Keberadaan evaluasi dalam pendidikan adalah integral dalam proses belajar dan pembelajaran. Perkembangan evaluasi pengajaran yang terakhir ini adalah bahwa evaluasi pengajaran bukan lagi difokuskan pada penilaian akhir semata dari suatu program pengajaran, tetapi lebih ditekankan pada penilaian proses. Dengan penilaian proses berarti penilaian dilaksanakan sejalan dengan terjadinya proses belajar dan pembelajaran. Di samping hal itu penilaian sangat terkait dengan komponen-komponen kurikulum seperti tujuan, materi, metode pengajaran. Dengan hal itu, maka peranan penilaian dalam proses belajar dan pembelajaran semakin luas dan penting. Untuk membantu para mahasiswa sebagai calon guru, dalam hal pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran (hasil akhir dan proses) dirasa perlu membekali mereka dengan pengetahuan praktis mengenai evaluasi di tingkat kelas, mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan dan pelaporannya. Di samping itu perlu pula mengetahui landasan teoritis dari hal-hal yang praktis tersebut. Penyusunan buku ini disesuaikan dengan Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP) untuk evaluasi pengajaran yang ditetapkan untuk mahasiswa lembaga pendidikan tenaga kependidikan. Isi buku ini telah disesuaikan juga dengan perkembangan yang terjadi dalam perkembangan kurikulum, dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Untuk membantu para mahasiswa sebagai calon guru, dalam hal pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran (hasil akhir dan proses) dirasa perlu membekali mereka dengan pengetahuan praktis mengenai evaluasi di tingkat kelas, mulai dari ...

Evaluasi Pengelolaan Diklat Teknis

Buku ini membahas tentang 7 bab: 1. Pendahuluan membahas Latar belakang, evaluasi, tujuan evaluasi dan objek evaluasi 2. Evaluasi Program yang membahas tentang evaluasi dan penilaian, konsep evaluasi program, konsep program yang dievaluasi, menganalisis sumber daya dan kemampuan Pendukung Evaluasi., 3. Diklat Teknis membahas tentang pengertian diklat, pendidikan dan pelatihan, Diklat Teknis, 4. Model Evaluasi yang membahas iv tentang Evaluasi Berorientasi Tujuan, Evaluasi Bebas Tujuan, Evaluasi Responsif, Evaluasi Countenance, CIPP, Disccrepancy Model, Connoisseurship, Kirkpatrick 5. Model Evaluasi Kirkpatrick membahas tentang Reaction, Learning, Behaviour, Result., 6. Instrumen membahas tentang instrumen yang digunakan, validasi instrumen, realibilitas, teknik pengumpulan data dan triangulasi data.

Buku ini membahas tentang 7 bab: 1.

Desain Evaluasi Pembelajaran SD

Evaluasi Pembelajaran SD merupakan suatu proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran di Sekolah Dasar yang telah ditentukan sebelumnya melalui cara yang sistematis. Evaluasi pembelajaran SD bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar, serta keefektifan pendidik dalam mengajar. Pengukuran dan penilaian menjadi kegiatan utama dalam evaluasi pembelajaran SD. Buku ini adalah pedoman bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam mata kuliah Evaluasi Pembelajaran SD serta memberikan petunjuk praktis agar mendapatkan gambaran secara jelas dalam pemahaman mengevaluasi pembelajaran. Buku Evaluasi Pembelajaran SD ini dapat dijadikan sebagai buku pedoman bagi para calon guru SD. Selain itu, buku ini diharapkan juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya.

Evaluasi pembelajaran SD bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar, serta keefektifan pendidik dalam mengajar.

Belajar Mudah Microsoft Word 2019

Belajar Mudah Microsoft Word 2019 PENULIS: Alya Rohalia, S.Pd ISBN : 978-623-7913-41-2 www.guepedia.com Sinopsis: Microsoft Word adalah sebuah program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau Word Processing adalah program yang digunakan untuk mengolah dokumen berupa teks misalnya surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain. Buku ini akan memberikan tutorial mengenai penggunaan Microsoft word 2019 yang bisa digunakan untuk memudahkan sebuah pekerjaan baik itu perkerjaan kantoran, bisnis, tugas sekolah, dan lain-lain, ditambah juga bagi seorang guru, pengajar, tutor, instruktur kursus dapat menggunakan buku ini untuk diajarkan kepada siswa ataupun peserta kursus. Buku yang sangat cocok bagi seorang pengajar ataupun yang ingin belajar tools yang ada di Microsoft Word 2019 akan diulas secara total sehingga Anda bisa mahir menggunakannya. Buku ini juga didukung dengan penjelasan berupa gambar untuk memudahkan Anda yang awam sekalipun untuk memahami buku ini. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Belajar Mudah Microsoft Word 2019 PENULIS: Alya Rohalia, S.Pd ISBN : 978-623-7913-41-2 www.guepedia.com Sinopsis: Microsoft Word adalah sebuah program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi sebagai perangkat ...

