Sebanyak 18172 item atau buku ditemukan

Manajemen Talenta ASN (Kementerian Hukum dan HAM)

PRAKATA Profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga saat ini masih sering dipertanyakan dan bahkan kerap diragukan. Masyarakat masih beranggapan bahwa ASN identik dengan sikap “suka-suka”, tidak kompeten, arogan, kurang melayani, dan sederet stigma negatif lainnya. Jika kita mencermati, sistem manajemen kinerja ASN yang diterapkan di beberapa instansi, ternyata juga masih belum maksimal. Alokasi anggaran untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di instansi pemerintahan, faktanya masih tergolong minimalis. Lantas, apa yang bisa kita lakukan bersama? Apakah ASN yang smart dan profesional hanya akan menjadi impian belaka? Tentu tidak! Karena perbaikan tidak harus selalu dimulai dari atas ke bawah, tidak pula harus menunggu sistem manajemen sumber daya ASN terbangun dengan baik. Perbaikan nyatanya dapat dimulai dari suatu langkah kecil yang dilakukan secara bersama-sama. Oleh insan progresif yang identik dengan idealisme dan energinya yang menggelora, ialah para ASN Muda. Tulisan dalam buku ini dapatlah dikatakan sebagai sebuah ikhtiar, untuk memenuhi panggilan perubahan. Meski, mungkin masih jauh dari kesempurnaan, buah pemikiran yang tertuang dalam untaian tulisan, diharapkan mampu menjadi kristal keabadian. Bukti bahwa ASN Muda memiliki kesamaan semangat untuk berjuang. Manajemen talenta terasa sangat pas untuk menjadi tema. Inovasi yang telah terwujud dalam suatu produk hukum ini, telah sering mewarnai ruang-ruang diskusi. Namun, tak lengkap rasanya jika belum diwujudkan dalam kajian aktivitas literasi. Tentu kami menyadari, bahwa karya ini masih perlu untuk dikiritisi. Dengan penuh kerendahan hati, kami sampaikan selamat menikmati. Salam Tim Kemenkumham Muda

Namun, tak lengkap rasanya jika belum diwujudkan dalam kajian aktivitas literasi. Tentu kami menyadari, bahwa karya ini masih perlu untuk dikiritisi. Dengan penuh kerendahan hati, kami sampaikan selamat menikmati. Salam Tim Kemenkumham Muda

Kumpulan Artikel Manajemen II (Tadris Biologi 2 Semester IV Tahun 2021)

Buku kumpulan artikel ini hanyalah sedikit menambah wawasan mengenai manajemen yang berusaha mencoba membuka pandangan arti sebuah manajemen. Semoga buku ini bisa bermanfaat untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan guna penyempurnaan buku ini di masa yang akan datang.

Fungsi kepemimpinan pendidikan sebagai administrator mencakup kemampuan mengelola administrasi kegiatan belajar-mengajar serta bimbingan dan konseling, kesiswaan, ketenagaan, keuangan, dan prasarana, maupun aspek kemampuan mengelola ...

Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Masa Depan

Buku ini membahas tentang pendidikan yang terjadi dalam keluarga (informal), dalam masyarakat (nonformal) dan di sekolah (formal) yang ketiganya diperlukan secara sinambung sebagai pusat pembudayaan. Selanjutnya dikemukakan perkembangan pendidikan di Indonesia, menuju Indonesia modern 2020-an, paradigma manajemen pendidikan, praksis pendidikan yang kreatif dan sebagai tambahan disertakan juga tulisan dalam koran dan makalah yang pernah dibuat.

... administrasi sumberdaya manusia yang pertama inpentarisasi ketenagaan itu penting, diidentifikasi keadaannya baik jenis, jumlah maupun kualitasnya. Jenis menyangkut guru dalam berbagai bidang studi, guru bimbingan dan konseling (BP) ...

BUKU AJAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, penulis menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab.

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran.

Teori Landasan Pendidikan Sekolah Dasar

Pendidikan dapat dipahami dari dua sudut pandang, yang pertama studi pendidikan dan yang kedua praktik pendidikan. Praktik pendidikan adalah kegiatan seseorang atau kelompok atau lembaga dalam membantu individu atau kelompok untuk mencapai tujuan pendidikan. Sedangkan studi pendidikan adalah kegiatan seseorang atau kelompok dalam rangka memahami pendidikan. Beberapa landasan pendidikan tersebut adalah landasan hukum. filosofis, sosiologis, kultural, dan psikologis yang sangat memegang peranan penting dalam menentukan tujuan pendidikan. Selanjutnya landasan ilmiah dan teknologi akan mendorong pendidikan untuk menjemput masa depan. Landasan spiritual keagamaan. Landasan ini merupakan landasan utama yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran bagi anak didik. Landasan spiritual keagamaan ini menyangkut dengan hakikat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Pendidikan dapat dipahami dari dua sudut pandang, yang pertama studi pendidikan dan yang kedua praktik pendidikan.

