Sebanyak 473 item atau buku ditemukan

Information Literacy and Technology Across the Curriculum

Responding to an initiative in the university's revised core curriculum to address life-long learning skills, a collaborative effort involving parties from the Library and Information Technologies was formed resulting in a program for faculty entitled "Information Literacy and Technology Across the Curriculum." The purpose of the program, which consists of a semester-long series of workshops, is to assist faculty in the development of class assignments and projects for their students that utilize both information literacy and technology skills. After a successful pilot run involving volunteer faculty members, the program is now designed to accommodate approximately fifteen faculty members for the semester sessions. This paper will describe the format of the program, the resources made available, the exercises employed and some surprising results. [For complete proceedings, see ED490093.].

Responding to an initiative in the university's revised core curriculum to address life-long learning skills, a collaborative effort involving parties from the Library and Information Technologies was formed resulting in a program for ...

Dr. Ida Bagus Made Astawa, M.Si.

Buku ini sangat penting bagi semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan kuliah Pengajaran Mikro (Micro Teaching) di jurusan atau program studi kependidikan. Buku ini disusun dengan tujuan untuk mengantarkan mahasiswa kepada pemahaman tentang konsep-konsep micro teaching, serta isu-isu relevan yang berhubungan dengan upaya penyiapan mahasiswa calon guru untuk memiliki performa mengajar yang baik dan profesional. Bahasan buku dimulai dengan pengenalan Kurikulum 2013, kegiatan pembelajaran yang relevan dengan kurikulum baru tersebut, pengantar micro teaching, strategi asesmen dan alat asesmen yang diperlukan dalam kegiatan micro teaching. Buku ini juga membahas tentang ‘Reflective Teaching’ tentang pentingnya melakukan refleksi dalam pembelajaran dan bagaimana refleksi tersebut dilakukan. Keunggulan utama buku ini adalah adanya instrumen yang lengkap yang digunakan untuk mengarahkan mahasiswa mulai pada tahap perencanaan, latihan pada tiap-tiap keterampilan dasar maupun pada tahap latihan semua keterampilan dasar secara terpadu. KATA PENGANTAR vi Pengantar Micro Teaching Instrumen-instrumen tersebut di samping memudahkan dosen pengajar dalam menilai keterampilan mahasiswa, juga memberikan arahan kepada mahasiswa untuk mengetahui apa yang harus dilakukan pada tiap-tiap tahapan agar mereka mengembangkan karakter-karakter dirinya untuk siap terjun menjadi guru masa depan di abad ke-21 ini. Dengan kata lain, instrumen yang dikembangkan berfungsi untuk menilai dan juga berfungsi untuk mengarahkan dan mengajarkan apa yang harus dipelajari dan dikerjakan pada tiap-tiap langkah mengajar maupun pada tahapan melaksanakan keterampilan dasar dalam mengajar.

Buku ini sangat penting bagi semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan kuliah Pengajaran Mikro (Micro Teaching) di jurusan atau program studi kependidikan.

Dasar-Dasar Manajemen dan Bisnis

Bisnis bisa berjalan dengan baik karena di dalamnya ada sistem yang berjalan dengan baik. Umumnya sistem itu berhubungan dengan manajemen bisnis yang baik diikuti dengan inovasi yang terus dilakukan tanpa henti. Singkatnya manajemen bisnis harus ada dalam setiap usaha meski skalanya mikro sekali pun. Lebih detail buku ini membahas tentang : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Bab 2 Manajemen, Manajer dan Kepemimpinan Bab 3 Perkembangan Konsep Manajemen Bab 4 Perencanaan Bab 5 Penetapan Tujuan Organisasi Bab 6 Pengambilan Keputusan Bab 7 Pengorganisasian Bab 8 Koordinasi dan Rentang Manajemen Bab 9 Pemotivasian dan Komunikasi dalam Organisasi: Suatu Tinjauan Literatur Bab 10 Standar Pengendalian dan Manajemen Modern Bab 11 Dasar-Dasar Bisnis Bab 12 Bisnis Internasional Bab 13 Peluang dan Tantangan Ekonomi Bisnis

Institusi pendukung yang lengkap, efektif, dan efisien berperan penting untuk memastikan stabilitas pengembangan perbankan syariah secara keseluruhan. Pada saat ini telah berdiri sejumlah lembaga yang berperan sebagai institusi ...

