Sebanyak 33 item atau buku ditemukan

PENERAPAN Metode Manhaji pada Pembelajaran Bahasa Arab

Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh setiap kelompok masyarakat. Setiap bahasa biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan lingkungannya yang sejenis (Makruf 2009, hlm. 1), sedangkan menurut Fathul Mujib (2010) Bahasa adalah kunci utama pengetahuan. Memegang kunci utama bahasa berarti memegang kunci jendela dunia. Sebab, sejuta pengetahuan, seribu peradapan yang tercipta semuanya ada dan terbahasakan, bahkan sejarah tidak akan berwujud sejarah jika tidak ada bahasa. Bahasa adalah satu-satunya kunci jalan pencerahan bagi masa depan manusia.

Contoh-contohnya diambilkan dari ayat-ayat al-qur'an juz I (Q.S al-Fatihah dan Q.S. al-Baqarah: 1101) Cara mengajarkan rumus-rumus kaidah ini dengan nasyid atau ... Objek kajiannya adalah juz 3 dan juga diajarkan membaca kitab kuning.

Aneka Desain Model Pembelajaran Bahasa Arab

Buku digital ini berjudul "Aneka Desain Model Pembelajaran Bahasa Arab", merupakan buku yang berisi tentang "Desain Pembelajaran Bahasa Arab" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan Bahasa Arab yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga buku digital yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran serta panduan bagi siapapun juga.

(model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain (Joyce dan ...

Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa SD/MI

Sebagai guru bahasa arab untuk siswa SD/MI, maka kita harus mengetahui bagaimana kesiapan siswa dalam belajar, bagaimana karakteristik siswa, dan kita harus mengetahui bagaimana cara pengajaran bahasa arab yang baik untuk siswa SD/MI. Dalam pengajaran komponen bahasa kosa kata (mufradat) maupun tata bahasa (qawaid) kita harus mengerti terlebih dahulu bagaimana karakteristik siswa yang akan kita ajar, dan materi yang akan diajarkan haruslah menarik. Dalam pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa asing pertama yang diperkenalkan kepada siswa, guru adalah model yang ditiru siswa dalam menggunakan bahasa arab. Oleh karena itu, keterampilan bahasa lisan dan keterampilan tulisan dalam pembelajaran bahasa arab harus diajarkan untuk menghindari salah pengertian dan juga untuk memberi kesempatan seluasluasnya kepada siswa untuk mengunakan bahasa arab.

Sebagai guru bahasa arab untuk siswa SD/MI, maka kita harus mengetahui bagaimana kesiapan siswa dalam belajar, bagaimana karakteristik siswa, dan kita harus mengetahui bagaimana cara pengajaran bahasa arab yang baik untuk siswa SD/MI.

Media Pembelajaran Bahasa Arab

Di era globalisasi yang terus berkembang dan maju, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mengimbangi kemajuan zaman. Sama halnya dunia pendidikan, seorang guru harus extra menguras otaknya guna memilah strategi atau metode yang cocok dan menarik minat siswa untuk mengikuti pelajaran. Agar suasana belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan maka dalam hal ini media sangat berperan penting untuk menghidupkan suasana kelas. Pada awalnya media hanya dianggap sebagai alat bantu mengajar guru yang berupa visual saja. Namun, seiring berjalannya waktu media kini semakin berkembang dan canggih mengikuti kemajuan zaman menjadi alat penyalur pesan yang menunjang PBM. Yang dulu hanya berupa visual, sekarang bisa ditemui media audio visual seperti film, televisi dan lain-lain.

Di era globalisasi yang terus berkembang dan maju, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mengimbangi kemajuan zaman.

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab

Evaluasi merupakan tahapan wajib yang memegang posisi urgen dalam upaya pemerolehan gambaran program maupun hasil pembelajaran peserta didik. Tahapan ini harus direncanakan, dilaksanakan dan dimanfaatkan sebagai sumber pengambilan keputusan oleh setiap pendidik. Hasil evaluasi menjadi umpan balik yang berharga untuk melihat efektivitas pelaksanaan pembelajaran, reformulasi serta peningkatannya. Untuk itulah, mahasiswa prodi PBA (Pembelajaran Bahasa Arab) sebagai calon praktisi pendidikan dibekali mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab sebanyak 4 (empat) SKS karena pendidik seyogianya mempunyai keterampilan dalam aplikasi evaluasi. Buku ini merupakan literatur yang materinya telah disesuaikan dengan “silabus” atau “Rencana Pembelajaran Semester” seiring diberlakukannya kurikulum berbasis KKNI di lingkungan UIN Walisongo Semarang. Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan literatur evaluasi dalam bidang khusus Pembelajaran Bahasa Arab. Buku ini tidak mungkin terwujud tanpa bantuan dan dukungan berbagai pihak.

pada jalur formal dan nonformal untuk semua jenjang, satuan, dan jenis pendidikan.2 Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dalam perspektif domain hasil belajar dapat mengikuti pengelompokkan dari Benyamin S.Bloom, dkk (1956) yang membagi ...