Sebanyak 101 item atau buku ditemukan

INOVASI PEMBELAJARAN DAN TEKNOLOGI BANTU (TEKNOLOGI ASISTIF) MANUAL BOOK PRAKTIK JURNALISTIK UNTUK MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN KHALAYAK

Menulis ialah keterampilan berbahasa aktif produktif, yang enting dan harus dikuasai oleh setiap mahasiswa. Pada jenjang pendidikan sarjana, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, mata kuliah Praktik Jurnalistik menjadi mata kuliah pilihan yang ditempuh oleh mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis jurnalistik sebagai suatu keterampilan yang harus dikuasai, tidak hanya secara teoretis tetapi juga praktik untuk menunjang profesi keguruan, khususnya guru Bahasa Indonesia. Manual Book Praktik Jurnalistik ini diterbitkan untuk menjawab kebutuhan mahasiswa calon guru, baik mahasiswa berkebutuhan khusus maupun mahasiswa pada umumnya, para guru Bahasa Indonesia sebagai bekal, dan rujukan dalam meninjau teori keterampilan menulis serta penerapannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan dinamisnya perubahan kurikulum 2013 dan era Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Manual Book Praktik Jurnalistik ini dihadirkan untuk membantu dan mendukung kegiatan belajar mahasiswa disabilitas/berkebutuhan khusus dengan hambatan lamban belajar (slow leaner), interaksi sosial, berkepribadian tertutup, kesulitan konsentrasi, dan menulis. Materi pada buku ini dirancang untuk memberi penguatan dan motivasi bahwa siapa pun bisa menulis, bahkan mereka yang memiliki hambatan khusus sekalipun.

Menulis ialah keterampilan berbahasa aktif produktif, yang enting dan harus dikuasai oleh setiap mahasiswa.

Fisika Dasar Terintegrasi Nilai Al-Qur’an: Bintang Pustaka

Materi fisika yang akan dibahas dikaitkan dengan nilai-nilai Islam atau ayat-ayat Al-Quran dan ilmu pengetahuan agama Islam. buku ini dilengkapi dengan ayat-ayat Al-Quran dan penjelasannya mengenai ilmu fisika yang disajikan. Buku ini juga dilengkapi ilmuwan sains fisika baik dalam kalangan muslim maupun kalangan non muslim. Dengan belajar menggunakan buku ini, kita dapat mengetahui bahwa sesungguhnya Allah telah memberikan banyak informasi tentang ilmu pengetahuan fisika dalam Al-Qur’an, akan tetapi tidak semua ilmu pengetahuan ada dalam Al-Qur’an.

Setiap Orang yang dengan tanpa hak melakukan pelanggaran hak ekonomi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf i untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda ...

DAKWAH DALAM AL-QUR'AN

Bagi kaum muslimin, al-Qur’an diyakini sebagai mu’jizat terbesar di sepanjang zaman. Al-Qur’an mempunyai banyak keistimewaan, baik dari segi keindahan, susunan ayat, munasabah antar ayat dan antar surat maupun dari segi penggunaan terma serta kandungan maknanya. Al-Qur’an adalah suatu kitab yang terbuka untuk dipelajari, dipahami, ditelaah dan dianalisis. Hal itu terlihat dari berbagai tantangannya, baik tantangan yang menyangkut redaksi maupun tantangan yang menyangkut isi kandungannya. Agar al-Qur’an sebagai kalamullah yang menjadi mukjizat terbesar itu, betul-betul dapat menjadi petunjuk dan alat komunikasi serta dapat menyentuh persoalan dunia nyata, yaitu kehidupan manusia di dunia kini, kegiatan pemahaman dan penafsiran al-Qur’an menjadi sangat penting dan harus lebih terbuka dan mencakup semua persoalan yang diinformasikannya. Oleh karena itu, manusia yang juga dianugerahi akal dan pikiran dituntut berusaha mencurahkan segala potensi insaninya untuk merenungkan dan menggali isi kandungan sehingga dapat mengambil pelajaran dan petunjuk darinya. Dalam hal ini, keterlibatan daya nalar manusia sangat diperlukan.

Setiap Orang yang dengan tanpa hak melakukan pelanggaran hak ekonomi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf i untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan/atau pidana denda paling ...

