Buku psikologi olahraga ini diterbitkan dengan maksud untuk mengkaji berbagai aspek psikologis yang terkait dengan perilaku manusia dalam aktivitas olahraga yang meliputi kepribadian olahragawan, perhatian dan konsentrasi, ketegangan, kecemasan, motivasi, agresivitas dan sebagainya. Hal ini sangat penting bagi pelatih dan pelaku olahraga karena nilai-nilai yang terkandung dalam psikologi olahraga dapat menjelaskan berbagai aspek dalam psikologi olahraga serta menerapkannya kepada anak didik/ olahragawan yang dilandasi dengan konsep yang benar.
Contoh komunikasi interpersonal adalah, komunikasi pelatih dengan atletnya. Misalnya ketika bertanding atlet tidak bisa tampil maksimal karena sedang mengalami kecemasan yang berlebihan, pelatih yang mengetahui hal tersebut mengajak ...
Buku ini menggunakan tema yang berbasis permainan variatif yang terintegrasi dengan muatan pelajaran lain. Buku menjelaskan secara konsep pembelajaran tematik terpadu dalam pembelajaran PJOK, yang dapat dijadikan pegangan oleh guru PJOK SD. Pada dasarnya buku ini merupakan tambahan pegangan untuk guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan penerapan tematik terpadu dalam Kurikulum 2013 atau Kurikulum Nasional di Sekolah Dasar edisi revisi 2018. Sebagai buku tambahan maka buku ini memberikan beberapa keunggulan didalamnya, yakni permainan yang cukup bervariasi yang diupayakan dapat diambil benang merah dari setiap permainan dengan tema dan sub tema yang ada dalam buku guru dan buku siswa. Buku ini diupayakan semaksimal mungkin mampu merangkul seluruh permainan yang terintegrasi terkait dengan tema dan sub tema, dengan harapan buku ini mampu memberikan sentuhan Contextual Learning dan memberikan dampak yang positif dalam dengan tetap fokus pada tujuan utama bugar (fisik) dan berkarakter (mental).Buku ini sudah dirancang dengan adanya matrik yang bisa melihat tema, sub tema, kompetensi dasar dan indikator dalam satu sub tema, kumpulan dari masing-masing sub tema adalah tema yang disajikan dalam satu semester, dengan harapan dapat memudahkan guru PJOK dalam menggunakan buku ini sebagai pendampingan pada buku guru dan buku siswa di kurikulum 2103/kurikulum nasional.