Sebanyak 1964 item atau buku ditemukan

Perencanaan Pendidikan

Buku Perencanaan Pendidikan ini di rancang untuk membantu mahasiswa/guru/dosen/praktisi pendidikan agar dapat belajar bagaimana perencanaan pendidikan yang baik. Oleh karena itu, mempelajari perencanaan pendidikan dengan sebaik mungkin akan memberikan bekal dan fondasi yang kuat bagi peminat perencanaan pendidikan untuk terus tumbuh dan berkembang dalam bidang ilmu ini. Buku ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakaran masing-masing. Buku ini terdiri dari 15 bab mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian perkuliahan yang dilaksanakan bertahun-tahun. Buku ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif dalam pengembangan khasanah keilmuan baik secara teoritis maupun praktik, khususnya terkait dengan bidang kajian perencanaan pendidikan. Buku ini berbeda dengan berbagai buku yang lebih banyak mengulas perencanaan pendidikan dari sisi formulasi dan implementasi semata, buku ini menawarkan sudut pandang lain.

Buku Perencanaan Pendidikan ini di rancang untuk membantu mahasiswa/guru/dosen/praktisi pendidikan agar dapat belajar bagaimana perencanaan pendidikan yang baik.

Konstruksi Perencanaan Partisipatif Berbasis Profetik

: Sebuah Tinjauan Teoretis dan Praktikal

Buku sosial yang berjudul Konstruksi Perencanaan Partisipatif Berbasis Profetik : Sebuah Tinjauan Teoretis dan Praktikal merupakan buku karya Peribadi, Muhammad Arsyad, dan La Ode Monto Bauto. Buku ini bersumber dari beberapa hasil penelitian penulis ini, dapat menjadi kontribusi penting bagi pengembangan pemikiran akademik. Diharapkan buku ini dapat menjadi kontribusi metodologis bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta kalangan NGO yang concern dengan penggunaan paradigma pembangunan partisipatif untuk menanggulangi pemiskinan dan kemiskinan. Buku Konstruksi Perencanaan Partisipatif Berbasis Profetik : Sebuah Tinjauan Teoretis dan Praktikal ini membahas tentang rangkaian dari beberapa penelitian terdahulu yang telah diterbitkan sebagai buku referensi dan buku ajar menyoal Strategi Community Development dari berbagai basis kajian. Di antaranya adalah: (1) Rekonstruksi Pembangunan Partisipatif Berbasis ESQ Power (Peribadi, 2015); (2) Strategi Community Development Berbasis Spiritual Profetik (Peribadi, 2016); (3) Resolusi Kemiskinan Berbasis ESQ Power (Peribadi, 2017); (4) Konstruksi Perencanaan Pembangunan Daerah Berbasis Kalosara di wilayah Pemerintahan Kota Kendari (Peribadi, dkk., 2019); (5) Strategi Pembangunan Partisipatif Menuju Desa Masa Depan (Peribadi, dkk., 2021); dan (6) beberapa hasil penelitian terbaru menyoal kajian partisipatif dan konstruksi sosial di berbagai wilayah nusantara yang tertuang dalam artikelnya. Daftar isi buku ini yaitu sebagai berikut : Pertama : Prolog Kedua : Teori Dan Konsep-Konsep yang Digunakan Ketiga : Implementasi Perencanaan Pembangunan Keempat : Konstruksi Dan Refleksi Nilai Profetik Spesifikasi buku ini meliputi : Kategori : Sosial Penulis : Peribadi, Muhammad Arsyad, dan La Ode Monto Bauto E-ISBN : 978-623-02-4645-6 Ukuran : 15.5x23 cm Halaman : 194 hlm Tahun Terbit : 2022 Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan tinggi (universitas dan sekolah tinggi). Buku ini tersedia juga dalam versi cetak. Dapatkan buku-buku berkualitas dengan pilihan terlengkap hanya di Toko Buku Online Deepublish : penerbitbukudeepublish.com

Buku sosial yang berjudul Konstruksi Perencanaan Partisipatif Berbasis Profetik : Sebuah Tinjauan Teoretis dan Praktikal merupakan buku karya Peribadi, Muhammad Arsyad, dan La Ode Monto Bauto.