Pendidikan Dasar di Daerah Perbatasan

Potret dan Upaya Peningkatan Kualitasnya

Di berbagai berita, masih sering kita temui potret siswa-siswi sekolah yang harus berjalan beberapa kilometer, melewati jembatan berbahaya, atau perlu melepas baju untuk berjalan melewati sungai beraliran deras menuju ke sekolah. Semua ini menunjukkan bahwa akses terhadap pelayanan pendidikan dasar di Indonesia belum begitu merata. Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah studi yang dilakukan penulis terhadap pelayanan pendidikan dasar di perbatasan. Penulis melakukan observasi komprehensif terhadap pelayanan pendidikan di perbatasan, menganalisis daftar hambatan dan aspek pendukungnya, lalu merumuskan model inovatif dari pelayanan pendidikan yang seharusnya dijalankan semua elemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di perbatasan. Buku ini patut dipelajari siapa pun yang terpanggil untuk menaikkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya mereka yang concern pada diskursus pelayanan publik dan pendidikan. Buku ini diharapkan memberikan sumbangsih pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Bimbingan Konseling (BK) belum ada guru pendamping. ... penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa gejala penempatan guru mata pelajaran untuk mengajar sesuai dengan keahliannya belum memenuhi kriteria SPM pendidikan dasar. d.

Bangkit Dari Dasar Jurang Kehidupan

"Ujian bisa datang secara tiba-tiba. Perjalanan hidup ini tidak selamanya mulus, ujian yang datang silih berganti bisa membuat kita jatuh terpuruk. Buku ini berisi pengalaman saya saat mencapai prestasi yang dimimpikan setelah sepuluh tahun bekerja. Tiba-tiba saya mendapat ujian serangan epilepsi yang membuat saya terpuruk. Ditemani istri yang setia memotivasi, saya bisa bangkit kembali dan kini sebagai owner perusahaan konsultasi, pelatihan di bidang Neuro Linguistic Programming (NLP) dan Trainer NLP bersertifikasi internasional. Prestasi saya semasa SD biasa saja dan langganan nilai 5 untuk pelajaran matematika. Namun, saya memiliki keinginan, motivasi tinggi hingga bisa kuliah di Akademi Kimia Analisis, menjadi mahasiswa terbaik. Lalu diterima bekerja di salah satu perusahaan minuman ternama sebagai karyawan kontrak di posisi teknisi laboratorium. Prestasi selama bekerja bisa membuat posisi di perusahaan itu naik sedikit demi sedikit. Di usia belum genap 30 tahun, saya meraih impian sebagai manajer Quality Assurance (QA), manajer termuda di perusahaan tersebut. Saat merasakan kebahagian meraih impian dan merancang impian selanjutnya tiba-tiba mendapat ujian itu datang. Kondisi fisik yang semakin memburuk menyebabkan saya kehilangan motivasi. Pekerjaan kantor yang sebelumnya berjalan lancar kini mulai keteteran, saya sering tidak masuk kerja dan cuti sakit selama tiga bulan. Dengan sisa-sisa kekuatan mencari solusi untuk bangkit dari keterpurukan, mulai dari konsultasi ke dokter, pemberian obat secara rutin, konseling hingga mengikuti seminar motivasi, terapi motivasi mandiri sehingga bisa kembali membangkitkan kekuatan motivasi yang telah lama terkubur. Dari pengalaman menangani epilepsi dan mengikuti seminar internasional tentang pemberdayaan pikiran, kini saya menjadi instruktur terapis, trainer bersertifikasi internasional di bidang pemberdayaan pikiran bawah sadar, Neuro Linguistic Programming (NLP). Menjadi motivator yang memberikan motivasi, pelatihan dari satu tempat ke tempat lain."

Di bawah bendera HRNLP, saya telah menyelenggarakan terapi motivasi massal, bimbingan konseling, pelatihan sertifikasi international NLP, aplikasi NLP untuk pengajaran dan sertifikasi hipnoterapis. Alhamdulillah, belum genap setahun ...

