Sebanyak 1207 item atau buku ditemukan

Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad Karya Imam Al-Ghazali

Dunia pendidikan dalam keadaan serius. Tidak hanya serius dalam melaksanakan pelayanan dengan kualitas terbaik namun juga pendidikan memerlukan pemikiran dan upaya yang seirus terkait keberlangsungan pendidikan itu sendiri terutama masa pandemi ataupun disebut masa adaptasi kebiasaan baru saat ini membuat kompleksitas problem pendidikan semakin lengkap. Pada modern sekarang yakni era revolusi industri 4.0 masyarakat kita telah bersahabat dengan teknologi, hal ini tampak pada pemanfaatan yang mulai merata di kalangan masyarakat terkait dunia digital dalam bidang ekonomi hingga praktik pendidikannya. Akan tetapi pada tahun 2019 lalu kita dikejutkan dengan peresmian society 5.0 yang diinisiasi oleh Jepang, sebagai solusi revolusi industri 4 yang dikhawatirkan akan meniadakan peran manusia dalam dunia pendidikan khususnya karena semua aktivitas pelayanan pendidikan dilakukan oleh robot dan sebaliknya masyarakat 5.0 merupakan masyarakat yang dapat memberikan solusi penyelesaikan setiap problem dan tantangan sosial dengan memanfaatkan hasil inovasi yang terlahir pada masa revolusi industri 4.0 yaitu diantaranya internet (internet on things), data dengan jumlah besar (big data), kecerdasan buatan (artificial intelligence), serta robot guna menaikkan kualitas kehidupan manusia. Ini artinya, komponen utama yang dimanfaatkan masyarakat 4.0 adalah lebih kepada kecerdasan buatan untuk menyelesaikan problemnya, kemudian pada 5.0 ini masyarakat beralih menjadi masyarakat yang berprinsip tetap menggunakan teknologi sebagai alat, sedangkan pelaku utamanya adalah manusia. Sehingga yang semula hanya menjadikan internet sebagai sarana berbagi informasi lalu menjadikan internet sebagai perantara menjalani kehidupan. Adapun posisi buku ini yaitu memberikan orientasi untuk menentukan sikap dan peran Pendidikan Agama Islam dalam pembekalan hidup dalam bermasyarakat era 5.0 dengan berpedomankan kitab Ayyuhal Al-Walad karya Imam Al-Ghazali. Sedangkan cakupan buku ini pada bagian Pertama, menjelaskan, Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Kedua, Ilmu dan Amal Pegangan Utama Masyarakat 5.0, Ketiga, Sholat sebagai Kendaraan Tercanggih Masyarakat 5.0, Keempat, Macam-macam Perilaku Masyarakat 5.0, Kelima, Pendidikan dalam Masyarakat 5.0, Keenam, Obat Hati Masyarakat 5.0, Ketujuh, Perilaku Yang Harus Dihindari Masyarakat 5.0 , dan Kedelapan, Kunci Sukses Masyarakat 5.0.

Dunia pendidikan dalam keadaan serius.

MANAJEMEN KURIKULUM; Telaah Komparatif Antara Kurikulum Program Regular dan Akselerasi

Pendidikan merupakan proses yang sangat menentukan untuk perkembangan individu dan perkembangan masyarakat. Pendidikan sebagai upaya memanusiakan manusia pada dasarnya adalah upaya mengembangkan potensi individu sehingga dapat menjalani kehidupannya dengan optimal. Dalam pelaksanaan pendidikan ada dua istilah yang biasa kita jumpai yaitu regular dan akselerasi. Penyelenggaraan pendidikan secara reguler dilaksanakan selama ini lebih banyak bersifat massal, yang berorientasi secara kuantitas untuk dapat melayani sebanyak-banyaknya jumlah siswa. Kelemahan yang secara tampak tidak terakomodasinya kebutuhan siswa yang relatif cepat daripada yang lain tidak terlayaninya secara baik sehingga potensi yang dimiliknya tidak tersalurkan dan berkembang secara optimal. Keadaan ini menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan luar biasa memerlukan program khusus agar potensi dirinya dapat berkembang secara optimal. Saya melakukan penelitian guna menemukan manajemen kurikulum program reguler dan akselerasi di MTsN Model Sumber Bungur Pakong Pamekasan. 3. Pengembangan kurikulum program regular dan akselerasi di MTsN Model Sumber Bungur Pakong Pamekasan 3.

Pendidikan merupakan proses yang sangat menentukan untuk perkembangan individu dan perkembangan masyarakat.

