Sebanyak 147 item atau buku ditemukan

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RISET

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RISET PENULIS: Dr. Abdul Rahman, M.Pd. Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-363-0 Terbit : Juli 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Model pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan, sehingga dapat dipastikan bahwa setiap guru memiliki model pengembangan pembelajaran yang berbeda-beda, yang disesuaikan dengan masing-masing tujuan yang ingin dicapai oleh setiap mata pelajaran tersebut, membutuhkan kemampuan pendidik dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai dan bervariasi agar peserta didik tidak merasa bosan. Adanya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran akan menumbuhkan motivasi yang tinggi dan pada akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar. Pengembangan model pembelajaran PAI berbasis riset, dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan pembelajaran discovery learning, cooperatif learning, problem-based learning, problem-solving, active learning, dengan sintak, orientasi peserta didik kepada masalah, mengorganisasikan peserta didik, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menyeleksi hasil jawaban yang terkait dengan materi, siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan proses pembelajaran, menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah. Efektifitas model pembelajaran PAI berbasis riset (a) mengenal apa dan bagaimana meneliti itu. Mereka tidak akan canggung lagi dalam mengerjakan skripsi nantinya. (b) terlatih berpikir, menganalisis dan mengemukakan serta mempertahankan ide. (c) terlatih bekerja secara terencana. (d) terlatih bekerja keras, dan (e) terlatih bekerja dalam tim dan berhubungan dengan orang lain serta menjalin kerjasama/jaringan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Tahap-tahap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis riset. Adapun tahapan penelitian mulai dari kajian pendahuluan permasalahan yang diteliti, penyiapan rancangan model pembelajaran PAI berbasis riset yang akan dikembangkan, ...

TRANSFORMASI RELIGIUSITAS MODEL FULL DAY SCHOOL

TRANSFORMASI RELIGIUSITAS MODEL FULL DAY SCHOOL PENULIS: Dr. Bambang Supradi, M.Pd. EDITOR : Dr. NURHADI,S.Pd.I.,S.E.Sy.,S.H.,M.Sy.,MH.,M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-294-322-3 Terbit : Agustus 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Model Full Day School dalam Pembinaan terdiri dari Pembinaan Aqidah, Pembinaan Ibadah dan Pembinaan Akhlak. Pembinaan Keagamaan dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang termuat dalam materi pelajaran K-13 menggunakan model webbed yang dipandu oleh silabus dan RPP. Pembinaan intrakurikuler dalam pembentukan Aqidah, dan ibadah dilakukan melalui proses pembelajaran dengan berbagai metode seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi, latihan dan penugasan. Sumber belajar yang digunakan adalah buku pegangan guru dan siswa, LKDP dan Al-Qur’an dengan menggunakan media in-fokus, sedangkan dalam pembinaan akhlak dengan cara menanamkan nilai-nilai religius, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan dan tanggung jawab. Sementara dalam pembinaan ekstrakurikuluer dilakukan dengan berbagai kegiatan dan aktivitas seperti shalat berjama’ah, tuntas bacaan Qur’an, pesantren kilat, pembacaan hadits-hadits rasul, MABIT (malam bina Iman dan Takwa), infaq harian, kerja bakti, bakti sosial, peringatan hari besar Islam, santunan dan kunjungan anak yatim ke panti asuhan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Negeri Pekanbaru adalah di kelas pembelajaran PAI sudah terpasang foto presiden dan wakil presiden, bendera Negara, serta lambang Negara. Selain itu dalam pembelajaran khususnya menghargai karya orang lain, guru memberikan penekanan ...

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Buku ini menjelaskan tentang model dan metode pembelajaran Inovatif yang digunakan dalam pembelajaran diharapkan dapat mendorong peran aktif peserta pelatihan. Akhirnya, ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada tim penyusun dan tim penyempurna atas tenaga dan pikiran yang dicurahkan untuk mewujudkan modul ini.

Buku ini menjelaskan tentang model dan metode pembelajaran Inovatif yang digunakan dalam pembelajaran diharapkan dapat mendorong peran aktif peserta pelatihan.

