Sebanyak 2604 item atau buku ditemukan

Menyegarkan Islam Kita

Islam di akhir 1990-an dan awal 2000-an memiliki pengalamannya tersendiri yang begitu menarik dan tak kalah menariknya dengan abad-abad lalu yang telah dilalui oleh sejarah Islam. Masa ini, Islam berhadapan dengan sederet fenomena dan tantangannya: kelas menengah Muslim dengan corak keberislaman yang nge-pop, temuan-temuan sains yang menggemparkan dan dihadap-hadapkan dengan Islam, terorisme atas nama Islam yang anti-Barat, oto-terorisme atas nama Islam yang mempermainkan isu sektarian, hingga Islam di era digital. Esai-esai dalam buku ini mencoba memotret semua fenomena itu di saat sedang hangat diperbincangkan di media massa. Tanpa mengurangi bobot kajian keislaman dalam bingkai loso snya, esai-esai dalam karya ini juga memiliki konteks (bersifat kontekstual) yang membuat perbincangannya ‘segar’. Buku ini semacam kumpulan pemikiran yang selama ini terserak dalam berbagai esai penulisnya, namun sebenarnya memiliki satu benang merah yang penting bagi keberislaman kita saat ini dan di sini: Indonesia. Di dalamnya memuat beberapa tema pokok: dari pemikiran teologis yang bersentuhan dengan dinding-dinding sains, pemikiran keislaman yang berseManga, Manhua & Manhwat ‘menyegarkan’ tentang berbagai fenomena keislaman, pemikiran seputar pendidikan Islam, rekaman pemikiran tokoh-tokoh besar Islam maupun non-Muslim, pemikiran tentang kebahasaan dalam bingkai Islam yang filosofis, hingga pemikiran dan tantangan Islam di zaman digital. Buku ini akan mengajak merenungkan dan ‘menyegarkan’ Islam kita di tengah tantangan ruang dan zaman yang melingkupi kita saat ini. Agar Islam kita tak lekang dan usang sebagai rahmat bagi semesta ruang dan zaman (rahmatan lil ‘alamin).

Islam di akhir 1990-an dan awal 2000-an memiliki pengalamannya tersendiri yang begitu menarik dan tak kalah menariknya dengan abad-abad lalu yang telah dilalui oleh sejarah Islam.

The Ethical School

Consequences, Consistency and Caring

Conflicts often arise between regulations, making it difficult for school management teams and teachers to resolve situations with appropriate dignity and respect for all concerned. This book discusses provocative actual case studies to help teachers to reflect on their own ethics, guiding them to make more reasonable decisions in their schools, and thereby gradually transforming schools into more cohesive and caring communities. A model of consequences, consistency and caring, each aspect based on traditional ethical theories provides a scientific base - a rational and a responsive base for ethical decision-making. This work covers such everyday problems as censorship, inclusivity, school uniform, punishment, personal gain and confidentiality, and argues that care and respect for others, equity, rational autonomy and concern for long-term benefits are more important for a school community than short-term power and control.

This work covers such everyday problems as censorship, inclusivity, school uniform, punishment, personal gain and confidentiality, and argues that care and respect for others, equity, rational autonomy and concern for long-term benefits are ...

Buku Ajar Filsafat Pendidikan

Buku ini merupakan refleksi dialektis penulis atas berbagai pemikiran filosofis yang berkembang dengan berbagai wacana dan aliran pendidikan yang berkembang saat ini. Menelaah buku ini berarti mencoba memahami pendidikan dari dua aspek, dasar pemikiran dan wacana yang berkembang. Praktik-praktik pendidikan di Indonesia sekarang ini jika dirujuk kepada dasar-dasar filosofis pendidikan akan mengalir pada pendidikan yang bercorak positivistik dan pragmatik-progresif. Di sisi lain, pendidikan di Indonesia juga berada dalam arus demokrasi, kapitalisme, dan pluralisme. Ketiga “ideologi dunia” ini terus mempengaruhi eksistensi pendidikan yang ada di Indonesia, bahkan menjadi model. Demokrasi pendidikan sudah menjadi bagian dari penyelenggaraan pendidikan di Indonesia walaupun masih ada kelemahan-kelemahan yang muncul. Kapitalisme pendidikan mulai mewabah dalam praktik-praktik penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan pluralisme pendidikan mulai digagas dan dicoba implementasinya seiring dengan berjalannya demokratisasi pendidikan di Indonesia. Namun demikian, dalam beberapa hal, wacana-wacana pendidikan ini masih menjadi polemik bagi mereka yang berkepentingan dalam dunia pendidikan. Menelaah buku ini dapat membuka horizon pemikiran pen-didikan yang lebih luas dan komprehensif; tidak hanya dalam tataran konsep, tetapi juga dalam tataran implementasi dan problematika yang terjadi di lapangan.

... philosophy attemps to understand reality as a whole by explaining it in the most general and systematic way, so ... umum dan sistematis. Pernyataan Kneller sejalan dengan pendapat Ahmad Tafsir (2010: 5) yang mengatakan bahwa objek ...

