Sebanyak 4883 item atau buku ditemukan

Statistika Dasar Untuk Penelitian Jilid 1 Dengan Aplikasi SPSS: Pada bidang Pendidikan, Sosial dan Kesehatan

Buku Statistika dasar ini merupakan buku yang bisa digunakan untuk tingkat SMA/Sederajat dan mahasiswa jenjang D3 dan S1. Dalam rangka membantu menyelesaikan penelitian Tugas Akhir dan Skripsi, dengan mengunakan aplikasi software SPPS versi terbaru. pada buku ini, akan dituntun langkah demi langkah tutorial pengunaan SPSS untuk menyelesaikan setiap uji statistic. Bukan hanya itu, dalam penjelasannya disertai dengan gambar yang memudahkan mahasiswa dalam memahaminya. Buku ini mencangkup statistika Deskriptif dan inferensial dengan mengupas tuntas hitunngan statistika baik secara manual dan SPSS. Dengan Bahasa yang lugas dan mudah dipahami. Seperti Mean, Median, modus, desil, percentil, kuartil, simpangan baku dan simpangan rata-rata. Disajikan dalam bentuk contoh soal dan pembahasan serta aplikasi dalam SPSS. Buku ini dirancang khusus untuk memudahkan mahasiswa dalam menyerap ilmu materi perkuliahan statistika dasar. Dikatakan dasar karena yang terdapat dalam buku ini, masih sebatas dua variabel untuk penelitian. Namun, buku ini bisa digunakan dibidang Pendidikan, sosial dan Kesehatan. Mengutamakan materi yang kerap digunakan dalam penelitian sederhana. Seperti uji anova satu arah, uji colerasi sederhana, uji regresi sederhana yang biasa digunakan dalam dunia Pendidikan. Uji colerasi dengan chi square dan regresi logistic yang kerap digunakan dibidang Kesehatan.

Buku Statistika dasar ini merupakan buku yang bisa digunakan untuk tingkat SMA/Sederajat dan mahasiswa jenjang D3 dan S1. Dalam rangka membantu menyelesaikan penelitian Tugas Akhir dan Skripsi, dengan mengunakan aplikasi software SPPS versi ...

Pengantar Metode Statistika

Teori dan Terapannya dalam Penelitian Bidang Pendidikan dan Psikologi

Buku ini dirancang untuk kepentingan perkuliahan statistika di perguruan tinggi. Oleh karena itu dalam setiap babnya banyak menekankan pemahaman konsep-konsep dasar statistika, meliputi gagasan, alasan, dan metode. Dalam konteks pembelajaran, pemahaman atas hal tersebut adalah sangat penting dan utama, sebelum pembelajar diperkenalkan bagaimana mengolah data dengan bantuan program paket komputer. Tanpa pemahaman konsep yang baik, dapat mengakibatkan pemilihan analisis yang tidak sesuai, dan pada akhirnya interpretasi hasil analisisnya juga tidak akan tepat. Bagaimana pun juga, program paket komputer yang kini telah banyak tersedia semisal SPSS, MINITAB, SAS, STATA, Program R, LISREL, AMOS, dan masih banyak lagi lainnya, semuanya hanya alat bantu hitungan, yang dalam pengoperasiannya membutuhkan science behind. Selanjutnya, contoh terapan dalam penelitian juga banyak diberikan. Hal ini untuk memberikan wawasan pada pembelajar, sekaligus menunjukkan urgensi matakuliah dalam bidang penelitian sebagai salahsatu tridharma perguruan tinggi. Bidang penelitian yang banyak dicontohkan dalam hal ini adalah pendidikan dan psikologi. Namun demikian, bidang terapan lainnya semisal teknik, rekayasa, dan social science, juga dapat diadaptasikan. Keterampilan lainnya yang juga diajarkan adalah bagaimana manual penghitungan untuk mendapatkan statistik baik berupa angka, gambar, maupun model matematis. Selain itu juga bagaimana mendapatkannya dengan menggunakan alat bantu komputer. Keterampilan menggunakan alat bantu komputer ini adalah juga sangat penting yang harus dilatihkan. Dalam terapannya, penggunaan program paket komputer hampir mutlak diperlukan. Terlebih untuk analisis yang lebih kompleks dan melibatkan banyak variabel. Oleh karena itu, pada setiap akhir bab dalam buku ini, disertakan contoh bagaimana mengolah data baik untuk kepentingan deskriptif maupun inferensi, dengan memanfaatkan program paket komputer. Dalam hal ini, program paket yang digunakan adalah EXCEL. Tiga hal tersebut, yaitu: (i) pemahaman konsep, (ii) kemampuan menerapkannya dalam penelitian, dan (iii) keterampilan komputasi statistik, menurut penulis ketiga-tiganya harus tersampaikan dalam perkuliahan statistika. Oleh karena itulah, buku ini dikemas sedemikian rupa sehingga tiga hal tersbut dapat tercakup.

