Sebanyak 4 item atau buku ditemukan

Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu cara yang strategis bagi guru untuk memperbaiki layanan pendidikan yang harus diselenggarakan dalam konteks pembelajaran di kelas dan peningkatan kualitas program sekolah secara keseluruhan. Hal itu dapat dilakukan dengan meningkatkan tujuan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan ini dapat dicapai dengan cara melakukan berbagai tindakan untuk memecahkan berbagai permasalahan pembelajaran di kelas, baik disadari atau mungkin tidak disadari. Mengingat pentingnya PTK dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, oleh karena itu penulis berusaha menyusun suatu buku PTK yang sifatnya tidak teori saja tapi juga aplikatif, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan oleh para guru dan calon guru.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu cara yang strategis bagi guru untuk memperbaiki layanan pendidikan yang harus diselenggarakan dalam konteks pembelajaran di kelas dan peningkatan kualitas program sekolah secara ...

Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning

Buku ini diharapkan dapat memberikan wacana, informasi, dan referensi tentang bagaimana penerapan model Situation-Based Learning (SBL) pada matapelajaran matematika dan sains secara integratif di SD bagi mahasiswa, calon guru, maupun guru. Buku ini juga dilengkapi dengan contoh perangkat pembelajaran: RPP, bahan ajar berbasis SBL (LKS), serta lembar observasi kegiatan pembelajaran SBL bagi siswa dan guru.

Buku ini diharapkan dapat memberikan wacana, informasi, dan referensi tentang bagaimana penerapan model Situation-Based Learning (SBL) pada matapelajaran matematika dan sains secara integratif di SD bagi mahasiswa, calon guru, maupun guru.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik

Munculnya Permendikbud no 57 tahun 2014 mengisyaratkan kekuatan dari posisi kurikulum 2013 yang menganut: (1) pembelajaran yang dilakukan guru (taught curriculum) dalam bentuk proses yang dikembangkan berupa kegiatan pembelajaran di sekolah, kelas, dan masyarakat; dan (2) pengalaman belajar langsung peserta didik (learned-curriculum) sesuai dengan latar belakang, karakteristik, dan kemampuan awal peserta didik. Pengalaman belajar langsung individual peserta didik menjadi hasil belajar bagi dirinya, sedangkan hasil belajar seluruh peserta didik menjadi hasil kurikulum.

Memasukan konsep karakter pada setiap pembelajaran dengan cara, (a) Menanamkan nilai kebaikan kepada anak (knowing the good). Menanamkan konsep diri pada anak setiap akan memasuki materi pelajaran; (b) Membuat cara yang membuat anak ...

Sosiologi Pendidikan

Sosiologi pendidikan termasuk ke dalam sosiologi terapan karena berorientasi pada interaksi edukatif antara individu dan kelompok dalam masyarakat dalam rangka mengatasi atau menanggulangi berbagai persoalan edukatif. Secara keseluruhan bahan ajar ini terdiri dari 4 bab. Bab pertama menguraikan mengenai Hakikat Sosiologi Pendidikan. Bab keduanya membahas tentang Masyarakat, Kebudayaan, Pendidikan, Bab Ketiganya mengkaji mengenai Pendidikan Sebagai Sosialisasi dan Enkulturasi dan Bab yang terakhir Bab IV menguraikan tentang Struktur Sosial Sekolah.

Tabel 1.1 Ruang Lingkup Sosiologi Pendidikan No Ruang lingkup 1 Hubungan sistem pendidikan dengan aspek-aspek lain dalam masyarakat a. b. c. d. e. a. b. d. 4 Hubungan lembaga pendidikan dalam masyarakat Di sini dianalisis pola-pola ...