Sebanyak 341 item atau buku ditemukan

INOVASI PEMBELAJARAN “PENINGKATAN KUALITAS GURU”

Buku ini merupakan simbol semangat intelektual dalam mengakaji ilmu pendidikan khususnya tentang inovasi pembelajaran peningkatan kualitas guru yang terbit pada tahun 2022. Kontributor dari buku ini adalah para peneliti dan dosen dari berbagai kampus di Indonesia. Mereka memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Penulisan buku ini dilandasi atas pentingnya update penelitian terbaru tentang kajian ilmu pendidikan dengan tema tentang Inovasi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Guru yang menjadi isu dan problematika saat ini.

Dari uraian di atas dapat dikemukakan, bahwa yang mendorong perlunya dilaksanakan inovasi pendidikan adalah permasalahan atau kelemahan yang ada dalam sistem pendidikan itu sendiri dan faktor permasalahan yang terdapat dari luar sistem ...

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru TK dan SD Melalui Penelitian Tindakan Kelas

Kumpulan Artikel PTK

Buku yang berjudul "Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru TK dan SD Melalui Penelitian Tindakan Kelas : Kumpulan Artikel PTK" ini merupakan kumpulan dari 24 artikel PTK dengan judul yang berbeda-beda diantaranya berjudul Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Hewan Melalui Pendekatan Steam Metode Project Best Learning pada Peserta Didik Jenjang SD, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas 6, Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar Peserta Didik Materi Alat Gerak Dan Fungsinya pada Hewan Dan Manusia di Kelas 5 SD, Metode Stad Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa SD, Smart Digital Puzzle Media dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Quizizz pada Siswa Sekolah Dasar, Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajaripa Materi Sifat Perambatan Bunyi Siswa Kelas IV di Masa Pandemi Covid 19, dan banyak lagi. Semoga buku ini dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak.

Berdasarkan hasil monitoring kelas pada saat pembelajaran IPA, banyak sekali permasalahan yang dialami pendidik. Permasalahan itu meliputi: penguasaan konsep pada materi pembelajaran kurang sehingga transfer pengetahuan kepada peserta ...

Buku Ajar Koperasi untuk Perguruan Tinggi

Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-orang untuk kepentingan bersama. Kegiatan koperasi berlandaskan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Perkembangan koperasi di dunia dimulai pada abad ke-20. koperasi tumbuh dari kalangan rakyat, Ketika penderitaan dalam lapangan ekonomi sosial yang ditimbulkan oleh sistem kapitalisme semakin memuncak. Perkembangan koperasi yang aktif akan berkembang pesat dengan dukungan pemerintah, stakeholder, dan anggota koperasi. Koperasi yang dikelola dengan baik dan maju akan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan perekonomian nasional dan pendapatan nasional. Buku ajar ini membahas tentang sejarah koperasi dunia dan Indonesia, asas, prinsip, alat perlengkapan koperasi, manajemen keuangan, koperasi syariah, dan strategi daya saing koperasi. Strategi nasional pengembangan Koperasi dan UMKM dengan berbagai problemnya seperti perluasan akses pasar, kemampuan daya saing usaha, akses pembiayaan dan investasi. Di sisi lain tantangan besar lainnya adalah masuknya barang konsumsi impor karena konsekuensi perekonomian global. Keberhasilan koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi anggotanya akan lebih mudah diukur, apabila aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh anggota dilakukan melalui koperasi. Tingkat kesejahteraan itu dapat ditandai dengan tinggi rendahnya pendapatan riil.

Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-orang untuk kepentingan bersama.

Perencanaan Pembelajaran

Perencanaan Pembelajaran, Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran, Model Perencanaan Pembelajaran, Analisis Peserta Didik, Rancangan Kompetensi, Perencanaan Indikator, Program Tahunan Dan Program Semester, Rancangan Pengalamanbelajar, Rancangan Penilaian, Pengembangan Silabus, 11 Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp), Perencanaan Remedial Dan Pengayaan, Pengembangan Media Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar

Perencanaan Pembelajaran, Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran, Model Perencanaan Pembelajaran, Analisis Peserta Didik, Rancangan Kompetensi, Perencanaan Indikator, Program Tahunan Dan Program Semester, Rancangan Pengalamanbelajar, ...

Lesson Study: Sebuah Upaya membumikan pendidikan lingkungan

Buku ini berisi hasil observasi terkait pembelajaran dan lingkungan di Negara Jepang, khususnya di Kota Toyama. Juga upaya penerapan pendidikan lingkungan di Kota Tangerang Selatan, Bogor, dan Balikpapan. Buku ini merupakan karya pengabdian masyarakat kerjasama antara Program Studi Tadris Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Organisasi Nirlaba dari Jepang yaitu Indonesia Education Promoting Foundation. Buku merupakan pengalaman observasi dan penelitian selama tahun 2014-2021.

Tanggapan guru, pengawas, dan dosen dalam kegiatan ini sangat positif, tampak bahwa lesson study dapat dijadikan sebagai kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan. Pendapat bebas dari 20 orang guru yang pernah menjadi guru model dan ...

Profesi Keguruan: Kompetensi dan Permasalahan

Buku ini membahas profesi keguruan secara lengkap, mulai dari konsep profesi keguruan, latar belakang pendidikan guru, kebijakan terkait, peran, kompetensi, supervisi, hingga permasalahan yang dihadapi profesi ini. Bab 1 Konsep Profesi Keguruan Bab 2 Latar Belakang Pendidikan Guru di Indonesia Bab 3 Kebijakan Guru di Indonesia Bab 4 Berbagai Peran Guru di Sekolah Bab 5 Guru Profesional sebagai Komunikator dan Fasilitator Bab 6 Guru Sebagai Konselor Bab 7 Kompetensi Pedagogi Guru Bab 8 Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru Bab 9 Supervisi Pendidikan Bab 10 Permasalahan yang Dihadapi Guru

Di masyarakat ada semacam pendapat bahwa guru-guru zaman dulu lebih kompeten atau lebih baik dibandingkan guru-guru zaman sekarang. Artinya guru-guru produk lembaga pendidikan guru zaman dulu dinilai lebih unggul dibandingkan guru-guru ...

