Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad Karya Imam Al-Ghazali

Dunia pendidikan dalam keadaan serius. Tidak hanya serius dalam melaksanakan pelayanan dengan kualitas terbaik namun juga pendidikan memerlukan pemikiran dan upaya yang seirus terkait keberlangsungan pendidikan itu sendiri terutama masa pandemi ataupun disebut masa adaptasi kebiasaan baru saat ini membuat kompleksitas problem pendidikan semakin lengkap. Pada modern sekarang yakni era revolusi industri 4.0 masyarakat kita telah bersahabat dengan teknologi, hal ini tampak pada pemanfaatan yang mulai merata di kalangan masyarakat terkait dunia digital dalam bidang ekonomi hingga praktik pendidikannya. Akan tetapi pada tahun 2019 lalu kita dikejutkan dengan peresmian society 5.0 yang diinisiasi oleh Jepang, sebagai solusi revolusi industri 4 yang dikhawatirkan akan meniadakan peran manusia dalam dunia pendidikan khususnya karena semua aktivitas pelayanan pendidikan dilakukan oleh robot dan sebaliknya masyarakat 5.0 merupakan masyarakat yang dapat memberikan solusi penyelesaikan setiap problem dan tantangan sosial dengan memanfaatkan hasil inovasi yang terlahir pada masa revolusi industri 4.0 yaitu diantaranya internet (internet on things), data dengan jumlah besar (big data), kecerdasan buatan (artificial intelligence), serta robot guna menaikkan kualitas kehidupan manusia. Ini artinya, komponen utama yang dimanfaatkan masyarakat 4.0 adalah lebih kepada kecerdasan buatan untuk menyelesaikan problemnya, kemudian pada 5.0 ini masyarakat beralih menjadi masyarakat yang berprinsip tetap menggunakan teknologi sebagai alat, sedangkan pelaku utamanya adalah manusia. Sehingga yang semula hanya menjadikan internet sebagai sarana berbagi informasi lalu menjadikan internet sebagai perantara menjalani kehidupan. Adapun posisi buku ini yaitu memberikan orientasi untuk menentukan sikap dan peran Pendidikan Agama Islam dalam pembekalan hidup dalam bermasyarakat era 5.0 dengan berpedomankan kitab Ayyuhal Al-Walad karya Imam Al-Ghazali. Sedangkan cakupan buku ini pada bagian Pertama, menjelaskan, Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Kedua, Ilmu dan Amal Pegangan Utama Masyarakat 5.0, Ketiga, Sholat sebagai Kendaraan Tercanggih Masyarakat 5.0, Keempat, Macam-macam Perilaku Masyarakat 5.0, Kelima, Pendidikan dalam Masyarakat 5.0, Keenam, Obat Hati Masyarakat 5.0, Ketujuh, Perilaku Yang Harus Dihindari Masyarakat 5.0 , dan Kedelapan, Kunci Sukses Masyarakat 5.0.

Dunia pendidikan dalam keadaan serius.

Metro Tempo Dulu

Sejarah Metro era Kolonisasi 1935-1942

Buku Metro Tempo Dulu: Sejarah Metro Era Kolonisasi 1932-1942 ini disusun sebagai upaya eksplanasi sejarah Metro pada periode awal sampai pertengahan abad XX. Metro lahir sebagai dampak pelaksanaan politik etis dan pengaruh kapitalisme modern yang berkembang pada awal abad ke-20. Selain itu secara praktis, buku ini disusun untuk memperkaya literatur mengenai Metro tempo dulu yang oleh banyak pihak dirasa masih terbatas jumlahnya. Buku ini membahas mengenai latar belakang kolonisasi, kebijakan kolonisasi di daerah Lampung, sistem-sistem kolonisasi, perluasan kolonisasi dan sejarah terbentuknya Metro, kehidupan sosial kolonis Jawa di Metro, sistem pemerintahan masa kolonisasi di Metro, aspek keagamaan di Metro tahun 1935-1942. Pada bab akhir menampilkan foto-foto yang ada kaitannya dengan dinamika perkembangan Metro sebagai wilayah penempatan para kolonis dari Jawa.

Buku Metro Tempo Dulu: Sejarah Metro Era Kolonisasi 1932-1942 ini disusun sebagai upaya eksplanasi sejarah Metro pada periode awal sampai pertengahan abad XX. Metro lahir sebagai dampak pelaksanaan politik etis dan pengaruh kapitalisme ...