Sebanyak 451 item atau buku ditemukan

Hasil Lokakarya Pengembangan Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan di Indonesia, 9-11 Agustus 1994

Workshop on curriculum development for library education and course in Indonesia; proceedings.

Workshop on curriculum development for library education and course in Indonesia; proceedings.

Bunga Rampai: Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam

Kurikulum merupakan salah satu komponen penting yang sangat menentukan dalam satuan sistem pendidikan, dan merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan. Oleh karena itu, pelaksana di sekolah harus mengelola kurikulum dengan baik, agar hasil pembelajarannya akan lebih efektif, untuk mewujudkan itu, maka memerlukan manajemen yang baik. Manajemen kurikulum pendidikan Islam ini dimaksudkan supaya proses pendidikan yang akan berlangsung di sekolah atau madrasah dapat terarah dan terkoordinasi dengan sistematis untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dalam pengelolaan kurikulum sangat dipentingkan tinjauan-tinjauan teoritis dan praktis agar kurikulum yang dikelola dapat selalu sejalan dengan perkembangan kehidupan manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan pribadi subyek didik.

Siti Yumnah dkk. 1. Kegiatan Guru PAI sebagai Implementer kurikulum Guru diharapkan berperan untuk melaksanakan kurikulum yang telah disusun, misalnya Kurikulum yang diberlakukan seperti Kurikulum 2013 atau Kurikulum Merdeka, maka guru PAI ...

Pengembangan Kurikulum PAI

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam sebagai mata kuliah wajib di prodi Magister Pendidikan Agama Islam memberikan bekal kepada mahasiswa dalam mengembangkan kurikulum, baik yang sifatnya teoretik maupun praktik. Buku ajar ini merupakan suplemen dari sekian buku referensi yang sudah ada, yang disesuaikan dengan kajian Pendidikan Agama Islam di sekolah maupun di madrasah. Kajian dalam buku ini praktis dan lebih realistis, dengan kajian khusus konsep dan fenomena di sekolah dan madrasah. Mahasiswa diharapkan lebih mudah mempelajarinya sesuai dengan kenyataan yang dihadapi dalam lembaga pendidikan, khususnya di sekolah dan madrasah. Kehadiran buku ajar ini berhubungan langsung dengan mata kuliah yang terdapat di Fakultas Agama Islam, baik pada Strata 1 (S1) maupun Strata 2 (S2), sehingga bab-bab yang dibahas dalam buku ini disesuaikan dengan kajian-kajian yang dipelajari oleh para mahasiswa. Selain itu, gagasan-gagasan teoretis berasal dari beberapa referensi yang telah ada, ditambah pula kajian secara praktis.

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam sebagai mata kuliah wajib di prodi Magister Pendidikan Agama Islam memberikan bekal kepada mahasiswa dalam mengembangkan kurikulum, baik yang sifatnya teoretik maupun praktik.

Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar

Buku ini disusun oleh sejumlah guru, dosen dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Kehadiran buku ini diharapkan memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Sistematika buku ini dengan judul “Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar” terdiri atas 14 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dan Aplikasi diantaranya: Kurikulum, modul ajar dan pendekatan STEAM merdeka belajar, strategi penerapan kurikulum merdeka belajar pada PAUD, SD, SMP dan SMA serta aksi nyata, juga dilengkapi dengan Model-model pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum merdeka belajar.

Sistematika buku ini dengan judul “Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar” terdiri atas 14 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dan Aplikasi diantaranya: Kurikulum, modul ...

Pembelajaran Blended Learning Model Case Based Learning pada Implementasi Kurikulum Merdeka

Fenomena teknologi yang digunakan dalam proses saat ini mencapai akselerasi yang luar biasa. Teknologi dalam pembelajaran yang dipelajari beberapa tahun yang lalu mulai tergantikan dengan teknologi yang baru termasuk berbagai cara pembelajaran secara konvensional sudah mulai ditinggalkan. Bentuk pengembangan teknologi informasi di era digital dalam dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran adalah menggunakan model blended learning. Blended learning dapat menjadi salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran yang inovatif tersebut. Blended learning merupakan suatu model pembelajaran dengan menggabungkan model pembelajaran secara tatap muka di kelas sekaligus pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi khususnya pembelajaran secara online. Model cased based learning ini cocok digunakan pada pembelajaan berbasis blended learning di kurikulum merdeka. Pembahasan buku ini dibagi dalam empat bab: Bab 1 Model Cased based Learning Bab 2 Blended Learning Bab 3 Kurikulum Merdeka Bab 4 Model case based learning pada pembelajaran blended learning

Fenomena teknologi yang digunakan dalam proses saat ini mencapai akselerasi yang luar biasa.