Rahasia Analisis Fundamental Saham Edisi Revisi

Buku ini akan memberikan 3 rahasia utama yang menjadi benang merah dan panduan untuk kita melakukan analisis fundamental saham. Ketiga rahasia tersebut adalah: 1. Rahasia Memahami Laporan Keuangan 2. Rahasia Analisis Perusahaan 3. Rahasia Memilih Saham (Stock Picking Technique) Ketiga rahasia di atas dapat kita gunakan dalam proses pengambilan keputusan investasi, yang tentunya dapat meminimalisir risiko, serta membantu kita menemukan saham yang berkualitas. Sehingga, kita akan memiliki dasar serta pertimbangan yang kuat sebelum menginvestasikan uang kita,

Buku ini akan memberikan 3 rahasia utama yang menjadi benang merah dan panduan untuk kita melakukan analisis fundamental saham.

Falsafah Kebudayaan Pancasila

Pancasila memuat hakikat kebudayaan yang bersumber dari nilai-nilai ketuhanan humanistik, yang menuntut perwujudannya melalui kerja kemanusiaan demi tegaknya keadilan dan keadaban manusiawi. Sayangnya, akibat perubahan basis material kebudayaan di masyarakat, nilai budaya yang luhur itu tergerus menjadi simbol tanpa arti, sehingga Pancasila tinggal menjadi “hiasan dekoratif”, tidak menjadi skenario atau “praktik pertunjukan” di atas panggung kehidupan bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, selain menampilkan kritik kebudayaan, buku ini juga mengusulkan arah implementasi falsafah budaya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tidak banyak buku yang secara serius membedah Pancasila dalam tilikan falsafah kebudayaan. Di tengah kelangkaan seperti itu, saudara Syaiful Arif memberikan kontribusi penting dengan buku ini, karena menawarkan renungan besar untuk memahami kembali Pancasila secara lebih mendalam. -- Yudi Latif, Ph.D -- Penulis Mahakarya “Negara Paripurna”

Di tengah kelangkaan seperti itu, saudara Syaiful Arif memberikan kontribusi penting dengan buku ini, karena menawarkan renungan besar untuk memahami kembali Pancasila secara lebih mendalam.

Strategi Menulis Karya Ilmiah Berbantu Teknologi untuk Pemula

Berdasarkan Permenristekdikti RI Nomor 44 tahun 2015 (Kemendikbud, 2015) dan Perubahan Permenristekdikti RI Nomor 50 tahun 2018 (Kemendikbud, 2018) lulusan perguruan tinggi memiliki standar kompetensi lulusan berdasarkan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). KKNI ini berdasarkan pada Perpres No 8 tahun 2012 (Perpres, 2012). Adapun lulusan program diploma empat dan sarjana paling sedikit mempunyai kompetensi menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan dan keterampilan tersebut secara mendalam. Lulusan program magister, magister terapan, dan spesialis satu, paling sedikit mempunyai kompetensi menguasai teori dan teori aplikasi bidang pengetahuan tertentu. Lulusan program doktor, doktor terapan, dan subspesialis paling sedikit, memiliki kompetensi menguasai filosofi keilmuan bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu. Berdasarkan uraian di atas, sangat penting bagi akademisi untuk memiliki keterampilan mencari, mengelola, menanalisa, mengevaluasi dan membuat karya yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang sedang digelutinya, serta menyebarkannya kepada publik baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Oleh karena itu, seorang akademisi dituntut untuk mampu menuliskan naskah akademik dalam bentuk skripsi, tesis, disertasi, atau artikel ilmiah lainnya. Proses penulisan karya ilmiah yang dilakukan oleh akademisi, memerlukan beragam alat dukung termasuk alat dukung teknologi untuk memudahkan mengelola sumber terpercaya, menuliskannya, memperkecil kesalahan penulisan, dan mengikuti tren zaman, sehingga menjadikan karya tulisnya terpercaya di lingkunagan akademisi secara luas. Buku ini berisi mengenai literasi media bagi calon guru dan akademisi pendidikan. Buku ini mendeskripsikan bagaimana melakukan penelusuran dan memahami informasi sehingga dapat menggunakan informasi untuk pembelajaran. Buku ini lebih fokus melatih keterampilan mahasiswa dalam mengekploitasi dunia maya untuk kepentingan penulisan karya ilmiah.

Berdasarkan Permenristekdikti RI Nomor 44 tahun 2015 (Kemendikbud, 2015) dan Perubahan Permenristekdikti RI Nomor 50 tahun 2018 (Kemendikbud, 2018) lulusan perguruan tinggi memiliki standar kompetensi lulusan berdasarkan KKNI (Kerangka ...

