Sebanyak 9 item atau buku ditemukan

Pengantar Ilmu Ekonomi Syariah

Pengantar Ilmu Ekonomi Syariah adalah buku yang dirancang untuk memberikan pemahaman dasar mengenai konsep, prinsip, dan aplikasi ekonomi syariah dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini mengupas berbagai aspek penting dari ekonomi syariah, mulai dari dasar-dasar teori, instrumen keuangan syariah seperti zakat, wakaf, dan mudharabah, hingga penerapan prinsip-prinsip syariah dalam aktivitas bisnis dan finansial. Dengan pendekatan yang mudah dipahami, buku ini menjadi panduan awal yang cocok bagi mahasiswa, akademisi, dan praktisi yang ingin memperdalam ilmu ekonomi syariah sebagai alternatif sistem ekonomi yang lebih adil dan beretika. Selain itu, buku ini juga membahas perbedaan mendasar antara ekonomi konvensional dan syariah, menekankan pentingnya nilai-nilai Islam seperti keadilan, transparansi, dan tanggung jawab sosial dalam setiap transaksi ekonomi. Melalui contoh-contoh praktis dan analisis kasus, buku ini tidak hanya berfungsi sebagai referensi akademik, tetapi juga sebagai inspirasi bagi pembaca yang ingin mengimplementasikan nilai-nilai syariah dalam dunia bisnis. Pengantar Ilmu Ekonomi Syariah mengajak pembaca untuk melihat ekonomi dari perspektif yang lebih luas dan berkelanjutan, sesuai dengan prinsip-prinsip yang diajarkan dalam Islam.

... Islamic Economics and Finance, 2(1), 45-53. Kasmir, S. E. (2018). Bank dan lembaga keuangan lainnya edisi revisi.Khan, F. (2017). An Introduction to Islamic Economics: Theory and Application. Routledge. Usmani, M. T. (2002). An Introduction ...

Praktek Mini Bank Syariah Salam Bris

Sistem Aplikasi Lab Mini Bank Syariah BRI Syariah

sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan mahasiswa di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang terkait praktek operasional perbankan syariah, maka disediakan praktek mini bank syariah dengan menggunakan aplikasi SALAM BRIS sebagai hasil kerjasama dengan BRI Syariah. SALAM BRIS merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Laboratorium Minibanking yang dibuat oleh Bank Rakyat Indonesia Syariah.

sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan mahasiswa di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang terkait praktek operasional perbankan syariah, maka disediakan praktek mini bank syariah dengan menggunakan aplikasi SALAM ...

Pengantar Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi, yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis. Hal-hal yang dipelajari dalam ekonomi pembangunan berkaitan dengan persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang. Selain berfokus pada metode pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan perubahan sosial, ekonomi pembangunan juga memperluas kesempatan bagi penduduk dengan mendukung perbaikan kondisi kesehatan, pendidikan, dan tempat kerja melalui sektor publik atau swasta. Ekonomi pembangunan mencakup perumusan teori dan metode yang menentukan kebijakan dan praktik dan dapat diterapkan di tingkat domestik maupun internasional. Berbeda dengan bidang ekonomi lainnya, pendekatan ekonomi pembangunan mempertimbangkan faktor-faktor sosial dan politik dalam pembuatan rencana tertentu. Selain itu, tidak ada kepastian soal isu yang perlu dipelajari dalam ekonomi pembangunan. Mempelajari ekonomi pembangunan dapat memberikan wawasan pembaca tentang berbagai macam isu yang terjadi dalam pembangunan ekonomi saat ini, yang dihadapi dan ditemukan di negara-negara sedang berkembang serta mampu mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif. Demi menunjangnya pengetahuan tentang ekonomi pembangunan buku “Ekonomi Pembangunan” ini mencakup bahasan berikut: 1) Konsep Dasar Ekonomi Pembangunan; 2) Teori Pembangunan Ekonomi; 3) Struktur dan Karakteristik Negara Berkembang; 4) Struktur Ekonomi; 5) Masalah Utama Pembangunan; 6) Hambatan Pembangunan; 7) Pembangunan Pertanian; 8) Pembangunan Industri; 9) Pendapatan Nasional dan Pendapatan Per Kapita; 10) Kebijakan Ekonomi dalam Pembangunan; 11) Sumber Pembiayaan untuk Pembangunan; 12) Hubungan Internasional dalam Ekonomi Pembangunan Nasional.

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi, yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis.

Modul E-Commerce - Teaching Factory For Students

Module E-Commerce - Teaching Factory For Students. This book is for students whose major is in Business Daring and Marketing. This book is for HOTS learning program.

Module E-Commerce - Teaching Factory For Students. This book is for students whose major is in Business Daring and Marketing. This book is for HOTS learning program.

Buku Ajar E-Business & E-Commerce

Perkembangan internet di Indonesia yang maju pesat saat ini merupakan salah satu faktor pendorong berkembangnya e-commerce. Kemudahan transaksi dan jaringan global yang menghubungkan jaringan komputer diseluruh dunia memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antar satu perusahaan dengan konsumen. Dengan banyaknya perusahaan e-commerce yang beroperasi, maka semakin banyak pula tenaga kerja yang mereka butuhkan, sehingga membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat luas. Buku ini merupakan buku yang diperuntukkan bagi para akademisi maupun praktisi di Perguruan Tinggi untuk membantu dalam pemahaman yang lebih baik mengenai “E-Business dan E-Commerce”. Buku ini dilengkapi dengan capaian pembelajaran dan tujuan pemebelajaran dan evaluasi sebagai parameter pemahaman pada setiap Bab. Pembahasan buku ini diuraikan secara holistik yang mencakup ruang lingkup e-business dan e-commerce, Business to Consumer, infrastruktur e-business, analisis dan desain e-business, strategi bisnis digital, supply chain management, entreprise resource planning, pemasaran digital, keamanan pembayaran e-commerce, implementasi sistem e-business, sampai dengan evaluasi dan optimasi layanan digital. Buku ini dapat dijadikan referensi dalam pengembangan model e business dan e commerce di Indonesia. Besarnya potensi di Indonesia dalam pengembangan bisnis e commerce menjadi faktor utama pentingnya untuk memahami e business dan e commerce. Dengan demikian dapat dikembangan model bisnis yang paling cocok dan yang akan berkembang pesat di Indonesia dengan menyesuaikan karakter dan budaya bangsa Indonesia

