Sebanyak 2257 item atau buku ditemukan

PENGANTAR MANAJEMEN Teori Dan Aplikasi

Perkembangan manajemen tidak jauh berbeda dengan pembangunan manusia itu sendiri. Artinya pengelolaan telah berlangsung sejak manusia ada di muka bumi ini, seiring dengan perkembangan dan tuntutan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada zaman dahulu atau batu Kaman, manusia juga menggunakan keterampilan dan keahliannya membuat alat dari batu untuk mewujudkan tujuan hidupnya. Berbagai konsep dan praktik manajemen dalam konteks dunia yang kompleks, dinamis, bergejolak, dan semakin mengglobal. Diskusi menekankan pendekatan fungsional atau proses untuk studi manajemen. Materi diskusi mencakup semua fungsi manajemen. Hal ini diharapkan dapat memberikan kerangka kerja untuk menganalisis dan memahami sifat pekerjaan dan keberhasilan manajerial, serta informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja fungsi manajerial dalam masyarakat bisnis yang semakin kompetitif.

... pendekatan sistem dan pendekatan kontingensi. 1. Pendekatan Sistem Manajemen memandang organisasi sebagai satu kesatuan sub system dengan tujuan yang terdiri dari bagian bagian yang saling berkaitan. Sistem dapat diartikan sebagai ...

Pengantar Manajemen Bisnis (Teori dan Praktis)

Buku ini, menyajikan pengetahuan mengenai manajemen bisnis, baik teori maupun implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan buku ini dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca khususnya terkait dengan manajemen bisnis. Buku ini merupakan hasil pemikiran dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam book chapter yang terdiri atas empat belas bab, dan diberi judul Pengantar Manajemen Bisnis (Teori dan Praktis). Karya ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan, seperti kata pepatah taka da gading yang tak retak, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

Pendekatan secara sistem, dapat diterapkan dengan mengarahkan perhatian kepada berbagai ciri dasar sistem yang berubah dan gerakan akan memengaruhi keberhasilan suatu sistem. Pendekatan sistem menerapkan dari sistem ilmiah manajemen, ...

Pengantar Ilmu Manajemen (Teori dan Implementasi)

Book Chapter ini ditulis dalam 14 bab dengan pembahasan yang cukup komprehensif dan terstruktur, para penulis sesuai dengan kepakaran masing-masing berupaya menyajikan secara baik dari berbagai angle yang berbeda untuk menyimpulkan serangkaian kebutuhan akan keilmuan dan kompetensi calon manajer masa depan. Dalam 14 Bab tersebut telah diupayakan untuk dihadirkan secara renyah dan baik oleh masing-masing penulis diawali dari Bab 1 Konsep Dasar Manajemen, yang coba diulas oleh Suhardi; Bab 2 Perkembangan Teori Manajemen, yang ditulis secara komprehensif oleh Supriyati; Bab 3 Ruang Lingkup Manajemen, yang dirangkai kata oleh Rusdi Raprayogha; Bab 4 Etika dan Profesi Manajemen, yang dihubungkan secara kuat oleh I Nyoman Tri Sutaguna; Bab 5 Gaya Kepemimpinan Manajemen yang di kupas tuntas oleh Adrian Radiansyah; Bab 6 Manajemen Strategi yang dikemas dengan baik dan menarik oleh Hikmah Sekarningtyas; Bab 7 Perencanaan Perusahaan yang diulas secara renyah oleh Ferdinandus Sampe; Bab 8 Motivasi Karyawan yang diselami secara mendalam oleh Rahmad Firdaus; Bab 9 Manajemen Sumber Daya Manusia yang dipikirkan secara baik oleh Iwan Prasetyo; Bab 10 Pengambilan Keputusan Manajemen yang dipotret dan di sharing secara baik oleh Machfudi Bab 11 Sistem Pengendalian Manajemen yang di tulis secara sistematis oleh Yuanita Levany; Bab 12 Manajemen Kinerja Perusahaan yang di renungkan dengan matang oleh Afrizal; Bab 13 Lingkungan dan Budaya Organisasi yang ditulis dengan renyah oleh Gusnafitri, dan diakhiri Bab 14 Tanggung jawab Sosial Perusahaan, yang diparipurnakan secara lengkap oleh Fadila Almahdali.

