Sebanyak 5342 item atau buku ditemukan

JEJAK ARTIKEL OPINI PENDIDIKAN TERPILIH

Buku Jejak Artikel Opini Pendidikan Terpilih ini merupakan kumpalan dari artikel opini yang dibuat penulis sejak awal menjadi dosen PNS di IKIP Malang (Universitas Negeri Malang) tahun 1981 sampai menjelang purna tugas pada tahun 2019. Sepanjang masa dinas tersebut, sekitar 500 artikel opini penulis dimuat di media massa, sebagian besar di koran, dari lokal sampai nasional. Beberapa artikel dimuat di majalah dan tabloid. Artikel-artikel yang dibukukan adalah artikel-artikel terpilih yang membahas masalah-masalah pendidikan sepanjang masa dinas penulis sebagai PNS. Artikel yang dipilih adalah artikel yang waktu lalu merupakan masalah aktual pendidikan dan sampai saat ini masih menjadi persoalan atau sudah ditangani, tetapi masih berproses karena belum tuntas penyelesaiannya. Masalah-masalah tersebut misalnya ujian nasional dengan berbagai versi dan sebutan, otonomi pendidikan, pilihan aliran pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan nasional, fungsi pendidikan sekolah sebagai lembaga pendidikan, serta berbagai kondisi terkait fungsi-fungsi tersebut. Sejumlah sejawat dan kenalan telah ikut menginspirasi penerbitan buku ini. Konkretnya, inspirasi berwujud saran agar artikel-artikel penulis yang dimuat di media massa diterbitkan sebagai buku kumpulan artikel opini. Terima kasih kepada para sejawat dan kenalan yang telah menginspirasi penerbitan buku ini. Secara khusus, ucapan terima kasih disampaikan kepada sejawat Profesor Dr. Djoko Saryono yang telah menjadi teman diskusi tentang kemungkinan-kemungkinan cara menerbitkan ulang kumpulan artikel opini penulis. Selain itu, juga kepada Ananda Maria Santoso yang memberikan argumetasi meyakinkan tentang perlunya penerbitan ulang artikel-artikel opini penulis dalam bentuk buku. Tak lupa kepada Ananda Swari Anggri Suburian yang telah mengetik ulang naskah artikel opini menjadi naskah untuk buku. Tidak setiap penerbit bersedia menerbitkan buku Jejak Artikel Opini Pendidikan Terpilih. Terima kasih tak terhingga kepada manajemen penerbit Ahlimedia Press yang bersedia menerbitkan buku kumpulan artikel ini. Tak ada manusia sempurna. Demikian juga tak ada buku yang sempurna. Tak terkecuali buku kumpulan artikel ini. Masukkan dari pembaca bagi perbaikan buku ini tetap dinanti. Selamat membaca. Semoga menginspirasi.

Buku Jejak Artikel Opini Pendidikan Terpilih ini merupakan kumpalan dari artikel opini yang dibuat penulis sejak awal menjadi dosen PNS di IKIP Malang (Universitas Negeri Malang) tahun 1981 sampai menjelang purna tugas pada tahun 2019.

Jurnalisme, Berita Palsu, and Disinformasi

Buku Pegangan untuk Pendidikan dan Pelatihan Jurnalisme

Stop Membaca Berita

Berita kini ada di mana-mana dalam hidup kita: mulai dari sumber tradisional seperti koran, radio, dan televisi, sampai di internet, media sosial, bahkan bisa masuk lewat percakapan di internet. Kita kini bisa tahu berita dari seluruh dunia, tentang siapa saja, kapan saja, di mana saja, langsung ketika peristiwa terjadi. Namun apakah itu benar-benar bermanfaat bagi kita? Bagaimana kalau melimpahnya berita justru merugikan? Dalam Stop Membaca Berita, Rolf Dobelli menunjukkan apa pengaruh berita bagi ketenangan, kebahagiaan, dan kewarasan kitaÑdan jangan kaget, menurut Dobelli, lebih banyak mudarat daripada manfaatnya. Di antaranya, berita membuat kita khawatir, keliru menilai risiko, tapi tidak membantu kita membuat keputusan ataupun menyampaikan kepedulian dengan tepat. Benarkah demikian? Didasari gagasan filsafat Stoa, Dobelli dalam buku ini menjelaskan mengapa kita disarankan stop mengonsumsi berita, dan apa yang sebaiknya dilakukan agar bisa mendapat pemahaman yang lebih baik daripada melalui berita.

