Sebanyak 17979 item atau buku ditemukan

Permainan tradisional dalam pembelajaran IPS SD

Penulis berharap dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya terutama bagi para akademisi dalam bidang pendidikan di Sekolah Dasar. Buku ini dibuat dengan tujuan dapat memberikan pemahaman bagi pembaca untuk melestarikan budaya bangsa yang terkenal dengan keanekaragamannya terutama permainan tradisional yang merupakan budaya turun temurun yang diwarisakan oleh nenek moyang.

Perbedaan yang paling terlihat ialah penggunaan bahasa daerah dalam pengucapan syair permainan tradisionalnya (khususnya bagi permainan tradisional yang menggunakan nyanyian. Bahasa daerah tidak dapat digantikan dengan bahasa lain, ...

PEMBELAJARAN SASTRA BERKEARIFAN LOKAL

Buku ini berisi panduan tentang pentingnya kearifan lokal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan model pembelajaran sastra Indonesia berbasis kearifan lokal. Buku ini dapat menjadi alternatif pembelajaran sastra Indonesia di sekolah, karena buku ini mempunyai disertai dengan Standar kompetensi, kompetensi dasar, dan RPP sehingga guru tidak lagi dibebani dengan penyusunan RPP. Selain itu, buku ini penting untuk disampaikan pada guru di sekolah mengingat pentingnya kearifan lokal untuk memperkuat karakter siswa di sekolah.

Kearifan Lokal Terkait Bahasa dan Aksara Daerah Ada berbagai macam bahasa daerah di Indonesia. Selain itu, ada beberapa daerah di Indonesia yang mempunyai aksara daerah. Seperti dalam buku teks Bahasa Indonesia, ada gambar atau ...

Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris)

Antologi Esai ini disusun oleh mahasiswa praktikan berdasarkan hasil kegiatan PLP I atas bimbingan dosen pembimbing lapangan. Kegiatan PLP I ini dirancang dalam dua capaian, yaitu (1) membangun Jati diri pendidik dengan mengenal kultur sekolah, struktur organisasi sekolah dan tata kelola sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, dan kegiatan-kegiatan di sekolah. (2) Membangun jati diri pendidik dengan mengetahui praktik proses pembelajaran dan karakteristik siswa. Berdasarkan kegiatan tersebutlah mahasiswa praktikan menyusun esai sebagai respon dan kemampuan memberikan pendapat terhadap dunia pendidikan. Antologi ini diharapkan dapat menjadi motivasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi diri dalam berlatih melatih menulis karya tulis ilmiah sebagai calon seorang pendidik. Selain itu, semoga buku ini bermanfaat. Kritik dan saran diharapkan demi kesempurnaan selanjutnya.

Dengan siswa menghabiskan sepanjang waktunya di sekolah maka itu akan sangat mempengaruhi perkembangan karakter melalui kultur sekolah dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Akan tetapi kultur sekolah yang sedemikian masih ...

PEMBELAJARAN TERPADU

Pembelajaran terpadu menjadi roh pelaksanaan kurikulum 2013 yang dikembangkan saat ini dalam Pembelalajaran Tematik Terpadu, khususnya di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrazah Ibtidaiyah (MI). Buku ini disusun untuk membantu praktisi pendidikan, khususnya guru dan calon guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik.Untuk itu selain menyajikan teori, buku ini juga disertai dengan contoh aplikasinya

Pembelajaran terpadu menjadi roh pelaksanaan kurikulum 2013 yang dikembangkan saat ini dalam Pembelalajaran Tematik Terpadu, khususnya di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrazah Ibtidaiyah (MI).

Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Membaca Sastra

Globalisasi membawa pengaruh positif dan pengaruh negatif. Kehidupan siswa dihadapkan pada berbagai persoalan hidup yang begitu memprihatinkan dan kompleks. Tawuran antarpelajar, perkosaan anak, penjualan anak, pencurian oleh anak, merupakan contoh kasus anak yang sudah tidak asing lagi. Salah satu solusi efektif yang dapat dilakukan yaitu melalui pendidikan. Pembelajaran yang dilaksanakan juga harus mampu merangsang siswa untuk dapat menggunakan dan mengembangkan kecerdasan spiritual yang dimilikinya. Kecerdasan spiritual akan membuat anak dapat memahami hakikat hidup, untuk apa dan bagaimana menjalani hidup, dan akhirnya mereka mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Penulis dalam buku ini menawarkan sastra sebagai jalan untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Tidak dapat dipungkiri, bahwa kecerdasan tertinggi yang mampu membawa anak ke jalan lurus adalah kecerdasan spiritual. Ketika kecerdasan spiritual anak tumbuh berkembang, maka anak akan mampu melewati permasalahan hidup dengan arif. Dalam buku ini disajikan bagaimana gambaran spiritualitas di era global, konsep dan perbedaan antara IQ, EQ, an SQ, hakikat dan pentingnya kecerdasan spiritual, apa saja indikatornya, bagaimana penanamann kecerdasan spiritual, bagaimana dan mengapa pembelajaran sastra dapat dimanfaatkan sebagai media mengembangkan kecerdasan spiritual anak, serta contoh bahan ajar alam pembelajaran sastra yang berbasis kecerdasan spiritual.

Globalisasi membawa pengaruh positif dan pengaruh negatif.

101 KESALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN

Buku ini menyajikan 101 kesalahan guru dalam pembelajaran. Dibagi menjadi 6 bagian yaitu, kesalahan berpenampilan, kesalalahan kedisiplinan, kesalahan kompetensi, kesalahan proses pembelajaran, kesalahan evaluasi pembelajaran, dan kesalahan administrasi pembelajaran. Melalui buku ini, setiap guru yang memiliki potensi untuk berhasil menjalankan tugasnya sebagai agen pembelajaran yang andal akan dikembangkan. Sejumlah 101 kesalahan guru dikaji agar dapat menjadi pelajaran berharga bagi para guru untuk meningkatkan kualitas diri. Judul : 101 KESALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN Ukuran : 14x20.5cm Jumlah halaman : 252 Tahun : 2020

Guru harus peka dengan permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam belajar. Identifikasi kebutuhan peserta akan sangat penting dilakukan sebelum membuat skenario pembelajaran. Bila peserta didik bermasalah dalam hal motivasi, ...

PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS POTENSI LOKAL (PANDUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MUDAH)

Buku ini merupakan hasil karya yang mengutamakan unsur lokal, dengan harapan bisa membantu guru, dosen, pelajar dan mahasiswa dalam mengembangkan potensi lokal yang dimiliki oleh daerah serta menerapkannya pada proses belajar mengajar di kelas. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis potensi lokal, yaitu program pembuatan bahan ajar yang isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam dan lingkungan budaya serta kebutuhan daerah. Potensi lokal yang dimaksud oleh penulis adalah memberdayakan kembali kearifan lokal dari beberapa naskah asli yang sudah ditransliterasi untuk dijadikan sebagai dasar dari pembuatan bahan ajar.

Buku ini merupakan hasil karya yang mengutamakan unsur lokal, dengan harapan bisa membantu guru, dosen, pelajar dan mahasiswa dalam mengembangkan potensi lokal yang dimiliki oleh daerah serta menerapkannya pada proses belajar mengajar di ...

Buku pembelajaran bahasa dan sastra daerah Lio

untuk kelas III SD/MI, semester I & II

Study on Lio language, East Nusa Tenggara Province.

Study on Lio language, East Nusa Tenggara Province.