Sebanyak 18166 item atau buku ditemukan

Marketing Management

Ketika Covid-19 menyerang manusia dan secara luas menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia termasuk ke wilayah Indonesia, bisnis seketika lumpuh. Bisnis di berbagai sektor bertumbangan. Industri usaha besar mamupun Industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di indonesia semua terdampak pandemi Covid 19. Dengan adanya pembatasan gerak masyarakat dan banyaknya pasar, serta beberapa pusat perbelanjaan, restoran yang harus tutup, mau tidak mau harus memanfaatkan pemasaran digital. Pemasaran digital harus secara cepat dikuasai dan dijalankan sebagai ganti pemasaran konvensional. Promosi baik iklan, promosi penjualan, personal selling, publisitas, dan penjualan langsung dapat dialukan dengan memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan media sosial, dan media yang berbasis internet. Komunikasi bisnis tidak harus bertatap muka secara langsung tapi cukup dengan menggunakan google meet, zoom, dan media digital lainnya. Lewat buku ini, penulis memaparkan bagaimana startegi pemasaran dapat dilakukan dalam situasi pembatasan sosial. Promosi yang efektif dan efisien yang harus ditempuh oleh pebisnis juga kami uraikan. Kasus-kasus perusahaan yang berhasil bertahan di situasi sulit dengan memanfaatkan teknologi digital juga kami jelaskan. Marketing Management ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Kasus-kasus perusahaan yang berhasil bertahan di situasi sulit dengan memanfaatkan teknologi digital juga kami jelaskan. Marketing Management ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Kewirausahaan Berbasis UMKM

Kegiatan wirausaha berbasis UMKM memberikan kontribusi bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Selain sebagai jaring pengaman masyarakat berpenghasilan rendah, UMKM nyatanya juga membantu pemerintah dalam memperluas kesempatan dan penyerapan tenaga kerja. Namun demikian masih banyak masyarakat yang kurang memahami bagaimana cara berwirausaha, mulai dari persiapan usaha, bentuk pengelolaan, hingga beberapa aspek legalitas usaha yang perlu diperhatikan. Menjawab hal di atas, maka buku ini hadir untuk membantu para pembacanya yang ingin memahami konseptual dasar kewirausahaan dalam lingkup UMKM dengan pembahasan yang lugas dan mudah dipahami. Adapun isi pembahasan dalam buku ini terdiri dari 15 bab yang saling terhubung, yaitu: Pengenalan Kewirausahaan dan UMKM; Analisis Pasar dan Pemahaman Pelanggan; Menyusun Perencanaan Bisnis; Manajemen Sumber Daya Modal dan Kerja; Pemasaran dan Promosi untuk UMKM; Dasar Manajemen Produksi dan Operasional; Dasar-dasar Manajemen Keuangan; Pembuatan Produk dan Inovasi; Manajemen Risiko dan Mitigasi; Pemanfaatan Website dan E-Commerce; Pengembangan Kompetensi Kewirausahaan; Pengembangan Bisnis dan Ekspansi Pasar; Networking dan Kerjasama Bisnis; Legalitas dan Perlindungan Hukum untuk UMKM; Pemberdayaan Ekonomi dan Perempuan dalam UMKM.

Kegiatan wirausaha berbasis UMKM memberikan kontribusi bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Kewirausahaan Digital

Segala kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi menjadikan suatu bisnis dapat menjangkau pelanggan di seluruh penjuru dunia secara cepat, tanpa adanya batasan waktu dan tempat. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa generasi muda harus mengenal lebih dekat dunia kewirausahaan digital, yaitu kewirausahaan yang dipengaruhi dan memanfaatkan keberadaan teknologi. Kewirausahaan digital merupakan suatu gambaran mengenai bagaimana kewirausahaan akan ditransformasikan oleh teknologi menuju dunia digital, mulai dari cara merancang serta memasarkan suatu produk, menjangkau dan memberikan pelayanan kepada konsumen, mengelola arus keuangan, berkolaborasi dengan mitra, serta menganalisis peluang, strategi, risiko, target pemasaran, dan sebagainya. Berwirausaha di era digital memiliki berbagai keunggulan, di antaranya lebih mudah, cepat, dan terjangkau, menciptakan banyak kesempatan untuk berkolaborasi, serta lebih efektif. Kewirausahaan digital memiliki kesempatan dan peluang yang tinggi di era digital. Seperti yang diketahui, banyak perusahaan yang sukses berkat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Buku ini hadir untuk memberikan manfaat sebagai referensi atau bahan ajar untuk pembelajaran Kewirausahaan khususnya berkaitan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Kewirausahaan digital merupakan suatu gambaran mengenai bagaimana kewirausahaan akan ditransformasikan oleh teknologi menuju dunia digital, mulai dari cara merancang serta memasarkan suatu produk, menjangkau dan memberikan pelayanan kepada ...

