Sebanyak 24 item atau buku ditemukan

Desain Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Transdisipliner

Kajian terhadap pembelajaran selalu menarik perhatian karena terkait dengan perspektif yang cukup luas yang melibatkan aspek yang melingkupinya, kekompleksitas ini melahirkan berbagai varian-varian dalam pembelajaran mulai dari model, strategi, metode dan media yang dipergunakan dalam pembelajaran. Penulisan buku ini dimaksudkan untuk menambah khasanah pengetahuan terkait dengan kajian Desain Pembelajaran yang telah banyak beredar sebelumnya. Di samping itu secara khusus penulisan buku ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan mahasiswa dalam mengkaji keilmuan belajar dan pembelajaran.

Kajian terhadap pembelajaran selalu menarik perhatian karena terkait dengan perspektif yang cukup luas yang melibatkan aspek yang melingkupinya, kekompleksitas ini melahirkan berbagai varian-varian dalam pembelajaran mulai dari model, ...

Panduan Desain Pembelajaran Bermuatan Karakter bagi Guru IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII

Buku panduan ini memuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) serta kunci jawaban LKS yang berbasis model-model pembelajaran IPA yang inovatif dengan berorientasi pada pendidikan karakter. Buku panduan ini dirancang khusus untuk guru IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII agar memudahkan guru dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajarannya. Dengan adanya buku panduan ini diharapkan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran IPA agar siswa dapat memahami konsep (materi) IPA Kelas VIII yang dipelajari dan juga dapat mengembangkan karakter-karakter positif siswa. Karakter yang dikembangkan merujuk pada Kompetensi Inti 1 (KI-1) yaitu sikap spiritual dan Kompetensi Inti 2 (KI-2) yaitu sikap sosial sesuai kurikulum yang berlaku. Buku ini ditulis dengan bahasa yang jelas dan keterangan yang rinci sehingga mudah dimengerti oleh guru.

Buku panduan ini memuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) serta kunci jawaban LKS yang berbasis model-model pembelajaran IPA yang inovatif dengan berorientasi pada pendidikan karakter.

Desain Pembelajaran IPA

Pelajaran IPA seringkali diberi “label” oleh peserta didik sebagai pelajaran yang sulit dan membuat pusing. Jarang sekali peserta didik yang merasa senang ketika belajar IPA. Kata mereka pelajaran IPA khususnya fisika, terlalu banyak konsep dan rumus yang harus dihafal. Salah satu faktor penyebab kurangnya respon belajar IPA oleh peserta didik adalah guru kurang mampu menciptakan pembelajaran IPA yang menarik dan belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Aklibatnya peserta didik akan cepat merasa bosan dan jenuh untuk belajar IPA. Buku ini menyajikan beragam cara dan desain yang menarik dalam membelajarkan IPA kepada peserta didik. Harapannya bahwa peserta didik akan tertarik dan senang dengan belajar IPA karena disajikan dengan cara yang menarik pula. Sekarang saatnya Anda akan menikmati indahnya mengajar dengan dibarengi antusias para peserta didik dalam menerima kehadiran Anda di kelas. Selamat membaca!

Pelajaran IPA seringkali diberi “label” oleh peserta didik sebagai pelajaran yang sulit dan membuat pusing.

Desain Pembelajaran

Keberhasilan mencapai tujuan dan kompetensi pembelajaran sangat ditentukan oleh desain pembelajaran yang disiapkan oleh guru sebelum memulai proses pembelajaran, karena desain merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran, melalui desain pembelajaran yang disusun sedemikian rupa dengan memperhatikan berbagai pertimbangan, diharapkan dapat menciptakan proses belajar yang menarik dan menyenangkan. Desain pembelajaran pada dasarnya dimulai dari kegiatan analisis yang digunakan untuk menggambarkan masalah pembelajaran sesungguhnya yang perlu dicari solusinya. Setelah dapat menentukan masalah yang sesungguhnya maka langkah selanjutnya adalah menentukan alternatif solusi yang akan digunakan untuk mengatasi masalah pembelajaran. Seorang perancang program pembelajaran perlu menentukan solusi yang tepat dari berbagai alternatif yang ada, baik pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran dan teknik/taktik pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Selanjutnya ia dapat menerapkan solusi tersebut untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Evaluasi adalah langkah selanjutnya, sehingga nantinya bisa mengetahui rancangan atau desain yang sesuai dengan pembelajaran dan desain tersebut bisa diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Buku Desain Pembelajaran ini disusun sebagai buku ajar pada mata kuliah untuk Program Studi Pendidikan Guru baik tingkat dasar maupun menengah, buku ini dapat dijadikan sebagai sumber bacaan bagi mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan proses perkuliahan.

