
TELHNOLOGI KEWIRAUSAHAAN ISLAM
- Judul : TELHNOLOGI KEWIRAUSAHAAN ISLAM
- Pengarang : FITRIYAH NURWATI,
- Penerbit : INSTITUT ISLAM BUNGA BANGSA CIREBON
- DDC : Ekonomi islam
- Bahasa : Indonesia
- Tahun : 2025
- Halaman : 89
-
Ketersediaan :
Buku ini mengupas berbagai ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pendidikan, mendalami maknanya, serta mengaitkannya dengan konsep pedagogi kontemporer. Dengan pendekatan tafsir tarbawi, buku ini membahas bagaimana nilai-nilai Qur’ani dapat diimplementasikan dalam proses belajar-mengajar, baik di lingkungan pendidikan formal maupun informal. Pembaca akan diajak untuk memahami bagaimana Al-Qur’an memberikan prinsip dasar mengenai pembelajaran, seperti pentingnya ilmu, metode pengajaran yang efektif, serta pembentukan karakter peserta didik yang berakhlak mulia. Buku ini ditulis oleh para penulis yang konsen terhadap Ilmu al-Qur’an, sehingga setiap pembahasan dibahas dengan perspektif Qur’an beserta terjemahannya, tafsir ijmali, tafsir progresif, dan implementasi ayat tersebut dalam konteks pembelajaran modern. Dengan format ini, diharapkan pembaca, dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai konsep pendidikan Islami yang aplikatif dan progresif.
Buku ini mengupas berbagai ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pendidikan, mendalami maknanya, serta mengaitkannya dengan konsep pedagogi kontemporer.
Judul : Fiqh Muamalah Kontemporer & Perbankan Syariah Penulis : Abdul Aziz, Egi Ramdani, N.S, Hafdz Ulul Albab, Sifa Safnatunajah, Naya Nadiyatul Mubarokah, Rini Afriliani, Nadiyah Nurjannah, Kamelia Vega, Fannisya Aulia Dewi, Nur Alpiyah, Muhammad Iban Rabani, Nur Fitriawati, Dwi Ratna Ningsih, Bunga Helinda, Ninda Adila, Angga Rivana, Eigha Affuwwudien, Rehana Nurul Jannah, Najiha Amalia, Aulia Ahmad Djoumoding, Yuswa Aina Karifa, Hanny Ainayah Lilfatul Fazriah, Tsaqifah, Lin Jati Hanifah, Kirania Arsoni, Hasna Nur Fajriyanty, Syahnaz Ni’maturrohmah Amalia, Jarohtul Jannah, Muhammad Aldian Nusantara, Fenda Aulia Zahra, Palagan Abiyyu Gumelar, Triyas Lizza Putri Utami, Anandia Nurhalisa, Alya Aulia, Musyfq Amrullah, Nurul Halimah, Syifa Maulida, Muhammad Haekal Ardiansyah Ukuran : 15,5 x 23 Tebal : 186 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-235-160-4 No. E-ISBN : 978-634-235-161-1 (PDF) Terbitan : April 2025 SINOPSIS Buku ini hadir untuk menjawab tantangan zaman terkait penerapan hukum Islam dalam transaksi ekonomi modern. Di tengah globalisasi dan perkembangan teknologi, muncul berbagai bentuk muamalah baru seperti e-commerce, cryptocurrency, dan fintech yang memerlukan panduan syar’i yang jelas. Buku ini menyajikan pembahasan mendalam tentang hukum Islam terkait transaksi dan aktivitas ekonomi modern, menggabungkan kajian teks klasik dengan analisis isu kontemporer. Pembaca akan diajak memahami konsep dasar fiqih muamalah, prinsip kehalalan transaksi, dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini dilengkapi contoh kasus, fatwa ulama, dan analisis hukum untuk memperjelas penerapan fiqih muamalah di era modern, dengan harapan memperkaya khazanah keilmuan dan menjadi panduan praktis bagi umat Islam.
Judul : Fiqh Muamalah Kontemporer & Perbankan Syariah Penulis : Abdul Aziz, Egi Ramdani, N.S, Hafdz Ulul Albab, Sifa Safnatunajah, Naya Nadiyatul Mubarokah, Rini Afriliani, Nadiyah Nurjannah, Kamelia Vega, Fannisya Aulia Dewi, Nur Alpiyah, ...