Pengantar Bisnis (Respons Dinamika Era Digital)

Sebagian besar aktivitas bisnis kini tengah bergeser dari metode konvensional-tradisional ke arah bisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi digital yang semakin mudah diakses oleh siapapun dan di manapun. Hal ini membuat para pelaku bisnis perlu merespon dan beradaptasi dengan dinamika tersebut. Menjawab fenomena di atas, maka buku ini hadir untuk membantu para pembacanya yang ingin memahami konseptual dasar bisnis yang dibekali dengan pendekatan teknologi dan informasi digital. Adapun isi pembahasan dalam buku ini terdiri dari 16 bab yang saling terhubung, yaitu: Konsep dan Teori-teori Bisnis; Etika dan Perilaku Bisnis; Konsep Studi Kelayakan Bisnis; Manajemen Risiko Bisnis Umum; Transformasi Bisnis ke Sistem Digital; Peluang dan Pemanfaatan Digitalisasi Bisnis; Rantai Pasokan Digital; Internet of Things (IoT) dalam Bisnis; Website dan Media Sosial; Mobile Business; E-Commerce; Pembayaran Digital; Konsep Dasar Cloud Computing; Mengenal Cybersecurity; Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI); Evaluasi Kinerja Bisnis.

Sebagian besar aktivitas bisnis kini tengah bergeser dari metode konvensional-tradisional ke arah bisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi digital yang semakin mudah diakses oleh siapapun dan di manapun.

LKM

Membentuk Lembaga Keuangan Mikro yang Akomodatif

Buku Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Akomodatif ini terdiri dari: (1) Potret LKM (2) Dana Bergulir Masyarakat (3) Lembaga Keuangan Mikro (4) Tujuan Pendirian LKM (5) Pemilihan Badan Hukum (6) LKM yang Akomodatif. Buku ini akan membahas secara singkat namun penuh makna, sehingga mudah untuk diaplikasikan oleh LKM.

Buku Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Akomodatif ini terdiri dari: (1) Potret LKM (2) Dana Bergulir Masyarakat (3) Lembaga Keuangan Mikro (4) Tujuan Pendirian LKM (5) Pemilihan Badan Hukum (6) LKM yang Akomodatif.

Evaluasi pembelajaran

The book "Learning Evaluation" is a guide that discusses various important aspects of the learning evaluation process. This book is intended for educators, teachers, and practitioners in education who want to understand and implement learning evaluation effectively and authentically. In the first stage, this book introduces the concept of learning evaluation and the importance of understanding student progress deeply. Readers will become familiar with various evaluation models and theories that can be used to measure students' academic achievement and abilities in various aspects of learning. Next, this book discusses important principles to consider when evaluating learning. Educators will be taught how to design valid, reliable, and objective evaluation instruments so that evaluation results can provide an accurate picture of student achievement.

This book is intended for educators, teachers, and practitioners in education who want to understand and implement learning evaluation effectively and authentically.

Buku Ajar: Evaluasi Pembelajaran Matematika

Evaluasi Pembelajaran Matematika (MKB IN 0348) dengan jumlah bobot 3 SKS merupakan salah satu mata kuliah keahlian pedagogik yang wajib dipelajari mahasiswa semester V (lima) prodi Pendidikan Matematika STKIP Gotong Royong Masohi. Tujuan dari perkuliahan ini membekali mahasiswa sebagai calon guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika serta kompeten dalam mengaplikasikannya. Materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini yaitu hakikat evaluasi pembelajaran, ruang lingkup evaluasi pembelajaran, pengembangan penilaian tes uraian, pengembangan penilaian tes objektif, pengembangan penilaian nontes, analisis kualitas instrumen, teknik menganalisis item hasil belajar, teknik pengolahan penilaian dan tindak lanjut hasil evaluasi. Buku ajar ini juga dilengkapi dengan diskusi, latihan dan tugas guna meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi buku ajar ini. Kemampuan akhir yang diperoleh setelah mempelajari seluruh isi buku ajar adalah memiliki kompetensi membuat instrumen evaluasi pembelajaran matematika, melakukan uji coba di kelas dalam skala kecil maupun besar, menganalisis kualitas instrumen, dan membuat keputusan tentang hasil analisis.

Kemampuan akhir yang diperoleh setelah mempelajari seluruh isi buku ajar adalah memiliki kompetensi membuat instrumen evaluasi pembelajaran matematika, melakukan uji coba di kelas dalam skala kecil maupun besar, menganalisis kualitas ...