Teknik Pertemuan Individual Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kompetensi guru dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan hal yang paling mendasar dalam pelaksanaan pembelajaran. Upaya yang dilakukan pengawas pembina dalam meningkatkan kompetensi tersebut melalui supervisi akademik dengan teknik pertemuan secara individual dengan guru binaan. Guru yang mampu menyusun KKM yang benar adalah guru yang memperhatikan langkah-langkah penentuan nilai pada aspek utama KKM, terutama penentuan nilai “Intake”, banyak guru masih keliru dalam menentukan nilai intake tersebut. Nilai intake adalah nilai yang diambil dari rata-rata pembelajaran sebelumnya, oleh karena itu nilai intake selalu sama untuk semua kompetensi dasar dalam mata pelajaran tertentu sesuai dengan jenjangnya masing-masing. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan administrasi yang wajib dibuat oleh guru, oleh karenanya harus disupervisi secara berkala pada awal semester ganjil dan genap oleh kepala madrasah atau pengawas pembina.

Kompetensi guru dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan hal yang paling mendasar dalam pelaksanaan pembelajaran.

TEORI & KONSEP PEDAGOGIK

Profesi pendidik memiliki makna yang sangat mendalam dan menjadi kunci majunya kehidupan dan peradaban manusia, bahkan bangsa dan negara. Peran pendidik menjadi sangat penting sebagai agen perubahan pada kehidupan anak bangsa. Oleh karena itu, para calon guru perlu meluangkan waktunya untuk melakukan orientasi spiritualitas profesi pendidik sehingga mampu memiliki internalisasi mendalam atas nilai-nilai pilihan dan keputusan profesinya: Mengapa menjadi Guru? Ada apa dengan Guru? dan Bagaimana menjadi Guru?. Book chapter Teori dan Konsep Pedagogik ini mendeskripsikan teori, dan konsep pedagogic yang dapat membantu setiap individu, baik guru, mahasiswa keguruan, maupun pemerhati pendidikan untuk mengembangkan kemampuan pedagogik berdasarkan kajian teori dan empiris dengan berfokus pada internalisasi nilai-nilai diri. Selain itu, book chapter ini juga dapat menjadi referensi dalam mendukung pencapaian efektivitas kemampuan yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui aspek pengetahuan pedagogik sebagai dasar kerangka peran dan figur dalam bentuk berpikir; bersikap reflektif dan emosi yang cerdas; kemampuan dalam pola komunikasi instruksional; serta aspek-aspek yang menjadi sarana untuk mewujudkan kompetensi pedagogik. Oleh karena itu, buku ini dapat menjadi buku wajib yang memberi arah dan solusi terhadap kebutuhan pengembangan kompetensi pedagogik

C. Fungsi Komunikasi Pendidikan Secara spesifik, komunikasi merupakan ruh dari keberlangsungan dunia pendidikan memiliki fungsi terhadap peristiwa pendidikan itu sendiri. Fungsi suatu peristiwa komunikasi juga berkaitan dengan ...

MARKETING POLITIK (Teori dan Konsep)

Marketing politik telah menjadi fokus perhatian banyak kalangan, tidak hanya antara akademisi maupun praktisi, tetapi juga antara politisi dengan marketer. Berada dalam persinggungan antara ilmu marketing dan politik membuat marketing politik sarat dengan pro dan kontra. Buku ini berdiri di tengah-tengah pro dan kontra dan mencoba mengakomodasi keberatan dari setiap kubu. Marketing politik telah dilakukan tidak hanya di negara maju seperti Amerika dan Eropa, tetapi kita juga dapat melihat fakta-fakta bahwa marketing politik juga telah diterapkan di Indonesia. Marketing politik dilihat sebagai kebutuhan ketimbang sebagai suatu polemik sosial dan politik. Marketing politik menawarkan kepada para politisi untuk dapat mengefektifkan penyusunan produk politik, segmentasi politik, positioning politik dan komunikasi politik. Selain itu juga, dalam buku ini dibahas bagaimana kampanye politik dilakukan. Kampanye politik tidak hanya dilihat sebagai fenomena sesaat, lebih dari itu, kampanye politik harus dilakukan secara permanen. Publik akan merekam semua aktivitas politik, pengalaman politik, diskursus politik dan keberpihakan kepada masyarakat yang telah dilakukan baik oleh kontestan individu ataupun partai politik. Memori kolektif ini nantinya akan memberikan basis legitimasi kepada masing-masing kandidat politik untuk dapat memenangkan perolehan suara. Berdasarkan hal tersebut maka, buku ini menyajikan segala yang dibutuhkan oleh para pengelola marketing politik dalam menjalankan roda perputaran pengelolaan politiknya agar dapat menciptakan kualitas dan kuantitas marketing yang baik. Oleh sebab itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang marketing politik, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilingkungan perguru tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang marketing politik

Model-Model Komunikasi Marketing Secara umum penggunaan model komunikasi ditujukan untuk memvisualisasikan proses komunikasi dalam bentuk sederhana yang terdiri dari berbagai unsur komunikasi atau elemen-elemen komunikasi atau ...