A. Perencanaan Proses Pembelajaran Kenneth D. Moore (2001; Majid, 2013: 90) membagi perencanaan menjadi, rencana mingguan dan rencana harian. Menurutnya, rencana mingguan itu sangat perlu sebagai garis besar program pengajaran yang bisa ...

Desain Pembelajaran Untuk Menjadi Pendidik Yang Profesional

Buku ajar adalah suatu proses usaha dalam dikri seseorang yang merubah tingkah laku dalam berpikir, besikap, berbuat, melalui proses adaptasi berdasarkan, pengetahuan yang didapat, pengalaman dan interaksinya dengan lingkungan design pembelajaran adalah rancangan penerapan teori belajar dan pembelajaran yang disususn dalam sebuah rencana atau tindakan yang meliputi metode,penilian untuk memecahkan maslah dengan merinci kondidi belajar untuk menghasilkan sebuah modul pembelajaran yang beisi tujuan umum dan tujuan khusus dari proses pembelajaran yang akana disampaikan oleh pendidikan kepada peserta didik. dalam design pembelajaran dikenal beberapa model yang dikemukakan oleh para ahli. secara umum, metode desain pembelajaran dapat diklarifikasikan ke dalam model berorientasi kelas, model beorientasi sistem, model berorientasi produk,model prosedural dan model melingkar

A. Perencanaan Proses Pembelajaran ntuk sebuah menghasilkan perencanaan sebuah pendidikan pendidikan dimana yang dalam berkualitas proses dan perencanaan baik perlu tersebut di buat pendidik harus mampu melakukan proses perencanaan ...

Desain Pembelajaran: Sebuah Pengantar

Masalah rendahnya mutu lulusan (output) merupakan permasalahan sentral yang dihadapi oleh setiap lembaga pendidikan. Permasalahan tersebut tidak lepas dari pengaruh sistem yang ada pada lembaga pendidikan. Sistem tersebut meliputi: (1) masukan mentah (raw input) yang akan diproses menjadi lulusan (output), (2) pendidik, tenaga kependidikan, administrasi sekolah, kurikulum, anggaran, sarana dan prasarana (Instrumental input) yang memungkinkan dilaksanakan pemrosesan men­jadi lulusan, dan (3) budaya dan kondisi masyarakat, kependudukan, politik dan keamanan (enviromental input). Mutu lulusan yang dihasilkan oleh lembaga pen­didikan sangat ditentukan oleh interaksi antara masukan mentah, masukan instrumental dan masukan lingkungan. Ketiga komponen ini saling memengaruhi dalam meningkatkan dan menurunkan kualitas pembelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti me­ningkatkan fasilitas belajar, kualitas guru dan menerapkan desain pembelajaran. Pada konteks kelas, strategi pembelajaran memiliki peran penting dalam me­nentukan keberhasilan belajar. Indikator suksesnya belajar di kelas dapat di­identifikasi jika peserta didik belajar dengan aktif, bebas, menyenangkan dan meng­gairahkan. Pembelajaran merupakan aktivitas yang sistematik dan sistemik, terdiri atas banyak komponen, masing-masing dari komponen tidak bersifat parsial (terpisah) atau berjalan sendiri-sendiri, tetapi harus berjalan secara teratur, saling bergantung, komplementer, dan berkesinambungan. Desain pembelajaran yang baik harus di­kembangkan berdasarkan pada prinsip-prinsip pengajaran. Aktivitas pembelajaran yang dikelola secara terprogram, teratur, dan mengikuti prinsip-prinsip pengelolaan serta kaidah-kaidah kengejaran yang baik merupakan tuntutan yang semestinya ter­hadap pelaksanaan pembelajaran.

Begitupun bagi guru yang sudah susah payah merancang rencana, tentunya akan berusaha untuk melakukan yang terbaik agar rencananya tersebut berhasil. Memahami definisi perencanaan Pembelajaran dapat dikaji dari kata-kata yang ...