TELAAH KURIKULUM : TEORI & PENGEMBANGANNYA

Buku dengan judul Telaah Kurikulum : Teori & Pengembangannya merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Paradigma Awal : Pendidikan Dan Kurikulum, 2) Pengertian Kurikulum, 3) Hakikat Kurikulum, 4) Anatomi Kurikulum, 5) Landasan Pengembangan Kurikulum, 6) Model Pengembangan Kurikulum, 7) Model Implementasi Kurikulum, 8) Tahapan Dan Prinsip Pengembangan Kurikulum, 9) Evaluasi Kurikulum, 10) Telaah Historis Kurikulum Di Indonesia, 11) Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, 12) Telaah Kurikulum Pendidikan Dasar, 13) Telaah Kurikulum Pendidikan Menengah Pertama, 14) Telaah Kurikulum Pendidikan Menengah Atas, 15) Kurikulum Pendidikan Tinggi, 16) Kurikulum Dan Mutu Pendidikan.

Buku dengan judul Telaah Kurikulum : Teori & Pengembangannya merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

METODOLOGI STUDI ISLAM

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Aspek-aspek sasaran studi Islam yaitu aspek keagamaan dan aspek keilmuwan. Dari sisi pengertian studi islam secara sederhana adalah usaha mendasar dan sistematis untuk mengetahui, memahami dan membahas secara mendalam seluk beluk yang berhubungan dengan agama Islam, baik ajaran maupun praktek pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sepanjang sejarah.

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan.

Kumpulan Materi dan Soal Latihan Persiapan Ujian Tahun 2019/2020 Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas IX

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena bimbingan-Nya, penerbit bisa menyelesaikan penyusunan buku “SIAP Ujian Nasional 2019/2020”. Ujian Nasional dalam sistem kependidikan di Indonesia masih merupakan bagian yang sangat penting dari keberhasilan proses pembelajaran. Ujian Nasional (UN) perlu diselengarakan untuk mengukur pencapaian kompetensi ulusan peserta didik dan untuk melakukan pemetaan tingkat hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu setiap peserta didik wajib mempersiapkan diri sedini mungkin, baik dari segi penguasaan materi maupun mental, dengan demikian akan benar-benar siap mengikuti Ujian Nasional. Buku “Siap Ujian Nasional 2019/2020” jenjang satuan pendidikan SMP/MTs merupakan bekal untuk menyiapkan diri peserta didik untuk menempuh Ujian Nasional. Dilengkapi dengan Ringkasan Materi, contoh soal dan pembahasan, dan Soal Latihan sesuai dengan Kisi-kisi UN yang berlaku. Buku ini layak dijadikan panduan untuk menghadapi Ujian Nasional. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada penyusunan buku ini. Untuk itu, penulis mengundang pembaca memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan dalam penyusunan buku, serta ilmu pengetahuan yang akan disajikan bagi para peserta didik.

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.

Hafal Mahir Materi Geografi SMA/MA KELAS 11, 12, 13

Buku Hafal Mahir Materi Geografi SMA/MA Kelas 10, 11, 12 merupakan buku belajar yang mudah dibawa, praktis, dan lengkap. Buku ini berisi : 1. Ringkasan Materi Geografi Materi lengkap dari kelas 10, 11, 12 yang disajikan secara sistematis yang disusun per pokok bahasan. 2. Latihan Soal dan Kunci Jawaban Latihan soal per pokok bahasan yang berguna untuk menguji pemahaman siswa tentang materi pelajaran Geografi yang telah dipelajari. 3. Info Seputar Geografi Informasi tambahan seputar materi pelajaran Geografi yang perlu diketahui. Buku Hafal Mahir Materi Geografi SMA/MA Kelas 10, 11, 12 disusun untuk membekali siswa dalam persiapan ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan Ujian Nasional. Buku ini diharapkan dapat menjadi solusi belajar menyenangkan kapan dan di mana saja. Selamat belajar dan semoga sukses!

Berdasarkan Skala (1) Peta teknik/kadaster, skala 1: 100 s.d. 1 : 5.000. (2) (3) (4) c. (5) Peta Peta Peta Peta skala sangat skala skala sedang/medium, besar, kecil, kecil/geografis, D ig ita skala skala l b 500.000 lis 1 h : in 5.000 ...

