Sebanyak 21388 item atau buku ditemukan

Komunikasi dan negosiasi bisnis berbasis HOTs

Buku ini merupakan bahan ajar Mata Kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis Berbasis HOTS. Buku ini didesain dengan menekankan pemahaman teori komunikasi dan kemampuan untuk mempraktekan setiap keterampilan yang dibahas. Muatan dalam buku ini disusun dengan menerapkan High Order Thingking Skill (HOTS) melalui Case Study, Project Based Learning dan Problem Based Learning agar sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Buku ini merupakan bahan ajar Mata Kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis Berbasis HOTS.

Komunikasi politik Nahdlatul Ulama

pergulatan pemikiran politik radikal dan akomodatif

On political communication of the Nahdlatul Ulama's leaders and elites in Indonesia.

orientasi ideologis menjadi kultural pada dekade 1970 - an , watak dinamis pemikiran politik Islam selalu berubah - ubah dari zaman ke zaman . Dinamisme pemikiran politik Islam ini salah satunya dipicu oleh pengalaman politik yang ...

Dinamika komunikasi politik Nahdlatul Ulama

studi atas pembaharuan pemikiran politik NU dan proses sosialisasinya pada antara 1970-1990-an : laporan penelitian

nian ajaran Islam , memberantas khurafat dan bid'ah terutama akibat pengaruh Hinduisme dan Bhudisme . Diperkenalkannya Islam kepada umat Islam Indonesia dalam wujudnya yang asli , al - Qur'an dan Sunnah Rasul .

Komunikasi politik Indonesia

dinamika Islam politik pasca-Orde Baru

Communication in politics and dynamism of Islam in politics after the New Order government in Indonesia.

Dakwah Islam dan Perubahan Sosial . Yogyakarta : PLP2M - 1985. Dakwah Islam dan Transformasi Sosial Budaya . Yogyakarta : PLP2M Alfian . 1991. Komunikasi Politik dan Sistem Politik Indonesia . Jakarta : Gramedia Pustaka Utama .

Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Sekolah Mutli-Agama

Sekolah Multi-Agama merupakan salah satu ruang interaksi sosial antar agama dalam dunia publik, sehingga mengharuskan adanya komunikasi pembelajaran yang damai dan saling menghormati. Dalam konteks ini pendidikan agama Islam menampilkan bentuk yang sangat unik. Disamping mereka menyampaikan pesan agama Islam kepada internal siswa Muslim, mereka juga dihadapkan pada situasi interaktif yang berlangsung dalam komunikasi lintas agama sehari-hari. Hal ini menuntut keterampilan para guru dalam menyampaikan pesan agama agar tidak menyinggung agama yang lain. Buku ini membahas banyak hal tentang bagaimana komunikasi yang harus diciptkan oleh seorang pendidik dalam memberikan pembelajarannya di kelas. Buku ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan beberapa waktu di dua sekolah sekaligus. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam harus mampu memberikan wawasan keragaman dengan sikap toleransi dan inklusifnya terhadap agama lain dengan saling menghormati dan menjunjung tinggi kebersamaan dalam keberagaman. Dua sekolah yang dicontohkan dalam buku ini menjadi bentuk nyata bagaimana seharusnya memberikan pembelajaran yang respectable terhadap keberadaan agama lain.

Sekolah Multi-Agama merupakan salah satu ruang interaksi sosial antar agama dalam dunia publik, sehingga mengharuskan adanya komunikasi pembelajaran yang damai dan saling menghormati.

Komunikasi Intruksional dalam Konteks Pendidikan

Pandangan Barat, Islam, dan Nusantara

Dalam sejarah, akal pikiran dan kesadaran diasah dalam kiat, teknik, atau metode tertentu. Umumnya dalam kehidupan modern sekarang, proses itu kita sebut sebagai pendidikan. Dan tempat proses itu dilakukan kita jumpa-kenali pada sekolah, entah yang terlembagakan secara formal atau pun sebaliknya. Ruang di mana anak-anak manusia diajarkan aneka ragam pengetahuan dan menjadi tempat berbagai ilmu pengetahuan dikomunikasikan oleh pengajar dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun, sering kali masalah utama dalam pembelajaran adalah tidak terkomunikasikannya pengetahuan atau pun pesan-pesan lainnya secara baik dan menyenangkan. Alhasil, kondisi mengakibatkan suasana belajar jadi hambar, berlangsung satu arah, dan membosankan. Atas keresahan itulah karya ini hadir. Buku ini secara khusus hendak menyingkap berbagai sudut pandang komunikasi instruksional, yang tidak lain merupakan himpunan bagian dari komunikasi pendidikan. Secara umum, buku ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama membahas perkembangan disiplin kajian dan perspektif dalam studi komunikasi instruksional. Bagian kedua mengupas rinci relasi komunikasi instruksional dan Islam. Isu-isu yang dibahas meliputi komunikasi instruksional dalam perspektif Islam, karakteristik utama pendidikan dan pendidik dalam sistem pendidikan Islam, dan masih banyak lagi. Bagian ketiga mengupas komunikasi instruksional dalam perspektif lokal, meliputi bahasan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dan implikasinya dalam komunikasi instruksional.

Dalam sejarah, akal pikiran dan kesadaran diasah dalam kiat, teknik, atau metode tertentu.

