Sebanyak 32 item atau buku ditemukan

Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK pada Masa Pandemi Covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)

Antologi Esai ini disusun oleh mahasiswa praktikan berdasarkan hasil kegiatan PLP I atas bimbingan dosen pembimbing lapangan. Kegiatan PLP I ini dirancang dalam dua capaian, yaitu (1) membangun Jati diri pendidik dengan mengenal kultur sekolah, struktur organisasi sekolah dan tata kelola sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, dan kegiatan-kegiatan di sekolah. (2) Membangun jati diri pendidik dengan mengetahui praktik proses pembelajaran dan karakteristik siswa. Berdasarkan kegiatan tersebutlah mahasiswa praktikan menyusun esai sebagai respon dan kemampuan memberikan pendapat terhadap dunia pendidikan. Antologi ini diharapkan dapat menjadi motivasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi diri dalam berlatih melatih menulis karya tulis ilmiah sebagai calon seorang pendidik.

Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, ekstrakulikuler yang mendukung adalah jurnalistik dan debat bahasa Indonesia, ini merupakan bekal jika nantinya siswa mengikuti lomba debat dan jurnalistik dalam perkuliahan, sehingga siswa merasa ...

Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SD/MI Kelas Tinggi

Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak anak masih kecil. Pelaksanaan pendidikan bahasa Indonesia pada anak dapat dilakukan melalui pendidikan informal, pendidikan formal, maupun pendidikan nonformal. Pendidikan informal dilakukan oleh keluarga di rumah. Pendidikan ini dilakukan saat anak berada di rumah bersama dengan keluarganya. Sedangkan pendidikan formal dilaksanakan di dalam lembaga pendidikan resmi mulai dari SD sampai dengan perguruan tinggi. Dalam pendidikan formal ini gurulah yang berperan penting dalam menanamkan pengetahuan akan bahasa Indonesia. Sedangkan pendidikan nonformal dilaksanakan di luar rumah dan sekolah, dapat melalui kursus, pelatihan-pelatihan, pondok pesantren dan lain sebagainya. Pendidikan bahasa Indonesia di lembaga formal dimulai dari SD. Jumlah jam pelajaran bahasa Indonesia di SD kelas I, II dan III sebanyak 6 jam pelajaran. Sedangkan kelas IV, V dan VI sebanyak 5 jam pelajaran. Banyaknya jumlah jam pelajaran Bahasa Indonesia dimaksudkan agar siswa mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia yang baik serta mempunyai kemampuan berpikir dan bernalar yang baik yang dapat disampaikan melalui bahasa yang baik pula. Bahasa Indonesia merupakan salah satu materi penting yang diajarkan di SD, karena bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.

Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak anak masih kecil.

Pembelajaran bahasa dan sastra daerah dalam kerangka budaya

Essays on study and teaching of vernacular languages and local literature in Indonesia.

sha UPAYA MENGHORMATI DAN MEMELIHARA BAHASA DAERAH Salah satu masalah yang menimbulkan terpinggirkan bahkan punahnya bahasa daerah adalah adanya pandangan negatif pengguna bahasa daerah . Bahasa daerah dianggap kuno , bahasa orang ...

Inovasi pembelajaran digital menggunakan model pembelajaran Blended Poe2we pada mata pelajaran bahasa dan sastra Inggris di SMA Negeri 1 Ciamis untuk menghadapi tantangan abad 21

Buku Panduan Inovasi Pembelajaran Blended POE2WE ini dapat memfasilitasi peserta didik dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era revolusi industry 4.0. Panduan Inovasi Pembelajaran Blended POE2WE ini dilengkapi dengan panduan langkah-langkah pembelajarannya

Buku Panduan Inovasi Pembelajaran Blended POE2WE ini dapat memfasilitasi peserta didik dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era revolusi industry 4.0.

Perencanaan Bahasa dan Sastra Indonesia

Studi mengenai perencanaan bahasa dan sastra Indonesia, baik perspektif teoretis, metodologis, dan praktis. Studi perencanaan bahasa dan sastra Indonesia urgen dilakukan dalam rangka pemertahanan dan pelesatarian bahasa dan sastra Indonesia. Buku ini cocok untuk mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memprogram matakuliah penelitian perencanaan bahasa dan sastra Indonesia. Selain itu, buku ini juga bisa digunakan oleh khalayak pecinta bahasa dan sastra Indonesia.

