Sebanyak 203 item atau buku ditemukan

ICSSIET CONGRESS 3st International Congress on Social Sciences, Innovation and Educational Technologies PROCEEDINGS BOOK

ICSSIET CONGRESS 3st International Congress on Social Sciences, Innovation and Educational Technologies PROCEEDINGS BOOK

All types of activities and activities of modern society are almost inseparable from the digital world. Today's humans are born until they die, from waking up to sleeping, it seems that it is inseparable from the concept of the Internet ...

Transformasi paradigmatik UIN Raden Mas Said : integrasi kajian Islam dan sains, kearifan lokal, dan moderasi beragama

Buku yang berjudul “TRANSFORMASI PARADIGMATIK UIN RADEN MAS SAID: Integrasi Kajian Islam dan Sains, Kearifan Lokal dan Moderasi Beragama” ini dilatarbelakangi oleh transformasi kelembagaan dari IAIN Surakarta menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta pada tahun 2021. Transformasi tersebut tentunya membawa berkah bagi seluruh keluarga besar civitas akademik UIN Raden Mas Said Surakarta untuk lebih memberi kontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negara. Buku adalah bagian dari catatan refleksi perjalanan kampus ketika berstatus Institut yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta dengan segala mandat yang diembannya sebagai kelanjutan dari kelembagaan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Surakarta dan IAIN Walisongo di Surakarta. Capaian-capaian ketika menjadi IAIN Surakarta adalah capaian-capaian yang uar bisa. Banyak prestasi yang diraih selama rentang waktu 10 tahun sejak tahun 2011. Prestasi-prestasi itulah yang kemudian mengantarkan transformasi kelembagaan menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta. Hal terpenting dari catatan refleksi itu adalah refleksi terkait dengan pemantapan paradigma integrasi keilmuan yang dikembangkan di kampus kita yaitu integrasi ilmu-ilmu keislaman dengan sains dan teknologi (ilmu-ilmu sosial-humaniora dan ilmu-ilmu alam) dengan mempertimbangkan aspek-aspek kearifan lokal. Sejak era STAIN dan kemudian dilanjutkan di era IAIN, upaya perumusan integrasi keilmuan ini telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga melahirkan kekayaan khazanah keilmuan. Inilah di antara hal penting yang dieksplor oleh para penulis dalam buku. Dengan ulasan berdasarkan pembidangan tridharma perguruan yaitu bidang Pendidikan-pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, buku ini mencakup pembahasan yang komprehensif untuk memahami perkembangan UIN Raden Mas Said Surakarta. Buku ini juga merefleksikan bagaimana membangun moderasi beragama di kampus melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi. Moderasi beragama adalah tema yang sangat penting untuk membangun civitas akademika yang moderat dalam rangka menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang toleran, menghargai keragaman, menghargai kebudayaan lokal, dan budaya anti kekerasan. Dengan selesainya buku, kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada rektor UIN Raden Mas Said Surakarta, Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag. M.Pd. yang telah memberi motivasi dan dorongan kepada LPPM baik secara kebijakan maupun dukungan anggaran sehingga buku ini dapat diterbitkan. Begitu juga kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para wakil rektor yang senantiasa mensupport program-program LPPM sehingga bisa memberi kontribusi positif bagi kampus dan civitas akademika.

Dr. H. Mudofir, S.Ag. M.Pd. yang telah memberi motivasi dan dorongan kepada LPPM baik secara kebijakan maupun dukungan anggaran sehingga buku ini dapat diterbitkan.

Sejarah & Kebudayaan Islam Periode Klasik (Abad VII-XII M)

