Sebanyak 41 item atau buku ditemukan

KAPITA SELEKTA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Buku “Kapita Selekta Manajemen Pendidikan Islam” ini merupakan kumpulan tulisan para dosen di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, ditulis berdasarkan kepakaran spesialisasi masing-masing dosen.

Buku “Kapita Selekta Manajemen Pendidikan Islam” ini merupakan kumpulan tulisan para dosen di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, ditulis berdasarkan kepakaran spesialisasi masing-masing dosen.

Manajemen Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu

nilai ajaran Islam kepada seseorang sehingga bisa dipahami dan dapat diprakatekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Majanemen pendidikan Islam menurut prof. Dr Muzamuil Qomar dalam bukunya manajamen Pendidikan Islam, dikatakan bahwa ...

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...

MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (Konsep, Prinsip, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam)

Judul : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (Konsep, Prinsip, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam) Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I, Abu Bakar Dja’far, S.Ag., M.A. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 137 Halaman No ISBN : 978-623-56872-0-9 SINOPSIS BUKU Permasalahan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan biasanya terletak pada sumber daya manusia dan sumber daya non manusia, sedangkan pada prosesnya terletak pada proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah berdasarkan input yang dimilikinya. Output yang dihasilkan, juga merupakan cerminan dari hasil input hari, proses di lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan yang berkualitas adalah lembaga yang dapat mensinergikan input, proses dan output sehingga dapat mewujudkan tujuan pendidikan yang ideal sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Peningkatkan mutu dan kualitas input, proses dan output, lembaga pendidikan harus selalu merekonstruksi semua lini secara integral, dengan kata lain lembaga pendidikan harus mampu beradaptasi dengan kebutuhan lingkungan, mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi dana serta melaksanakannya secara berkesinambungan. evaluasi. Tanpa adanya manajerial dan kepemimpinan yang baik serta kebijakan yang tepat, dapat dipastikan kualitas dan mutu lembaga tersebut tentu akan menurun dan menjadi kurang baik. fasilitas, pembiayaan dan sumber daya manusia juga sangat mendesak karena merupakan titik tolak kualitas atau tidaknya suatu lembaga pendidikan. Penawaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan juga harus memperhatikan kebutuhan masyarakat yang ada dan memberikan keunggulan akademik dan non-akademik yang mendukung keluaran pendidikan untuk memperoleh hasil yang berimplikasi pada kemajuan. Karena input yang baik, proses yang berkesinambungan dan dikelola dengan baik akan menghasilkan output yang baik pula. Salah satu alasan buku ini layak untuk dimiliki karena buku memiliki solutif dalam problem system manajemen pendidikan Islam.

Judul : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (Konsep, Prinsip, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam) Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I, Abu Bakar Dja’far, S.Ag., M.A. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 137 Halaman No ISBN : 978-623-56872-0-9 ...

Manajemen Pendidikan Islam

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi pendidikan dalam bidang manajemen Pendidikan Islam. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Manajemen Pendidikan Islam. Sistematika buku Manajemen Pendidikan Islam ini disajikan dalam berbagai aspek kehidupan di sebuah lembaga pendidikan yang mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapannya. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen Personalia Pendidikan Islam, Manajemen Kesiswaan Pendidikan Islam, Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam, Manajemen Keuangan Pendidikan Islam, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Islam, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Manajemen Mutu Pendidikan Islam, Manajemen Perubahan Pendidikan Islam, Manajemen Konflik Pendidikan Islam, Manajemen Pesantren, Manajemen Madrasah, Manajemen Perguruan Tinggi Islam

menghidupkan ekonomi masyarakat (Baharuddi,2021:50). ... tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 48 menyatakan bahwa pengelolaan dana pendidikan berdasarkan pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas publik.

Manajemen Pendidikan Islam

tentang manajemen pendidikan Islam,Buku ini disusun bertujuan untuk mempermudah Mahasiswa jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, S1, dan mahasiswa S2 dan S3 konsentrasi pendidikan Islam dan pemerhati pendidikan dalam memahami arah pengembangan Perguruan Tinggi Agama islam.

tentang manajemen pendidikan Islam,Buku ini disusun bertujuan untuk mempermudah Mahasiswa jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, S1, dan mahasiswa S2 dan S3 konsentrasi pendidikan Islam dan pemerhati pendidikan dalam memahami arah ...