MODUL AJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP ANAK USIA DINI

Judul : MODUL AJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP ANAK USIA DINI Penulis : Ira Ririhena, M. Pd Ukuran : 15,5 cm x 23 cm Tebal : 140 Halaman ISBN : 978-623-6872-52-9 Lingkungan Hidup menjadi issue global dalam tatanan merawat bumi sebagai tempat tinggal dan keberlangsungan mahkluk ciptaan Tuhan. Dinamika lingkungan hidup dapat diatasi melalui berbagai strategi penanganannya sesuai kapasitas sumber daya manusia yang diberdayakan. Domain Pendidikan Lingkungan Hidup mencakup seluruh sistem pendidikan pada jenjang Perguruan Tinggi hingga Anak Usia dini. Pentingnya Pendidikan lingkungan Hidup harus dimulai sejak dini kepada anak sebagai generasi peduli alam. Anak memiliki peran untuk mengenal lingkungan hidup yang dimulai dari pengenalan dirinya sendiri, keluarga, sekolah dan masyarakat dalam mewujudkan nilai-nilai integrasi PLH AUD ke ranah lingkungan yang lebih luas. Buku ini merupakan panduan belajar bagi mahasiswa/para pelajar, pegiat dan penyintas lingkungan Hidup dan fokus kepada para guru PAUD yang menjadi ‘gerbang’ utama dalam mendidik anak usia dini. Penulis menyajikan konsep, metode, strategi PLH AUD, pedagogi PLH dan langkah-langkah praktis penerapan PLH, lingkungan ramah anak, serta bagaimana menyusun rencana belajar PLH bagi anak usia dini yang menjadi bagian integral pendidikan lingkungan hidup (PLH).

Judul : MODUL AJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP ANAK USIA DINI Penulis : Ira Ririhena, M. Pd Ukuran : 15,5 cm x 23 cm Tebal : 140 Halaman ISBN : 978-623-6872-52-9 Lingkungan Hidup menjadi issue global dalam tatanan merawat bumi sebagai ...

Karakter Nasionalis Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Siswa SMA

Pembelajaran sejarah sejatinya memainkan peranan yang strategis dalam pembentukan karakter, karena sejarah sebagai pelajaran menginformasikan berbagai peristiwa yang dapat di jadikan teladan. Belajar sejarah merupakan kegiatan untuk mengurai kembali memori yang ada untuk di jadikan nilai. Belajar sejarah adalah melihat diri sendiri. Dengan melihat diri sendiri sesungguhnya pembelajar telah mengukur kemampuannya. Sehingga dengan demikian, dapat menentukan pilihan terbaik untuk dirinya. Pada tataran inilah syarat menjadi guru kehidupan dan menjadikan orang bijak. Buku ini mengulas tentang karakter nasionalisme dan pembelajaran sejarah yang dilakukan pada satuan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas. Siswa SMA merupakan generasi yang berada dalam suasana kejiwaan yang menjurus pada proses pembentukan karakter. Agar dalam proses ini tidak terjadi salah langkah, kiranya perlu hal-hal yang dapat di jadikan sebagai panduan dalam mewujudkan karakter yang terukur. Karakter nasionalisme dalam pembelajaran sejarah dimaksudkan untuk mengisi hal-hal yang dapat membentuk karakter sekaligus dapat dijadikan sebagai panduan untuk mengukur kelayakan pembelajar sebagai generasi yang berkarakter nasionalis.

Pembelajaran sejarah sejatinya memainkan peranan yang strategis dalam pembentukan karakter, karena sejarah sebagai pelajaran menginformasikan berbagai peristiwa yang dapat di jadikan teladan.

PENINGKATAN KELENTINGAN NILAI-NILAI SHALAT PADA ANAK USIA DINI

Perkembangan zaman sudah semakin pesat dan teknologi pun melakukan inovasi secara terus menerus. Banyak para ahli teknologi melakukan inovasi terutama dibidang aplikasi seperti halnya: tiktok, instagram, facebook, telegram, whatsapp, youtube, dll yang bisa diakses hanya melalui handphone ataupun laptop. Dengan banyaknya aplikasi ini membuat para pengguna dunia digital selalu menghabiskan waktunya selama 24 jam hanya dengan handphone dan laptop atau biasa disebut gadget.

Perkembangan zaman sudah semakin pesat dan teknologi pun melakukan inovasi secara terus menerus.