Perjuangan Meraih Award Kompetisi Digital Madrasah dan PAI

Guru adalah salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan. Guru merupakan motivator dan inovator sekaligus inspirator bagi lingkungannya tempat mengajar maupun siswanya. Dalam kondisi pandemi ini, para guru dan penulis ini memberikan inspirasi kepada kita bahwa meski dalam keadaan sesulit apapun, harus tetap berkarya. Manusia tentu tidaklah selamanya ada di dunia ini, hanya saja namanya akan tetap hidup abadi ke generasi selanjutnya lewat karya-karyanya yang bermanfaat dan penuh inspirasi. Harimau mati meninggalkan belang, Gajah mati meninggalkan gading. Bagaimana dengan kita? Kita mati meninggalkan apa? Itu adalah ungkapan yang sering kita dengar. Ungkapan itu bukan hanya sekedar ungkapan tapi perlu kita renungkan dan kita kaji. Apa yang dapat kita tinggalkan setelah kita tidak ada. Sebagai orang yang berilmu tentu saja kita akan meninggalkan sebuah karya yang dapat dijadikan kenangan bahwa kita itu ada dengan hasil karyanya. Karya apa yang dapat dijadikan kenangan? Tentu saja diantaranya yaitu tulisan, video, dan lain-lain. Karya abadi yang tidak akan habis oleh masa dan hilang oleh waktu. Tulisan itu sebagai bukti bahwa kita pernah berkarya. Tulisan yang kita tuangkan akan jadi bahan bacaan yang sangat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Bacaan yang bermakna dan bermanfaat yang dihasilkan oleh para guru Kabupaten Cilacap berupa buku. Buku itulah yang membuktikan kita sudah meninggalkan karya yang dapat dijadikan kebanggaan. Tulisan hasil karya para guru di Cilacap ini menjadi bukti bahwa guru madrasah dan Pendidikan Agama Islam hebat dan kreatif. Hasil tulisan buku antologi Perjuangan Meraih Award ini adalah hasil nyata dari gerakan Guru Menulis. Selamat saya ucapkan bagi guru yang telah menghasilkan buku hasil karyanya. Alhamdulillah saya selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap sangat bangga dengan hasil karya yang berupa buku ini. Mari hidupkan literasi di Kabupaten Cilacap dengan karya-karya guru.

Dengan pola pikir yang positif dapat membantu menerapkan model pembelajaran berbasis digital yang telah ... Ada yang menggunakan media Google Classroom, e-learning, Google Formulir, Quizz, dan ada yang lebih keren lagi pakai Google Meet ...

Belajar Bahasa Arab Secepat Kilat! Plus Kamus Pintar 3 Bahasa (Arab-Inggris-Indonesia)

Panduan Belajar Bahasa Arab Terpadu dan Super Mudah

"Belajar bahasa Arab? Wah, pasti sulit, ya?" Jika seseorang ingin lihai berkomunikasi menggunakan bahasa Arab atau mudah memahami tuIisan-tuIisan berbahasa Arab, ia harus "memenjarakan" diri sekian tahun di pesantren, pergi ke suatu daerah untuk mengikuti kursus di lembaga tertentu selama berbulan-bulan, dan seabrek "keharusan" yang serba sulit lainnya. Inilah problem yang menjadikan bahasa Arab terkesan sangat sulit dipelajari dan dikuasai. Buku ini hadir ke hadapan Anda untuk membantah semua klaim tersebut. Semua materi yang terangkum di dalam buku ini dikemas dan disajikan dengan sangat mudah, menyenangkan, sistematis, dan jauh dari kesan ruwet. Hal tersebut dikarenakan pembahasan ilmu tata bahasa Arab memiliki keterkaitan yang sangat erat satu sama lain. Oleh sebab itu, buku ini disusun dengan terlebih dahulu membahas materi-materi yang paling mendasar dan penting untuk dipahami, baru kemudian disusul dengan berbagai pembahasan yang merupakan pengembangannya. Disajikan dengan pola penyampaian sederhana, sangat praktis, dan mudah dipelajari! Tak salah, bila Anda belajar bahasa Arab bersama buku ini, dari nol sekalipun, kin i bahasa Arab bisa Anda tebas secepat kilat! Selain itu, buku ini juga memuat kamus pintar 3 bahasa (Arab-Inggris-Indonesia), yang memudahkan Anda dalam menguasai bahasa Arab secara terpadu dan super mudah.

"Belajar bahasa Arab?

Pemahaman Praktis Ulumul Qur'an

Al-Qur’an menjadi petunjuk hidup bagi manusia yang mendambakan kebahagiaan yang hakiki. Manusia wajib mengikuti petunjuk-petunjuk Al-Qur’an. Ketika manusia jauh dari petunjuk hidupnya, maka sesungguhnya mereka telah “membinatangkan” dirinya. Telah tampak di hadapan mata kita, seseorang yang tidak berpedoman pada Al-Qur’an, maka perilakunya tidak jauh beda dengan binatang. Jangan bersedih jika engkau tidak dihargai, tetapi bersedihlah jika tidak berharga lagi. Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil, tetapi jadilah manusia yang bermanfaat. Bertemanlah dengan orang yang suka membela kebenaran. Dialah hiasan di kala kita senang dan perisai di waktu susah. Namun, kita tidak akan pernah memiliki seorang teman, jika kita mengharapkan seseorang tanpa kesalahan. Semua manusia itu baik, jika kita bisa melihat kebaikan dan keunikannya. Sebaliknya, semua manusia itu akan buruk dan membosankan, jika kita tidak bisa melihat keduanya. Hidup tanpa rencana tak ubahnya melangkah tanpa arah. Ibaratnya perjalanan tanpa tujuan. Tujuan akhir manusia adalah surga, maka ikutilah petunjuk Al-Qur’an Al-Karim.

