Sebanyak 18166 item atau buku ditemukan

Administrasi dan Supervisi Pendidikan

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Ruang lingkup profesi kependidikan; 2) Konsep dan teori administrasi pendidikan; 3) Tujuan, prinsip dan fungsi penting administrasi pendidikan; 4) Konsep, proses dan peranan guru tentang administrasi kurikulum di satuan pendidikan; 5) Supervisi sebagai salah satu unsur pengembang sumber daya pendidikan; 6) Metode dan konsep pendidikan yang bermutu; 7) Teori dan konsep kompetensi supervisor; 8) Konsep meningkatkan kompetensi guru melalui supervisi; 9) Monitoring dan evaluasi pelaksanaan dalam bidang pendidikan; 10) Konsep islam tentang supervisi.

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Ruang lingkup profesi kependidikan; 2) Konsep dan teori administrasi pendidikan; 3) Tujuan, prinsip dan fungsi penting administrasi pendidikan; 4) Konsep, proses dan peranan guru tentang ...

Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern

Judul : Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern Penulis : Dr. Sarwo Edy, S.Ag., MM., Dr. Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T., IPU.,CA.,CMT., Sumarta, S.Pd.I, M.Si Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 197 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-503-8 SINOPSIS Buku Manajemen Supervisi Pendidikan Islam: Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam dalam Konteks Modern adalah sebuah panduan yang komprehensif untuk memahami dan mengimplementasikan konsep manajemen supervisi dalam konteks pendidikan Islam. Dalam era modern ini, pendidikan Islam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang memerlukan strategi dan pendekatan yang lebih baik untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penulis buku ini menggabungkan pengetahuan mendalam tentang manajemen supervisi dengan pemahaman mendalam tentang pendidikan Islam. Buku ini memandu pembaca melalui langkah-langkah kunci dalam mengelola dan meningkatkan pendidikan Islam, dengan penekanan pada pengembangan kompetensi guru, pengawasan yang efektif, dan penerapan praktik terbaik dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini, pembaca akan menjelajahi konsep-konsep penting seperti pengawasan pendidikan, evaluasi guru, perencanaan pelajaran, dan pengembangan kurikulum dalam konteks pendidikan Islam. Selain itu, penulis juga membahas bagaimana teknologi dan pendekatan modern dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam, memanfaatkan sumber daya yang tersedia, dan menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul dalam lingkungan pendidikan saat ini. Buku ini dirancang untuk menjadi sumber informasi yang berharga bagi para praktisi pendidikan Islam, pengawas pendidikan, pengelola sekolah, serta siapa pun yang tertarik dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam dalam era modern. Dengan wawasan yang dalam dan panduan praktis, buku ini memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan pendidikan Islam untuk masa depan yang lebih cerah.

Judul : Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern Penulis : Dr. Sarwo Edy, S.Ag., MM., Dr. Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T., IPU.,CA.,CMT.

Buku Ajar Manajemen Pendidikan

Buku Ajar Manajemen Pendidikan ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang ilmu pendidikan. Buku ini dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di bidang ilmu manajemen pendidikan dan diberbagai bidang Ilmu terkait lainnya. Buku ini dapat digunakan sebagai panduan dan referensi mengajar mata kuliah manajemen pendidikan dan menyesuaikan dengan rencana pembelajaran semester tingkat Perguruan Tinggi masing-masing. Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari konsep dasar manajemen pendidikan, fungsi manajemen pendidikan, fungsi perencaaan, fungsi pengawasan. Selain itu buku ini juga membahas materi penting lainnya seperti kepemimpinan pendidikan dan supervisi pendidikan dan pengajaran. Buku ajar ini disusun secara sistematis, ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Buku Ajar Manajemen Pendidikan ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang ilmu pendidikan.

Buku Ajar Manajemen Pendidikan

Buku Ajar Manajemen Pendidikan ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang ilmu manajemen pendidikan. Buku ini dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di bidang ilmu manajemen pendidikan dan diberbagai bidang Ilmu terkait lainnya. Selain itu, buku ini juga dapat digunakan sebagai panduan dan referensi mengajar mata kuliah manajemen pendidikan dan menyesuaikan dengan rencana pembelajaran semester tingkat perguruan tinggi masing-masing. Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari konsep dasar manajemen pendidikan, fungsi-fungsi administrasi dan manajemen pendidikan, ruang lingkup adm dan manajemen pendidikan, supervisi pendidikan, kepemimpinan pendidikan, kepala sekolah sebagai administrator dan supervisor, guru dan manajemen pendidikan. Selain itu, materi mengenai manajemen konflik dan strategi peningkatan mutu pendidikan juga dibahas secara mendalam. Buku ajar ini disusun secara sistematis, ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Buku Ajar Manajemen Pendidikan ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang ilmu manajemen pendidikan.

