Sebanyak 3652 item atau buku ditemukan

Telaah Kurikulum SMP di Indonesia

Buku telaah kurikulum menjadi dasar memahami konsep kurikulum yang telah diterapkan di Indonesia dan juga menggambarkan secara fundamental kurikulum 2013 serta menjabarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang sedang berlaku. Diharapkan hadirnya buku ini memberi panduan baik mahasiswa, guru dan praktisi pendidikan dalam melakukan telaah terhadap kurikulum khususnya di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Buku telaah kurikulum menjadi dasar memahami konsep kurikulum yang telah diterapkan di Indonesia dan juga menggambarkan secara fundamental kurikulum 2013 serta menjabarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang sedang berlaku.

Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013

Buku dengan judul “Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013” ini pada awalnya disusun guna kepentingan kebutuhan perkuliahan dan juga untuk sarana studi leterasi bagi kalangan pendidik maupun bagi calon pendidik. Pertimbangan penyusunan buku ini dilandasi oleh suatu kondisi akan langkanya ketersediaan literatur yang membahas masalah Kurikulum 2013 yang belakangan ini marak diperbincangkan oleh kalangan pendidik termasuk bagi calon pendidik. Pemikiran lebih lanjut yang mendorong penulis untuk menyusun tulisan ini untuk menjangkau pihak-pihak lain dalam skop yang lebih luas yang tak hanya terbatas bagi kalangan pendidik, tetapi juga bagi non pendidik yang memiliki ketertarikan terhadap persoalan Kurikulum 2013 ini. Melihat akan perlunya penyusunan buku ini, yang menjadi esensi utama dalam sajiannya tentang bagaimana paradigma guru dalam menyikapi persoalan Kurikulum 2013 yang tentu di awal pemberlakuannya hingga sekarang ini masih menimbulkan pro dan kontra.

Buku Perencanaan pembelajaran kontemporer berbasis penerapan kurikulum 2013 ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

PERMAINAN BISNIS TERPADU TEMATIK UNTUK PELATIH KEWIRAUSAHAAN

Berwirausaha Mengolah Sampah Menjadi Rejeki Tambah

Sampah adalah masalah. Sering memang terdengar anggapan seperti itu. Namun, bagi sebagian orang, sampah justru mendatangkan rezeki, setelah mereka mengelola dan mengolahnya dengan benar. Omzetnya mencapai puluhan hingga ratusan juta. Masalah ini bersumber dari kesalahan Pola Pikir. Sampah dianggap benda jelek, kotor, bau, jorok, sumber masalah dan tidak berharga sehingga dibuang. Idealisme Lingkungan Daur ulang sampah berbasis kewirausahaan yang selama ini telah dilatihkan, secara signifikan berpengaruh terhadap berkurangnya sampah yang dibuang ke TPS dan lahirnya banyak usahawan kerajinan daur ulang sampah yang mampu berkembang secara bisnis. Masyarakat akan menjalankan aktivitas daur ulang dengan semangat dan berkesinambungan jika memberikan manfaat finansial kepada pelakunya, menguntungkan serta bisa dijadikan usaha dengan investasi rendah. Buku ini berisi Materi Permainan Bisnis Tematik Terpadu Tentang Berwirausaha Mengelola Sampah sebagai sebuah prospek bisnis yang mudah-mudahan bermanfaat bagi pelatih kewirausahaan, guru, dosen, pemerhati dan penggiat lingkungan. Diuraikan dalam buku ini, mulai dari metode pembelajaran, membangun mindset baru tentang tentang sampah, wirausaha sampah dan teknik-teknik pelatihan manajemen usaha sampah. Terakhir, jika dalam menguraikan buku masih banyak kekurangan, mohon dimaafkan. Selanjutnya koreksi dan saran kami harapkan dari para pembaca, dalam rangka penyempurnaan buku ini, terima kasih.

Sampah adalah masalah.

PJOK TEMATIK TERPADU TINGKAT SEKOLAH DASAR KELAS 1

Buku ini menggunakan tema yang berbasis permainan variatif yang terintegrasi dengan muatan pelajaran lain. Buku menjelaskan secara konsep pembelajaran tematik terpadu dalam pembelajaran PJOK, yang dapat dijadikan pegangan oleh guru PJOK SD. Pada dasarnya buku ini merupakan tambahan pegangan untuk guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan penerapan tematik terpadu dalam Kurikulum 2013 atau Kurikulum Nasional di Sekolah Dasar edisi revisi 2018. Sebagai buku tambahan maka buku ini memberikan beberapa keunggulan didalamnya, yakni permainan yang cukup bervariasi yang diupayakan dapat diambil benang merah dari setiap permainan dengan tema dan sub tema yang ada dalam buku guru dan buku siswa. Buku ini diupayakan semaksimal mungkin mampu merangkul seluruh permainan yang terintegrasi terkait dengan tema dan sub tema, dengan harapan buku ini mampu memberikan sentuhan Contextual Learning dan memberikan dampak yang positif dalam dengan tetap fokus pada tujuan utama bugar (fisik) dan berkarakter (mental).Buku ini sudah dirancang dengan adanya matrik yang bisa melihat tema, sub tema, kompetensi dasar dan indikator dalam satu sub tema, kumpulan dari masing-masing sub tema adalah tema yang disajikan dalam satu semester, dengan harapan dapat memudahkan guru PJOK dalam menggunakan buku ini sebagai pendampingan pada buku guru dan buku siswa di kurikulum 2103/kurikulum nasional.

Buku ini menggunakan tema yang berbasis permainan variatif yang terintegrasi dengan muatan pelajaran lain.

Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communications

Riset kualitatif memegang peranan penting sekaligus potensi besar dalam studi hubungan masyarakat serta komunikasi pemasaran. Sebab, riset kualitatif memungkinkan periset untuk terlibat secara erat dengan partisipan riset. Hal ini membantu periset untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proses sosial, faktor-faktor yang memotivasi tindakan manusia, serta konteks situasi yang melingkupinya. Kepedulian terhadap hal-hal tersebut membantu studi hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran. Salah satunya untuk mengenali sudut pandang subjektif, terutama yang berlaku pada stakholders kunci, demi mengembangkan dialog yang efektif dan kolaboratif. Buku ini adalah panduan yang praktis serta mudah dipahami untuk melakukan riset kualitatif dalam bidang hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran. Diperuntukkan bagi periset pemula, buku ini memerinci tahap demi tahap proses riset, mulai dari memilih topik riset dan menulis proposal, sampai metode menyeleksi kumpulan data dan menganalisis, kemudian menuliskan laporan riset. Buku ini juga diperkaya dengan renungan-renungan etis yang senantiasa menjadi perdebatan sekaligus pijakan periset. Selain itu, perbedaan-perbedaan orientasi dalam riset juga dipetakan, karena masing-masing orientasi akan memiliki dampak yang berbeda pula terhadap bagaimana riset dijalankan dan dimengerti. Apa saja yang dikandung dalam buku ini? * panduan praktis dalam setiap tahap riset * latar belakang teoretis yang berkaitan dengan riset kualitatif serta komunikasi * petunjuk dalam mengguakan internet * contoh-contoh dan ilustrasi yang renyah dan membantu pemahaman * ilham dari pengalaman-pengalaman riset kualitatif * glosarium dan referensi yang kaya "Di antara puluhan penelitian, Christine Daymon dan Immy Holloway memetakan ranah Public relations dan Marketing Communications dengan sangat lengkap sekaligus praktis. Susash mencari buku lain dengan ide sebernas ini." --Rhenald Kasali, Ph.D., ketua program MM UI dan penulis buku-buku bestseller [Mizan, Bentang, Riset, Nonfiksi, Indonesia]

Apa saja yang dikandung dalam buku ini? * panduan praktis dalam setiap tahap riset * latar belakang teoretis yang berkaitan dengan riset kualitatif serta komunikasi * petunjuk dalam mengguakan internet * contoh-contoh dan ilustrasi yang ...

Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian

Dilengkapi Pengenalan Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Kuantitatif-Kualitatif

Dinamika problematik petani gurem dan tunakisma yang semakin tersudut di margin terendah surplus ekonomi pertanian atau rumitnya formulasi kebijakan ketahanan pangan tentu membutuhkan solusi permasalahan strategis yang berbeda. Trending issues seperti liberalisasi perdagangan produk pertanian, global climate change, dan isu degradasi sumber daya alam dan lingkungan juga menjadi permasalahan prioritas beberapa dasawarsa ke depan. Dibutuhkan penguasaan pengetahuan dan metode riset yang mumpuni agar alumni Fakultas Pertanian dan profesional agribisnis mampu memberikan kontribusi optimal.

Dinamika problematik petani gurem dan tunakisma yang semakin tersudut di margin terendah surplus ekonomi pertanian atau rumitnya formulasi kebijakan ketahanan pangan tentu membutuhkan solusi permasalahan strategis yang berbeda.

Belajar dan Pembelajaran

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS, ditempuh pada semester II oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Topik atau bahasan yang tersaji dalam buku ini disesuaikan atau mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang disusun berdasarkan ketentuan pemberlakukan KBK-KKNI dan Kurikulum Perguruan Tinggi. RPS disusun oleh tim yang ditunjuk dan telah dilokakaryakan di level fakultas, sehingga telah mendapat berbagai masukan dan pencermatan berbagai pihak. Buku ajar ini membahas atau menguraikan sebelas topik, yaitu Konsep belajar dan hakikat belajar, teori belajar behavioristik, teori belajar kognitivistik, teori belajar konstruktivistik dan teori belajar revolusi sosio-kultural, teori belajar humanistik, teori belajar sibernetik, teori neurosains, hakikat multiple intellegences, hakikat kesulitan belajar, hakikat pembelajaran, dan pembelajaran sains terpadu dengan pendekatan integratif "triple approach". Pada praktik pembelajaran di kelas, pokok bahasan dilengkapi dengan tugas (individu dan kelompok) berupa analisi artikel/jurnal ilmiah, diskusi, dan proyek. Kami menyusun buku ini dengan menggunakan berbagai literatur berupa jurnal ilmiah, buku, artikel-artikel, dan laporan penelitian. Akhirnya, buku ajar ini tentu masih jauh dari sempurna, sehingga saran, masukan dan bahkan kritik konstruktif sangat diharapkan. Semoga buku ini memberi manfaat bagi para mahasiswa atau pengguna dan sekaligus memperkaya khasanah keilmuan serta dunia pendidikan Indonesia.

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

(Hasil Kajian Penelitian dan Pengembangan) Model Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Strategi Problem Based Learning

Materi Ajar ini akan membahas tentang konsep belajar & pem- belajaran menurut pendapat para ahli tentang bagaimana seharusnya seorang Pembelajar (Dosen/Guru) dalam menerapkan konsep belajar dengan sintax/prosedur/strategi yang harus dilakukan dalam menyampaikan materi /informasi/pesan pada Pebelajar (siswa- mahasiswa). Gejala dalam proses pembelajaran dan bagaimana mendinamiskan proses pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam menyajikan bahan/materi yang menarik dan tidak membosankan bagi pebelajar.

Materi Ajar ini akan membahas tentang konsep belajar & pem- belajaran menurut pendapat para ahli tentang bagaimana seharusnya seorang Pembelajar (Dosen/Guru) dalam menerapkan konsep belajar dengan sintax/prosedur/strategi yang harus ...