Sebanyak 18172 item atau buku ditemukan

Pelangi Fikih Kontemporer

Ragam Perspektif dan Pendekatan

Seperti Pelangi, buku ini menawarkan warna-warni perspektif dan pendekatan dalam merespons isu-isu kontemporer terkait dengan hukum fikih. Secara tematik ada sepuluh tema yang dibahas: fikih ikhtilâf atau fikih nawâzil; fikih literalis-skriptualis, fikih substansialis-esensialis, fikih liberal, fikih progresif, fikih non muslim, fikih gender, fikih seksualitas, fikih pandemi covid-19 dan fikih tasâmuh. Setiap tema terdiri atas berbagai problematika hukum Islam kontemporer (qadhâyah mu‘âshirah). Dalam fikih seksualitas, -misalnya- dibahas isu oral seks, lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT), serta pemerkosaan dalam perkawinan (marital rape). Jawaban fikih kontemporer atas setiap isu dibaca dari berbagai perspektif, seperti perspektif gender, feminis, dan maqashid al-syariah. Selain berbagai perspektif, buku ini juga menghadirkan ragam pendekatan. Isu-isu fikih kontemporer, direspon dengan pendekatan literalistik-skripstualistik; substansialis-esensialis; tekstualistik dan kontekstualistik. Dihidangkan pula opini hukum fikih aktual dengan pola berpikir liberalistik dan progresif. Agaknya, ragam perspektif dan pendekatan dalam menjawab isu-isu kontemporer tersebut yang membedakan buku ini dengan buku yang sejenis. Sebagai opini hukum Islam (baca: fikih), setiap isu meniscayakan keragaman pendapat. Sebagai landasan normatif-teologis, maka kajian buku ini diawali dengan uraian fikih ikhtilâf atau fikih nawâzil, untuk menunjukan bahwa jawaban fikih atas isu-isu kontemporer tidak pernah tunggal, melainkan beragam. Keragaman opini hukum fikih memungkinkan terjadi karena teks al-Quran dan hadis memberi ruang. Untuk menyikapi keragaman dan perbedaan opini hukum fikih (al-ikhtilâf), maka buku ini diakhiri dengan kajian fikih tasâmuh sebagai pijakan etik; agar setiap orang dan kelompok berlapang dada atas setiap perbedaan. Sebab setiap perselisihan itu buruk (al-khilâfu syarrun), tegas Ibnu Mas‘ûd (w. 652 M).

Seperti Pelangi, buku ini menawarkan warna-warni perspektif dan pendekatan dalam merespons isu-isu kontemporer terkait dengan hukum fikih.

Bidayatul Mujtahid Wa Nihayatul Muqtashid : Jilid 1

Referensi Lengkap Fikih Perbandingan Madzhab

Ilmu Fikih adalah ilmu yang membahas tentang hukum-hukum syar’I yang bersifat aplikatif yang diambil dari dalil-dalilnya yang rinci. Ilmu ini sangat penting. Sebab, dengan ilmu ini, kita dapat mengetahui yang halal dan yang haram, yangbenar dan yang salah, dan ibadah kita menjadi sah serta diterima oleh Allah. Dalam kitab ini, Ibnu Rusyd menuturkan tentang penyebab-penyebab timbulnya perbedaan pendapat. Alas an-alasan aspeknya, dan pendapat-pendapat para fuqaha umat Islam dari generasi sahabat serta generasi-generasi sesudah mereka, dengan menjelaskan sandaran masing-masing berikut tarjih dan keterangan mana yang shahih. Kami berharap agar kitab ini menjadi referensi dalam disiplin ilmu fikih, baik bagi pelajar, akademisi, maupun masyrakat muslim lainnya. Kami juga berharap kepada Allah semoga menjadikan buku ini sebagai amal saleh kepada penulis yang memberatkan timbangan kebaikannya kelak di akhirat. - Pustaka Al-Kautsar Publisher -

Dalam kitab ini, Ibnu Rusyd menuturkan tentang penyebab-penyebab timbulnya perbedaan pendapat.

