Sebanyak 3513 item atau buku ditemukan

MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 1

Dalam proses kegiatan belajar mengajar di Perguruan Tinggi, setiap mata kuliah pasti memerlukan literatur dan media sebagai acuan dan penunjang pembelajaran. Beragamnnya buku dan literatur yang digunakan dosen dalam mengajar, membuat tujuan dalam pembelajaran menjadi kurang terarah. Agar lebih terarah dan untuk mengefektifkan proses belajar-mengajar tersebut, maka dosen dituntut untuk menyusun buku ajar atau modul yang sesuai dengan Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) maupun Satuan Materi Sajian (SMS), yang akan digunakan sebagai alternatif literatur kegiatan pembelajaran.

PENGERTIAN, MANFAAT, SASARAN, DAN RUANG LINGKUP MATERI PAI Tujuan Instruksional: 1. ... Mampu menjelaskan ruang lingkup Materi PAI A. Pengertian Materi PAI Pendidikan agama Islam merupakan pendidikan melalui ajaran-ajaran Islam, ...

MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM

Pengajaran Islam dalam berbagai aspek kajiannya perlu dijelaskan dengan sesederhana mungkin. Hal ini diperlukan karena salah satu dasar dari karakter pemahaman Islam itu sendiri adalah mempermudah dan tidak mempersulit. Tentu saja pemahaman dan teori tersebut perlu dijelaskan dalam materi-materi Islam yang mudah untuk difahami oleh segenap kalangan muslim, khususnya mereka yang sedang menimba ilmu di perguruan tinggi umum untuk menambah wawasan keislaman dan pemahaman mengenai ajaran-ajarannya itu. Buku ini ditulis dengan mengacu kepada materi-materi yang sebagaimana layak dan standarnya untuk dipelajari oleh mahasiswa/i khususnya dan masyarakat umum untuk menambah wawasan dan pemahaman Islam dari berbagai kajiannya baik fiqih maupun ushuluddinnya. Penulisan buku ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan bagus, mengingat hal tersebut sebagai salah satu bentuk seruan terhadap kebajikan dalam bentuk dakwah agar dapat memberikan dan berbagi ilmu dengan yang lainnya demi sebuah proses terbentuknya ummat yang selalu berlomba dalam kebajikan. Materi pendidikan agama Islam ini bisa juga diketegorikan sebagai materi penting bagi mahasiswa/i di perguruan tinggi umum. Karena dengan membaca dan menelaah buku ini diharapkan bisa menjadi bekal dalam kehidupan pemahaman Islam itu sendiri sebagai way of life yang ideal, dinamis, dan sesuai dengan koridor yang telah digambarkannya. Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M.Hum (Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Periode 2011-2015)

Pengajaran Islam dalam berbagai aspek kajiannya perlu dijelaskan dengan sesederhana mungkin.

Materi Dasar Pendidikan Islam

“Materi Dasar Pendidikan Islam” untuk memberikan pengetahuan dan pendidikan materi aqidah Islam, Syari’at Islam, Akhlak dan Tasawuf, bacaan-bacaan shalat, kumpulan hadits pilihan, dan hukum menuntut ilmu, agar para pembaca dapat mengambil manfaat dari tulisan-tulisan tersebut.

Abdul Aziz. Biodata Penulis Nama : Abdul Aziz Alamat : Jatisari RT.02 RW.02 Kebumen Jawa Tengah Pendidikan Terakhir : S.1 PAI IAIN Walisongo Semarang 79 BIODATA PENULIS.

Pembelajaran Materi Pendidikan Akhlak

Rasa tawakal dan syukur dengan ucapan Alhamdulillah, dipanjatkan ke hadirat Ilahy di saat-terselesaikannya karya ilmiah ini . Shalawat wasalam atas Rasul pilihan, Nabi Muhammad Saw yang menjadi penunjuk jalan kebenaran, bagi sekalian umat islam sedunia. Pada hakikatnya Allah-Iah yang menggerakkan otak untuk berfikir, dan semua anggota tubuh untuk mencari rezeki serta tangan untuk menulis tulisan yang sangat sederhana ini. Di samping itu, bantuan dan dorongan dari berbagai pihak, terutama editor, para pakar, dosen dan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe. Untuk itu selayaknyalah penulis mengucapkan banyak puji dan syukur kepada semua semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Penulis telah bekerja dengan maksimal dalam menyusun Buku ini, tetapi penyusun menyadari bahwa Buku ini masih terdapat kekurangan. kritik dan saran dari para pembaca, penyusun terima dengan segala senang hati untuk kesempurnaan buku ini. Akhirnya, penulis mempunyai suatu harapan semoga karya ini bermanfaat bagi semua orang dalam melaksanaan, dan peningkatan kualitas proses Belajar dan pembelajaran. Semoga Allah senantiasa melimpahkan karunia dan hidayah-Nya kepada kita. Amin.

