Judul : Satu Anak Satu Kurikulum Penulis : Rohmani, SPd., MA. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 216 Halaman No ISBN : 978-623-497-141-5 Sinopsi Buku Dunia pendidikan dewasa ini tereduksi menjadi dunia sekolah, sistemnya menjadi system persekolahan. Itu pun menjadi kegiatan belajar di kelas. Tetapi, Pendidikan formal di sekolah telah mendominasi klaim Pendidikan dan kesuksesan hidup murid. Pendidkan yang masih memandang kelas sebagai kumpulan murid-murid. Interaksi antara guru dengan sekumpulan murid-murid di kelas. Padahal setiap murid adalah berbeda, unik dan special. Bahkan Murid selalu berbeda dari waktu ke waktu. “Guru tidak pernah menemui kelasnya dua kali, karena pasti Guru yang berbeda dan murid yang lain” Satu Anak Satu Kurikulum. Menelusuri filsafat pendidikan yang menjadi pangkal ontologinya. Membedah dan menawarkan tata kelola dan kurikulumnya. Desentralisai parsial dan otonomi satuan Pendidikan dalam pengembangan kurikulum. Guru yang akan menjadi eksekutor kurikulum. Kritik yang tajam paradigmatik, provokatif, tetap subtantif disertai tawaran yang solutif.
Tasawuf cukup lama dipersoalkan, dianggap sebagai biang keladi kemunduran umat Islam. Begitu pula filsafat dianggap sesat menyesatkan, tetapi secara historis, keduanya telah mengantarkan umat Islam menuju gerbang Jaman Keemasan, karena kenyataannya Tasawuf dan Filsafat Islam memiliki titik temu dalam Tauhid. Tauhid adalah Aqidah Umat Islam, bentuk pertentangan apapun jangan sampai mengalahkan tauhid yang sakral.
Begitu pula filsafat dianggap sesat menyesatkan, tetapi secara historis, keduanya telah mengantarkan umat Islam menuju gerbang Jaman Keemasan, karena kenyataannya Tasawuf dan Filsafat Islam memiliki titik temu dalam Tauhid.
montase sebagai pembangun daya fikir dan kreativitas anak usia dini
Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan upaya srategis untuk menyiapkan generasi bangsa yang kreativ, berjiwa sisial ,berkarakter dan berkualitas dalam rangka memasuki era globalisasi yang penuh dengan berbagai tantangan. Dalam hal ini sukses masa depan hanya dapat diciptakan dengan mempersiapkan generasi sekarang ini, pedidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling rendah tingkatanya, tetapi boleh jadi memiliki makna yang paling tinggi dari satuan-satuan pendidikan lainya; karena PAUD akan melandasi pendidikan dasar, pendidikan mebengah, dan pendidikan tinggi. Dapat dikatakan bahwa keberhasilan seseorang dalam menempuh pendidikan dasar, menengah dan tinggi sangat dipengaruhi oleh apa yang diperoleh dan di alaminya di PAUD. Dalam konteks inilah buku montase dalam pembelajaran (montase sebagai pengembang daya fikir dan kreativitas anak usia dini ) diterbitkan; untuk dijadikan bahan pemikiran oleh berbagai pihak, dan untuk dijadikan pedoman bagi para pelaku di lapangan, khususnya guru, dan tenaga pendidikan lainya.
Dalam konteks inilah buku montase dalam pembelajaran (montase sebagai pengembang daya fikir dan kreativitas anak usia dini ) diterbitkan; untuk dijadikan bahan pemikiran oleh berbagai pihak, dan untuk dijadikan pedoman bagi para pelaku di ...