... Sistem Manajemen Pendekatan sistem manajemen memandang organisasi sebagai sistem yang terarah dan saling terkait untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Gambar 2.3 menggambarkan pendekatan sistem manajemen yang berinteraksi antara ...

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (Untuk Pemerintahan dari Teori ke Praktik)

Pada dasarnya, tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan manajemen SDM atau istilah kerennya Human Resource (HR). Bagian Human Resource itulah yang bertanggung jawab untuk mengurus berbagai kebutuhan perusahaan yang terkait dengan Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk di dalamnya ada Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) sehingga semua kegiatan atau pekerjaan berjalan dengan lancar dan lebih efisien. Dalam menjalankan kegiatan baik di organisasi atau perusahaan, dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya masing-masing. Dalam menjalankan kegiatan di sebuah perusahaan atau organisasi juga diperlukan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) agar kegiatan yang akan dilaksanakan berjalan dengan baik dan mencapai target yang diinginkan. Manajemen sumber daya manusia ini menjadi bidang kajian penting dalam perusahaan karena problem yang dihadapi perusahaan bukan hanya persoalan bahan mentah, modal, alat kerja, dan produksi saja, tetapi juga problem sumber daya manusia yang notabene adalah pihak yang menjalankan dan mengelola faktor-faktor produksi sekaligus merupakan tujuan dari kegiatan produksi itu sendiri. Yang didalamnya terdapat pemanfaatan sejumlah individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dan lain-lain. Unsur utama MSDM adalah manusia. Selain itu Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya.

... berdaya saing dengan perusahaan lain karena memiliki sumber daya manusia yang kurang berkompeten (Nuryanta, 2008). B ... Human Resource Management (Priyono & Marnis, 2016), perencanaan SDM atau perencanaan tenaga kerja adalah suatu ...

Konsep & Teori Manajemen Umum

Judul :Konsep & Teori Manajemen Umum Penulis : Kasmi, SE., MM., Dr. Fauzi, ME., M.Kom., Akt., CA., CMA., dan Rita Irviani, SE., MM. Ukuran : 15,5 cm x 23 cm Tebal : 120 Halaman No ISBN : 978-623-5314-98-3 Tahun Terbit : Juli 2022 SINOPSIS Buku Konsep & Teori Manajemen Umum merupakan buku yang ditulis untuk membantu para mahasiswa, peneliti, dan stakeholder untuk memberikan pemahaman secara sederhana tentang ilmu manjeman. Buku ini memiliki banyak keistimewaan dan kelebihan dibandingkan dengan buku yang membahas Manajeman lainya. Keistimewaan buku ini yaitu antara lain disusun dari referensi yang up to date bersumber dari artikel-artikel ilmiah dan relevan dengan perkembangan isu manajemen saat ini. Buku ini juga sangat menarik karena memberikan ulasan-ulasan ilmiah yang secara empiris dalam mendukung penguatan organisasi. Selain itu, bahasa yang digunakan pada buku ini sangat mudah dipahami pembaca. Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, yaitu: Arti Sarana Dan Fungsi Manajemen, Pimpinan Dan Kepemimpinan, Pengorganisasian Dan Sturtur Organisasi, Pucuk Pimpinan Perusahaan, Delegasi, Menejemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Manajeman Proyek, Sistem Pengambilan Keputusan, Implementasi Sistem Informasi Manajeman. Keseluruhan pembahasan pada buku ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang komprehensif berkaitan dengan isu yang dibahas dan memberikan kontribusi bagi literatur di bidang manajemen di Indonesia.

Memakai pendekatan sistem (system approach to management). • Mempunyai hierarki (arus kegiatan) horisontal di samping hierarki vertikal. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa manajemen proyek tidak bermaksud meniadakan arus kegiatan ...

Asas-Asas Manajemen (Konsep dan Teori)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai dasar-dasar manajemen, baik konsep maupun teorinya. Buku ini diharapkan dapat referensi bacaan kepada para pembaca khususnya terkait dengan pengetahuan mengenai dasar-dasar manajemen serta menambah daftar buku manajemen yang sudah ada sebelumnya. Buku ini disusun dalam bentuk book chapter yang terdiri atas delapan belas bab, dengan judul Asas-Asas Manajemen (Konsep dan Teori).

Komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual. Saluran komunikasi yang tidak memperhatikan jenjang hierarki, ...