Studi mengenai perencanaan bahasa dan sastra Indonesia, baik perspektif teoretis, metodologis, dan praktis.

Buku Bahasa dan Sastra Arab Al-Mahir SMA/MA Kelas XI

Buku ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi-materi yang sudah tersusun secara rapi berdasarkan KD K13 di kurikulum bahasa Arab Tingkan SMA/MA, semoga ke depan banyak guru-guru di bidang pelajaran yang lain dapat menyusun panduan materi untuk guru dan para siswa agar bisa mengembangkan kereativitas guru di Nusa Tenggara Barat jenjang SMA/MA, kami berharap buku atau modul pelajaran kedepan banyak disusun oleh guru-guru ditingkat SMA/MA dengan demikian dapat digunakan untuk publikasi ilmiah karya tulis non penelitian.

Buku ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi-materi yang sudah tersusun secara rapi berdasarkan KD K13 di kurikulum bahasa Arab Tingkan SMA/MA, semoga ke depan banyak guru-guru di bidang pelajaran yang lain dapat menyusun panduan ...

Buku Bahasa dan Sastra Arab Al-Mahir SMA/MA Kelas X

Buku ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi-materi yang sudah tersusun secara rapi berdasarkan KD K13 di kurikulum bahasa Arab Tingkan SMA/MA, semoga ke depan banyak guru-guru di bidang pelajaran yang lain dapat menyusun panduan materi untuk guru dan para siswa agar bisa mengembangkan kereativitas guru di Nusa Tenggara Barat jenjang SMA/MA, kami berharap buku atau modul pelajaran kedepan banyak disusun oleh guru-guru ditingkat SMA/MA dengan demikian dapat digunakan untuk publikasi ilmiah karya tulis non penelitian.

Buku ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi-materi yang sudah tersusun secara rapi berdasarkan KD K13 di kurikulum bahasa Arab Tingkan SMA/MA, semoga ke depan banyak guru-guru di bidang pelajaran yang lain dapat menyusun panduan ...

Wacana Bahasa dan Sastra

Dua entitas, bahasa dan sastra Indonesia, bukanlah merupakan dualitas. Akan tetapi, merupakan satu-kesatuan jalinan terkait yang tidak terpisahkan. Ini analog dengan penyakit kulit dan kelamin, yang juga tidak dapat dipisahkan. Untuk mempelajari bahasa apa pun secara ideal, sebaiknya memang harus sampai pada mempelajari sastranya. Demikian sebaliknya, mempelajari sastra, tidaklah mungkin tanpa menguasai wahana sastra itu sendiri, yakni bahasanya. Seorang pengarang yang baik, tentunya juga mestinya adalah seorang yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Dengan demikian, bagi seorang pengarang, bahasa sangatlah vital karena merupakan modal utama untuk bersastra. Seorang yang tidak memiliki infrastruktur berbahasa, tidaklah mungkin menjadi pengarang. Secara geneologis, buku ini sebenarnya dirajut dari tulisan-tulisan yang tercerai-berai, yang pernah ditulis pada berbagai forum pertemuan. Sebelum menjadi buku, tulisan-tulisan yang terhimpun dalam buku ini pernah diseminasi dalam berbagai pertemuan ilmiah di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Tulisan ini kemudian dielaborasi dan dijadikan dalam satu buku agar wacana pemikiran bahasa dan sastra ini tersatukan dalam sebuah buku yang utuh.

Sejak masa awal kesusastraan Indonesia tahun 1920-an (masa Balai Pustaka)
hingga perkembangannya yang paling mutakhir menjelang dua dasawarsa
tahun 2000-an, sudah ada berbagai eksplorasi yang tak terkira mengenai
penciptaan ...

Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Untuk SMA & MA Kelas X

Agar kemampuannya meningkat , siswa perlu diarahkan dan diberi kesempatan
seluas - luasnya untuk praktik berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang
baik dan benar , baik secara lisan maupun tulis . Dengan cara demikian siswa ...

Bahasa dan sastra Indonesia menuju peran transformasi sosial budaya abad XXI.

Role of Indonesian language and literature in transforming the social life and culture in Indonesia.

Guru kurang mengembangkan kemampuan siswa untuk mengemukakan dan
memecahkan berbagai persoalan yang berkaitan dengan mata pelajaran
mereka dalam bentuk tulisan . Padahal kita tahu bahwa melalui tulisan atau
karangan ...