General Introduction to the Philosophy and Writings of Plato

From the Works of Plato

The General Introduction contained in the present volume is drawn from Thomas Taylor's five-volume set of the complete Works of Plato, originally published in 1804. With that great task completed, Taylor became the first to translate the whole of the genuine works of Plato (his 55 dialogues and 12 epistles) into English. That work is a timeless masterpiece not solely because of the quantity of works translated or the sublimity of those works, but due also to Taylor's ability to elucidate the principles of that philosophy as no other has done in the English tongue. In his introduction Taylor gives us an overview of the fundamental principles of the philosophy and theology of Plato, guiding us on a journey transcending the mundane particulars of our sensory lives upwards to the summit of all things, the principle of principles and fountain of all that is. Through this journey, and with careful thought and consideration, the student may gather enough of an outline to begin assembling his own conception of that system, from which he may later begin his efforts towards a recollection of divine truths. Following Taylor's overview of Plato's philosophy, he provides an outline of that great philosopher's writings, from their structure and organization, down to Plato's style of writing. Lastly, Taylor introduces us to the full set of his translations, providing the reasoning used in his arrangement of the dialogues along with references to previous translations and commentaries he relied upon in his efforts. In his five-volume set, Taylor followed this Introduction with a short glossary of terms peculiar to the Platonic philosophy, which we have here reproduced along with several additional terms and definitions drawn from two of Taylor's other publications. Concluding this volume, and Taylor's introductory material for his translations, is his rendering of the biography of Plato by Olympiodorus. This biography is rather concise in itself, but provides some general sense of the life of the man. These introductory materials ought to furnish the sincere student with the necessaries to begin an earnest study of philosophy, not as it is so commonly presented in our modern times, stripped of all substance in the name of ever expanding sophistry, but imbibed with the life-essence of that great wisdom that underlies the genuine Grecian system, from Orpheus to Pythagoras, Plato and beyond. To begin this study is to ask the aid of that golden chain of philosophers in the effort of seeking real knowledge of ourselves, such that we may practice and embody the highest virtue. The present volume is the first in a series of publications reproducing the Works of Plato. It is highly recommended that the student follow Taylor's arrangement of the dialogues in their initial study of the philosophy, in order that they may gain the most from such sincere efforts towards wisdom. If the student is desirous of this, the first dialogue in that arrangement is the First Alcibiades. In that dialogue, one will encounter the first, and most critical step in the life of a philosopher: that of liberation from the disease of two-fold ignorance. Only once liberated may one truly benefit from further study of Plato's sublime philosophy. It is further recommended that the sincere student open themselves to a wider study of the Grecian philosophy, theology and mythology as presented throughout the translations and original works of Thomas Taylor. From the Egyptian Mysteries, the Chaldean Oracles, the Hymns of Orpheus, to the Life of Pythagoras, and onwards through the works of Plato, Aristotle and the later Platonists (in particular, that of Proclus), Taylor's translations, as well as his introductions and copious notes, shed clear white light on this vast and sublime wisdom tradition. The study of Plato is but one thread in this divine tapestry.

Concluding this volume, and Taylor's introductory material for his translations, is his rendering of the biography of Plato by Olympiodorus. This biography is rather concise in itself, but provides some general sense of the life of the man.

