Sebanyak 10 item atau buku ditemukan

Telaah Kurikulum dan Perencanaan PAUD

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik agar dimasa emas perkembangan anak mendapatkan distimulasi yang utuh, sehingga mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut adalah dengan program pendidikan yang terstruktur. Salah satu komponen untuk pendidikan yang terstruktur adalah kurikulum. Kurikulum PAUD itu sendiri adalah seperangkat bahan ajar yang diajarkan kepada peserta didik, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) untuk mencapai tumbuh kembang secara optimal.

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini.

TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA

TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PENULIS: Rosmilan Pulungan, S.Pd.,M.Pd ISBN : 978-623-251-337-2 www.guepedia.com Sinopsis: Buku ini membahas konsep hakikat kurikulum dan fungsi kurikulum, hakikat KTSP dan K.13, komponen- komponen KTSP dan K.13, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum KTSP dan K.13, konsep dasar penyusunan KTSP dan K.13, telaah kurikulum KTSP dan K.13, hakikat dan fungsi buku teks, struktur buku teks, macam-macam buku teks, hubungan antar bagian dalam buku teks, kriteria penilaian buku teks, dan telaah buku teks bahasa Indonesia .Telaah kurikulum dan buku teks bahasa Indonesia ini bermanfaat bagi mahasiswa untuk memberikan pemahaman dan penguasaan terhadap isi kurikulum, yang dapat dipergunakan untuk menyusun rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajara bahasa Indonesia di kelas untuk semua tingkatan satuan pendidikan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PENULIS: Rosmilan Pulungan, S.Pd.,M.Pd ISBN : 978-623-251-337-2 www.guepedia.com Sinopsis: Buku ini membahas konsep hakikat kurikulum dan fungsi kurikulum, hakikat KTSP dan K.13, komponen- ...

TELAAH KURIKULUM : TEORI & PENGEMBANGANNYA

Buku dengan judul Telaah Kurikulum : Teori & Pengembangannya merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Paradigma Awal : Pendidikan Dan Kurikulum, 2) Pengertian Kurikulum, 3) Hakikat Kurikulum, 4) Anatomi Kurikulum, 5) Landasan Pengembangan Kurikulum, 6) Model Pengembangan Kurikulum, 7) Model Implementasi Kurikulum, 8) Tahapan Dan Prinsip Pengembangan Kurikulum, 9) Evaluasi Kurikulum, 10) Telaah Historis Kurikulum Di Indonesia, 11) Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, 12) Telaah Kurikulum Pendidikan Dasar, 13) Telaah Kurikulum Pendidikan Menengah Pertama, 14) Telaah Kurikulum Pendidikan Menengah Atas, 15) Kurikulum Pendidikan Tinggi, 16) Kurikulum Dan Mutu Pendidikan.

Buku dengan judul Telaah Kurikulum : Teori & Pengembangannya merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Telaah Kurikulum

Telaah Kurikulum Penulis : Regina Ade Darman, M.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-319-315-3 Terbit : Januari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Kurikulum merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua jenis dan jenjang pendidikan. Kurikulum harus bersifat dinamis, artinya kurikulum selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat kecerdasan peserta didik, budaya, sistem nilai, dan kebutuhan masyarakat. Kurikulum tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran dan proses pendidikan. Kurikulum hendaknya dapat dipahami dengan baik oleh guru agar dapat merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik. Oleh karena itu, para pengembang kurikulum, termasuk guru, harus memiliki wawasan yang luas dan mendalam tentang hal tersebut. Kurikulum harus selalu di-monitoring dan dievaluasi untuk perbaikan dan penyempurnaan. Terdapat banyak definisi kurikulum yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini dapat dipahami karena dasar filsafat yang dianut oleh penulis berbeda-beda. Meskipun demikian, terdapat kesamaan dari definisi-definisi tersebut yang berupa satu fungsi kurikulum, yaitu kurikulum adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Buku ini memberikan informasi kepada praktisi pendidikan tentang konsep dasar kurikulum, hakikat kurikulum, komponen kurikulum, pengembangan kurikulum, model pengembangan dan evaluasi kurikulum. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Telaah Kurikulum Penulis : Regina Ade Darman, M.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-319-315-3 Terbit : Januari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Kurikulum merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan dan ...