Dasar-Dasar Manajamen Pendidikan

Manajemen Pendidikan merupakan suatu proses untuk mengatur berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti perpustakaan dan laboratorium untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang memiliki visi dan misi yang jelas akan menciptakan lulusan yang berkualitas. Hal inilah yang menjadi dasar pentingnya penerapan manajemen pendidikan. Lebih detail buku ini membahas tentang : Bab 1 Manajemen Pendidikan: Konsep dan Fungsi-Fungsi Manajemen Bab 2 Pendekatan dan Tantangan dalam Manajemen Pendidikan Bab 3 Pengawasan/Supervisi Dalam Lembaga Pendidikan Bab 4 Manajemen Berbasis Sekolah Bab 5 Manajemen Kurikulum Bab 6 Manajemen Peserta Didik Bab 7 Manajemen Sumber Daya Manusia Bab 8 Manajemen Sumber Daya (Biaya dan Sarana Prasarana) Bab 9 Sistem Informasi dalam Manajemen Pendidikan: Konsep dan Pelaksanaan dalam Lembaga Pendidikan

... guru BP yang memiliki keahlian dalam hal bimbingan konseling, pegawai tata usaha yang memiliki keterampilan dalam sistem manajemen informasi dan administrasi, perpustakaan membutuhkan pustakawan yang dapat mengelola perpustakaan ...

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Tahukah Kamu? Tingkat penyerapan dalam belajar 20% dari yang kita baca, 30% dari yang kita dengar, 40% dari yang kita lihat, 50% dari yang kita katakan, 60% dari yang kita kerjakan, 90% dari yang kita lihat, kita dengar, kita katakan dan sekaligus kita kerjakan Ungkapan Seorang Filosopher, Khong Fu Tse “Yang saya dengar, maka saya lupa, yang saya lihat, maka saya ingat, yang saya lakukan, maka saya mengerti/memahami” Dalam Creating The Future, tujuan terpenting pendidikan adalah “belajar bagaimana belajar” (Luis Alberto Machado, Ph.D). Problematika pembelajaran pada umumnya bersifat komplek, sedangkan kompleksitas belajar dan pembelajaran itu dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor, diantaranya: pengaruh budaya , pengaruh sejarah, hambatan praktis, karakteristik guru sebagai pembelajar, karakteristik siswa, dan proses belajar. Secara umum, buku Problematika Pembelajaran di SD ini diterbitkan dengan membahas pengaruh budaya, pengaruh sejarah, dan hambatan praktis dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.

Bimbingan Konseling : Edisi Ketujuh, (Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2011) Rochaety, Eti dkk. 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Sardjan Kadir dan Umar Ma'sum. 1982. Pendidikan di Negara Sedang ...

IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI DI SEKOLAH DASAR

Buku ini disusun berdasarkan teori-teori kurikulum Pendidikan Agama Islam dan praktik di lapangan sebagai guru Pendidikan Agama Islam di berbagai sekolah baik di tingkat sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama, menengah maupun pada tingkat perguruan tinggi, juga dikombinasikan dengan pengalaman penulis sebagai kepala sekolah serta sebagai timnas revisi kurikulum dan KMA 183 Pendidikan Agama Islam pada madrasah. Metode penulisan dan gaya bahasa yang disajikan dalam buku ini mudah untuk dipahami dan dimengerti. Buku ini dilengkapi dengan contoh kasus yang disajikan secara sederhana dengan maksud agar pembaca mudah untuk memahami, namun isi dari buku ini tetap terjaga sesuai dengan yang telah dipersyaratkan. Diharapkan dengan hadirnya buku ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan guru Pendidikan Agama Islam baik pada tingkat sekolah dasar, lanjutan pertama dan menengah maupun pada perguruan tinggi Islam, mahasiswa serta praktisi khususnya para tim revisi kurikulum Pendidikan Agama Islam atau siapa saja yang yang berminat terhadap kurikulum Pendidikan Agama Islam dan implementasinya. Juga, diharapkan kehadiran buku ini akan memudahkan pembaca untuk menganalisis dan memahami apa, siapa, mengapa, dan bagaimana implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam.

Buku ini disusun berdasarkan teori-teori kurikulum Pendidikan Agama Islam dan praktik di lapangan sebagai guru Pendidikan Agama Islam di berbagai sekolah baik di tingkat sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama, menengah maupun pada tingkat ...