... PAI, PGRA, PGMI, TEN, PBA, MTK dan GPAI, Jurusan Tarbiyah. Peran peneliti dalam model ini adalah sebagai fasilitator yang membimbing mahasiswa untuk mengembankan pemahaman tentang materi materi akhlak.

Karakteristik Materi PAI pada Berbagai Sistem dan Jenjang Pendidikan

Seri Antologi Pendidikan Islam

Buku digital ini berjudul "Karakteristik Materi PAI pada Berbagai Sistem dan Jenjang Pendidikan", merupakan tulisan yang berisi tentang "Pendidikan Agama Islam" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan agama Islam yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga konten yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran bagi siapapun juga.

Buku digital ini berjudul "Karakteristik Materi PAI pada Berbagai Sistem dan Jenjang Pendidikan", merupakan tulisan yang berisi tentang "Pendidikan Agama Islam" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca ...

PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Peranan pendidik dalam menggunakan media pembelajaran

Buku ini menekankan pada pengembangan teknologi pendidikan modalitas belajar, konsep teknologi pembelajaran, dan inovasi kurikulum. Buku ini terdiri dari sembilan bab dengan penekanan yang berbeda-beda setiap babnya. Setiap bab juga telah disusun secara sistematis sesuai urutan materi dan tahapan pemahaman tentang pengembangan teknologi pendidikan dan penerapan media pembelajaran.

Buku ini menekankan pada pengembangan teknologi pendidikan modalitas belajar, konsep teknologi pembelajaran, dan inovasi kurikulum.

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Buku Saku merupakan bahan ajar yang bersifat visual. Buku Saku merupakan salah satu bahan ajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik dengan mudah dan praktis dalam mempelajari materi akutansi karena ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana dan membuat siswa belajar mandiri karena pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Diharapkan dengan bahan ajar ini siswa menjadi aktif, kreatif dan senang dalam mempelajari agama islam. Kegemaran siswa dalam penggunaan bahan ajar akan mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut dalam belajar sehingga akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar yang nantinya siswa akan dapat memahami pelajaran dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian dan pengembangan dalam bahasa inggris disebut Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk yang dikembangkan. R&D adalah penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang yang bertujuan untuk mengembangkan Buku Saku Agama Islam mata pelajaran PAI. Produk yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah Buku Saku Agama Islam materi Pendidikan Agama Islam. Hasil pembahasan hasil penelitian tentang Pengembangan Buku saku PAI sebagai berikut: a) Jenis bahan ajar yang digunakan di SMK Muhammadiyah Delanggu yaitu jenis bahan ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) konvensional. b) Peserta didik memerlukan bahan ajar yang lebih berbeda, inovasi, dan menarik sehingga mudah dipelajari dan dipahami. Prosedur pengembangan produk dalam penelitian ini meliputi (1) analisis, merupakan tahap pertama dalam perancangan produk berupa bahan ajar buku saku PAI berbasis PBL sebagai solusi berdasarkan kebutuhan dan masalah yag ditemukan di sekolah, (2) desain, bahan ajar buku saku didesain sesuai dengan tema yang telah dirumuskan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, (3) pengembangan, yaitu identifikasi kekurangan terhadap produk awal yang telah didesain melalui uji coba ahli dan uji coba pengguna yang meliptui uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan, (4) implementasi, pengujian terhadap bahan ajar buku PAI oleh validasi ahli dan materi, (5) evaluasi, bertujuan untuk menentukan apakah produk bahan ajar buku saku PAI lebih efektif daripada bahan ajar yang saat ini digunakan dalam pembelajaran. Hasil penilaian para ahli terhadap produk yang dikembangkan dikembangkan termasuk kategori sangat baik, yaitu penilaian ahli media diperoleh skor rata-rata 91,67%, penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 90,87%.

Buku Saku merupakan bahan ajar yang bersifat visual.