Profesi Keguruan: Kompetensi dan Permasalahan

Buku ini membahas profesi keguruan secara lengkap, mulai dari konsep profesi keguruan, latar belakang pendidikan guru, kebijakan terkait, peran, kompetensi, supervisi, hingga permasalahan yang dihadapi profesi ini. Bab 1 Konsep Profesi Keguruan Bab 2 Latar Belakang Pendidikan Guru di Indonesia Bab 3 Kebijakan Guru di Indonesia Bab 4 Berbagai Peran Guru di Sekolah Bab 5 Guru Profesional sebagai Komunikator dan Fasilitator Bab 6 Guru Sebagai Konselor Bab 7 Kompetensi Pedagogi Guru Bab 8 Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru Bab 9 Supervisi Pendidikan Bab 10 Permasalahan yang Dihadapi Guru

Di masyarakat ada semacam pendapat bahwa guru-guru zaman dulu lebih kompeten atau lebih baik dibandingkan guru-guru zaman sekarang. Artinya guru-guru produk lembaga pendidikan guru zaman dulu dinilai lebih unggul dibandingkan guru-guru ...

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Praktik Untuk Pengembangan Kompetensi Guru)

Kemampuan melakukan penelitian khususnya penelitian tindakan kelas merupakan bekal keilmuan dan kemampuan yang harus dimiliki guru dan calon guru dalam rangka meningkatkan keberhasilan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik dan sekaligus untuk meningkatkan kompetensi seorang pendidik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Sehubungan dengan hal tersebut maka tujuan penulisan buku ini adalah diperuntukkan bagi mahasiswa sebagai calon guru khususnya dan tenaga pengajar umumnya yang konsen dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Melalui buku Penelitian Tindakan Kelas ini diharapkan dapat melengkapi buku-buku penelitian yang sudah ada, sekaligus sebagai baahan bacaan dan penambahan wawasan bagi tenaga pendidik, mahasiswa dan pemerhati pendidik yang ingin mendalami penelitian khususnya penelitian tindakan kelas.

menjadi reflektif dan kritis terhadap apa yang guru dan siswa lakukan. 2. PTK dapat meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional. Guru tidak lagi bertindak hanya sebagai seorang praktisi saja yang sudah merasa puas terhadap ...

MENDONGKRAK KOMPETENSI GURU (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KOMPETENSI GURU)

Buku ini mengkaji tentang kompetensi guru dalam kaitannya dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Saat ini persoalan kompetensi guru menjadi topik diskusi yang cukup hangat. Kompetensi guru merupakan salah satu entry point yang menjadi bagian dari desain besar dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang masih terpuruk. Lahirnya UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen adalah wujud pengakuan guru sebagai profesi. Hal ini membawa implikasi berupa peningkatan kesejahteraan guru yang sangat signifikan di satu sisi, namun dibarengi tuntutan peningkatan kualifikasi dan kompetensi guru di sisi lain.

Buku ini mengkaji tentang kompetensi guru dalam kaitannya dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

MENJADI PENDIDIK PROFESIONAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Pendidik profesional merupakan salah satu elemen dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional di era Revolusi Industri 4.0. Di era RI 4.0 ini, setiap orang diharuskan untuk terampil dalam berbagai literasi dan bercirikan penggunaan teknologi di semua bidang. Pendidik profesioal dituntut untuk mampu menjawab tantangan tersebut dengan mengikutsertakan penggunaan teknologi di samping kemampuan pedagogi, content, dan knowledge dalam aktivitas mendidik secara profesional sehingga menghasilkan peserta didik yang kompeten dan siap bersaing secara nasional maupun internasional. Buku “Menjadi Pendidik Profesional di Era Revolusi Industri 4.0” hadir guna memberi tuntunan bagi pendidik dalam menjalankan profesinya secara profesional sesuai tuntutan RI 4.0 guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Pendidik profesional merupakan salah satu elemen dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional di era Revolusi Industri 4.0.