Sebanyak 4 item atau buku ditemukan

PEMBELAJARAN SENI TARI DI INDONESIA DAN MANCANEGARA

Buku ini terdiri dari 6 BAB, mencakup metode sukses pembelajaran seni tari ABK, metode aktif learning pembelajaran seni tari di mancanegara, wawasan metode pembelajaran tari di jawa timur, jawa tengah dan jawa barat serta proses pembuatan pembelajaran karya tari di sekolah dasar.

Buku ini terdiri dari 6 BAB, mencakup metode sukses pembelajaran seni tari ABK, metode aktif learning pembelajaran seni tari di mancanegara, wawasan metode pembelajaran tari di jawa timur, jawa tengah dan jawa barat serta proses pembuatan ...

Koreografi Seni Tari Berkarakter Islami untuk Anak Sekolah Dasar

“Koreografi Seni Tari Berkarakter Islami dan untuk Anak SD” ini adalah salah satu mata kuliah wajib yang ditempuh di jurusan PGSD UMM, karena mata kuliah ini mempelajari bagaimana memahami sampai dengan menciptakan karya tari anak SD berkarakter (tidak meninggalkan tradisional) dan Islamic, sekaligus penulis ingat betul pesan dari Bapak Prof. Muhadjir Effeendy (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) karena beliau berpesan “Uri-uribudhoyo UMM” (Hidup-hidupilah Seni Budaya di Universitas Muhammadiyah Malang) oleh karena itu sebagai penulis melahirkan ciri khas Islamic.

Jenis Tari Sebuah jenis tari tercipta dari susunan gerak tari yang menjadi satu kesatuan. Jenis tari ini pasti telah sesuai dengan karakteristik anak TK yang sifatnya riang gembira dan penuh kesenangan. Jenis tari yang memiliki gerakan ...

Belajar dan Pembelajaran

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS, ditempuh pada semester II oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Topik atau bahasan yang tersaji dalam buku ini disesuaikan atau mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang disusun berdasarkan ketentuan pemberlakukan KBK-KKNI dan Kurikulum Perguruan Tinggi. RPS disusun oleh tim yang ditunjuk dan telah dilokakaryakan di level fakultas, sehingga telah mendapat berbagai masukan dan pencermatan berbagai pihak. Buku ajar ini membahas atau menguraikan sebelas topik, yaitu Konsep belajar dan hakikat belajar, teori belajar behavioristik, teori belajar kognitivistik, teori belajar konstruktivistik dan teori belajar revolusi sosio-kultural, teori belajar humanistik, teori belajar sibernetik, teori neurosains, hakikat multiple intellegences, hakikat kesulitan belajar, hakikat pembelajaran, dan pembelajaran sains terpadu dengan pendekatan integratif "triple approach". Pada praktik pembelajaran di kelas, pokok bahasan dilengkapi dengan tugas (individu dan kelompok) berupa analisi artikel/jurnal ilmiah, diskusi, dan proyek. Kami menyusun buku ini dengan menggunakan berbagai literatur berupa jurnal ilmiah, buku, artikel-artikel, dan laporan penelitian. Akhirnya, buku ajar ini tentu masih jauh dari sempurna, sehingga saran, masukan dan bahkan kritik konstruktif sangat diharapkan. Semoga buku ini memberi manfaat bagi para mahasiswa atau pengguna dan sekaligus memperkaya khasanah keilmuan serta dunia pendidikan Indonesia.

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.

Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan

Sebagai aktor intelektual, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang merasa memiliki tanggung jawab intelektual dalam menyikapi berbagai perubahan dalam dunia pendidikan yang saat ini terjadi. Melalui buku bunga rampai “Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan”, untuk pertama kalinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam kegiatan Yudisium periode II tahun 2020 mengundang dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, untuk merefleksikan gagasan dan pemikirannya dalam merespon dunia pendidikan pada era tatanan baru saat ini. Buku bunga rampai ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi peserta yudisium, khususnya, dan masyarakat umum, pada umumnya, dalam menghadapi era tatanan baru di dunia pendidikan saat ini. Terdapat 10 judul artikel yang ada di dalam buku bunga rampai ini. Kesepuluh judul artikel ditulis oleh dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, dari berbagai program studi. Terdapat beragam tema yang ada dalam buku bunga rampai, mulai dari kebijakan dalam dunia pendidikan, konsep filosofis pendidikan, inovasi desain pembelajaran, pengembangan media pembelajaran, hingga bekal bagi calon pendidik di era tatanan baru dalam dunia pendidikan

Era kehidupan baru yang telah ditetapkan oleh pemerintah memang masih
belum untuk semua aspek kehidupan, hanya beberapa aspek kehidupan yang
dapat memulai kehidupan baru di masa pandemi. Pendidikan merupakan salah
satu ...