Renungan bagi Aktivis Dakwah Kampus

Aktivis dakwah memiliki misi suci untuk menebar Islam dengan penuh cinta kasih dan toleran, serta anti dengan segala hal atau tindakan ektremisme (melampaui batas). Dalam sejarah, Rasulullah saw., dan para sahabat selalu menekankan hal yang demikian, tapi perlu diakui tugas ini memang tidak mudah. Banyak hal yang perlu disiapkan agar dakwah tersampaikan baik, mulai dari konten hingga metode. Semuanya harus matang sehingga tidak ada kesalahpahaman antara pihak pendakwah dan yang didakwahi. Dalam buku ini Anda akan menemukan hal-hal apa saja yang perlu dimiliki oleh aktivis dakwah, yang sayangnya sering kurang diperhatikan. Perlu diperhatikan antara lain adalah, pengetahuan yang luas dan luwes atau tidak kaku, cinta kasih dan penuh kebijaksanaan, sikap terhadap orang yang berlainan paham bahkan keyakinan, dan sebagainya. Semuanya dikemas dengan gaya bahasa yang sederhana namun mendalam. Pembahasan lebih menarik karena memberikan paparan mengenai permasalahan yang sudah biasa terjadi di lingkungan keseharian terutama di lingkungan kampus, sehingga pembaca pun akan lebih mudah memahaminya.

Aktivis dakwah memiliki misi suci untuk menebar Islam dengan penuh cinta kasih dan toleran, serta anti dengan segala hal atau tindakan ektremisme (melampaui batas).

ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN: Teori & Praktek

Beberapa permasalahan pendidikan yang menonjol, di antaranya: 1) pendidikan telah kehilangan objektivitas, masih jauh dari realitas yang dihadapi peserta didik di masyarakatnya; 2) pendidikan belum mendewasakan peserta didik; 3) pendidikan tidak menumbuhkan pola berpikir kritis; 4) belum menghasilkan manusia terdidik, apalagi berakhlak; 5) pendidikan masih membelenggu; 6) belum mampu membangun individu belajar; 7) belum mampu menghasilkan kemandirian, dan 8) belum mampu memberdayakan dan membudayakan peserta didik (Djohar, 2013: 3). Pada tataran praktis, masih terdapat penyelenggaraan pendidikan “bergaya bank” (banking education) dengan ciri yang sangat “verbalism” yakni konsep mengajar merupakan pemindahan pengetahuan kepada hafalan, bukan mendorong siswa belajar untuk belajar (learn to learn). Pendidikan belum berdialog atau berhadapan dengan masalah (problem possing education) yaitu upaya meletakkan pendidikan pada kerangka dasar untuk melibatkan anak didik dalam problematisasi yang dihadapi terus menerus akan situasi eksistensial mereka (Yunus, 2004). Untuk memecahkan berbagai masalah dan menghadapi tantangan dunia pendidikan tersebut, pemerintah telah menetapkan beberapa kebijakan dalam bidang pendidikan. Terkait dengan itu, tulisan ini akan menyoroti dua kebijakan penting pemerintah Indonesia, yaitu inovasi bidang kurikulum dan peningkatan profesionalitas guru. Hal ini didasarkan pada dua asumsi: Pertama, keberhasilan untuk mencapai kemajuan tergantung pada keberhasilan mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik daripada sebelumnya, ini ditentukan oleh Standar kompetensi Lulusan (SKL) yang terkabarkan dalam kurikulum. Kedua, kunci keberhasilan meningkatkan kualitas pendidikan tergantung pada keberhasilan mempersiapkan dan menciptakan guru-guru yang profesional yang memiliki kekuatan dan tanggung jawab

Beberapa permasalahan pendidikan yang menonjol, di antaranya: 1) pendidikan telah kehilangan objektivitas, masih jauh dari realitas yang dihadapi peserta didik di masyarakatnya; 2) pendidikan belum mendewasakan peserta didik; 3) pendidikan ...

Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis dan komunikasi antar bisnis, Komunikasi dalam organisasi dan komunikasi bisnis lintas budaya, Penulisan direct request dan penulisan permintaan pesan-pesan rutin dan positif, Penulisan bad news dan penulisan pesanpesan persuasive, Rapat bisnis, Penulisan laporan bisnis dan penulisan laporan singkat, Komputer personal dan komunikasi bisnis, Internet, Teknologi penyimpanan data elektronik dalam komunikasi bisnis.

Selain itu, Hollerith terus mengembangkan potensinya di bidang teknologi hingga akhirnya mencapai cita-citanya mendirikan bisnis manufaktur komputer IBM. B. Cikal bakal komputer digital Pada tahun 1930, permulaan dari apa yang akan ...

Kepemimpinan Pendidikan

Kepemimpinan Pendidikan ini telah selesai kami buat secara semaksimal dan sebaik mungkin agar menjadi manfaat bagi pembaca yang membutuhkan informasi dan pengetahuan mengenai bagaimana Manajeman Kepemimpinan

Kepemimpinan Pendidikan ini telah selesai kami buat secara semaksimal dan sebaik mungkin agar menjadi manfaat bagi pembaca yang membutuhkan informasi dan pengetahuan mengenai bagaimana Manajeman Kepemimpinan