KOMUNIKASI TERAPEUTIK BERNUANSA ISLAMI

Manusia adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan manusia lain dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melangsungkan kehidupan, manusia akan selalu berhubungan dan berkomunikasi dengan sesamenya. Komunikasi memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia, dimana fungsi komunikasi antara lain adalah untuk memupuk hubungan dan memperoleh kebahagiaan, melalui informasi yang disampaikan oleh orang yang terlibat dalam suatu proses komunikasi.

memiliki dan menjunjung tinggi nilai-nilai dan etika Islam dalam menyampaikan maupun menerima pesan, seperti ketika berpidato, berkhotbah, berceramah, menyiarkan berita, menulis, dan lain-lain. Pola penerapan yang berbeda pada tatanan ...

Teori Komunikasi Pendidikan

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik. Komunikasi pendidikan berusaha memaksimalkan dan memberikan peserta didik kesempatan untuk mencapai keberhasilan belajar yang optimal dalam lingkungan instruksional. Kajian komunikasi pendidikan berfokus pada kajian tentang pesan dan hubungan antar guru dan siswa serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran. Pemahaman guru dan praktisi pendidikan yang tinggi terhadap pola komunikasi pendidikan berdampak pada kemudahan dalam mentransfer pengetahuan. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Konsep komunikasi dalam konteks pendidikan; Faktor-faktor Komunikasi Pembelajaran; Kompetensi Komunikasi Guru dalam Pembelajaran; Format Komunikasi dalam Pembelajaran; Komunikasi Massa dalam Pendidikan; Karakteristik Peserta Didik dan Konsekuensinya bagi Komunikasi Pembelajaran; Bahasa, Logika dan Komunikasi Verbal dan Non Verbal; Komunikasi Verbal dan Non Verbal serta Implikasinya dalam Pembelajaran; Komunikasi Efektif, Komunikasi Ekspresif dan Komunikasi Respektif serta Implementasinya dalam Pembelajaran; Strategi dan Desain Komunikasi Pembelajaran; Media Komunikasi dalam Pembelajaran; Variasi, Seleksi dalam Penggunaan Media Untuk Pembelajaran; Komunikasi Pendidikan Dalam Pembelajaran Online. Melalui buku “Teori Komunikasi Pendidikan” ini diharapkan pembaca mampu memahami secara teoritis serta mengimplementasikan bentuk komunikasi pendidikan dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik.

Ilmu Komunikasi Sekarang Dan Tantangan Masa Depan

Revolusi komunikasi telah melahirkan dua karakter baru komunikasi yang disebut proses masifikasi komunikasi dan demasifikasi. Yang pertama merupakan ciri komunikasi masyarakat industri sedang yang lain disebut sebagai ciri masyarakat informasi yang terjadi secara interaktif melalui jaringan internert atau juga terkenal dengan sebutan cyberspace community Masifikasi komunikasi yang berlangsung dalam masyarakat industri yang biasanya “padat modal” melahirkan deideologisasi dan dehumanisasi serta melemahnya keadilan sosial akibat berkembangnya kapitalisme, sekularisme, dan pragmatisme. Sebaliknya, dalam masyarakat informasi yang “kaya otak,” malah terjadi ideologisasi, humanisasi, dan keadilan sosial karena setiap individu memiliki banyak waktu untuk melakukan berbagai kegiatan. Inilah buku yang paling dapat dipertanggungjawabkan ketika kita harus berbicara tentang bentuk dan arah komunikasi di masa kini dan yang akan datang. Disusun oleh para akademisi dan praktisi komunikasi, tak pelak menjadikan buku ini sebagai acuan penting para mahasiswa komunikasi, sosiologi, dan politik, serta perlu dimiliki oleh para praktisi. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

B. Pers Islam Pers Islam adalah bagian dari komunikasi Islami. Komunikasi Islami adalah komunikasi yang berbasiskan pada nilai-nilai yang termaktub dalam al-Qur'an dan sunah Rasulullah SAW. “Muktamar Media Massa Islam Sedunia I,” ...

KOMUNIKASI MASSA

(Menelusuri Eksistensi Surat Kabar Sebagai Pemenuhan Informasi Di Kalangan Tokoh Agama Islam)

Perkembangan bidang komunikasi dan informasi begitu cepat, terutama terkait dengan media komunikasi. Meskipun demikian, media massa khususnya surat kabar masih menarik kalangan tertentu. Hal itu disamping sebagai akses untuk informasi, juga seakan telah mentradisi. Kiranya surat kabar tetap bisa eksis bahkan dapat berkembang bersama media yang lain, sehingga dengan demikian hal ini memberikan banyak pilihan bagi masyarakat. Dikatakan bahwa informasi bagaikan komoditi yang bernilai tinggi, karena itu mencari informasi adalah menjadi suatu keharusan dan keniscayaan. Sehari saja tidak mendapatkan informasi seakan ada yang tertinggal dalam kehidupan.

(Menelusuri Eksistensi Surat Kabar Sebagai Pemenuhan Informasi Di Kalangan Tokoh Agama Islam) karena dapat menghibur, dan Harian Pos Metro karena dapat mengetahui berbagai peristiwa (kasus) dan tindak kriminal yang terjadi.