Sebanyak 68 item atau buku ditemukan

Metode Pembelajaran Di Era Digital 4.0

Metode Pembelajaran Brainstorming, Metode Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition, Metode Pembelajaran Artikulasi, Metode Pembelajaran Buzz Group (BG), Metode Pembelajaran Cooperative Script, Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH), Metode Pembelajaran Tebak Kata, Metode Pembelajaran Connecting, Organizing, Refleting, Extending (CORE), Metode Pembelajaran Debat Aktif, Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving, Metode Example Non Example Dan Metode Pembelajaran Direct Instruction (DI)

Metode Pembelajaran Brainstorming, Metode Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition, Metode Pembelajaran Artikulasi, Metode Pembelajaran Buzz Group (BG), Metode Pembelajaran Cooperative Script, Model Pembelajaran Course Review Horay ...

9 Aplikasi Metode Pembelajaran

9 Aplikasi Metode Pembelajaran PENULIS: Eti Sulastri, S.Pd ISBN: 978-602-443-786-2 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 80 halaman Sinopsis: Mengajar tidak semata mengajar, tetapi butuh metode aplikatif yang tidak hanya teoritis. Buku ini menguraikan metode pembelajaran aplikatif yang langsung diterapkan pada salah satu materi pembelajaran sebagai contohnya. 9 Aplikasi Metode Pembelajaran ditulis berdasarkan pengalaman puluhan tahun dalam mengajar, sehingga mengajar tidak menjenuhkan, membosankan, bahkan melelahkan. Tetapi dengan metode 9 ini pembelajaran menggairahkan, mencerahkan dan membahagiakan. Sembilan aplikasi metode pembelajaran mengkaji metode yang langsung diaplikasikan dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menyenangkan, mudah dicerna dan mencapai tujuan pembelajaran. 1. Metode pembelajaran skrambel 2. Metode PQRST 3. Metode PAKEM, 4. Metode drill, 5. Metode problem posing 6. Metode pembelajaran berbasis masalah 7. Metode tutor sebaya 8. Metode jigsaw 9. Metode lingkaran Luar dan dalam Sembilan metode ini dipaparkan secara aplikasi dalam proses pembelajaran. Sehingga mudah mencernah, mudah memahami dan mudah dipraktikan dalam pembelajaran. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Keadaan aktif dan menyenangkan tidaklah cukup jika proses pembelajarannya tidak efektif, yaitu tidak tercapainya penguasaan siswa setelah proses pembelajaran, sebab pembelajaran berlangsung memiliki sejumlah tujuan pembelajaran yang ...

METODE PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING

Keberhasilan suatu kegiatan dapat terlihat dari hasil akhir yang didapatkan. Dalam suatu lembaga pendidikan, hasil akhir diperoleh melalui kegiatan pembelajaran. Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu perwujudan potensi-potensi yang ada pada diri seseorang yang harus diselaraskan dengan tujuan pendidikan. 1 Keberhasilan lembaga pendidikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, mengandung makna tercapainya kompetensi belajar peserta didik yang meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan setelah melalui proses pembelajaran

Keberhasilan suatu kegiatan dapat terlihat dari hasil akhir yang didapatkan.

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Buku ini menjelaskan tentang model dan metode pembelajaran Inovatif yang digunakan dalam pembelajaran diharapkan dapat mendorong peran aktif peserta pelatihan. Akhirnya, ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada tim penyusun dan tim penyempurna atas tenaga dan pikiran yang dicurahkan untuk mewujudkan modul ini.

Buku ini menjelaskan tentang model dan metode pembelajaran Inovatif yang digunakan dalam pembelajaran diharapkan dapat mendorong peran aktif peserta pelatihan.

METODE PEMBELAJARAN PAI

Metode dalam Bahasa Arab, dikenal dengan istilah thariqoh yang berarti langkah-langkah strategis yang dipersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Bila dihubungkan dengan pendidikan, maka metode itu harus diwujudkan dalam proses pendidikan, dalam rangka mengembangkan sikap mental kebribadian agar peserta didik menerima pelajaran dengan mudah, efektif dan dapat dicerna dengan baik. Metode mengajar dapat diartikan sebagai cara yang digunakan oleh guru dalam membelajarkan peserta didik saat berlangsungnya proses pembelajaran. Menurut Pupuh Fathurrohman (2009: 55). Metode mengajar adalah cara-cara menyajikan bahan pelajaran kepada siswa untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, salah satu keterampilan guru yang memegang peranan penting dalam pengajaran adalah keterampilan memilih metode. Pemilihan metode berkaitan langsung dengan usaha-usaha guru dalam menampilkan pengajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga pencapaian tujuan pengajaran diperoleh secara optimal. Oleh karena itu, salah satu hal yang sangat mendasar untuk dipahami guru adalah bagaimana memahami kedudukan metode sebagai salah satu konponen bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang sama pentingnya dengan konponen-konponen lain dalam keseluruhan komponen pendidikan.