Buku ini dirancang untuk kepentingan perkuliahan statistika di perguruan tinggi.

Statistika Inferensial untuk Ilmu Sosial dan Pendidikan

Buku ini berisikan pengertian dasar-dasar statistika, uji Perbandingan, hubungan, dan analisis regresi. Uji perbandingan meliputi uji 2 sampel berkorelasi, uji 2 sampel tidak berkorelasi dan analisis ragam serta uji asumsi normalitas dan homogenitas. Alat perhitungan yang digunakan Microsoft Excel dan SPSS. Selain itu buku ini juga dilengkapi tabel-tabel yang dibutuhkan dalam perhitungan. BELANJA

Buku ini berisikan pengertian dasar-dasar statistika, uji Perbandingan, hubungan, dan analisis regresi.

Statistika Deskriptif

Buku yang berjudul Statistika Deskriptif ini, dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca, tentang pengenalan statistika awal, terutama tentang statistika deskriptif, juga memberikan pemahaman bagaimana membuat tabel dan grafik, melakukan perhitungan ukuran pemusatan, ukuran pencar atau penyebaran, derajat kemencengan, derajat keruncingan, angka indeks. Selain itu, di dalam buku ini, akan dibahas juga tentang analisis data berkala (analisis trend) dengan berbagai metode untuk memahami dasar perhitungan dalam membuat prediksi, serta membahas tentang persamaan regresif, bagaimana menghitung koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Buku ini juga dilengkapi dengan soal-soal untuk latihan terhadap pengenalan statistika.

Buku yang berjudul Statistika Deskriptif ini, dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca, tentang pengenalan statistika awal, terutama tentang statistika deskriptif, juga memberikan pemahaman bagaimana membuat tabel dan grafik, ...

Statistika untuk Ekonomi, Bisnis, & Sosial

Buku Statistika untuk Ekonomi, Bisnis, dan Sosial ini disusun dalam upaya membantu mahasiswa, dosen atau praktisi yang berminat memahami secara lebih dekat ilmu statistika. Buku ini mempelajari tentang: Distribusi Frekuensi, Ukuran Nilai Sentral, Ukuran Dispersi, Korelasi, Regresi Sederhana, Regresi Berganda, Angka Indeks, Probabilitas, Distribusi Teoretis, Uji Hipotesis dan Beberapa Uji Hipotesis Statistika Non-parametrik. Buku ini dilengkapi dengan contoh soal yang mempermudah Anda dalam mempelajari materi dalam buku ini. Buku ini juga dilengkapi dengan latihan soal yang bisa mengasah kemampuan statistik anda dalam bidang bisnis, ekonomi dan sosial.

Buku Statistika untuk Ekonomi, Bisnis, dan Sosial ini disusun dalam upaya membantu mahasiswa, dosen atau praktisi yang berminat memahami secara lebih dekat ilmu statistika.

Statistika dan Rancangan Percobaan

Penerapan dalam Bidang Peternakan

Penelitian di bidang peternakan terus mengalami perkembangan, baik dari segi materi yang beragam dan juga teknologi yang selalu berkembang. Buku Statistik dan Rancangan Percobaan (Penerapan dalam Bidang Peternakan) menjawab perkembangan tersebut yang tidak bisa disamakan dengan ilmu lain. Penerapan penelitian diarahkan di bidang peternakan. Buku ini berisi tentang seluk beluk statistik dasar, chi square, uji T, regresi dan korelasi, rancangan acak lengkap, rancangan acak kelompok, rancangan bujur sangkar latin, percobaan faktorial, percobaan tersarang, rancangan beralih, analisis peragam dan transformasi data.