Dasar-Dasar Manajemen (Konsep, Prinsip, dan Teori)

Buku ini merupakan buah pemikiran dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam buku kolaborasi, dan diberi judul Dasar-Dasar Manajemen (Konsep, Prinsip, dan Teori). Sistematikan penyusunana buku ini, terdiri dari sembilan belas bab dengan pembahasan dimulai dari ruang lingkup manajemen, sejarah perkembangan manajemen, prinsip dan sistem manajemen, fungsi-fungsi manajemen, jenjang manajemen dan peran manajer, lingkungan organisasi, teori organisasi, desain organisasi dan struktur organisasi, sistem komunikasi dalam organisasi, Corporate Social Responsibility (CSR), norma dan etika organisasi, job analysis dan job specification, mengelola konflik dan negosiasi, kepemimpinan dan wewenang, teori pengambilan keputusan, sistem pengendalian manajemen, komitmen organisasi dan karakteristiknya, efektivitas kerja, dan teori motivasi dan kepuasan kerja.

Saluran adalah media tempat pesan disampaikan, yang dibedakan menjadi komunikasi tatap muka dan komunikasi tidak tatap muka. Media yang dapat dipergunakan antara lain dapat berupa memo, surat, fax, e-mail, laporan, katalog, brosur, ...

Teori Pemasaran: Pendekatan Manajemen Bisnis

Dalam konsep pemasaran, ditekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen melalui aktivitas teori pemasaran. Pemasaran sangat penting karena dapat membantu bisnis dalam mencapai target perusahaan. Buku ini hadir untuk menambah buku-buku terkait pemasaran yang telah ada. Kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi dan bahan bacaan untuk menambah pengetahun para pembaca khususnya yang berkaitan dengan pemasaran. Sistematika buku Teori Pemasaran: Pendekatan Manajemen Bisnis ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Pendahuluan dan Konsep Dasar Manajemen Pemasaran, Bab 2 Perencanaan Strategis dan Proses Pemasaran, Bab 3 Riset Pemasaran dan Analisis Lingkungan Pemasaran, Bab 4 Sistem Informasi Pemasaran, Bab 5 Etika Bisnis Dalam Kegiatan Pemasaran, Bab 6 Konsep Marketing Mix 4P dan 7P, Bab 7 Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan, Bab 8 Ekuitas Merek, Bab 9 Inovasi dan Pengembangan Produk, Bab 10 Pemasaran di Era Digital, Bab 11 Strategi Pemasaran Pada Bisnis Online, Bab 12 Konsep Pemasaran Sosial, Bab 13 Etika Pemasaran dan Tanggung Jawab Sosial, Bab 14 Menciptakan Keunggulan Bersaing dan Pasar Global.

Dengan kata lain, sistem real time adalah sistem yang menggunakan batas waktu, yaitu pekerjaan harus selesai dalam jangka waktu tertentu. Pada sistem waktu nyata, Sistem dinyatakan gagal apabila melewati batasan yang ada.

Manajemen Pendidikan

Buku ini merupakan buku yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi dibidang pendidikan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kami berkolaborasi untuk menghasilkan buku dengan judul “Manajemen Pendidikan”. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dibidang pendidikan, khususnya manajemen pendidikan. Buku ini terdiri dari 14 bab, yaitu: Konsep dasar manajemen pendidikan, Organisasi lembaga pendidikan, Kurikulum pendidikan, Sarana dan prasarana pendidikan, Manajemen kepemimpinan, Manajemen kelas, Manajemen berbasis sekolah, Manajemen mutu dan akreditasi, Manajemen pembiayaan, Manajemen humas, Tata laksana lembaga pendidikan, Problematika pendidikan Indonesia, Kebijakan pendidikan Indonesia, dan Inovasi pendidikan Indonesia. Buku ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari para pembaca terkait penyempurnaan buku ini.

... Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), pp. 199–207. Suardi M (2017) 'Analisis Manajemen Humas Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap ... Humas Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah', Jurnal Heriansyah 186 Manajemen Humas.

Manajemen dan Pembangunan Berkelanjutan

Pelayanan Publik Dalam konteks ke-Indonesia-an, penggunaan istilah pelayanan publik (public service) dianggap ... dan public utility (perusahaan umum), public relations (hubungan masyarakat), public service (pelayanan masyarakat), ...