Sukses Bisnis: Panduan Praktis dengan BMC dan SWOT

Buku ini mengangkat peran vital Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai pilar utama dalam perekonomian suatu negara. Meskipun menjadi tulang punggung ekonomi, UMKM seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan yang menghambat kemampuannya untuk tumbuh dan mandiri. Dalam konteks ini, buku ini menjadi panduan eksplorasi dan analisis mendalam terhadap UMKM Binaan. Buku ini memanfaatkan pendekatan Business Model Canvas untuk mengeksplorasi secara komprehensif model bisnis UMKM Binaan. Pembaca akan diajak untuk memahami struktur bisnis mereka, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta merinci peluang dan ancaman yang dihadapi. Tak hanya itu, buku ini juga mengintegrasikan analisis SWOT sebagai alat strategis, memberikan wawasan mendalam tentang posisi UMKM Binaan dalam pasar yang kompetitif. Melalui buku ini, penulis bertujuan untuk memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman terhadap permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Binaan. Dengan membahas secara sistematis menggunakan Business Model Canvas dan strategi SWOT, buku ini tidak hanya sekadar analisis, tetapi juga penyediaan solusi konkret. Rekomendasi strategis yang ditawarkan diharapkan dapat menjadi panduan bagi UMKM Binaan untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka, menciptakan keberlanjutan, dan mengatasi hambatan yang mungkin muncul di masa depan.

Buku ini mengangkat peran vital Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai pilar utama dalam perekonomian suatu negara.

Penerapan Bisnis Model Canvas Sentral UMKM

Metode pengembangan bisnis tidak akan pernah ‘kadaluarsa’ untuk dibahas. Pembahasan mengenai metode pengembangan bisnis selalu akan menarik dan tentu terus akan berkembang. Sebagai industri UKM banyak tantangan yang dihadapi para pengusaha, mulai dari aspek SDM, Keuangan, Supply Chain, hingga dengan Pemasaran. Saat ini Indonesia mulai menjadikan sektor UKM sebagai salah satu sektor pembangunan ekonomi negara. Sektor UKM juga menjadi primadona tentang berbagai kajian di banyak perguruan tinggi dengan tingkat pengaplikasian yang bermacam–macam. Bagaimanakah penerapan Bisnis Canvas Modelsebagai salah satu solusi bagi UKM untuk dapat bertahan dalam dalam mencapai pasar sasaran? Buku ini secara ringkas mengupas dan membahas sentral UKM untuk tetap dapat bertahan dengan menggunakan metode Bisnis Canvas Model.Buku ini merupakan kompilasi tulisan dari berbagai penulis yang pada saat ini juga merupakan seorang peneliti dibidang UKM. Tidak ada gading yang tidak retak, begitu juga dengan buku ini yang masih banyak kekurangan dalam hal penulisan. Kritik dan saran dari pembaca sekalian akan sangat membantu dalam hal penyempurnaan buku ini.

Metode pengembangan bisnis tidak akan pernah ‘kadaluarsa’ untuk dibahas.

Teori Dan Praktik Bisnis Model Kanvas Untuk Umkm

Teori Dan Praktik Bisnis Model Kanvas Untuk Umkm Bisnis Model Canvas adalah salah satu jawaban perkembangan yang menarik diterapkan, utamanya untuk membantu UMKM di Gresik agar bisa berkembang. Tidak cukup dukungan modal usaha, namun juga harus dikawal dan dibekali agar mereka lebih berkembang dan naik kelas. Bagaimana UMKM memetakan segmen pasar, lalu venue proposition produk dan jasa mereka, serta sumber pendapatan mereka nantinya. Buku ini tidak hanya berisi teori-teori Bisnis Model Canvas, tapi telah diterapkan diserta contoh-contoh secara spesifik dalam pengelolaan UMKM. Harapan kami, perkembangan bisnis yang kiat pesat. Bisnis model canvas ini tidak hanya diintrodusir oleh perusahaan atau start up, tapi juga bisa diterapkan di dunia UMKM yang lebih memasyarakat. Buku ini akan memotivasi dan menjadi pembuka wawasan dan sebagai pembuka peluang para UMKM dalam manajemen usahanya. UMKM bergerak, ekonomi pulih! Buku ini terdiri dari 13 bagian, dengan pembahasan diawali dengan penjelasan tentang model bisnis, bisnis model kanvas, penjelasan 9 blok bisnis model kanvas, serba-serbi pertanyaan seputar penyusunan bisnis model kanvas dan diakhiri dengan contoh-contoh bisnis model kanvas. Tujuan disusunnya buku ini agar dapat membantu para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, baik yang pada tahap rintisan atau yang sedang mengembangkan bisnisnya untuk dapat menyusun model bisnis usaha sehingga kinerja elemen-elemen kunci yang terkait dengan bisnisnya dapat bekerja maksimal.

Teori Dan Praktik Bisnis Model Kanvas Untuk Umkm Bisnis Model Canvas adalah salah satu jawaban perkembangan yang menarik diterapkan, utamanya untuk membantu UMKM di Gresik agar bisa berkembang.