Penelitian di bidang peternakan terus mengalami perkembangan, baik dari segi materi yang beragam dan juga teknologi yang selalu berkembang.

Pengembangan Keterampilan Menulis

Buku teks ini ditulis dalam rangka memenuhi tuntutan untuk melengkapi bahan ajar menulis dan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran menulis di perguruan tinggi, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. Melalui buku teks ini, penulis ingin mengajak para mahasiswa dan kalangan umum untuk belajar praktik menulis secara langsung dan praktis. Praktik menulis, memang tidak dapat dipisahkan dari menyimak, berbicara, dan membaca. Para mahasiswa penulis ajak menulis mulai dari menulis artikel ilmiah, makalah, laporan penelitian, dan menulis esai, sebagai salah satu bentuk karya tulis akademik.

Buku teks ini ditulis dalam rangka memenuhi tuntutan untuk melengkapi bahan ajar menulis dan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran menulis di perguruan tinggi, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra ...

Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Teori dan Praktik

Pendekatan scientific diperkenalkan sebagai penekanan pada metode laboratorium formalistik yang mengarah pada fakta-fakta ilmiah (Hudosn, 1996; Rudolph, 2005). Pendekatan ini memiliki karakteristik yaitu doing science. Pendekatan ini memudahkan guru dan pihak-pihak pengembangan kurikulum untu menyusun proses pembelajaran. Caranya yaitu dengan memecah proses pembelajaran menjadi langkah-langkah yang lebih terperinci dan lebih instruktif untuk peserta didik (Varelas dan Ford, 2008). Proses pembelajaran dengan pendekatan scientific menyentuh tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ranah sikap fokus pada para peserta didik agar paham 'mengapa'. Ranah pengetahuan fokus pada para peserta didik agar paham mengenai 'apa'.Terakhir, ranah keterampilan fokus pada para peserta didik agar paham 'bagaimana'. Hasil akhir pembelajaran pendekatan scientific adalah peningkatan dan keseimbangan antara softskills dan hardskills dari peserta didik.Buku ini tidak hanya memberikan penjelasan dasar mengenai pembelajaran pendekatan scientific. Namun, buku ini juga memberikan contoh-contoh implememntasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam mocel pembelajaran. [Ika Maryani, M.Pd., Laila Fatmawati, M.Pd., Ahmad Dahlan, Penerbit Deepublish, pendekatan scientific, model pembelajaran, sekolah dasar]

Namun, buku ini juga memberikan contoh-contoh implememntasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam mocel pembelajaran. [Ika Maryani, M.Pd., Laila Fatmawati, M.Pd., Ahmad Dahlan, Penerbit Deepublish, pendekatan scientific, model ...

Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah

Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional Edisi Pertama

Dunia pendidikan saat ini terutama lembaga pendidikan formal atau persekolahan dihadapka pada suatu era persaingan yang semakin ketat. Banyak sekolah melakukan perubahan-perubahan dalam organisasinya untuk meningkatkan kinerja sekolah. Saat ini proses perubahan dalam lembaga sekolah berkembang dari perbaikan kualitas menjadi manajemen perbaikan dan perubahan. Kepala sekolah, dalam hal ini merupakan sumber daya atau aset yang sangat penting bagi sekolah dalam memenangkan persaingan terhadap sekolah kompetitor. Salah satu faktor penting dalam sistem manajemen sumber daya manusia sekolah agar dapat membangun sistem yang sesuai untuk mencapai kinerja sekolah, dibutuhkan profil kompetensi jabatan. Kemajuan sekolah akan lebih penting bila orang memberikan atensinya pada kiprah kepala sekolah karena alasan-alasan sebagai berikut. Pertama, kepala sekolah merupakan tokoh sentral pendidikan. Hal ini dikarenakan bahwa kepala sekolah sebagai fasilitator bagi pengembangan pendidikan, sebagai pelaksana suatu tugas yang syarat dengan harapan dan pembaruan. Kemasan cita-cita mulia pendidikan secara tidak langsung juga diserahkan kepada kepala sekolah. Begitu pula optimisme para orang tua yang terkondisikan pada kepercayaan menyekolahkan anak-anaknya pada sekolah tertentu, tidak lain karena menggantungkan cita-citanya pada kepala sekolah. Kedua, sekolah adalah sebagai suatu komunitas pendidikan yang membutuhkan seseorang pemimpin untuk mendayagunakan potensi yang ada dalam sekolah. Pada tingkatan ini, kepala sekolah sering dianggap identik, bahkan telah dikatakan bahwasanya wajah sekolah ada pada kepala sekolah. Peran kepala sekolah di sini bukan hanya sebagai seorang akumulator, melainkan juga sebagai konseptor manajerial yang bertanggung jawab pada kontribusi masing-masing demi efektivitas dan efisiensi kelangsungan pendidikan. Keunggulan dan kualitas suatu sekolah dipengaruhi oleh berbagai variabel, variabel kompetensi kepala sekolah memiliki posisi yang sangat penting, kualitas kompetensi kepala sekolah akan memengaruhi efektivitas sekolah, dan menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, yaitu lingkungan belajar yang memotivasi para anggota sekolah untuk mengembangkan potensi, kreativitas, dan inovasi. Hanya kepala sekolah yang memiliki kompetensi tinggi yang akan memiliki kinerja yang memberi teladan, menginspirasi dan memberdayakan, kondisi ini akan mendorong perubahan yang bermasyarakat, relevan, efektif biaya serta diterima oleh staf, murid, dan masyarakat. Dengan demikian, seperti apa kepala sekolah yang berkompetensi tinggi itu, maka buku ini adalah jawabannya. Di dalam buku ini Anda akan menemukan solusi untuk usaha ke arah standardisasi kompetensi bagi kepala sekolah sesuai kebutuhan dunia modern dan kearifan lokal masyarakat Indonesia.Ê *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Di dalam buku ini Anda akan menemukan solusi untuk usaha ke arah standardisasi kompetensi bagi kepala sekolah sesuai kebutuhan dunia modern dan kearifan lokal masyarakat Indonesia. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiah

Judul : Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiah Penulis : Albert Efendi Pohan, S. Pd., M. Pd Desma Yulia, S. Pd., M. Pd Asmaul Husna, S. Pd., M. Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 235 Halaman ISBN : 978-623-79437-4-7 Sinopsis: Buku berjudul Micro Teaching berbasis Pendekatan Ilmiah ini adalah buku ajar untuk mahasiswa semester VI Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan. Buku ini dikembangkan berdasarkan berdasarkan kurikulum 2013 dengan pendekatan ilmiah. Melalui buku ini, mahasiswa akan menguasai keterampilan-keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa sebagai calon guru. Buku ini juga memaparkan konsep pengembangan rencana pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar guru dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran dalam jaringan, konsep penilain pembelajaran, dan pengembangan soal-soal berbasis HOTS. Materi ajar di dalam buku ini dikembangkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar sesuai dengan konsep pengajaran yang relevan di lapangan. Buku berjudul Micro Teaching berbasis Pendekatan Ilmiah ini adalah buku ajar untuk mahasiswa semester VI Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan. Buku ini dikembangkan berdasarkan berdasarkan kurikulum 2013 dengan pendekatan ilmiah. Melalui buku ini, mahasiswa sebagai calon guru PPL akan mampu menguasai keterampilan-keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa saat melakukan praktek pengajaran di lapangan. Buku ini juga memaparkan secara sistematik konsep pengembangan rencana pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah, menerapkan keterampilan dasar guru dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran dalam jaringan, konsep penilain pembelajaran, dan pengembangan soal-soal berbasis HOTS. Materi ajar di dalam buku ini dikembangkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar sesuai dengan konsep pengajaran yang relevan di lapangan pada saat ini. Proses pembelajaran yang dirancang di dalam buku ini akan mendorong terciptanya proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sehingga out-putnya siswa dapat mengembangkan konsep berpikir kritis dan solving problem.

Judul : Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiah Penulis : Albert Efendi Pohan, S. Pd., M. Pd Desma Yulia, S. Pd., M. Pd Asmaul Husna, S. Pd., M. Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 235 Halaman ISBN : 978-623-79437-4-7 Sinopsis: Buku ...