Sebanyak 38352 item atau buku ditemukan

PENGEMBANGAN KARAKTER KEBANGSAAN DAN KARAKTER WIRAUSAHA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY 6 LANGKAH ( TF-6M)

Wads Worth publishing Company Chyssolouris, G, et.al, (2016), The Teaching Factory; A Manufacturing Education Paradigm, LMS, Dept. Of Mechanical Engineering & Aeronautics University of Patras Greece ... Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Model Pembelajaran Pendidikan Vokasi Otomotif (PVO)

Buku ini memberikan informasi tentang berbagai hasil pengembangan model pembelajaran, dalam rangka peningkatan dan perbaikan kualitas pembelajaran di lembaga pendididikan, serta persiapan melakukan revitalisasi pendidikan vokasi untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Buku Model Pembelajaran Pendidikan Vokasi Otomotif (PVO) ini dikembangkan dan dirancang dari hasil penelitian yang penulis lakukan selama beberapa tahun ini. Model pembelajaran ini berbasis teori pembelajaran konstruktivisme, teori Vygotsky dan teori kognitif pemerosesan informasi, yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis, usaha metakognisi, kreativitas, kemampuan berkomunikasi, mampu memecahkan masalah, terampil dalam mengambil keputusan, dan mampu mengembangkan dirinya secara mandiri melalui tugas-tugas proyek dan kegiatan penyelesaian masalah. Buku model Pendidikan Vokasi Otomotif (PVO) juga akan menjelaskan tentang; pendidikan kejuruan dengan segala tantangannya, jenis model-model pembelajaran dengan karakteristiknya, teori pendukung model pembelajaran PVO, komponen model pembelajaran PVO dan pengujian validitas,praktikalitas dan efektifitas, pola pengembangan sintak, sintak model PVO dengan tujuan dan strategi instruksionalnya, dan skenario pembelajaran yang dikembangkan. © 2019 UNP Press

Buku Model Pembelajaran Pendidikan Vokasi Otomotif (PVO) ini dikembangkan dan dirancang dari hasil penelitian yang penulis lakukan selama beberapa tahun ini.

PENGANTAR TEORI-TEORI BELAJAR DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

Sebagian orang berpendapat bahwa Belajar adalah semata – mata mengumpulkan atau menghafalkan fakta – fakta yang tersaji dalam bentuk informasi atau materi pelajaran. Disamping itu menurut konsep Skiner bahwa Belajar adalah proses beradaptasi atau menyesuaikan tingkah laku yang berlangsung secara prograsif. Chaplin juga berpendapat bahwa belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman. Hitzman juga berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme (manusia dan hewan) disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.Selain itu Belajar adalalah (istilah kunci) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seseorang peserta didik. Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik. pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dengan sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi yang diarahkan untuk tercapainya suatu tujuan yaitu tercapainya tujuan kurikulum. Melihat penting arti kata belajar seyogianya seorang guru harus melihat hasil belajar siswa dari berbagai sudut psikologis yang utuh dan menyeluruh. Sehubungan dengan hal itu, seorang siswa yang menempuh proses belajar ditandai dengan munculnya pengalaman – pengalaman psikologis yang baru . Pengalaman ini diharapkan dapat mengembangkan aneka sifat, sikap, dan kecakapan yang konstruktif (membangun) dan bukan kecakapan sebaliknya yang cenderung destruktif (buruk). Untuk mencapai pengalaman atau hasil belajar yang ideal seperti di atas, kemampuan pendidik dalam membimbing siswa mutlak sangat berpengaruh. Dalam hal itu, pendidik perlu wawasan atau pengetahuan teori-teori dalam belajar dan bagaimana mengaplikasikannya dalam model-model pembelajaran. Pengetahuan teori-teori belajar dan model-model pembelajaran ini disajikan apik dalam buku ini. Buku yang terdiri dari dua bagian ini menguraikan dengan jelas bagaimana seharusnya kita belajar. Pada bagian pertama, penulis menyajikan teori-teori belajar mulai dari teori Behaviorisme hingga Identitas. Teori-teori ini biasa dapat diterapkan oleh suatu riset dan praktik dalam bidang pendidikan. Bagian kedua, penulis menyajikan model-model pembelajaran--mulai dari model Active Learning, PAIKEM, Discovery Learning, Contextual Learning (CTL), Mind Mapping, hingga Cooperative Learning--sebagai contoh aplikasi atau penerapan teori-teori pembelajaran.

Cooperative Learning , Printed in United states of Amirica. ... Studies in Adult Education, 4, 57-62 Training Design. ... Beyond Teaching and Learning, Memadukan Quantum Teaching & Learning, (terjemahan Ria Sirait dan Purwanto), Nuansa, ...

Mobalean Maning (Model Pembelajaran Berbasis Lean Manufacturing)

Buku ini menggambarkan betapa banyak model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru atau pendidik sebagai pilihan untuk dapat meningkatkan kompetensi siswa sekolah menengah kejuruan. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran berbasis lean ini. Melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat oleh guru, maka Model Pembelajaran Berbasis Lean Manufacturing vii tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik sebagai salah satu cara mewujudkan kompetensi siswa. Kompetensi yang baik akan memberikan daya saing tinggi dalam dunia kerja, memberikan kesempatan luas untuk peningkatan pendapatan dan karier di masa yang akan datang. Sebagai catatan penting, gambaran materi dalam buku ini dapat menjadi rujukan untuk digunakan dalam penerapan model pembelajaran berbasis lean. Mobalean Maning (Model Pembelajaran Berbasis Lean Manufacturing) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Mobalean Maning (Model Pembelajaran Berbasis Lean Manufacturing) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Model Pembelajaran Inovatif berbasis Pendidikan Karakter untuk Guru Matematika SMP

Buku model ini dirancang khusus untuk guru Matematika Sekolah Menegah Pertama (SMP) sesuai dengan kurikulum 2013. Buku model ini menyajikan kegiatan pembelajaran yang berbasis model-model pembelajaran inovatif dengan berorientasi pada pendidikan karakter sehingga melalui buku ini diharapkan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran matematika agar selain siswa dapat memahami konsep (materi) yang dipelajari juga dapat mengembangkan karakter-karakter positif bagi siswa. Buku ini ditulis dengan bahasa yang jelas dan keterangan yang rinci sehingga mudah dimengerti oleh guru.

Buku model ini dirancang khusus untuk guru Matematika Sekolah Menegah Pertama (SMP) sesuai dengan kurikulum 2013.

ASESMEN TEMAN SEJAWAT (ATS) Sebuah Kajian Teoritis Berbasis Model Pembelajaran Kolaboratif (PBK)

buku ini diharapkan dapat memberikan panduan baik pada institusi pendidikan, dosen yang berperan sebagi instruktur, mahasiswa sebagai pengguna dan staf administrasi akademik yang akan menyiapkan hal-hal yang diperlukan dengan munculnya inovasi dalam dunia pendidikan yang secara berkala menuntut para tenaga pendidik untuk terus kreatif dan inovatif dalam menentukan kopetensi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan indonesia saat ini.

Asesmen sering diartikan sebagai tes, pengukuran ataupun evaluasi (Nitko ... yang mencakup tujuan dan pengambilan keputusan dalam lingkup dunia pendidikan, ...

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani 2017 Implementasi Model Pembelajaran Penjas dan Modifikasi Alat Belajar

Pemilihan tema seminar tersebut dilandasi oleh ketidak sesuaian pemilihan dan penggunaan model pembelajaran dengan ketersediaan sarana dan prasarana belajar. Sebab tidak bisa dipungkiri, sarana dan prasarana yang ada dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif seringkali kurang mendukung, khususnya alat-alat olahraga. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya pendanaan dari pihak sekolah, dan guru olahraga yang kesulitan mengembangkan alat pembelajaran olahraga. Melalui pengembangan alat olahraga maka peserta didik akan merasa tertarik terhadap proses belajar mengajar dengan berbagai macam alat pembelajaran yang telah dimodifikasi. Maka dari itu untuk memaksimalkan keterbatasan alat pembelajaran, perlu adanya peningkatan wawasan guru olahraga sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Harapannya proses pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan inovatif, tanpa harus memikirkan sarana dan prasarana yang kurang tersebut.

Pemilihan tema seminar tersebut dilandasi oleh ketidak sesuaian pemilihan dan penggunaan model pembelajaran dengan ketersediaan sarana dan prasarana belajar.

Model Pembelajaran Desain Grafis

Salah satu kekhasan dari model pembelajaran desain grafis berbasis multimedia ditemukan pada langkah-langkah pembelajaran. Karena langkah-langkah pembelajaran menempatkan aktifitas pendidik (dosen) dan peserta didik (mahasiswa) secara seimbang. Keseimbangan aktifitas ini disebut dengan aktifitas moderat. Kelebihan aktifitas moderat dalam proses pembelajaran adalah akan membantu penyerapan materi pembelajaran bagi peserta didik yang memiliki kemampuan menengah kebawah. Proses pembelajaran harus terlaksana dengan baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran. Agar model pembelajaran Desain Grafis berbasis Multimedia berjalan sesuai dengan baik dan benar, maka diperlukan pedoman-pedoman yang berfungsi sebagai tuntuan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Petunjuk pelaksanaan model pembelajaran Desain Grafis berbasis Multimedia terdiri dari pedoman kerja dosen (PKD), pedoman kerja mahasiswa (PKM), modul pembelajaran, CD Interaktif Multimedia dan pengamatan pelaksanaan model. © 2018 UNP Press

Salah satu kekhasan dari model pembelajaran desain grafis berbasis multimedia ditemukan pada langkah-langkah pembelajaran.

Melatih Berpikir Tingkat Tinggi dengan Model Pembelajaran GO CAR

Model pembelajaran GO CAR (Guided Orientation Challenge Analysis Review) sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Model pembelajaran GO CAR diharapkan mampu meningkatkan imajinasi berpikir serta meningkatkan daya ingat siswa yang bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Imajinasi berpikir dan daya ingat dapat dibentuk dengan cara menghubungkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga tidak mudah dilupakan. Selain itu melalui aktivitas belajar siswa dengan bertukar pikiran, menjawab pertanyaan serta berani tampil menyatakan ide-ide dan pendapatnya.

Model pembelajaran GO CAR (Guided Orientation Challenge Analysis Review) sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.