TELAAH KURIKULUM : TEORI & PENGEMBANGANNYA

Buku dengan judul Telaah Kurikulum : Teori & Pengembangannya merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Paradigma Awal : Pendidikan Dan Kurikulum, 2) Pengertian Kurikulum, 3) Hakikat Kurikulum, 4) Anatomi Kurikulum, 5) Landasan Pengembangan Kurikulum, 6) Model Pengembangan Kurikulum, 7) Model Implementasi Kurikulum, 8) Tahapan Dan Prinsip Pengembangan Kurikulum, 9) Evaluasi Kurikulum, 10) Telaah Historis Kurikulum Di Indonesia, 11) Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, 12) Telaah Kurikulum Pendidikan Dasar, 13) Telaah Kurikulum Pendidikan Menengah Pertama, 14) Telaah Kurikulum Pendidikan Menengah Atas, 15) Kurikulum Pendidikan Tinggi, 16) Kurikulum Dan Mutu Pendidikan.

Buku dengan judul Telaah Kurikulum : Teori & Pengembangannya merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Telaah Kurikulum

Telaah Kurikulum Penulis : Regina Ade Darman, M.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-319-315-3 Terbit : Januari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Kurikulum merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua jenis dan jenjang pendidikan. Kurikulum harus bersifat dinamis, artinya kurikulum selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat kecerdasan peserta didik, budaya, sistem nilai, dan kebutuhan masyarakat. Kurikulum tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran dan proses pendidikan. Kurikulum hendaknya dapat dipahami dengan baik oleh guru agar dapat merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik. Oleh karena itu, para pengembang kurikulum, termasuk guru, harus memiliki wawasan yang luas dan mendalam tentang hal tersebut. Kurikulum harus selalu di-monitoring dan dievaluasi untuk perbaikan dan penyempurnaan. Terdapat banyak definisi kurikulum yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini dapat dipahami karena dasar filsafat yang dianut oleh penulis berbeda-beda. Meskipun demikian, terdapat kesamaan dari definisi-definisi tersebut yang berupa satu fungsi kurikulum, yaitu kurikulum adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Buku ini memberikan informasi kepada praktisi pendidikan tentang konsep dasar kurikulum, hakikat kurikulum, komponen kurikulum, pengembangan kurikulum, model pengembangan dan evaluasi kurikulum. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Telaah Kurikulum Penulis : Regina Ade Darman, M.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-319-315-3 Terbit : Januari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Kurikulum merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan dan ...

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR

Buku Pengembangan Bahan Ajar ini. Buku ini bisa digunakan oleh para pendidik sebagai acuan untuk mengembangkan bahan ajar. Tersusunnya buku ini tentu bukan dari usaha penulis seorang. Dukungan moral dan material dari berbagai pihak sangatlah membantu tersusunnya buku ini. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih kepada keluarga, sahabat, rekan-rekan, dan pihak-pihak lainnya yang membantu tersusunnya buku ini

Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 175-192. Tersedia: http://journal.walisongo.ac.id [Diakses pada tanggal 26 Agustus 2019]. Jakad. (2019). Jenis-jenis Bahan Ajar Cetak dan Bahan Ajar Non Cetak. [Online].

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN(Pemahaman dasar dan analisis kritis laporan keuangan)

Buku ini disusun berdasarkan pada beberapa daftar pustaka yang dilengkapi dengan berbagai macam bentuk aplikasi dan latihan soal, tentu di dalamnya telah dicantumkan standar kompetensi dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah analisis laporan keuangan ini. Secara garis besar, buku ini tercover dalam 13 Bab, yaitu antara lain: Pengantar: laporan keuangan;, Jenis dan komponen laporan keuangan;, Analisis laporan keuangan;, Analisis rasio keuangan;, Rasio likuiditas, Rasio solvabilitas, Rasio aktivitas, Rasio profitabilitas, Rasio keuangan bank, Analisis sumber & penggunaan modal kerja, Analisis perkreditan;, Analisis laba kotor; serta, Analisis break even point.

Buku ini disusun berdasarkan pada beberapa daftar pustaka yang dilengkapi dengan berbagai macam bentuk aplikasi dan latihan soal, tentu di dalamnya telah dicantumkan standar kompetensi dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh ...

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN Konsep Dasar dan Deskripsi Laporan Keuangan

Buku ini disusun berdasarkan pada beberapa daftar pustaka yang dilengkapi dengan berbagai macam bentuk aplikasi dan soal-soal, tentu di dalamnya telah dicantumkan capaian pembelajaran yang harus dicapai oleh mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah analisis laporan keuangan ini. Secara garis besar, buku ini tercover dalam 14 Bab, yaitu antara lain:  Pendahuluan: laporan keuangan;  Jenis dan komponen laporan keuangan;  Analisis laporan keuangan;  Analisis rasio keuangan;  Rasio likuiditas;  Rasio solvabilitas;  Rasio aktivitas;  Rasio profitabilitas;  Rasio keuangan bank;  Analisis sumber & penggunaan modal kerja;  Analisis perkreditan;  Analisis laba kotor; serta  Analisis break even point.  Perencanaan keuangan Penulis berharap mudah-mudahan buku ini dapat membantu mahasiswa untuk lebih termotivasi belajar analisis laporan keuangan, yang pada akhirnya mampu mengikhtisarkan temuan berdasarkan analisis dan pengambilan keputusan tentang perusahaan, terkait dengan tujuan yang telah ditetapkan manajemen perusahaan

Buku ini disusun berdasarkan pada beberapa daftar pustaka yang dilengkapi dengan berbagai macam bentuk aplikasi dan soal-soal, tentu di dalamnya telah dicantumkan capaian pembelajaran yang harus dicapai oleh mahasiswa setelah mempelajari ...