Formalisasi Hukum Pidana Islam di Indonesia (Studi Kasus Qanun Jinayah Di Aceh)

Buku ini tidak saja mendeskripsikan dengan detail produk hukum pidana Islam di Aceh, tapi juga diawali dengan uraian tentang Konsep Negara dalam Islam, Relasi Agama di Negara Muslim, Sejarah Hukum Islam dan Hukum Pidana Islam di Indonesia serta Sejarah Hukum Islam di Aceh.

11/2006, dalam catatan Alyasa disebutkan ada 28 Qanun terkait syariah yang disahkan; 1. Qanun No. 3/2007 tentang Tatacara Pembentukan ... 9/2014 tentang Pembentukan Bank syariah, 18. Qanun No. 11/2014 tentang Penyelengara Pendidikan, ...

FIQIH MUAMALAH KONTEMPORER

Buku ajar ini disusun sebagai pedoman dan acuan pembelajaran pada mata Kuliah Fiqih Muamalah Kontemporer yang diajarkan pada Fakultas Syariah IAIN Madura Program Studi Hukum Ekonomi Syariah. Buku ini menyajikan kajian teoretis dan aplikasinya di perbankan syariah. Tentunya kami berharap, kehadiran tulisan ini dapat memberikan kontribusi pemikiran di kalangan mahasiswa dan dosen Fakultas Syariah khususnya.

Buku ajar ini disusun sebagai pedoman dan acuan pembelajaran pada mata Kuliah Fiqih Muamalah Kontemporer yang diajarkan pada Fakultas Syariah IAIN Madura Program Studi Hukum Ekonomi Syariah.