Buku ini berisikan bahasan tentang konsep, metode, serta implementasi evaluasi dalam proses pendidikan. Evaluasi pembelajaran merupakan langkah penting dalam menilai efektivitas suatu sistem pengajaran, mencakup aspek tujuan, materi, metode, serta hasil belajar peserta didik. Buku ini menguraikan berbagai jenis evaluasi seperti formatif, sumatif, diagnostik, dan autentik, serta menjelaskan bagaimana prinsipprinsip evaluasi dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Buku ini juga mengupas metode serta teknik yang digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran. Berbagai instrumen penilaian seperti tes tertulis, wawancara, observasi, hingga teknologi digital dalam evaluasi pendidikan dibahas secara mendalam. Model-model evaluasi seperti CIPP, Tyler, dan Scriven juga diperkenalkan sebagai pendekatan yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks pendidikan.
... Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar ' , JINOTEP ( Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran ) : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran , 133-142 . doi : 7 ( 2 ) , 10.17977 / um031v7i22020p133 . pp . Angkat , S. A. , Wardhani ...
Kehadiran buku ini didasari oleh kesadaran akan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang telah mengubah lanskap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia. Ruang siber, sebagai dimensi baru dalam interaksi sosial dan ekonomi, menghadirkan berbagai peluang sekaligus tantangan yang kompleks, termasuk dalam ranah hukum. Indonesia, dengan populasi digital yang terus bertumbuh dan aktivitas siber yang semakin intens, memerlukan pemahaman yang komprehensif mengenai aspek hukum yang mengatur ruang virtual ini. Buku ini hadir sebagai upaya untuk memberikan pengantar yang sistematis dan mudah dipahami mengenai konsep-konsep dasar dan isu-isu krusial dalam hukum siber Indonesia. Penulis berupaya menyajikan gambaran umum mengenai berbagai peraturan perundang-undangan yang relevan, prinsip-prinsip hukum yang mendasarinya, serta tantangan penegakan hukum di era digital. Beberapa topik utama yang dibahas pada buku ini yaitu: (1) Konsep Dasar Hukum Siber, (2) Sejarah dan Perkembangan Hukum Siber, (3) Landasan Hukum dan Regulasi Hukum Siber di Indonesia, (4) Konsep dan Jenis Tindak Pidana Cyber, (5) Hukum Privasi dan Keamanan Informasi, (6) Cyberbullying dan Tindak Pidana Siber, (7) Forensik Digital, (8) E-Commerce dan Hukum Transaksi Elektronik, (9) Perlindungan Konsumen di Era Digital, (10) Pengawasan Digital (Digital Surveillance), (11) Hukum Kekayaan Intelektual Era Digital, (12) Hukum Artificial Intelligence (AI), (13) Hukum Blockchain dan Cryptocurrency, (14) Hukum Persaingan Usaha dan Monopoli Digital, (15) Hukum Media Sosial dan Etika Digital, (16) Komparasi Hukum Siber di Berbagai Negara.
... siber sering kali harus beradaptasi dengan prinsip-prinsip internasional, memperhatikan perbedaan regulasi antarnegara dan memastikan perlindungan data dan informasi di tingkat global. Daftar Pustaka Bissonette, A. M. . (2009). Cyber law ...
Buku Transformasi Hukum mengupas secara mendalam perubahan-perubahan signifikan dalam sistem hukum yang dipicu oleh kemajuan teknologi digital. Mulai dari evolusi paradigma hukum, tantangan baru regulasi, hingga penerapan e-justice dan sistem peradilan berbasis teknologi. Buku ini membahas pula bagaimana hukum dapat menjadi alat pemberdayaan masyarakat digital melalui literasi hukum, jaminan keamanan digital, hingga perlindungan terhadap inovasi dan kewirausahaan berbasis teknologi. Tidak hanya fokus pada dimensi teoretis, buku ini juga menyajikan realitas praktis mengenai penegakan hukum di ruang siber, tata kelola digital oleh pemerintah, hingga regulasi ekonomi digital dan UMKM. Penulis mengajak pembaca untuk memahami peran hukum sebagai fondasi dalam membentuk masyarakat digital yang inklusif, adil, dan beretika. Dengan demikian, buku ini sangat relevan dibaca oleh mahasiswa, akademisi, pembuat kebijakan, hingga masyarakat umum yang peduli terhadap masa depan hukum di era transformasi digital.
... siber seperti peretasan, penipuan daring, dan penyebaran informasi palsu. Keberadaan hukum siber sangat penting ... Cyber Law Cyber Law atau Hukum Siber adalah cabang hukum yang mengatur dan memberikan landasan hukum terhadap ...
Hukum tidak lepas dari kehidupan manusia, maka untuk membicarakan hukum tidak lepas membicarakan dari kehidupan manusia. Keteraturan dan ketertiban dalam masyarakat tercapai karena proses di dalamnya, yaitu terdiri dari hubungan serta kontak antara para anggota masyarakat dilaksanakan suatu pola tertentu, urgensi pemahaman hukum cyber menjadi semakin penting dengan pesatnya berkembangan teknologi informasi yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan.