Global Health Leadership and Management

Written by an international panel of distinguished global healthexperts, this book distills valuable lessons from a wide variety ofsuccessful health programs that have been implemented around theworld. Global Health Leadership and Management givespractical suggestions for enhancing and developing the essentialskills of leadership, management, communication, and projectplanning for health care leaders. The book will assist healthleaders to work well within their communities and effectively plan,direct, implement, and evaluate effective programs andactivities. Global Health Leadership and Managementoutlines and describes such core competencies as Identifying challenges and developing and managing policy Developing strategies, pathways, and solutions Creating networks and partnerships and planning for change Learning from experience to build a generation of leaders Leading and managing teams by recognizing and celebratingsuccess

Next. Generation. of. Leaders. Joy Phumaphi ... Attaining the targets set by the global community requires a new type of leader: one who will follow, support, develop skills, and still come out in front. A Needs Assessment Today's ...

Manajemen Profetik

Konstruksi Teoretis dalam Manajemen Pendidikan Islam

Buku ini mendeskripsikan tentang tata kelola kelembagaan pendidikan (Islam) profesional yang berlandaskan pada nilai-nilai profetik (nilai humanis, liberasi, dan transendensi). Nilai-nilai ini tidak serta merta membingkai dan melandasi pengelolaan kelembagaan pendidikan (Islam), tetapi dalam buku ini penulis menyeruak ke relung terdalam manajemen pendidikan yang memiliki nilai profetik. Karenanya, penulis menyebut usaha mengkonstruksi ini dengan konsep manajemen profetik, yaitu konsep yang melatari pengelolaan lembaga pendidikan (Islam) seperti pesantren, madrasah, atau sekolah yang berbasis Islam- bersama, melalui, atau dengan nilai humanis, liberasi, dan transendensi. Tidak berlebihan apabila buku ini diharapkan mampu menjadi rujukan walaupun tidak sampai menyatakan sebagai referensi otoritatif untuk membangun lanskap teori manajemen pendidikan (Islam) yang murni dari kerangka dasar Islam. Penulis berusaha mencoba memadukan antara teori manajemen dan manajemen pendidikan konvensional dengan nilai profetik baca Alquran dan khazanah keislaman. Buku ini bisa dijadikan rujukan untuk mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 yang menjadikan manajemen pendidikan (Islam) sebagai salah satu konsentrasi mereka. Bahkan bisa digunakan oleh para peneliti dan pemerhati dinamika pengelolaan lembaga pendidikan Islam. Selamat membaca.

Karenanya, penulis menyebut usaha mengkonstruksi ini dengan konsep manajemen profetik, yaitu konsep yang melatari pengelolaan lembaga pendidikan (Islam) seperti pesantren, madrasah, atau sekolah yang berbasis Islam- bersama, melalui, atau ...

Psikologi Manajemen

Manajemen merupakan sebuah proses kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang telah ditetapkan dan ditentukan sebelumnya untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Pendidikan karakter di sekolah juga sangat terkait dengan manajemen atau pengelolaan sekolah. Pengelolaan yang dimaksud adalah bagaimana pendidikan karakter direncanakan (planning), dilaksanakan (actuating), dan dikendalikan (evaluation) dalam kegiatan-kegiatan pendidikan di sekolah secara memadai. Penerapan psikologi dalam situasi praktis berdasarkan pada pengetahuan ilmiah tentang tingkah laku. Jadi bukan dengan cara common sense, melainkan menggunakan prinsip-prinsip psikologi secara sistematis. Kehadiran buku ini merupakan bagian dari sumbangsih pemikiran penulis untuk mengkaji/membahas tentang psikologi manajemen karena psikologi merupakan ilmu tentang tingkah laku. Pada hakikatnya tingkah laku manusia itu sangat luas, semua yang dialami dan dilakukan manusia merupakan tingkah laku. Semenjak bangun tidur sampai tidur kembali manusia dipenuhi oleh berbagai tingkah laku. Dengan demikian objek ilmu psikologi sangat luas, akan tetapi di dalam buku ini fokus membahas tentang psikologi manajemen. Buku ini sangatlah penting bagi mahasiswa dan pendidik yang sedang mendalami bidang psikologi atau pendidikan karakter. Buku ini juga sangat penting bagi pendidik, tenaga pendidik, kepala sekolah, dan peserta didik untuk memahami konsep psikologi. Psikologi Manajemen ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku ini juga sangat penting bagi pendidik, tenaga pendidik, kepala sekolah, dan peserta didik untuk memahami konsep psikologi. Psikologi Manajemen ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.