Sebanyak 20 item atau buku ditemukan

Ekonomi Mikro Islam - Rajawali Pers

Pembahasan mengenai ekonomi akan selalu melekat pada kehidupan manusia, hal ini disebabkan karena manusia tidak bisa lepas dari aktivitas ekonomi sepanjang hidupnya. "Terbatasnya sumber daya, tetapi tidak terbatasnya kebutuhan manusia", hal ini melatarbelakangi hadirnya ilmu ekonomi untuk mengatasi itu semua. Ekonomi dalam kajian keilmuan dapat dikelompokkan ke dalam ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ilmu ekonomi mikro adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang memfokuskan pembahasannya pada perilaku ekonomi individu, rumah tangga, perusahaan, serta pasar. Ilmu ekonomi mikro juga mampu memberikan metode kepada rumah tangga perusahaan dan seseorang untuk mampu dalam mengelola sumber daya ekonomi yang tersedia sehingga mampu memperoleh keuntungan maksimum serta menciptakan solusi pada setiap pelaku ekonomi dalam mengambil sebuah kebijakan, baik pada harga maupun pada jumlah barang di pasar. Pernyataan tersebut tidak jauh berbeda dengan inti pembahasan dalam ekonomi mikro islami, yang menjelaskan bagaimana sebuah keputusan diambil oleh setiap unit ekonomi dengan memasukkan batasan-batasan syariah sebagai variabel yang utama. Buku Ekonomi Mikro Islam ini sangat tepat dijadikan sebagai literatur dalam kajian ekonomi mikro Islam, terkhusus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di perguruan tinggi seluruh Indonesia. Materi-materi dalam buku ini di antaranya membahas mengenai Ekonomi Mikro Islam dan Ruang Lingkupnya; Model Perilaku Manusia I: Rasionalitas; Model Perilaku Manusia II: Optimalisasi Individu; Teori Perilaku Konsumen; Teori Permintaan Islam; Teori Produksi Islam; Teori Penawaran Islam; Teori Pasar dalam Islam; Ketidaksempurnaan Pasar dan Kebijakan Publik; Teori Harga; dan Efisiensi Alokasi dan Distribusi Pendapatan. Buku ini juga menguraikan pandangan-pandangan para ilmuwan atau ulama mengenai ekonomi mikro Islam. Penulis berharap dengan adanya buku ini mampu memberikan keyakinan yang kuat tentang teori ekonomi mikro Islam yang relevan dan dapat diterapkan dalam dunia nyata. Salah satu tujuannya adalah bagaimana menerapkan prinsip-prinsip ekonomi mikro islami dalam pengambilan keputusan agar mendapatkan solusi terbaik, yaitu solusi yang akan menguntungkan kita dan tidak menzalimi orang lain.

Pembahasan mengenai ekonomi akan selalu melekat pada kehidupan manusia, hal ini disebabkan karena manusia tidak bisa lepas dari aktivitas ekonomi sepanjang hidupnya.

MANAJEMEN STRATEGIS : Konsep dan Aplikasi dalam Bisnis

Buku "Manajemen Strategis" adalah panduan praktis yang membahas konsep dan aplikasi dari manajemen strategis dalam bisnis. Buku ini dibagi menjadi beberapa bagian penting yang mencakup pengantar, analisis lingkungan bisnis, penetapan strategi bisnis, sumber daya dan kapabilitas perusahaan, strategi bersaing, implementasi strategi bisnis, evaluasi dan kontrol strategi, manajemen perubahan dan inovasi, serta manajemen strategis pada era digital. Dalam buku ini, pembaca akan mempelajari bagaimana melakukan analisis lingkungan bisnis untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman, serta penetapan strategi bisnis yang tepat untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman. Pembaca juga akan mempelajari bagaimana mengelola sumber daya dan kapabilitas perusahaan, serta strategi bersaing untuk mencapai keunggulan kompetitif. Selain itu, buku ini membahas tentang implementasi strategi bisnis, evaluasi dan kontrol strategi, manajemen perubahan dan inovasi, serta manajemen strategis pada era digital. Buku ini juga mencakup analisis kasus dan pembuatan keputusan, etika, dan tanggung jawab sosial perusahaan. Buku "Manajemen Strategis" cocok untuk para praktisi bisnis, mahasiswa, dan pembaca yang tertarik dalam mempelajari konsep dan aplikasi manajemen strategis dalam bisnis. Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan contoh kasus, gambar, dan tabel yang membantu pembaca memahami konsep dan teknik manajemen strategis.

Buku "Manajemen Strategis" adalah panduan praktis yang membahas konsep dan aplikasi dari manajemen strategis dalam bisnis.

Manajemen Pemasaran (Perspektif Perilaku Konsumen)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran dalam perspektif perilaku konsumen. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bacaan khususnya terkait dengan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas sembilan belas bab, dengan judul Manajemen Pemasaran (Perspektif Perilaku Konsumen).

Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas sembilan belas bab, dengan judul Manajemen Pemasaran (Perspektif Perilaku Konsumen).