E-Banking in India-Progress and Prospects

Banking is the lifeline of an economy. The present and future of any country depends upon the success and development of banking. The objective can't be achieved with the traditional banking as now is the age of technology. Indian banking industry, today, is in the midst of an IT revolution. The competition among the banks has led to the increasing total banking automation in the Indian banking industry.This book presents an overview of E-Banking in India through a comparative study of public sector banks, private sector banks and foreign banks. It analysis the progress of E-Banking in the country by emphasizing on four major components i.e. ATM, Credit cards, Mobile Banking and Internet Banking. These components of E-Banking are studied individually to know the customer satisfaction and the problems associated with each. Book also highlights the various E-banking services provided by these banks and also the prospects and problems associated with E-Banking. Risk management strategies used by these banks have also been studied

The competition among the banks has led to the increasing total banking automation in the Indian banking industry.This book presents an overview of E-Banking in India through a comparative study of public sector banks, private sector banks ...

DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA

Budaya tidak bisa dilepas dari pembelajaran. Saat ini, pendidikan sudah masuk pada Revolusi Industri 4.0, namun budaya sebagai sebuah konsep, pemikiran, histori, dan peradaban, tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan. Budaya terintegrasi baik dalam konteks maupun konten sebuah pembelajaran sesuai dengan amanah dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Kurikulum 2013. Dalam buku ini, terdapat enam topik yang diangkat. Topik tersebut adalah sumber-sumber belajar berbasis budaya lokal, integrasi permainan berunsur budaya dalam pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan karakter melalui media pembelajaran wayang berbasis budaya lokal, manajemen pembelajaran berbasis budaya lokal Ngada dalam pengembangan karakter anak usia dini, koneksi matematis dalam perspektif budaya lokal Ngada, dan konservasi budaya lokal dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Budaya tidak bisa dilepas dari pembelajaran.