Abad ke-7 sampai ke-13 M merupakan momentum yang sangat bersejarah dalam lintasan sejarah kebudayaan dan peradaban Arab-Muslim. Islam mengalami kemajuan pesat yang ditandai dengan kekuasaan yang sangat luas serta penyatuan antarwilayah Islam. Daulah Abbasiyah di Baghdad (di belahan dunia Timur) dan Daulah Umayyah di Cordova, Andalusia/Spanyol (di belahan dunia Barat) memperlihatkan kemajuan sains, kebudayaan, dan peradaban yang sangat spektakuler. “The Golden Age of Islam. (Masa Keemasan Islam) benar-benar telah menghiasi panggung sejarah dunia pada Abad Klasik tersebut. Buku-buku ilmu pengetahuan Islam yang dihasilkan dan ditulis oleh para sarjana Muslim diterjemahkan secara besar-besaran ke dalam bahasa Barat-Latin. Intensitas persentuhan dan pergumulan Barat dengan peradaban Muslim pada gilirannya menggerakkan munculnya Era Renaissance di Barat pada abad ke-14 M. Era Renaissance pada gilirannya menggerakkan munculnya Era Reformasi dan Era Aufklarung (Pencerahan) pada abad ke-17 M yang kemudian mengantarkan bangsa-bangsa Barat menjadi bangsa yang sangat modern dan canggih di bidang sains dan teknologi. Robert Stephen Briffault, dalam buku terkenalnya yang berjudul The Making of Humanity mengapresiasi kontribusi besar para ilmuwan Muslim terhadap dunia modern. Briffault tanpa ragu mengatakan, “Ilmu pengetahuan adalah sumbangan peradaban Islam yang maha penting kepada dunia modern. Utang ilmu pengetahuan kita kepada ilmu pengetahuan bangsa Arab tidak tergantung kepada penemuan-penemuan teori yang revolusioner: ilmu pengetahuan berutang besar sekali kepada kebudayaan Islam.

Abad ke-7 sampai ke-13 M merupakan momentum yang sangat bersejarah dalam lintasan sejarah kebudayaan dan peradaban Arab-Muslim.

Konsep Dasar Ilmu Pendidikan

Penulisan buku Konsep Dasar Ilmu Pendidikan bertujuan untuk memperkaya referensi di bidang manajemen sistem pembelajaran. Di samping itu, buku ini juga dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan kemampuan mahasiswa calon pendidik, praktisi pendidikan, mulai dari pendidik, dosen, penilik, pengawas, penentu kebijakan serta siapa saja yang menaruh minat dalam bidang pendidikan untuk menambah wawasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran di dalam kelas. Buku Konsep Dasar Ilmu Pendidikan ini terdiri dari 9 bab yaitu: Bab 1 Konsep dan Teori Dasar Pendidikan Bab 2 Konsep Hubungan antara Manusia dan Pendidikan Bab 3 Jenis Lingkungan Pendidikan Bab 4 Konsep Pendidikan Seumur Hidup (Lifelong Education) Bab 5 Konsep Sistem Pendidikan Nasional Bab 6 Konsep Inovasi Pendidikan Bab 7 Dasar dan Tujuan Pendidikan Bab 8 Pendidikan Sebagai Sebuah Sistem Bab 9 Demokrasi Pendidikan

Zahroh, S. and Na'imah, N. (2020) 'Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School', Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), pp.

Ensiklopedia Tasawuf Imam Al-Ghazali

Tasawuf adalah ajaran suci yang dapat melindungi hati dari godaan-godaan duniawi yang sementara. Secara periodik dan konsisten ia mengajarkan bagaimana meraih suasana hidup yang lebih tenteram, memperbaiki kesalahan-kesalahan batin, dan menyirnakan egoisme berlebihan. Secara praktis, tasawuf akan menempa diri menjadi lebih bertanggung jawab atas perilaku sehari-hari dan menunjukkan bagaimana berlaku santun dan kasih pada orang lain. Berpijak pada konsep Imam Al-Ghazali, buku ini akan menuntun Anda menemukan pemahaman yang luas. Buku ini disajikan secara khusus dan istimewa. Lebih praktis karena disusun secara alfabetis, lebih kompreheensif karena memaparkan konsep-konsep tasawuf secara menyeluruh, dan lebih mudah dipahami karena disampaikan dengan gaya tutur yang populer. [Mizan, Hikmah, Agama, Indonesia]

Tasawuf adalah ajaran suci yang dapat melindungi hati dari godaan-godaan duniawi yang sementara.