Sistem E-banking Istilah e-banking lebih sering dirujuk ke internet banking. Akan tetapi, cakupan e-banking ternyata bukan itu saja. Istilah tersebut berasal dari dua suku kata, yaitu electronic adalah elektronik dan banking yang ...

STRATEGI PENGEMBANGAN TALENTA INOVASI DAN KECERDASAN ANAK

Buku ini dipaparan berbagai strategi mengembangkan talenta inovasi dan kecerdasan anak. Strategi yang dimaksud adalah pertama, pembudayaan talenta disiplin. Pembudayaan talenta disiplin: (1) melalui pembelajaran tematik, (2) melalui penerapan VCT (Value Clarification Technique), (3) melalui keteladanan guru. Kedua, pengembangan talenta tanggung jawab. Pengembangan kecerdasan dapat dilakukan dengan berapa strtegi untuk beberapa jenis kecerdasan. Kecerdasan yang dikembangkan dan dipaparkan dalam buku ini adalah kecerdasan spiritual, sosial, dan kecedasan kognitif. Strategi pengembangan kecerdasan spirtual yang dilakukan adalah pelaksanaan pembelajaran agama, strategi keteladanan dan strategi pembiasaan guru. Strategi pengembangan kecerdasan sosial dilakukan dengan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Strategi pengembangan kecerdasan kognitif ditempuh dengan menerapkan aplikasi kahoot dalam pembelajaran.

Menurut Wulandari (2014:3) kompetensi sosial mengacu pada keterampilan sosial, emosional, kognitif serta kemampuan beradaptasi dengan situasi di sekitarnya. Teori tersebut sesuai dengan hasil temuan pada aspek ini, misalnya pada materi ...

Komunikasi Bisnis

Pendekatan Praktis

Peran komunikasi dalam dunia bisnis merupakan salah satu faktor yang menunjang tercapainya tujuan dan keberhasilan sebuah bisnis. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan performa komunikator bisnis yang mampu menyampaikan pesan-pesan bisnis secara jelas, praktis, dan profesional kepada penerima pesan melalui berbagai bentuk dan media komunikasi. Oleh karena itu, buku Komunikasi Bisnis Pendekatan Praktis ini hadir sebagai referensi dalam penerapan komunikasi bisnis secara praktis dengan 13 pokok bahasan yaitu: Dasar Komunikasi Bisnis, Perencanaan Pesan Bisnis, Pengorganisasian Pesan Bisnis, Komunikasi melalui Surat Bisnis, Komunikasi melalui Telepon, Rapat Bisnis, Presentasi Bisnis, Laporan Bisnis dan Proposal Bisnis, Lobi, Negosiasi, Surat Lamaran Kerja dan Resume, Wawancara Kerja, dan Penampilan Bisnis Profesional. Buku Komunikasi Bisnis Pendekatan Praktis memiliki kelebihan sebagai buku yang disusun dengan pendekatan praktis, gaya bahasa yang mudah dipahami, dan dikemas secara sistematis berdasar konsep, teori, dan praktis di lapangan. Buku ini sangat diperlukan dan menjadi panduan praktis bagi para pemula bisnis, eksekutif, mahasiswa, siswa-siswi sekolah menengah atas/kejuruan, dan siapa saja yang ingin mendapatkan manfaat dalam berkomunikasi bisnis secara efektif.

Oleh karena itu, buku Komunikasi Bisnis Pendekatan Praktis ini hadir sebagai referensi dalam penerapan komunikasi bisnis secara praktis dengan 13 pokok bahasan yaitu: Dasar Komunikasi Bisnis, Perencanaan Pesan Bisnis, Pengorganisasian Pesan ...

E-Commerce for Teaching Factory ( for Teachers)

E-Commerce for Teaching Factory ( for Teachers). This book is for HOTS learning program.

E-Commerce for Teaching Factory ( for Teachers). This book is for HOTS learning program.

Kewirausahaan

Nilai-nilai dan pengetahuan tentang kewirausahaan ini bagi mahasiswa yang akan memulai usahanya atau pengusaha pemula khususnya pengusaha MIKRO. Mereka diharapkan dapat mempelajari dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang selama ini dihadapi. Dengan menerapkan konsep produk dan mengutamakan pelanggan diharapkan mereka dapat menemukan ide, kreativitas, dan inovasi untuk produk atau jasa yang mereka hasilkan. Karena di era globalisasi persaingan diantara sesama pengusaha sangat ketat, baik persaingan di skala lokal, regional, nasional maupun internasional. Perusahaan yang memenangi persaingan adalah yang dapat melakukan kreativitas dan inovasi dalam penciptaan produk atau jasa baru yang sesuai dengan keinginan pelanggan dan mempunyai performance lebih serta harga bersaing.

Nilai-nilai dan pengetahuan tentang kewirausahaan ini bagi mahasiswa yang akan memulai usahanya atau pengusaha pemula khususnya pengusaha MIKRO.