LINGUISTIK TERAPAN Konsep Pembelajaran dan Penelitian Linguistik Mutakhir

Melalui tulisan ini, kami pengampu matakuliah Linguistik Terapan pada Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berupaya untuk menginpirasi para mahasiswa untuk senantiasa merenungkan berbagai fenomena bahasa pada berbagai bidang. Alhamdulillah hasilnya sangat bagus, mahasiswa sangat berantusias untuk menuliskan fenomena bahasa bahkan menerbitkannya sekala nasional. Tim penulis mengawali tuisan ini dengan memberikan ulasan singkat mengenai konsep dasar Linguistik Terapan. Pada bagian awal ini, kita akan disuguhkan dengan pandangan umum linguistik General Ferdinand de Saussure. Saussure yang melihat linguistik sebagai fenomena sosial, termasuk menghubungkan bahasa dengan fenomena budaya. Kajian etnolinguistik Franz Boas ini mengantarkan kita pada sebuah pemahaman multidisiplin linguistik terkait dengan apakah bahasa yang mempengaruhi bahasa ataukah sebaliknya budaya yang mempengaruhi bahasa. Selain itu, pada bagian awal ini, kita akan mengetahui secara komprehensip terkait dengan hakikat linguistik terapan, sejarah linguistik terapan, dan objek linguistik terapan. Sebagai kajian pelengkap pada butir ini, penulis telah menambahkan dengan kajian yang lain seperti hubungan linguistik dengan pembelajaran. Bagian kedua, penulis memberikan ilustrasi terkait dengan pendalaman linguistik terapan dari berbagai pandangan linguis modern. Hartman, Stork, Spolsky (1972) bahwa istilah educational linguistic (linguistik Pendidikan) dengan alasan bahwa lingkup linguistik terapan lebih luas daripada linguistik pendidikan. Dalam linguistik terapan mempelajari penerjemahan, leksikografi, perencanaan bahasa, dan lain-lain. Definisi tersebut menjelaskan bahwa linguistik terapan mengacu pada penggunaan oleh guru bahasa mengenai hasil temuan ahli bahasa. Definisi ini juga menjelaskan bahwa ada perbedaan antara guru bahasa dan ahli bahasa, yaitu ahli bahasa menghasilkan perian dan teori bahasa sedangkan guru bahasa menggunakan hasil temuan tersebut dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakannya. Bagian ketiga Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Kedua di Sekolah Dasar Berdasarkan Pandangan Nativisme. Dalam hal ini kredibilitas Guru sebagai tenaga pendidik untuk lebih jeli dalam menggali dan memaksimalkan potensi yang terdapat pada peserta didiknya. Potensi tersebut kemudian dipadukan dengan konsep metode dan strategi pembelajaran yang efektif. LAD juga memiliki komponen penting untuk mengolah masukan data linguistik yang diterimanya menjadi kompetensi gramatikal yang dikerjakan secara bawah sadar. Dalam hal ini, si pembelajar bahasa berupaya mengoperasikan LAD yang dimilikinya untuk membentuk hipotesis tentang kaidah bahasa yang dipelajari dan memperbaikinya. Bagian Keempat, Penerapan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi Rakyat (Pantun). Perubahan pengetahuan dalam taksonomi Bloom menjadi dimensi tersendiri yaitu dimensi pengetahuan dalam taksonomi revisi. Pengetahuan tetap dipertahankan dalam taksonomi revisi namun berubah menjadi dimensi tersendiri karena diasumsikan bahwa setiap kategorikategori dalam taksonomi membutuhkan pengetahuan sebagai apa yang harus dipelajari oleh siswa. Taksonomi revisi memiliki dua dimensi yaitu dimensi pengetahuan dan dimensi kognitif proses. Bagian kelima, Penerapan Metode Produktif dalam Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Kelas XI SMA Islam Almaarif Singosari. Metode mencakup pemilihan dan penentuan bahan ajar, penyusunan serta kemungkinan pengadaan remedi dan pengembangan bahan ajar tersebut. Dalam hal ini, setelah guru menetapkan tujuan yang hendak dicapai kemudian ia mulai memilih bahan ajar yang sesuai dengan bahan ajar tersebut. Sesudah itu, guru menentukan hahan ajar yang telah dipilih itu, yang sesuai dengan tingkat usia, tingkat kemampuan, kebutuhan serta latar belakang lingkungan siswa. Kemudian, bahan ajar tersebut disusun menurut urutan tingkat kesukaran, yakni dari yang mudah berlanjut pada yang lebih sukar. Di samping itu, guru merencanakan pula cara mengevaluasi, mengadakan remedi serta mengembangkan bahan ajar tersebut. Bagian keenam, Penerapan Metode Bermain Peran pada Pembelajaran Pemeranan Drama. Model ini mengacu pada pengertianlangkah-langkah dalam mengolah kegiatan belajar mengajar bahasa yang dimulai dari merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran. Model bukanlah cara menyampaikan pembelajaran sebab model sifatnya lebih kompleks dari sekedar cara penyampaian materi. Jadi SQ3R merupakan suatu pembelajaran yang sangat baik untuk kepentingan membaca secara intensif dan relasional. Model pembelajaran ini merupakan salah satu metode membaca yang makin lama makin dikenal orang dan makin banyak digunakan. Bagian ketujuh, Penerapan Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa SMA Negeri 1 Woha Kabupaten Bima. Metode yang tepat untuk meningkatkan kempuan menulis puisi peserta didik yang guru harus terapkan salah satunya yaitu metode hypnotaching. Hypnoteaching adalah sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan teknik-teknik yang berlaku dalam hipnotis. Ini artinya guru yang mempraktekan hipnoteaching sama seperti para pelaku hipnotis yang menghipnotis subjek dengan tujuantujuan yang mengarah pada pencapaian tujuan belajar. Metode hypnoteaching merupakan gabungan dari lima metode yaitu quantum learning, accelerated learning, power teaching, Neuro Linguistic Programming (NLP) dan hypnosis yang menjadikan pembelajaran menjadi unik, imajinatif dan merangsang kreatifitas siswa. hypnoteaching menyajikan pembelajaran aktif yang didukung media audio-visual sebagai salah satu sarana untuk membuat siswa menuju kondisi trance. Metode ini tentu sangat tepat digunakan dalam pembelajaran menulis. Bagian kedelapan Peran Guru Bahasa Indonesia dalam Penerapan Teori Konstruktivisme dalam Penulisan Teks Narasi. Dalam penulisan teks narasi, guru bahasa Indonesia mempunyai peran yang sangat besar dalam mendesin keberhasilan pembelajaran, dengan memperhatikan hal-hal berikut ini: (1) guru harus dapat memberi pemahaman kepada siswa, bahwa bahasa merupakan sarana berpikir. Keterampilan berbahasa siswa menjadi tolak ukur kemampun berpikir siswa. (2) Guru perlu memperhatikan kreatifitas siswa, (3) pembelajaran harus menyenangkan bagi siswa, maka guru harus bisa memangkitkan keingintahun, minat, dan semangat belajar siswa perlu mendapat perhatian, (4) guru harus pintar memilih model pembelajaran, pendekatan, strategi, dan teknik yang cocok , sehingga peserta didik tidak jenuh karena cara mengajar guru yang monoton, dan (5) guru harus memberi perhatian pada apa yang disampaikan siswa, setelah itu siswa itu sendiri yang lebih berperan. Bagian kesembilan Penggunaan Metode Discovery Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Materi Menulis Teks Puisi Rakyat. Discovery learning adalah strategi pembelajaran yang cenderung meminta siswa untuk melakukan observasi, eksperimen, atau tindakan ilmiah hingga mendapatkan kesimpulan dari hasil tindakan ilmiah tersebut (Saifuddin, 2014:108). Melalui model ini peserta didik diajak untuk menemukan sendiri apa yang dipelajari kemudian mengkonstruk pengetahuan itu dengan memahami maknanya. Dalam model ini guru hanya sebagai fasilitator. Melalui buku ini, semua pembaca diharap dapat memperoleh intisari dari berbagai hal topik Linguistik Terapan dalam berbagai disiplin ilmu dan implementasinya. Selamat membaca.