Dalam Stop Membaca Berita, Rolf Dobelli menunjukkan apa pengaruh berita bagi ketenangan, kebahagiaan, dan kewarasan kitaÑdan jangan kaget, menurut Dobelli, lebih banyak mudarat daripada manfaatnya.

Berita kriminalitas dalam surat kabar

suatu tinjauan deskritif analitis mengenai penyajian berita-berita kriminalitas pada surat kabar berita harian Gala Bandung sebagai salah satu upaya melayani kebutuhan khalayak pembacanya

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik

Munculnya Permendikbud no 57 tahun 2014 mengisyaratkan kekuatan dari posisi kurikulum 2013 yang menganut: (1) pembelajaran yang dilakukan guru (taught curriculum) dalam bentuk proses yang dikembangkan berupa kegiatan pembelajaran di sekolah, kelas, dan masyarakat; dan (2) pengalaman belajar langsung peserta didik (learned-curriculum) sesuai dengan latar belakang, karakteristik, dan kemampuan awal peserta didik. Pengalaman belajar langsung individual peserta didik menjadi hasil belajar bagi dirinya, sedangkan hasil belajar seluruh peserta didik menjadi hasil kurikulum.

Memasukan konsep karakter pada setiap pembelajaran dengan cara, (a) Menanamkan nilai kebaikan kepada anak (knowing the good). Menanamkan konsep diri pada anak setiap akan memasuki materi pelajaran; (b) Membuat cara yang membuat anak ...

Kurikulum dan Pembelajaran

Dalam buku ini dibahas tentang prinsip-prinsip dasar pengembangan kurikulum, inovasi kurikulum di sekolah dasar, pembinaan pelaksanaan kurikulum di sekolah dasar, pengembangan inovasi pada muatan lokal, kurikulum berbasis kompetensi, rancangan kegiatan pembelajaran, dan prospek pengembangan kurikulum untuk abad ke-21 serta model kurikulum untuk abad ke-21.

Dalam buku ini dibahas tentang prinsip-prinsip dasar pengembangan kurikulum, inovasi kurikulum di sekolah dasar, pembinaan pelaksanaan kurikulum di sekolah dasar, pengembangan inovasi pada muatan lokal, kurikulum berbasis kompetensi, ...

Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak

Disusunnya buku Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak ini berawal dari keprihatinan penulis terhadap kurangnya sumber-sumber atau referensi ilmiah yang dapat diperoleh oleh para orangtua, pemerhati pendidikan anak usia dini, praktisi pendidikan anak, para pendidik dan tenaga kependidikan lembaga pendidikan anak, psikolog bahkan dokter anak tentang kiat mengoptimalkan perkembangan bahasa, deteksi dini keterlambatan berbicara serta mencegah terjadinya kelainan-kelainan berbahasa pada anak. Kondisi anak yang mengalami keterlambatan berbicara, minimalnya kemampuan bahasa, atau kesulitan memperoleh pengayaan bahasa merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, buku ini hadir untuk menjelaskan tentang strategi pengembangan bahasa serta berbagai solusi permasalahan bahasa yang dialami anak. Segala hal yang menjadi masalah dan kendala dalam mengembangkan keterampilan berbahasa pada anak menjadi bahasan utama dalam buku ini. Para orangtua bersama-sama pendidik diharapkan akan lebih kreatif lagi dalam menstimulasi bahasa, supaya perkembangan bahasa pada anak dapat dioptimalkan. --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)

... Development Vol . 28 ( 1 ) , 93-102 . Maccoby , E.E & Mcloby . 2008. The Two Sexes : Growing up a Part , Coming Together . Cambridge : Harvard University Press . Madyawati ... Children of Preschool Age was Planned ,. 219 Daftar Pustaka.