ISLAMIC STUDIES & CHARACTER BUILDING

Kelima prinsip dasar inilah yang juga menjadikan Islam sebagai garda agama rahmatan lil alamin, yang ajaran serta konsep keagamaan tidaklah ekslusif (tertutup), melainkan bersifat inklusif (terbuka). Lima jaminan dasar inilah yang ...

embelajaran Seni Musik dan Tari Anak Berkebutuhan Khusus

Pendidikan musik akan sangat efektif jika diajarkan pada anak-anak usia dini. d. Musik seharusnya menjadi inti suatu kurikulum sekolah formal. e. Anak berkembang secara utuh, yakni berkembang secara fisik, emosional, ...

Pembelajaran Seni Rupa Di SD

Secara singkat kreativitas diartikan sebagai kemampuan menampilkan ide-ide baru. Kreasi atau ciptaan merupakan simbol ide. Membiasakan anak berkreasi berarti membiasakan anak memecahkan masalah dengan cara yang bersifat baru, yang diharapkan kebaruannya itu membawa keceriaan dalam hidup karena kebaruan tersebut mengandung hal-hal yang positif. Pembelajaran Seni Rupa Di SD ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Penerapan 3 (Tiga) Model Pembelajaran Tematik Seni Rupa di Kelas B1 TK Kusuma Negara, Kabupaten Jembrana. ... Strategi Pembelajaran Seni Lukis Anak Usia Dini di Sanggar Pratista Yogyakarta. Jurnal Seni dan Pendidikan Seni “IMAJI” VOL.7.

Tradisi sebagai tumpuan kreativitas seni

On dance for children in Indonesia.

Seni yang bermuatan nilai sosial , keindahan , dan pendidikan . Melihat kenyataan ini sangat diperlukan untuk melakukan penelitian serta membuat komposisi tari yang sesuai dengan perkembangan jiwa anak . Anak - anak usia dini masih ...

PENGANTAR SENI DRAMA DI SD

Pelajaran Seni Drama- Tari di Sekolah Dasar sudah saatnya keluar dari paradigma lama, yakni hanya sebagai mata pelajaran kelas ke dua. Pelajaran ini seringkali identik dengan kegiatan ekstra kurikuler, sehingga tak jarang posisinya tersingkir dari lima pelajaran utama di SD. Posisinya yang tidak seksi menurut banyak kalangan ini menyebabkan pengelolahan sistem pembelajaran untuk pelajaran ini sekedarnya saja. Betapa mudahnya mengajarkan pelajaran ini di SD jika guru hanya menyuruh setiap anak menari atau bermain drama lalu memberikan penilaian satu persatu di setiap akhir semester.

Hal ini penting karena pengalaman anak pada usia dini merupakan landasan dasar bagi kehidupan di masa datang. Oleh karena itu pengalaman kreatif bagi anak meski menjadi bagian utama dalam pendidikan. Pada kurikulum 1994 SD, ...

Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009

Gelaran Almanak Senirupa Jogja 1999-2009 ini bukan sekadar ”Almanak”, melainkan ”Almanak +” lantaran menggabungkan banyak sekali model: Ensiklopedia, Kamus, Kronik, Who’s Who, Katalog, mau­pun Yellow Pages (Nama | Alamat). Ini adalah semacam ”buku pintar” seni rupa yang bisa dipegang oleh seluruh komponen yang berkepentingan dengan dunia seni rupa, terutama di Yogyakarta selama sepuluh tahun terakhir. Sebuah kota yang secara statistik, memiliki puluhan ribu seniman dengan aktivitas seni yang kaya. Karena itu kota ini kerap disebut sebagai produsen seni yang paling fantastik di Asia atau ”Makkah”nya seni rupa Asia. Buku ini diikat oleh empat kategori besar: nama (seniman), peristiwa (kronik), ruang (tempat/kawasan), dan komunitas (organisasi). Dari keempat ikatan itu lalu diturunkan menjadi tema-tema spesifik yang dirujuk dari perkembangan-perkembangan termu­takhir dunia seni rupa selama sepuluh tahun sebagaimana yang terpetakan dalam daftar isi buku ini.

Perupa H. Hardjiman tutup usia pada 10 llustrator pencipta tokoh komik Godam sekaligus November 2005 di usia 51 tahun ... Soegijo dan telah mencipta lebih 200 tari dalam bentuk tunggal meninggal dunia dini hari pada 4 Oktober 2006.