Lesson Study Berbasis Sekolah

(Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif)

Salah satu usaha yang dilakukan terutama oleh guru adalah menjadi teladan dari manusia yang diinginkan tersebut. Guru harus menunjukkan tanggung jawabnya untuk menjadi guru yang tepat untuk membelajarkan peserta didik yang dari tahun ke tahun dihadapkan pada tuntutan perkembangan zaman yang berubah. Guru yang baik adalah guru yang mampu membelajarkan peserta didik melalui “proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi untuk aktif, kreatif, mandiri sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik” (Pasal 19 PP 19,2005)

Salah satu usaha yang dilakukan terutama oleh guru adalah menjadi teladan dari manusia yang diinginkan tersebut.

Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan Berbasis Konservasi dan Budidaya Kopi Ramah Lingkungan : Buku untuk mahasiswa

Penyusunan modul “Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan Berbasis Konservasi dan Budidaya Kopi Ramah Lingkungan” ini dimaksudkan untuk memberikan panduan kepada para penerima manfaat dalam menjalankan upaya pelestarian hutan dan penerapan budidaya kopi yang ramah lingkungan (berkelanjutan). Penyusun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ICCTF (Indonesia Climate Change Trust Fund) dan Yayasan Leuser Internasional (YLI) yang telah mendukung penulisan dan perbanyakan modul pelatihan ini.

Pemasaran Kopi Arabika Secara umum, pemasaran adalah kegiatan usaha atau bisnis untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan/keinginan konsumen melalui pendistribusian atau pengiriman produk sampai ke tangan mereka.

Manajemen Keuangan (Teori, Konsep, dan Kebijakan)

Buku ini terdiri dari sembilan belas bab yang diberi judul Manajemen Keuangan (Teori, Konsep, dan Kebijakan). Setiap bab membahas secara lengkap mulai dari Konsep Dasar Manajemen Keuangan; Strategi dan Pendekatan Manajemen Keuangan; Nilai Waktu dari Uang; Institusi Keuangan Beserta Fungsinya; Kebijakan Dividen; Analisis Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas; Akuntansi untuk Pengambilan Keputusan;Investasi dan Pendanaan pada Arus Kas; Suku Bunga; Saham dan Obligasi; Manajemen dan Modal Kerja; Manajemen Kas; Efektivitas Manajemen Piutang; Manajemen Persediaan Barang; Aktiva (Aset) Lancar ; Merger dan Akusisi; Risiko dan Tingkat Pengembalian; Keputusan Keuangan dan Efisiensi Pasar Modal; serta Break Even Point Analysis (Cost Profit Volume Analysis).

Aspek Hukum Dalam Penyelenggaraan Investasi Di Pasar Modal Syariah Indonesia. Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana. Mustari, Mohamad. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan. Edisi 1.

Asas-Asas Manajemen (Konsep dan Teori)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai dasar-dasar manajemen, baik konsep maupun teorinya. Buku ini diharapkan dapat referensi bacaan kepada para pembaca khususnya terkait dengan pengetahuan mengenai dasar-dasar manajemen serta menambah daftar buku manajemen yang sudah ada sebelumnya. Buku ini disusun dalam bentuk book chapter yang terdiri atas delapan belas bab, dengan judul Asas-Asas Manajemen (Konsep dan Teori).

Komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual. Saluran komunikasi yang tidak memperhatikan jenjang hierarki, ...

Dasar-Dasar Manajemen Keuangan

Dalam menjalankan suatu usaha diperlukan keterampilan manajemen untuk mengatur segenap sumber daya yang dimiliki. Baik dari pengelolaan tenaga kerja, pemasaran, hingga operasional, semuanya tidak terlepas dari aspek keuangan. Untuk itu, sangat penting bagi pengelola perusahaan dalam hal ini manajer dan bagian terkait untuk memahami konsep manajemen keuangan dengan baik. Menjawab hal di atas, maka buku yang saat ini ada di tangan Anda hadir untuk membantu para pembacanya yang ingin memahami konseptual dasar ilmu manajemen keuangan dengan pembahasan yang mudah dan lugas. Adapun isi pembahasan dalam buku ini terdiri dari 13 bab yang saling terhubung, yaitu: Tinjauan Dasar Manajemen Keuangan; Nilai Waktu dari Uang; Konsep Laporan Keuangan; Arus Kas dan Perpajakan; Pasar dan Institusi Keuangan; Tingkat Bunga; Saham dan Valuasinya; Risiko dan Tingkat Pengembalian; Dasar-dasar Penganggaran Modal; Kebijakan Dividen; Struktur Modal dan Leverage; Manajemen Modal Kerja; Perencanaan dan Ramalan Keuangan.

Adapun isi pembahasan dalam buku ini terdiri dari 13 bab yang saling terhubung, yaitu: Tinjauan Dasar Manajemen Keuangan; Nilai Waktu dari Uang; Konsep Laporan Keuangan; Arus Kas dan Perpajakan; Pasar dan Institusi Keuangan; Tingkat Bunga; ...

Kewirausahaan (E-bisnis dan E-commerce)

Buku yang berjudul Kewirausahaan (E-bisnis dan E-commerce) menyajikan pengetahuan mendalam mengenai kewirausahaan terutama aspek-aspek E-bisnis dan E-commerce). Buku ini terdiri atas dua puluh bab.

Buku yang berjudul Kewirausahaan (E-bisnis dan E-commerce) menyajikan pengetahuan mendalam mengenai kewirausahaan terutama aspek-aspek E-bisnis dan E-commerce). Buku ini terdiri atas dua puluh bab.