Bahan ajar Perencanaan Pembelajaran disusun merupakan langkah penting agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Perencanaan pembelajaran menekankan kepada proses penyusunan pedoman pembelajaran dalam rangka menerjemahkan kurikulum yang berlaku. Penulisan Bahan Ajar ini bersifat kompilasi dari berbagai buku sumber yang dipergunakan. Oleh karena itu Tim Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu penulis buku teks yang buah pikirannya kami gunakan, khususnya Bapak Prof. DR Wina Sanjaya penulis buku berjudul “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”. Tujuan Bahan ajar ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mengatasi keterbatasan kemampuan dan biaya dalam pengadaan buku-buku literature serta mudah-mudahan dapat memotivasi mahasiswa mendalami dalam merancang pembelajaran lebih lanjut, sehingga dapat mencapai tujuan.
Buku ini terdiri dari 5 pembelajaran, yaitu pembelajaran 1 (Indahnya Saling Menghormati), pembelajaran 2 (Ketika Bumi Berhenti Berputar), pembelajaran 3 (Indahnya Nama-Nama Allah Swt.), pembelajaran 4 (Ayo Membayar Zakat), pembelajaran 5 (Keteladanan Rasulullah saw. dan Para Sahabatnya). Dalam setiap pembelajaran terdiri dari beberapa sub pembelajaran. Melalui teka teki silang (TTS) ini siswa mampu mengukur sendiri kompetensi yang sudah dikuasainya setelah mengikuti proses pembelajaran. Buku teka teki silang ini yang berbasis aktivitas ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan kurikulum 2013 yang disempurnakan. Buku teka-teki silang ini mengedepankan pencapaian kompetensi siswa, dan sesuai dengan buku guru dan buku siswa revisi 2018 karena hanya sebagai salah satu penunjang, buku ini lebih sebagai buku aktivitas siswa yang masih membutuhkan buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik.
Buku ini terdiri dari 5 pembelajaran, yaitu pembelajaran 1 (Indahnya Saling Menghormati), pembelajaran 2 (Ketika Bumi Berhenti Berputar), pembelajaran 3 (Indahnya Nama-Nama Allah Swt.), pembelajaran 4 (Ayo Membayar Zakat), pembelajaran 5 ...
Berisikan ringkasan intisari dari Pendalaman Materi 3 Mata Pelajaran Utama yang akan diujikan dalam ujian Akhir Sekolah
Buku yang diterbitkan oleh ARC MEDIA ini berisikan ringkasan intisari dari Pendalaman Materi 3 Mata Pelajaran Utama yang akan diujikan dalam ujian Akhir Sekolah nanti. Ketiga mata pelajaran ini, sangat wajib dikuasai. Karena meski ada banyak mata pelajaran lainnya, tetapi nilai inilah yang akan menentukan kamu untuk lulus atau tidaknya. Inilah buku pegangan para pelajar berprestasi yang menjadi panduan belajar selama 3 tahun. Intisari berkelas BIMBEL dan para pelajar yang ingin mendapatkan Bea Siswa. -Lembar Langit Indonesia Group-
Buku yang diterbitkan oleh ARC MEDIA ini berisikan ringkasan intisari dari Pendalaman Materi 3 Mata Pelajaran Utama yang akan diujikan dalam ujian Akhir Sekolah nanti.
Buku yang kami susun ini bertujuan untuk mengenalkan tiga bahasa yang meliputi Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia untuk memudahkan siswa mencari tema yang hendak dipilih secara langsung. Kemudian dalam buku ini satu tema kami susun menjadi 3 bagian bahasa secara langsung dan urut. Dan harapan kami, mudah-mudahan buku ini bermanfaat serta memperoleh ridlo dari Allah Swt. Akhirnya, kami menyadari bahwa buku sederhana dihadapan pembaca ini tak menutup kemungkinan terdapat kesalahan. Oleh karena itu, kepada para Ulama’ dan Ahli yang arif dan bijaksana, kami sangat mengharapkan fatwanya dan tegur sapauntuk kebaikan dan perbaikan buku ini dalam penerbitan selanjutnya. Kepada Allah Swt., kami memohon taufiq dan hidayah-Nya semoga usaha ini senantiasa dalam ridlo-Nya. Amin.
Buku yang kami susun ini bertujuan untuk mengenalkan tiga bahasa yang meliputi Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia untuk memudahkan siswa mencari tema yang hendak dipilih secara langsung.