Kemahiran Berfikir Aras Tinggi: Untuk Institut Pendidikan Guru Dan Universiti "Berfikir adalah bauran antara perkara-perkara metafizikal, kimia, fizikal dan biologis" -Edward De Bono
Logik bersifat formal dan berstruktur. Maka itulah sebabnya proses logik dapat
dijalankan oleh komputer dengan lebih pantas dan tepat daripada keupayaan
otak manusia. D. Hume, 1888, mengemukakan pendapat unsur-unsur pertama
bagi ...
Weber (1947) pula menghuraikan, karisma sebagai satu bentuk pengaruh yang
bukan berbentuk kuasa tradisi atau formal tetapi lebih kepada persepsi pengikut
bahawa pemimpin dianugerahkan sifat-sifat luar biasa. Menurut Weber, karisma
...
Dalam masyarakat demokrasi, adakah wajar hubungan pertama seseorang
dengan institusi formal terlalu bersifat antidemokrasi? – Bowles dan Gintis (1976,
hlm. 250–251) Dalam bidang inovasi pendidikan, memang mengejutkan apabila
...
Pantun Melayu yang diperkenalkan dalam komponen sastera secara formal
dalam kurikulum pendidikan bahasa Melayu pada tahun 2001 , sedikit sebanyak
dapat membantu mempertingkatkan kualiti pengajaran dan pembelajaran di ...
Dalam kaitan pembentukan karakter yang diharapkan, maka baik kebudayaan maupun pendidikan saling mendukung. Kebudayaan memiliki nilai-nilai budaya yang berfungsi dan mampu membentuk karakter manusia pendukungnya. Yang diperlukan ialah para pendidik dan pemerintah harus berkemauan dan mampu menggali nilai-nilai kebudayaan yang dibutuhkan untuk membangun karakter yang dibutuhkan oleh bangsa. Namun yang paling utama ialah pendidikan harus mampu membentuk kepribadian yang memang berkeinginan keras untuk memiliki karakter yang baik dan berguna bagi bangsa. Moral yang diperoleh dari nilai-nilai budaya dan terutama mendapat dukungan dari ajaran agama dan kepercayaan yang dianut oleh setiap insan manusia Indonesia. Menurut penelitian penulis ada sejumlah 10 fungsi pendidikan asli milik bangsa Indonesia yang harus dilaksanakan di dalam pendidikan dan pengajaran di lembaga-lembaga sekolah dan universitas. Bila ditambah dengan 8 yang dikemukakan oleh Metta Spencer dan Alex Inkeles, maka kita memiliki 18 fungsi pendidikan yang sangat fungsional.
1; Kepimpinan dan pelaksanaan : Dasar pendidikan Kebangsaan -- 2; Kepimpinan dan wawasan pendidikan negara -- 3; Membestarikan sekolah dan peranan Pengetua -- 4; Sekolah penyayang -- 5; Polisi bahasa dan satera dalam pendidikan Malaysia -- 6; SekolahBestari -- 7; Sekolah Wawasan -- 8; Dasar pendidikan khas di Malaysia -- 9; Pendidikan di Malaysia : Cabaran dan harapan -- 10; Pengajian Jarak Jauh di Malaysia.
Dalam konteks pendidikan , penggunaan sastera dalam pengajaran bahasa
dilaksanakan dalam sistem pendidikan formal yang bermula dalam abad ke - 19
. Tetapi , ia terancang pada tahun 1988 apabila dilaksanakan Kurikulum ...
Pendidikan dipahami sebagai ke butuhan manusia yang paling esensial sehingga menjadi sebuah keniscayaan. Mengapa dikatakan demikian? Pendidikan mengajarkan manusia jalan hidup (way of life). Secara teoritis, pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di lembaga formal, informal, dan nonformal yang terus berjalan sepanjang hayat untuk mempersiapkan pribadi yang cerdas secara intelektual, emosional, dan spiritual (IQ, EQ, dan SQ), agar dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperolehnya dalam berbagai lini kehidupan secara dinamis untuk masa yang akan datang.
Buku Akar Historis Pendidikan Perempuan Refleksi Pemikiran TGKH.M.Zainuddin Abdul Madjid ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
Pendidikan anak usia dini saat ini berkembang dengan pesat. Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini saat ini diselenggarakan oleh berbagai instansi, baik secara formal maupun informal. Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini terse-but perlu adanya dasar keilmuan berupa informasi secara teori dan juga praktik tentang pelayanan terhadap anak usia dini. Hal itu untuk mendukung pencapaian kualitas pendidikan anak usia dini dalam memberikan rangsangan dalam menum-buhkembangkan setiap potensi perkembangan yang dimiliki oleh setiap anak dan bersumber dari ilmu yang dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Buku Pendidikan Anak Usia Dini: Slimulasi dan Aspek Perkembangan Anak adalah sebuah landasan pembelajaran dalam mengembangkan setiap aspek perkembangan yang dimiliki oleh anak usia dini yang berada pada rentang usia lahir sampai delapan tahun. Buku ini dapat digunakan oleh mahasiswa, guru, orangtua dan praktisi yang bergerak di bidang pendidikan anak usia dini. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-
3.2 Mengenal perilakubaik sebagai cerminan akhlak mulia. 3.3 Mengenalanggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus. 3.4. Mengetahui cara hidup sehat 3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah ...
Buku ini disusun sebagai salah satu upaya menambah bahan bacaan maupun informasi pengetahuan bagi mahasiswa pendidikan jasmani dan kesehatan atau pendidikan olahraga yang menempuh mata kuliah pengajaran remedial dalam pendidikan jasmani sebagai mata kuliah bidang studi. Selain itu, buku Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh calon pendidik serta guru-guru pendidikan jasmani sebagai bahan bacaan tentang pengajaran remedial maupun dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani dalam satuan pendidikan khususnya dalam pelaksaan remedial pada peserta didik. Buku ini berisi tentang; hakikat belajar dan mengajar; hakikat kesulitan belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar; belajar tuntas (mastery learning); diagnosis kesulitan belajar; penetapan kriteria ketuntasan minimal (KKM); program pengajaran remedial; prosedur pengajaran remedial; pengajaran remedial keterampilan gerak. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca semua dan dapat digunakan sebagai pengayaan wawasan dan sebagai pedoman dalam melakukan pengajaran remedial khususnya dalam pendidikan jasmani.
Selain itu, buku Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh calon pendidik serta guru-guru pendidikan jasmani sebagai bahan bacaan tentang pengajaran remedial maupun dapat dijadikan acuan dalam ...
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata ajar wajib dalam kurikulum pendidikan tinggi berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan Kewarganegaraan diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali, dan memantapkan peserta didik di jenjang pendidikan tinggi formal dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara, agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara. Baca dan pelajari selengkapnya dalam buku ini, dan jadilah warga negara yang baik :) |Penerbit Deepublish, Deepublish, Pendidikan Kewarganegaraanm Kewarganegaraan, Pendidikan |
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata ajar wajib dalam kurikulum pendidikan tinggi berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.