TELAAH KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis. Tujuannya adalah agar pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dapat dirancang sesuai kebutuhan anak berdasarkan tahapan perkembangan dan pertumbuhan anak. Kurikulum merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran. Kurikulum akan mengarahkan anak mau diapakan anak tersebut, dan dijadikan apa anak tersebut. Oleh sebab itu, pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) agar anak mencapai tumbuh kembang secara optimal. Dalam usaha memberikan pemahaman tentang apa dan bagaimana kurikulum PAUD yang dapat mengoptimlakan tumbuh kembang anak, penulis mencoba memberi gagasan tentang kurikulum PAUD dari berbagai perspektif. Selain itu, Penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dari landasan yang kokoh bagi pelaksana perancangan kurikulum PAUD baik di Perguruan Tinggi, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, maupun bagi pihak- pihak yang berkepentingan. Bahan ajar ini berisi materi tentang pengertian kurikulum; konsep dasar kurikulum; Landasan kurikulum; Peran dan Fungsi kurikulum; Hakikat dan Dimensi Kurikulum, proses penyusunan kurikulum, Model- Model Kurikulum Anak Usia Dini, Teori- teori Evaluasi kurikulum, Evaluasi Kurikulum Anak Usia Dini. Bahan ajar ini dirancang agar dapat digunakan mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya. Materi ini diberikan mahasiswa PG- PAUD dengan harapan dapat mengimplementasikan hasil perkuliahan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai. Calon guru PAUD harus memiliki kualifikasi akademik yang memadai tentang konsep dasar kurikulum, hakikat kurikulum dan pendekatan kajian teoritik maupun praktik mengenai kurikulum. Modul ini tidak satu-satunya yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam menambahkan materi lainnya sebagai suplemen bagi pengembangan materi sesuai dengan karakteristik peserta didik dan perkembangan ilmu.

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis.

Telaah Kurikulum SMP di Indonesia

Buku telaah kurikulum menjadi dasar memahami konsep kurikulum yang telah diterapkan di Indonesia dan juga menggambarkan secara fundamental kurikulum 2013 serta menjabarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang sedang berlaku. Diharapkan hadirnya buku ini memberi panduan baik mahasiswa, guru dan praktisi pendidikan dalam melakukan telaah terhadap kurikulum khususnya di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Buku telaah kurikulum menjadi dasar memahami konsep kurikulum yang telah diterapkan di Indonesia dan juga menggambarkan secara fundamental kurikulum 2013 serta menjabarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang sedang berlaku.

Telaah Kurikulum

Buku ini berisikan 7 bab materi diantaranya adalah 1) Bab I model konsep kurikulum, 2) Bab II azas dan prinsip pengembangan kurikulum, 3) Bab III model, pendekatan, dan orientasi pengembangan kurikulum, 4) Bab IV evaluasi kurikulum, 5) Bab V perkembangan kurikulum sekolah dari masa ke masa, 6) Bab VI kurikulum 2013, 7) Bab VII penelitian berbasis kurikulum. Buku ini dikemas dengan bahasa yang mudah untuk dipahami dan mengikuti perkembangan kurikulum saat ini. Penggunaan buku ini semoga bermanfaat untuk semuanya.

Buku ini berisikan 7 bab materi diantaranya adalah 1) Bab I model konsep kurikulum, 2) Bab II azas dan prinsip pengembangan kurikulum, 3) Bab III model, pendekatan, dan orientasi pengembangan kurikulum, 4) Bab IV evaluasi kurikulum, 5) Bab ...