PENGAWASAN DAN SUPERVISI MANAJEMEN PENDIDIKAN

Sinopsis : Buku "Pengawasan dan Supervisi Manajemen Pendidikan" adalah panduan komprehensif yang mengulas peran krusial pengawasan dan supervisi dalam konteks manajemen pendidikan. Dalam era yang terus berubah, manajemen pendidikan menjadi semakin kompleks, dan buku ini hadir untuk memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana pengawasan dan supervisi dapat memastikan kelancaran proses pendidikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam buku ini, para pembaca akan diajak menjelajahi berbagai konsep, prinsip, dan praktik terkini dalam pengawasan dan supervisi manajemen pendidikan. Setiap babnya dirancang untuk memberikan wawasan yang berguna bagi para profesional pendidikan, pemimpin sekolah, dan siapa pun yang tertarik memahami peran penting pengawasan dan supervisi dalam mencapai keunggulan pendidikan. Buku ini membahas berbagai topik yang relevan dan penting dalam pengawasan dan supervisi manajemen pendidikan. Para pembaca akan menemukan pemahaman mendalam tentang perencanaan dan implementasi pengawasan, strategi pengembangan staf, pengukuran dan penilaian kinerja, manajemen konflik, dan banyak lagi. Melalui penjelasan yang jelas dan studi kasus yang nyata, buku ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang situasi dunia nyata di lapangan dan bagaimana mengatasi tantangan yang muncul. Buku "Pengawasan dan Supervisi Manajemen Pendidikan" bukan hanya sebuah panduan praktis, tetapi juga sumber inspirasi dan refleksi bagi para pembaca. Diharapkan buku ini mendorong pembaca untuk berperan aktif dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas. Dengan pengawasan dan supervisi yang efektif, buku ini mendorong pertumbuhan dan keberhasilan siswa, guru, dan institusi pendidikan secara keseluruhan. Dalam keseluruhan sinopsis ini, buku "Pengawasan dan Supervisi Manajemen Pendidikan" memberikan panduan yang kaya dan komprehensif tentang pentingnya pengawasan dan supervisi dalam manajemen pendidikan. Dengan fokus pada konsep, prinsip, dan praktik terkini, buku ini memberikan wawasan yang mendalam kepada para pembaca tentang bagaimana mengoptimalkan pengawasan dan supervisi untuk mencapai keunggulan pendidikan.

Sinopsis : Buku "Pengawasan dan Supervisi Manajemen Pendidikan" adalah panduan komprehensif yang mengulas peran krusial pengawasan dan supervisi dalam konteks manajemen pendidikan.

Rekonstruksi Teori Dasar Manajemen Pengelolaan Sekolah Vokasi

Buku kategori manajemen yang berjudul Rekonstruksi Teori Dasar Manajemen Pengelolaan Sekolah Vokasi merupakan buku karya Lalu Nurman Sahidi. Buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan juga masyarakat umum untuk menambah pengetahuan di bidang rekonstruksi manajemen. Diharapkan buku ini, bias menjadi panduan lembaga vokasi dalam bagaimana mengelola dan memimpin suatu lembaga pendidikan vokasi. Buku Rekonstruksi Teori Dasar Manajemen Pengelolaan Sekolah Vokasi ini akan membahas mengenai rekonstruksi (membangun), khususnya membangun Model Kepemimpinan dan Manajemen Pengelolaan Pendidikan Vokasi. Sebuah tema yang sering dijauhi, ketimbang pahami dan dimengerti, bahkan dengan sadar diimplementasikan. Bukan saja rekonstruksi itu dianggap oleh sebagian sekolah vokasi sesuatu yang cukup sulit, tetapi juga karna sebagian besar warga dan pemimpin sekolah belum secara optimal memahami dan mampu mengimplementasikan budaya dan mekanisme kepemimpinan dan manajemen sekolah vokasi secara efektif.

... Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Adminitrator Senior adalah contoh manajer pendidikan. Nickels (1997) menyatakan “Educational management is process undertaken to achieve organizational education goals through a series of activities ...