Islamic Philanthropy

Exploring Zakat, Waqf, and Sadaqah in Islamic Finance and Economics

In Islam, philanthropy is a spectrum of activity, and these activities differ in their purpose and in the principles on which they operate. To fully understand philanthropy, it is vital to examine not only its purpose but its motive and outcomes. This book identifies three types of philanthropy within this spectrum: Philanthropy as relief (zakat), which seeks to alleviate human suffering; philanthropy as an improvement (waqf), which seeks to maximize individual human potential and is energized by a principle that seeks to progress individuals and their society; and philanthropy as reform (sadaqah), which seeks to solve social problems. Philanthropy as civic engagement seeks to build better community structures and services and is directed by civic responsibility. This book explores philanthropy in Islam that covers the three primary spectra of activity: zakat, waqf, and sadaqah. Combining contributions from the Conference on Philanthropy for Humanitarian Aid under the joint organization of Sultan Sharif Ali Islamic University and the International Research Centre of Islamic Economics and Finance, International Islamic University College in collaboration with the Islamic Research and Training Institute, this book will be of interest to students, policymakers, practitioners, and researchers in the areas of Islamic finance and Islamic economics. ​

The role of the Muslim community in providing benefits all over the world (rahmatan lil alamin) is one of the points emphasized ... An interesting finding was revealed from this research: waqf funds are produced mostly by Islamic higher ...

Macroprudential Regulation and Policy for the Islamic Financial Industry

Theory and Applications

This volume aims to discuss the current research, theory, methodology and applications of macropreudential regulation and policy for the Islamic financial industry. Published in cooperation with the Islamic Research and Training Institute (IRTI), this book features contributions from a workshop presented in collaboration with the University College of Bahrain (UCB) in Manama, Bahrain, aimed to bring together experts in Islamic banking and regulation and financial economics. This resulting book sheds light on how macroprudential policy may be implemented in the Islamic financial system, and indicates current challenges and their effects on economic growth, financial stability and monetary regulation. Macroprudential policy is increasingly seen as a way of dealing with the different dimensions of systemic risk. But many central banks, bank supervisors and regulators have limited experience with macroprudential tools, particularly in the Islamic financial industry. Given the complementarities between monetary policy and financial stability, it appears that central banks would always play an important role in macroprudential policy. But how should macroprudential policy best interact with monetary policy? It is becoming more pressing for the central banks to conduct monetary policy in which its conventional banking system operates side by side with Islamic banking system. This question has received increasing attention in the research literature but there is much we still need to learn. This is why new insights from research on macroprudential policy – which has gained important impetus in recent years – are so valuable. Featuring contributions on topics such as macroprudential regulation, policy, tools and instruments; governance, systematic risk, monetary policy, and bank leverage, the editors provide a collection of comprehensive research covering the most important issues on macroprudential policy and regulation for the Islamic financial industry. This volume is expected to be a significant contribution to the literature in the field of Islamic finance and evaluation of public policies to promote the development for Islamic financial industry. It is also served as a key text for students, academics, researchers, policy-makers in the field of Islamic finance.

This volume aims to discuss the current research, theory, methodology and applications of macropreudential regulation and policy for the Islamic financial industry.

Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan

Buku Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan ini penting dipelajari karena menjelaskan tentang pentingnya organisasi pendidikan dan berbagai teori tentang kepemimpinan, komunikasi, komitmen yang dibutuhkan dalam mengelola institusi pendidikan agar dapat mewujudkan dan mengelola kelangsungan dan mencapai tujuan pendidikan. Buku ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan bagi kepala sekolah, pengawas pendidikan, guru, dosen, birokrasi pendidikan, dan pemerhati dalam bidang pendidikan dan manajemen. Adapun struktur penyajian buku ini terdiri atas empat belas bab yang menjelaskan secara komprehensif tentang: Organisasi Pendidikan. Pemimpin dan Kepemimpinan Organisasi Pendidikan. Teori dan Gaya kepemimpinan. Kepemimpinan dan Manajemen. Paradigma Baru Pembelajaran. Sekolah sebagai Sistem Terbuka. Budaya Organisasi. Komunikasi dalam Organisasi. Konflik dan Stress dalam Organisasi. Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Pengembangan Komitmen Organisasional. Pengembangan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru. Kepuasan Kerja Guru. Keadilan dan Kepercayaan Organisasional..

Buku Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan ini penting dipelajari karena menjelaskan tentang pentingnya organisasi pendidikan dan berbagai teori tentang kepemimpinan, komunikasi, komitmen yang dibutuhkan dalam mengelola institusi ...