... Siber (Cyber Crime) Suatu Pengantar, Jakarta, Kencana, 2014 Niniek Suparni, Cyberspace Problematik & Antisipasi Pengaturannya, Jakarta, 2009 Ramli Ahmad, Cyber Law Dan Haki Dalam Sistem Hukum Di Indonesia, Rafika Aditama, Bandung, 2004 ...
JUDUL BUKU : Legal Drafting PENULIS : Adhe Ismail Ananda,Annisa Nurul Irviani, Nelisari,Rifka Wahyuni, St.Afini Zasmika.G, Gadriawati, Nur Hikmawati NO. QRCBN : 62-39-4034-837 PENERBIT : GUEPEDIA TAHUN TERBIT : Oktober 2023 JENIS BUKU : BUKU HUKUM, NON FIKSI KONDISI BUKU : BUKU BARU / BUKU ORIGINAL ASLI, LANGSUNG DARI PENERBITNYA Sinopsis : Legal drafting adalah kegiatan praktik hukum berupa penyusunan/perancangan Peraturan Perundang-undangan. Buku ini menjelaskan kepada pembaca seputar teori dan dasar-dasar penyusunan peraturan perundang-undangan dan pembentukan peraturan perundang-undangan yang meliputi proses, tata susunan (hierarki), jenis-jenis, fungsi dan materi muatan yang harus dituangkan dalam peraturan perundang-undangan. Buku ini dapat membantu para mahasiswa, teoritisi, teknisi dan mereka yang berhubungan dengan pembentukan peraturan perundang-undangan agar dapat memahami permasalahan tersebut secara lebih baik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys
JUDUL BUKU : Legal Drafting PENULIS : Adhe Ismail Ananda,Annisa Nurul Irviani, Nelisari,Rifka Wahyuni, St.Afini Zasmika.G, Gadriawati, Nur Hikmawati NO. QRCBN : 62-39-4034-837 PENERBIT : GUEPEDIA TAHUN TERBIT : Oktober 2023 JENIS BUKU : ...
Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami prosedur pengembangan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Pada sebagian guru, melakukan pengembangan penilaian menjadi kesulitan tersendiri, sehingga mata pelajaran tersebut lebih menekankan pada sisi kognitif. Hal ini membawa ekses yang kurang kondusif bagi perkembangan akhlak dan budi pekerti peserta didik, yaitu sisi afektif dan psikomotorik kurang diperhatikan atau dikembangkan. Secara fenomenal di lapangan, terjadi ada peserta didik yang pandai dalam sisi kognitif, namun sisi afektif dan psikomotoriknya tidak berkembang, misalnya peserta didik tidak mau menolong teman yang sedang mengalami kesulitan, sikap acuh, egois, suka membuat keributan, dan tindakan negatif lainnya. Jika memperhatikan esensi Pendidikan Agama Islam, kondisi siswa yang pandai, namun memiliki perilaku yang tidak baik, maka hal ini menjadi kontra produktif dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti itu sendiri, yaitu pertama, pengembangan spiritualitas, ketakwaan kepada Allah; kedua pengembangan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari, mempribadi dalam dirinya, seperti: perilaku kejujuran, keadilan, kesederhanaan, belas kasihan, dan kerja sama yang merupakan bagian integral dari ajaran agama Islam. Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar peserta didik, serta menggali sumber kebenaran dari Al-Quran dan Hadis Nabi Muhammad Saw., sehingga tujuan pendidikan Islam dapat dicapai, yaitu menuju kesalehan individu dan sosial, selamat dunia dan akhirat. Buku ini juga mengungkapkan strategi dan prosedur pengembangan instrumen evaluasi, baik secara teoritik maupun praktik, sehingga dihasilkan instrumen yang baik, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh ahli evaluasi. Buku yang ditulis oleh para guru dan asatidz dari berbagai sekolah/madrasah dan pesantren ini memberikan horizon yang kaya dalam penilaian Pendidikan Islam yang dikembangkan dalam institusi mereka, sehingga dapat menjadi referensi berharga bagi para pendidik, pengembang kurikulum, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk meningkatkan kualitas hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Buku ini menjadi sumber inspirasi yang penting bagi mereka yang ingin memajukan pendidikan Agama Islam melalui transformasi penilaian yang holistik. Pembaca akan diberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya penilaian yang seimbang untuk mencapai tujuan pendidikan Agama Islam.
Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar ...