Sebanyak 3 item atau buku ditemukan

MATERI UTAMA BAHASA INDONESIA

Berbasis Teks & Pembahasan dan Latihan Soal-Soal HOTS untuk SMP/MTs Kelas VII, VIII, IX

Buku ini disusun berdasarkan muatan materi pada Permendikbud No.24 Tahun 2016 dan Kisi-Kisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs ini diharapkan menjadi buku pendamping dan pegangan yang sangat penting bagi para siswa dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia. Buku ini disajikan secara komprehensif mengenai berbagai jenis teks yang dipelajari di jenjang SMP/MTs Kelas VII, VIII, IX, mulai dari jenis, fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaannya. Selain itu, terdapat pembahasan soal dan lima paket soal yang berkenaan dengan materi yang akan diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Semoga kehadiran buku ini dapat membantu para siswa dalam memahami materi dan soal secara utuh di kisi-kisi UN secara mudah dan menyenangkan.

Buku ini disusun berdasarkan muatan materi pada Permendikbud No.24 Tahun 2016 dan Kisi-Kisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs ini diharapkan menjadi buku pendamping dan pegangan yang sangat penting bagi para siswa dan guru pengampu ...

Model dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia

Implementasi Kurikulum 2013 yang mengalami revisi dan perubahan ini dapat diimprovisasi, diinovasi, dan dikembangkan lebih lanjut sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku. Pendidik/ guru selayaknya mengikuti perubahan ini dan merespons secar positif. Namun, pada kenyataannya memang masih banyak guru yang kesulitan memahami dan mengaplikasikan perubahan ini, terutama mengenai model-model dan teknik pembelajaran yang disarankan dalam Kurikulum 2013. Berdasarkan kondisi dan realitas tersebut, penulis tergerak untuk menyajikan buku pendukungnya. Buku yang mendukung bagaimana mengimplementasikan model pembelajaran Kurikulum 2013 dan teknik-teknik yang patut dicoba untuk menjadikan kelas lebih aktif dan “hidup”. Oleh karena itu, guru/pendidik—sebagai agen perubahan—dituntut kritis, kreatif, inovatif, dan adaptif merespons perubahan kebijakan dan pembaruan ini. Buku yang bisa dijadikan buku referensi atau pegangan pelatihan bagi guru-guru ini mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan dapat pula mempermudah guru menerapkan model dan teknik pembelajaran yang menarik dan variatif. Semoga hadirnya buku ini juga dapat menginspirasi guru-guru yang memiliki cita dan mimpi yang sama, yaitu memberikan yang terbaik bagi peningkatan mutu pendidikan kepada peserta didiknya.

Implementasi Kurikulum 2013 yang mengalami revisi dan perubahan ini dapat diimprovisasi, diinovasi, dan dikembangkan lebih lanjut sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.

PENGANTAR TEORI-TEORI BELAJAR DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

Sebagian orang berpendapat bahwa Belajar adalah semata – mata mengumpulkan atau menghafalkan fakta – fakta yang tersaji dalam bentuk informasi atau materi pelajaran. Disamping itu menurut konsep Skiner bahwa Belajar adalah proses beradaptasi atau menyesuaikan tingkah laku yang berlangsung secara prograsif. Chaplin juga berpendapat bahwa belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman. Hitzman juga berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme (manusia dan hewan) disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.Selain itu Belajar adalalah (istilah kunci) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seseorang peserta didik. Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik. pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dengan sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi yang diarahkan untuk tercapainya suatu tujuan yaitu tercapainya tujuan kurikulum. Melihat penting arti kata belajar seyogianya seorang guru harus melihat hasil belajar siswa dari berbagai sudut psikologis yang utuh dan menyeluruh. Sehubungan dengan hal itu, seorang siswa yang menempuh proses belajar ditandai dengan munculnya pengalaman – pengalaman psikologis yang baru . Pengalaman ini diharapkan dapat mengembangkan aneka sifat, sikap, dan kecakapan yang konstruktif (membangun) dan bukan kecakapan sebaliknya yang cenderung destruktif (buruk). Untuk mencapai pengalaman atau hasil belajar yang ideal seperti di atas, kemampuan pendidik dalam membimbing siswa mutlak sangat berpengaruh. Dalam hal itu, pendidik perlu wawasan atau pengetahuan teori-teori dalam belajar dan bagaimana mengaplikasikannya dalam model-model pembelajaran. Pengetahuan teori-teori belajar dan model-model pembelajaran ini disajikan apik dalam buku ini. Buku yang terdiri dari dua bagian ini menguraikan dengan jelas bagaimana seharusnya kita belajar. Pada bagian pertama, penulis menyajikan teori-teori belajar mulai dari teori Behaviorisme hingga Identitas. Teori-teori ini biasa dapat diterapkan oleh suatu riset dan praktik dalam bidang pendidikan. Bagian kedua, penulis menyajikan model-model pembelajaran--mulai dari model Active Learning, PAIKEM, Discovery Learning, Contextual Learning (CTL), Mind Mapping, hingga Cooperative Learning--sebagai contoh aplikasi atau penerapan teori-teori pembelajaran.

Cooperative Learning , Printed in United states of Amirica. ... Studies in Adult Education, 4, 57-62 Training Design. ... Beyond Teaching and Learning, Memadukan Quantum Teaching & Learning, (terjemahan Ria Sirait dan Purwanto), Nuansa, ...