Al-Qur’an menjadi petunjuk hidup bagi manusia yang mendambakan kebahagiaan yang hakiki.

BUKU AJAR KONSEP DASAR PAUD

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan sebelum memasuki sekolah dasar. Pendidikan ini diperuntukkan bagi anak usia 0 – 6 tahun. Dalam melaksanakan pendidikan anak usia dini diperlukan bekal pengetahuan dan pemahaman yang memadai supaya anak-anak dapat terlayani dengan baik sesuai dengan tingkat perkembangannya. Pengetahuan dan pemahaman terhadap pendidikan anak usia dini sangat diperlukan, khususnya bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). Mereka adalah calon-calon pendidik anak usia dini yang akan berhadapan langsung dengan anak-anak. Di samping itu, mereka sebagai akademisi juga mempunyai peran penting untuk mensosialisasikan dan memajukan pendidikan anak usia dini di masyarakat. Sebagai upaya mempermudah dalam mengetahui dan memahami pendidikan anak usia dini tersebut penulis mempersembahkan sebuah buku berjudul ‘Buku Ajar Konsep Dasar PAUD’. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa maupun dosen PGPAUD di seluruh Indonesia sebagai pegangan dan tambahan refrensi mata kuliah Konsep Dasar PAUD. Dengan buku ajar ini diharapkan mahasiswa dapat belajar dengan mudah sehingga kelak mereka dapat menjadi pendidik-pendidik PAUD yang profesional.

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan sebelum memasuki sekolah dasar.

TASAWUF DAN COVID-19

Pandemi virus corona (Covid 19) telah “menghantui” masyarakat global, khususnya warga negara Indonesia. Wabah corona ini menjadikan kehidupan masyarakat tergoncang, terombang-ambing, sehingga mereka mengalami kegelisahan, kekhawatiran, ketakutan dan kepanikan yang luar biasa sampai-sampai “mengalahi” ketakutannya kepada Tuhan. Memang tidak bisa dipungkiri wabah ini sangat cepat menyebar dan efek yang ditimbulkan tidak hanya flu, demam, batuk biasah tapi sampai pada kematian. Mungkin efek “kematian” inilah yang menjadi “momok” masyarakat global. Kepanikan dan ketakutan yang berlebih inilah yang menyebabkan mereka melupakan kekuatan, kekuasaan Allah Swt Zat yang maha segala-galanya. Sehingga, berbagai upaya lahir dilakukan dengan “memborong” berbagai bahan alami (rempah-rempah), masker, dan bahan-bahan yang dianggap mampu menangkal virus ini. Mereka dilupakan oleh situasi dan kondisi, bahwa ada upaya ruhani yang tidak kalah “jitu”nya dengan usaha-usaha lahir tersebut. Upaya ruhani ini sebagai langkah untuk membangun kembali hubungan kedekatan dengan sang Kuasa, memupuk keyakinan yang “mantap” kepada-Nya, bahwa Dia sebaik-baik Penolong, Dia Maha Pengasih, Penyayang, dan Dia tidak akan membiarkan hamba-Nya berada di dalam jurang “kesedihan” selamanya. Untuk itu, melalui ajaran tasawuf, penulis ingin menyampaikan bahwa dalam menghadapi wabah ini diperlukan juga usaha batin yang itu diajarkan dalam ilmu tasawuf untuk mengontrol hati, mensucikan jiwa, mendekatkan diri kepada Allah Swt, serta menenangkan ruhani agar tidak menjadi “budak” ketakutan makhluk-Nya yang kecil yang tak kasat mata ini (Covid 19).

Pandemi virus corona (Covid 19) telah “menghantui” masyarakat global, khususnya warga negara Indonesia.

Hakikat Ilmu Tasawuf

Tasawuf melatih jiwa dan membebaskan kita dari hal negatif kehidupan yang tercermin pada akhlak mulia dan kita makin dekat kepada Allah Swt. Ilmu tasawuf wajib dipelajari, karena segala sesuatu ada hakikat dan maknanya (tujuan). Datang ditemani tangis, pergi juga ditemani tangis. Maka dari itu tetaplah bersyukur dalam segala keadaan apapun Membangun rumah penting, Membangun Akhlak Mulia jauh lebih penting Apabila seorang mukmin sukses dalam mengendalikan hawa nafsu, maka ia akan mampu menahan diri dari segala larangan Allah Swt dan tidak berat dalam melaksanakan semua perintah-Nya.

Tasawuf melatih jiwa dan membebaskan kita dari hal negatif kehidupan yang tercermin pada akhlak mulia dan kita makin dekat kepada Allah Swt. Ilmu tasawuf wajib dipelajari, karena segala sesuatu ada hakikat dan maknanya (tujuan).