... ke depan (plan ahead) Untuk penjelasan mengenai prototipe-prototipe pendekatan belajar yang dikembangkan Biggs itu, penyusun sajikan tabel perbandingan (Tabel 6) diatas. F. Pendekatan Independent Learning dan SelfDirected Learning ...

Pengembangan Metode Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19

Buku ini terdiri dari sembilan pembahasan, yaitu pertama Metode Pembelajaran, kedua Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19, ketiga Metode Ceramah Pada Masa Pandemi Covid-19, keempat Metode Home Visit Pada Masa Pandemi Covid-19, kelima Metode Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19, keenam Metode Based Learning Pada Masa Pandemi Covid-19, ketujuh Metode Discovery Pada Masa Pandemi Covid-19, kedelapan Metode Hafalan Pada Masa Pandemi Covid-19, dan kesembilan Metode Mind Mapping Pada Masa Pandemi Covid-19. Sesuai dengan tema yang diusung, hampir semua naskah masih bersifat normatif dan berada dalam aspek tatanan konseptual. Hal ini dapat dimaklumi karena memang kendala yang paling sering ditemukan dalam metode pembelajaran di masa pendemi adalah menghadirkan dimensi baru yang inovatif dalam wilayah garapan pengkajiannya. Meskipun demikian secara keseluruhan tulisan tersebut dapat dinikmati oleh pembaca sebagai referensi yang bisa didiskusikan kembali kapanpun.

Tahapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Tahapan pembelajaran PjBL dikembangkan oleh George Lucas ... Fase 2 Design a plan for the project Perencanaan berisi tentang aturan, pemilihan aktivitas yang dapat mendukung dalam ...

METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN

Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an

Alquran adalah sumber utama dalam memperoleh tuntunan dan pedoman kehidupan. Oleh sebab itu, Alquran merupakan dasar yang pokok dalam memaksimalkan pendidikan Islam. Alquran sangat urgen dalam pendidikan Islam, sejatinya peserta didik harus betul-betul dapat membaca, memahami dan mengaflikasikan petunjuk dan pedoman dalam Alquran. Langkah awal yang harus dilakukan oleh pendidik adalah peserta didik harus bisa membaca dan menulis Alquran dengan baik dan benar sehingga dapat dilanjutkan ke tingkat berikutnya. Membaca dan menulis Alquran harus diajarkan dengan benar dan tepat sejak awal kepada peserta didik dangan metode yang tepat dan menyenangkan. Dengan bacaan yang benar akan membantu dalam memberikan makna yang tepat yang diinformasikan Alquran. Begitu juga dengan menulis, dengan tulisan yang benar akan memudahkan dalam memahami makna kalimat yang ditulis yang bersumber dari Alquran. Dalam pembelajaran baca tulis Alquran tidk bisa dipisahkan dari metode sebagai sarana mempermudah ketercapaian tujuan pendidikan. Metode mempunyai peran penting dalam menyampaikan materi pelajaran. Keberhasilan pembelajaran banyak ditentukan oleh metode yang digunakan pendidik dalam mengajar. Metode mengajar merupakan suatu cara yang dapat digunakan pendidik dengan berbagai teknik dalam proses belajar mengajar agar materi pelajaran dapat dicerna dengan mudah serta efektif oleh peserta didik.

Alquran adalah sumber utama dalam memperoleh tuntunan dan pedoman kehidupan.

Metode Pembelajaran Alquran Dasar I

Bagi sebagian orang barangkali membaca Alquran cukup dilafalkan asal sesuai huruf maupun bunyinya saja tanpa memedulikan irama di dalamnya. Namun bagi sebagian yang lain, baca Alquran perlu adanya seni baca yang baik sekaligus tata cara baca yang bagus agar terdengar merdu dan tidak memicu rasa bosan. Buku ini menyuguhkan metode pembelajaran membaca Alquran yang dikembangkan oleh Majlis Quran sebagai upaya pemberdayaan bagi umat Islam agar lebih memahami dan fasih membaca Alquran. Selain berharap manfaat, cara ini diharapkan agar semua lapisan masyarakat—terutama umat Islam—bisa lebih gemar membaca Alquran dan mengamalkan ayat-ayat di dalamnya. Selamat belajar dan membaca! Semoga bermanfaat. Amin.

Metode An-Nuur Arif Budi Nurrofiq, S.Pd.I. belajar mudah membaca Al-Qur'an BIODATA PENDIRI MAJLIS AL QURAN ARIF BUDI NURROFIQ S.Pd.I: Lahir. Madiun Madiun.