Ekonomi Mikro Islam

Buku ini menjelaskan fondasi beberapa aspek mikro dalam Ekonomi Islam. Materi atau isi buku terdiri atas 12 bab yang secara keseluruhan mendiskusikan topik-topik utama dalam ekonomi mikro, seperti aspek rasionalitas, perilaku ekonomi, teori konsumsi, teori produksi, mekanisme dan struktur pasar, serta kebijakan intervensi pemerintah. Pembahasan buku diawali dengan ulasan tentang kondisi perekonomian yang mengalami problematika karena keterbatasan konsep dalam dan alasan mengapa Ekonomi Islam berpotensi untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Kemudian, pembahasan dilanjutkan dengan mengulas konsep rasionalitas dalam Ilmu Ekonomi dan perbandingannya dengan Ekonomi Islam, serta mengevaluasi konsep rasionalitas tersebut sehingga sesuai dengan konsep asumsi individu yang berperilaku sesuai dengan Prinsip Islam. Selanjutnya, buku ini membahas terkait bagaimana memaksimalkan kesejahteraan dalam Ilmu Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Islam, serta kendala yang timbul dalam upaya memaksimalkan kesejahteraan dalam Islam. Pembahasan selanjutnya adalah mengenai konsep konsumsi dan perilaku konsumen dari perspektif Ilmu Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Islam dalam bentuk narasi, grafis, dan matematis. Kemudian, membahas produksi dan perilaku konsumen. Sementara itu, pembahasan faktor produksi dimulai dengan penjabaran dan evaluasi dari konsep pasar faktor produksi dalam sudut pandang Ilmu Ekonomi konvensional. Bab akhir membahas pengambilan keputusan dalam masyarakat sesuai dengan teori pilihan sosial. Pembahasan ini meliputi beberapa aksioma dalam membentuk masyarakat Islami dan bagaimana mendorong masyarakat dari ekonomi yang berorientasi individu menjadi berorientasi publik. Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup: Bab 1 Mengapa Mempelajari Ekonomi Islam? Bab 2 Masalah Dasar dan Tujuan Ekonomi Islam Bab 3 Rasionalitas Ekonomi Bab 4 Maksimisasi Kesejahteraan dan Keseimbangan Bab 5 Teori Perilaku Konsumen Bab 6 Analisis Statis dan Dinamis pada Perilaku Konsumen Bab 7 Teori Perilaku Produsen Bab 8 Faktor Produksi Bab 9 Pasar dan Mekanisme Pasar Bab 10 Struktur Pasar Bab 11 Kegagalan Pasar dan Regulasi Bab 12 Kesejahteraan dan Keputusan Publik

Buku ini menjelaskan fondasi beberapa aspek mikro dalam Ekonomi Islam.

Buku Ajar Ekonomi Mikro

Buku Ajar Ekonomi Micro ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang ilmu ekonomi mikro. Buku ini dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di bidang ilmu ekonomi mikro dan diberbagai bidang Ilmu terkait lainnya. Selain itu, buku ini juga dapat digunakan sebagai panduan dan referensi mengajar mata kuliah ekonomi mikro dan menyesuaikan dengan rencana pembelajaran semester tingkat perguruan tinggi masing-masing. Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari konsep dasar ekonomi mikro, persoalan pokok organisasi ekonomi, teori permintaan dan penawaran, harga keseimbangan, elastisitas dalam ekonomi mikro, perilaku konsumsi pendekatan guna batas, teori produksi, teori biaya produksi, pasar persaingan sempurna, perilaku konsumen. Selain itu, materi mengenai eksternalitas dan barang publik serta materi mengenai tantangan ekonomi mikro di masa depan juga dibahas secara mendalam. Buku ajar ini disusun secara sistematis, ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

... Syariah ditinjau Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Fatwa DSN-MUI. Al- Tijary, 67, 175–189. https://doi.org/10.21093/at.v5i2.2303 Mauliyah, N. I., Hasanah, H ... Microeconomics BUKU AJAR EKONOMI MIKRO 232.

ILMU PENDIDIKAN : Panduan Komprehensif untuk Pendidikan

Buku "Ilmu Pendidikan” Panduan Komprehensif untuk Pendidik adalah sebuah buku yang dirancang khusus sebagai panduan lengkap bagi para pendidik. Buku ini mengungkapkan berbagai konsep penting dalam pendidikan yang dibutuhkan oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Mulai dari pengantar ilmu pendidikan hingga teori-teori pembelajaran seperti kognitivisme, konstruktivisme, dan konnektivisme, buku ini memberikan dasar pemahaman yang kokoh tentang bagaimana peserta didik memperoleh pengetahuan dan berkembang dalam konteks pendidikan. Selain itu, buku ini membahas topik yang relevan seperti perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran efektif, evaluasi pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Buku ini juga mengeksplorasi aspek psikologi pendidikan seperti psikologi perkembangan anak, psikologi motivasi belajar, serta pentingnya pendidikan inklusif, multikultural, dan karakter dalam konteks pendidikan. Dengan menyajikan panduan yang lengkap dan mudah dipahami, buku ini menjadi sumber informasi yang berharga bagi para pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan beragam.

Buku "Ilmu Pendidikan” Panduan Komprehensif untuk Pendidik adalah sebuah buku yang dirancang khusus sebagai panduan lengkap bagi para pendidik.