Penelitian Pendidikan Dalam Gamintan Pendidikan Dasar Arifin, Z.2009.Evaluasi Pembelajaran.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya. Aunurrahman.2011.Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta. dan PAUD.Bandung:Rizqi Press. Hasanuddin. 1996.

Model-Based Demography

Essays on Integrating Data, Technique and Theory

Late in a career of more than sixty years, Thomas Burch, an internationally known social demographer, undertook a wide-ranging methodological critique of demography. This open access volume contains a selection of resulting papers, some previously unpublished, some published but not readily accessible [from past meetings of The International Union for the Scientific Study of Population and its research committees, or from other small conferences and seminars]. Rejecting the idea that demography is simply a branch of applied statistics, his work views it as an autonomous and complete scientific discipline. When viewed from the perspective of modern philosophy of science, specifically the semantic or model-based school, demography is a balanced discipline, with a rich body of techniques and data, but also with more and better theories than generally recognized. As demonstrated in this book, some demographic techniques can also be seen as theoretical models, and some substantive/behavioral models, commonly rejected as theory because of inconsistent observations, are now seen as valuable theoretical models, for example demographic transition theory. This book shows how demography can build a strong theoretical edifice on its broad and deep empirical foundation by adoption of the model-based approach to science. But the full-fruits of this approach will require demographers to make greater use of computer modeling [both macro- and micro-simulation], in the statement and manipulation of theoretical ideas, as well as for numerical computation. This book is open access under a CC BY license.

But the underlying assumption is that teaching physics is teaching physics: one doesn't present one set of topics to one type of student and a ... physicists do not reject the older ideas as outmoded by relativity and quantum theory.