Teori bipolar dunia

Jalan ke komunisme ditemukan dalam struktur evolusi sejarah dunia

Karya akademis ini, mewarisi dan mengembangkan prinsip dasar Marxisme, menganalisa struktur sejarah dunia dengan menggunakan dialektika materialis dan memperkirakan arah gerakan sosialis dan cara-cara untuk mewujudkan komunisme.Ini tidak hanya membuat untuk bagian dinamis horisontal teori Marxis tetapi juga menunjukkan jalan logis untuk pengembangan masyarakat manusia.Selain itu, memprediksi usulan dan praktek chinas "Belt dan jalan Initiative" dari berbagai aspek dan menyediakan dasar teoritis dan alasan untuk membangun sebuah komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia. Teori tentang gerakan kontradiksi antara pasukan produktif dan hubungan produksi adalah bagian penting dari Marxisme dan digunakan untuk memandu revolusi sosialis dan konstruksi serta menganalisis sejarah dunia. Namun demikian, penulis klasik gagal mengungkap hubungan mereka karena keterbatasan historis dialektika materialis dan kurangnya perspektif horisontal untuk menyelidiki perkembangan alam dan masyarakat manusia. Akibatnya, baik kekuatan produktif atau hubungan produksi dianggap sebagai satu-satunya faktor penentu dalam teori dan praktik Marxis, dan argumennya tetap ada. Buku ini, berdasarkan sejumlah besar analisis empiris, memecahkan masalah mendasar materialisme sejarah dari perspektif persaingan geografis. Buku ini berpendapat bahwa setelah penemuan pertanian pada zaman Neolitik, persaingan spesies digantikan oleh persaingan geografis berbasis darat, yang telah menjadi kekuatan pendorong mendasar bagi pengembangan masyarakat manusia. Tidak hanya membawa kepemilikan swasta dan organisasi sosial seperti klan patriarki, suku, kebangsaan, kelas, negara dan wilayah, tetapi juga membuat "dua kutub" Timur dan Barat bersaing dalam mengubah bentuk sosial, mengembangkan produktif kekuatan dan bentuk sejarah dunia setelah pembentukan nomaden Asia dalam. Buku ini membagi sejarah kompetisi "bipolar" antara Timur dan Barat setelah 500 B.C. menjadi tiga tahap. Awal dari tahap pertama ditandai oleh feudalist kuat Cina sebagai kekuatan inti, berakhir dengan munculnya kapitalis Inggris Raya, yang merupakan inti kekuatan dari tahap kedua. Selama tahap ini, dengan akuisisi "pajak tanah" sebagai kekuatan pendorong, empat entitas ekonomi politik yang relatif independen terbentuk dari Timur ke Barat dengan penurunan gelar peradaban: Cina kuno, Asia dalam, Islam dan Eropa (disebut untuk sebagai zona 4, zona 3, zona 2 dan zona 1 masing-masing dalam buku ini). Tahap kedua, dengan kapitalis Inggris sebagai kekuatan inti, berakhir dengan perkembangan Sosialis Cina, yang merupakan inti kekuasaan pada tahap ketiga. Kekuatan pendorong pada tahap ini adalah pencapaian "bahan baku pasar." Berdasarkan pola dunia bipolar generasi pertama, dua entitas ekonomi politik yang relatif independen, sistem kapitalis dan sistem sosialis, telah terbentuk dari Barat ke Timur. Tahap ini dibagi menjadi tiga tahap kolonisasi ekonomi, berfokus pada alam barang publik, monopoli alam dan persaingan. Buku ini menggunakan sejumlah besar data historis untuk menganalisis tingkat spesifik dari dua tahap. Terlepas dari kenyataan bahwa dukungan data faktual tidak cukup kadang dan beberapa kesimpulan yang terbuka untuk diskusi, sistem teoritis selesai sejalan dengan peristiwa makro dan kerangka kerja secara keseluruhan adalah meyakinkan. Dengan menganalisis tahap pertama dan kedua, buku ini membuat prediksi teoritis tentang fase dan hasil dari tahap ketiga.Buku ini menyatakan bahwa tahap ketiga dimulai dengan perkembangan sosialis Cina dan akan berakhir dengan realisasi komunisme dunia dan kepunahan hubungan geo-kompetitif.Kekuatan pendorong dari tahap ini adalah akuisisi "kerja sama hak properti."Berdasarkan pola dunia bipolar tahap kedua, ia akan menjalani tiga fase kerja sama badan usaha milik negara di bidang persaingan, monopoli alami, dan barang publik.Dunia, dari timur ke barat, akan membentuk entitas tanpa perbedaan sosial.Penulis percaya bahwa di bawah latar belakang Barat yang menguntungkan dan Timur yang tidak menguntungkan dalam globalisasi ekonomi, satu kesatuan struktural yang didasarkan pada geo-ekonomi adalah satu-satunya pilihan.Kerjasama lintas batas dari perusahaan milik negara adalah satu-satunya cara untuk menembus batasan alami ekonomi swasta, memenangkan status utama dalam kompetisi dunia, menyelesaikan masalah permintaan yang cukup di dalam dan luar negeri, meningkatkan situasi ekonomi dan politik negara. kelas pekerja di berbagai negara, dan menyingkirkan ketergantungan pada sistem kolonial kapitalis.Oleh karena itu, kerja sama hak milik perusahaan milik negara adalah kekuatan pendorong mendasar bagi perkembangan masyarakat manusia di masa depan.Buku ini merangkum proses historis dari kerja sama ekonomi ini sebagai satu kekuatan pendorong (kerja sama hak transnasional properti milik negara), tiga fase (Zona 4 dan 3 pertama, Zona 4, 3 dan 2, dan akhirnya Zona 4, 3 , 2 dan 1) dan tiga ranah (kompetisi pertama, kemudian monopoli alami dan akhirnya barang publik). Buku ini selesai pada awal 2013, dan versi China diterbitkan oleh Central Compilation & Translation Press pada Maret 2014. Pada bulan September dan Oktober 2013, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengusulkan kepada dunia inisiatif untuk bersama-sama membangun "Jalur Ekonomi Jalur Sutera" "dan" Jalur Sutra Maritim Abad 21 ".Inisiatif Sabuk dan Jalan, menelusuri sejarahnya kembali ke Jalan Sutra kuno, bertujuan untuk bersama-sama membangun komunitas yang memiliki minat, masa depan, dan tanggung jawab bersama melalui kerja sama ekonomi, yang menampilkan rasa saling percaya politik, integrasi ekonomi, dan toleransi budaya.Sejak diluncurkan, inisiatif ini telah menerima perhatian dan pengakuan yang luas dari komunitas internasional.Ini telah mencapai sukses besar dalam memecahkan masalah ekonomi China sendiri, menyediakan pasokan yang cukup untuk negara-negara di sepanjang rute, meningkatkan momentum endogen di negara-negara yang belum berkembang, meningkatkan standar hidup masyarakat dan mempromosikan pelestarian dan apresiasi aset surplus di seluruh dunia.Kita dapat melihat bahwa ketika melaksanakan "Inisiatif Sabuk dan Jalan", kerja sama hak-hak properti antara perusahaan milik negara Cina dan negara-negara lain di sepanjang jalur telah memainkan peran penting.Negara-negara di Zona 3, seperti Rusia, Asia Dalam dan Pakistan, telah memimpin dalam membuat kemajuan yang signifikan dalam kerja sama dengan China di Zona 4. Terobosan dicapai dalam bidang kompetitif seperti infrastruktur, energi, manufaktur, dan perdagangan.Semua ini telah membuktikan prediksi ilmiah buku tentang tahap ketiga. Buku ini tidak hanya mengembangkan teori Marxis tetapi juga membuktikan ramalan ilmiah dengan praktik Belt and Road Initiative.Sejak versi Cina dikeluarkan, ia telah menerima perhatian dan pengakuan luas dari semua pihak.Saat menyiapkan versi bahasa asing, penulis telah secara dramatis mengompresi dan memodifikasi versi bahasa Mandarin dari konten, membuat buku lebih lengkap dan lebih mudah dibaca.

Karya akademis ini, mewarisi dan mengembangkan prinsip dasar Marxisme, menganalisa struktur sejarah dunia dengan menggunakan dialektika materialis dan memperkirakan arah gerakan sosialis dan cara-cara untuk mewujudkan komunisme.Ini tidak ...